Google Ad

Sunday, January 27, 2019

Ikan Asin layur Krispi


Teman-teman suka ikan asin layur ? Atau malah belum pernah makan atau baru denger ? Soalnya nggak semua daerah ada ya kayaknya. Aku aja kenal ikan asin layur sejak tinggal di Semarang. Ikan asin ini unik, panjang-panjang dan tipis. Ada berbagai ukuran sich, tapi kalau aku suka yang kecil-kecil gini, karena empuk, seduri2 nya enak di makan jadi kriuk. Buat anak-anak juga cocok ikan layur yang  kecil gini.

Sebenernya ikan layur ini jenis ikan yang bisa besar ukurannya..biasa yang besar di jual dalam kondisi segar dan di lah jadi aneka masakan. Tapi aku pernah makan yang segar, tetap favoritku yang sudah jadi ikan asin, dan yang ukuran kecil ini.

Ikan asin layur pun ada berbagai macam. Ada yang warnanya kusam kucel dan kekuningan, lapisan garamnya tebel banget itu biasanya kaku dan alot jika di goreng. Nah ada juga yang premium hihi..seperti yang aku goreng itu ikan asinnya bersih lapisan garamnya tipis aja nggak terlalu asin, jadi masih bisa di bumbuin juga agar lebih gurih. 

Kalau kata yang jual ikan asin, biasanya orang-orang di sini goreng ikan layur, dengan cara di cuci dulu, terus taburi penyedap..lalu di kasih tepung beras, lalu di goreng. Kalau aku, aku kasih kaldu jamur sedikit, terus di lapisi tepung beras, lalu di goreng kering. Jangan terlalu kering banget ya, nanti rasa gurih ikan malah hilang, cukup warnanya sampai kuning keemasan seperti di atas.

Nah ikan layur ini sangat cocok untuk menemani menu sayur lodeh, sayur gori, sayur asem, sop bening, dll...wah bisa lupa diet dech. Atau di makan bersama sambal tomat atau sambal bawang aja juga enak banget. Ntar aku ulas lagi ya aneka jenis ikan asin, dll yang ada di Semarang. Semoga bisa menambah wawasan tenatang bahan makanan khas Indonesia.


3 comments :

  1. Ini favorit ku Mba, Ikan Asin layur dengan sambal, lalaban dan nasi liwet juga mantap enak.

    ReplyDelete
  2. wah makasih banyak informasinya sangat membantu saya kebetulan sedang mencarinya
    anime romance terbaik

    ReplyDelete
  3. Ingin Bermain Poker Online Dengan Uang Asli ?
    Tapi Ngak Tau Situs Poker Online Yang Bisa Di Percaya . ?
    Poker Online - HTTP://ARENADOMINO.CO
    Minimal Deposit / Withdraw : Rp.20.000,-
    Bonus Refferal 20% Seumur Hidup .
    Bonus Turn Over 0.5% Tanpa Batas .
    Player VS Player ( 100% Tanpa Bot ) .
    8 Games Dalam 1 User ID .
    POKER - DOMINO - ADUQ - BANDARQ - CAPSA - BANDAR POKER - SAKONG - BANDAR66
    Rasakan Sensasi nya Menjadi Bandar , hanya di BANDARQ , BANDAR POKER , BANDAR66.
    Dengan Pelayanan Terbaik ( Customer Service ) .
    Customer Service Online 24 Jam

    ReplyDelete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel