Google Ad

Friday, June 8, 2018

Menu Sahur Paktis, Arem-Arem Nasi Kongbap isi Sambal Goreng Ati



Alhamdulillah, puasa sudah masuk minggu ketiga ya teman-teman, sebentar lagi Lebaran nich hihi. Masih tetap semangat kan masak untuk berbuka dan sahur keluarga. Hari ini aku mau share  menu sahur yang prkatis ya. Praktis karena bisa di buat dari sore, makannya juga praktis nich, karena menunya Arem-Arem, nasi yang di isi lauk sekalian. Jadi bisa buat bekal mudik juga, siapa tahu sudah ada yang dalam perjalanan mudik, resep ini bisa di coba untuk bekal dalam perjalanan nich teman-teman.



Nah ada yang spesial nich di menu resep kali ini. Aku membuat Arem-Arem, tapi nasinya spesial, karena aku memasak nasinya dengan campuran Kongbap..multi grain mix, campuran aneka biji-bijian sehat dan bermanfaat yang memang fungsinya di campur ke dalam nasi putih. Jadi..Kongbap ini terdiri berbagai macam biji-bijian kaya serat dan bermanfaat  untuk tubuh. Jadi selain Arem-Aremnya cantik penampakannya, juga makin sehat, karena lebih kaya serat yang sudah pasti sangat kita butuhkan di saat menjalankan ibadah puasa ya.

Cara pemakaian Kongbab ini sangat mudah. Cukup di campur ketika kita memasak nasi..dengan takaran 2 cup beras putih ( 250 gram ), di tambah 1 bungkus kecil Kongbap, maka hasil nasi yang kita konsumsi akan lebih bergizi dan kaya serat, warnanya jadi lebih menarik, dan tidak mempengaruhi rasa lho. Yodha saja suka..dan tidak pernah protes makan nasi pakai Kongbap ini. Kadang-kadang..untuk diet...sengaja aku tambahkan Kongbap agak banyak, dan tidak aku aduk di Rice Cooker ketika memasak nasinya, jadi bisa untuk menu nasi yang lebih sehat dan bisa untuk diet ku...hihi.


Jadi Kongbap itu merupakan campuran 10 macam biji-bijian kaya serat, yang bisa kita campur ke dalam nasi ketika kita memasak nasi seperti biasa. Nasi nggak berubah rasa, dan bisa di buat pulen, atau mau pero nasinya..ya seperti biasa, kalau kita memasak nasi. Cuma warna nasinya saja yang sedikit berbeda, ada bintik warna warni, tapi malah cantik menurutku..hihi. Tradisi memakan nasi dengan campuran biji-bijian kaya serat ini di adaptasi dari budaya warga Korea dan Jepang, yang sekarang di buat lebih praktis. Dalam satu sachet kemasan Kongbap...sudah kompet terdiri dari 10 macam biji-bjian, tinggal kita campur ketika kita menanak nasi seperti biasa. Oh ya, sekarang juga ada varian baru Kongbap lho, bedanya dengan yang orange adalah kandungan aneka biji-bijian sehatnya lebih banyak.

Untuk resep Arem-Arem ini aku pakai Kongbap yang Orange, berikut resepnya ya :

Arem-Arem Nasi Kongbap isi Sambal Goreng Ati

Bahan :
250 gram Beras Putih
1 bungkus Kongbap
400 ml air santan
2 lembar daun salam
1 lembar daun pandan
1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
Rebus santan. garam, daun pandan dan daun salam
Didihkan
Masukkan beras putih yang sudah di cuci, dan Kongbap, tanpa di cuci
Masak hingga menjadi nasi aron yang sudah pulen
Jika belum pulen boleh di kukus sebentar

Sambal Goreng Ati
Bahan :
5 buah Ati Ayam, rebus, potong kecil, goreng
200 gram Kentang, iris dadu kecil, goreng
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
200 ml santan
1 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya
1/2 sendok makan gula merah
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
6 buah cabai merah, ulek kasar

Cara membuat :
Tumis Bawang merah dan putih hingga matang
Masukkan cabai merah, aduk hingga layu
Masukkan santan, Ati, Kentang, santan dan semua bumbu
Masak hingga meresap dan kuah habis
Koreksi rasa

Penyelesaian :
Ambil dua lembar daun pisang, beri nasi Kongbap secukupnya
Beri isian sambal goreng secukupnya
Bungkus seperti lontong, semat kanan kirinya
Rebus atau kukus selama 1 jam
Tiriskan, dinginkan
Sajikan atau siap di simpan di kulkas untuk menu sahur, panaskan dulu sebelum di sajikan.


No comments :

Post a Comment

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel