Thursday, November 22, 2012

Sambal tumis petai dan teri



I am not a fan of *Pete*..hehehe.....tapi nich..tiap musim petai gini pasti dapat kiriman petai banyak banget dari mertua..secara di kebun beliaunya punya pohon petai. Jadi dech..daripada petai nganggur lama2 di kulkas ya harus tetep di olah...kan ada yang ngabisin..suami..yang memang suka sama petai dan jengkol..

Kalau cuma buat campuran masakan...sambel goreng dll kan cuma dikit tuch petainya...jadi hari ini bikin sambel tumis khusus yang banyak petainya..sambelnya sambel tumis aja..biar awet..kalau nggak habis bisa di simpan di kulkas. Biasanya sich pakai udang..cuma tadi di tukang sayur..udangnya jelek2..jadi ganti teri aja yang semi basah...tadi colek dikit sambel sama terinya sich..sedappp..cuma...ogah aku bau petenya...hehehe. Tapi buat penyuka pete nich..bisa ngabis2 sin nasi lho sambel ini....mau coba..bentar ya..ku susun resepnya...soalnya tadi tuch asal cemplang cemplung..eh udah jadi ya enak dan sedapp tuch...hehehe.

Sambel tumis petai dan teri

Bahan2 :

5 - 6 papan petai
100 gram teri asin semi basah / udang
200 gram cabe keriting ( atau sesuai selera dech )
8 buah bawang merah
2 siung bawang putih
1 sendok makan terasi
1 sendok teh air asam jawa
garam / bumbu kaldu bubuk secukupnya
gula merah..sesuai selera..aku tadi ada kali ya..satu sendok makan

Cara Membuat :
Ulek halus cabe merah, bawang merah dan bawang putih, serta terasi. Lalu tumis di minyak panas sampai harum, tambahkan sedikit air ( kira2 aja 50 ml ), kemudian masukan garam dan gula secukupnya, serta air asam. Masak hingga agak mengental sambalnya. Lalu masukan petai dan teri goreng. Masak sebentar lagi. Sajikan hangat .

2 comments :

  1. mba didi, ada resep masakan jengkol ndak??? Cara ngolah jengkol gimana ya mba??? soalnya saya & keluarga doyan jengkol...hehe Thankyou^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah belum mba..ndak suka jengkol..hihi

      Delete