Google Ad

Thursday, January 17, 2019

Aneka Daun / Bunga Bawang-Bawangan Aromatik


Daun Bawang, sudah pasti selalu jadi sayur yang wajib beli ketika belanja ya teman-teman, karena serbaguna untuk sup, untuk mie goreng, nasi goreng, cap cay dll butuh daun bawang sebagai penambah aroma dan rasa.

Tapi taukan teman-teman, kalau sebenernya banyak varian daun-daun lain selain daun bawang yang bisa menyedapkan aneka masakan ?

Ada 3 macam daun / bunga bawang-bawangan favorit aku selain daun bawang, yaitu Kucai, Bunga Bawang dan Daun Bawang Merah ( Godhong Brambang ). Ada satu lagi yang orang salah mengira, seperti kucai, yaitu Lokio, kalau Lokio ini yang di masak Batangnya dan umbi putihnya. Kalau Kucai yang untuk masak daunnya.

Ketiga macam daun ini enak di pakai untuk aneka masakan. Kucai, biasa untuk taburan Soto, Mie ongklok, Empal Genthong, Mendoan, Nasi Lengko, Toge Goreng, isian dimsum dll. Bunga Bawang enak untuk aneka tumisan, untuk Sayur Lodeh, Bothok, dll. Daun Bawang Merah ( Godhong Brambang ) ini enak untuk tumisan, untuk bakwan jagung, mendoan, Bothok, dll.

Kucai di pakai dengan cara di potong daunnya, kalau Lokio dan Daun Bawang Merah di panen dengan cara mencabut  beserta akarnya. Kucai ketika mentah memang agak beraroma kuat, namun ketika di masak jadi berubah aroma sedap.

Kalau Daun Bawang Merah ( Godhong Brambang ) ini daunnya Bawang Merah, kalau di Semarang biasa umbi dan batangnya yang putih untuk lalapan waktu makan Lumpia, kalau aku suka aku pakai daunnya untuk bikin Martabak gurih, atau campuran masakan , lebih sedep. 

Terakhir, Bunga Bawang, itu salah satu sayuran favoritku. Berbeda dengan Kucai atau daun brambang yang mudah lembek, kalau bunga bawang ini tidak mudah lembek, kriuk kres renyah ketika di masak, asal waktunya tepat, jangan terlalu lama. Rasanya ada rasa aromatik dan manis alami. Sangat cocok untuk tumis udang, dll. 

Oke, semoga bermanfaat ya sedikit tipsnya teman-teman. Untuk resep-resep yang menggunakan daun-saun di atas, sudah ada di webku semua ya, ketik aja judul resepnya di google, misal resep Empal Genthong Diah Didi, ada postingannya semua kok.



4 comments :

  1. Ya alloh mbakkk..jd yg aku beli kemaren tu bukan kucai ya...lokio itu mungkin mbk....soale gak ada baunya..kt mbk baunya aromatik..lha itu tak cium2 gak ada baunya tu mbk.kwkkwkkwkwk..ditempatku sini orang sebutnya bawang batak..😅😅

    ReplyDelete
  2. Ingin Bermain Poker Online Dengan Uang Asli ?
    Tapi Ngak Tau Situs Poker Online Yang Bisa Di Percaya . ?
    Poker Online - HTTP://ARENADOMINO.CO
    Minimal Deposit / Withdraw : Rp.20.000,-
    Bonus Refferal 20% Seumur Hidup .
    Bonus Turn Over 0.5% Tanpa Batas .
    Player VS Player ( 100% Tanpa Bot ) .
    8 Games Dalam 1 User ID .
    POKER - DOMINO - ADUQ - BANDARQ - CAPSA - BANDAR POKER - SAKONG - BANDAR66
    Rasakan Sensasi nya Menjadi Bandar , hanya di BANDARQ , BANDAR POKER , BANDAR66.
    Dengan Pelayanan Terbaik ( Customer Service ) .
    Customer Service Online 24 Jam

    ReplyDelete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel