Saturday, March 9, 2013

Jajan Pasar Murah Enak dan Murah dari Singkong

Wua.....beberapa hari ini kok kumat malesnya ya..badan semakin berat nich mendekati HPL..jadi belum bisa coba2 resep baru..tapi ngemil masih jalan..hihi..jadi kadang beli jajanan..tapi nggak puas dengan rasanya..ya akhirnya tetep harus nguplek sendiri di dapur. Nah karena lagi ngurangi yang goreng2..bikin  aku lagi suka jajan pasar yang di kukus2 aja dech..dari singkong. Singkong nich murah meriah..tapi kalau kita bisa mengolahnya bisa jadi cemilan yang enak dan sehat juga kok..seperti  resep2 berikut..klepon singkong,  jongkong ala Semarang dan talam singkong. Semuanya menggunakan bahan utama singkong...rasanya enak..tak kalah dengan jajan pasar lain lho..bahan2 nya juga murah meriah..yukk cobain..simak resepnya ya ..sepintas bahan2 nya memang sama ..tapi setelah di olah akan jadi beberapa jajanan yang berbeda dan citarasanya pun beda..jadi tidak akan bosan dech....selamat mencoba..teman2..^_^.....

Klepon Singkong

Bahan-bahan  :

300 gram singkong parut, peras airnya 50 ml
50 ml santan kental instan
1/4 sendok teh garam
2 tetes pewarna hijau muda

Bahan Isi:
50 gram gula merah sisir

Bahan Pelapis:
100 gram kelapa parut kasar
1 lembar daun pandan
1/4 sendok teh garam

Cara Pengolahan :
  1. Campur singkong, santan kental instan dan garam. Aduk rata.
  2. Tambahkan pewarna hijau muda. Aduk rata.
  3. Ambil salah satu adonan. Beri isi. Bentuk bulat.
  4. Letakkan di kukusan yang dialas plastik.
  5. Kukus 20 menit dengan api sedang sampai matang.
  6. Segera gulingkan di parutan kelapa.
Jongkong Semarang

Jongkong Semarang ini biasanya di makan dengan kelapa parut..jadi rasanya tambah istimewa..biasanya di jual di pasar2 dalam bentuk di bungkus daun pisang atau sudah di potong2 kecil2..bareng sama cenil..klepon dan teman2nya..rasanya enak..manis..legit......^_^


Bahan-bahan :

Bahan:
500 gram singkong parut, diperas airnya , diukur 50 ml dan dibuang
1/2 sendok teh garam
50 ml santan dari 1/4 butir kelapa
50 gram gula merah, disisir
daun pisang untuk membungkus

Bahan Taburan:
150 gram kelapa parut muda
1/4 sendok teh garam


Cara membuat:
  1. Campur singkong, garam, dan santan. Aduk rata.
  2. Ambil daun pisang. Beri sejumput gula merah sisir diatasnya.
  3. Tambahkan campuran singkong. Pipihkan. Bungkus seperti kue pisang atau bulat panjang seperti lontong.
  4. Kukus 30 menit dengan pengukus yang sudah dipanaskan diatas api sedang sampai matang. Potong2 setelah dingin.
  5. Taburan: campur kelapa parut dan garam. Aduk rata. Kukus 15 menit diatas api sedang sampai matang.
  6. Sajikan jongkong dengan bahan taburan.
Talam Singkong Tabur Nangka

Bahan I :

500 gram singkong parut, diperas 50 ml airnya dan buang
1/2 sendok teh garam
150 gram gula pasir
200 ml santan kental
50 ml air daun suji (dari 25 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan atau pasat pandan )

Bahan II :
250 ml santan hangat dari 1/2 butir kelapa
25 gram tepung beras
35 gram tepung sagu
1/4 sendok teh garam
50 gram nangka, potong kecil2


Cara Pengolahan :
  1. Bahan I: remas-remas singkong parut, garam, dan gula pasir. Tambahkan santan dan air daun suji / pasta pandan . Aduk rata.
  2. Tuang di cetakan kue mangkuk sebanyak 2/3 tinggi cetakan yang sudah dioles tipis minyak . Kukus 20 menit sampai setengah matang.
  3. Bahan II: aduk rata tepung beras, tepung sagu, dan garam. Aduk rata. Tambahkan santan hangat sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Tabur nangka
  4. Tuang bahan II diatas bahan I.
  5. Kukus 20 menit sampai matang.

8 comments :

  1. Kukira mbak Diah sudah melahirkan. Aku suka jajanan singkong mbak :) sayang disini ngga ada kelapa. Kalau gethuk lindri mbak Diah bisa buat? Mau donk mbak kalau ada resepna. Makasi ^^ semoga ntar lairan bebinya lancar yah. Ibu anak sehat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Maksih Mba..iya udah deket2 sich mba..waktu melahirkannya..jadi kmrn kumat malesnya...hihi...aku pernah bikin Mba getuk Lindri..ntar ku cari dulu ya foto2nya masih ada gak..baru ku posting soalnya udah lama bikinnya,..:)

      Delete
    2. Makasi mbak. Ya maklum lah, namanya hamil tua pasti capek pegel linu. Btw, aq lg ntn drama " That winter the wind blows", apik buanget mbak. Lumayan lah buat nonton sambl nyusui nanti, hehe....

      Delete
    3. Makasih infonya Mba..ok..nanti Tak cari VCD nya...

      Delete
  2. wah foto klepon singkong kayaknya enak nih, kalau di Aceh namanya sering disebut dengan "boh rorom" berisi dengan gula :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Aulia...iya..isinya gula merah juga Mba..di sini..cuma beda nama aja ya..^_^

      Delete
  3. Wahhhh klepon singkok,enak ni...:-) saya kalau buat klepon dari tepung ketan jadi cepet eneg makannya.mungkin klepon singkok bisa jadi salah satu alternatif bagi yang kurang suka tepung ketan ya mba :-)

    ReplyDelete