Monday, November 19, 2012

Mangut Iwak Pe


Kalau di Yogya terkenal dengan mangut  lele , beda di Semarang..mangut yang terkenal dan menjadi masakan sehari2 orang Semarang adalah mangut iwak Pe . Iwak Pe adalah sejenis ikan pari yang  sudah di panggang, biasa di jual dalam potongan daging ikan kecil2, karena memang ukuran ikannya termasuk ikan laut yang besar. Selain badannya yang di potong2 jadi bagian kecil2, di jual juga khusus bagian kepalanya yang sudah di panggang. Kepala ikan Pari pangggang ini juga biasa di masak jadi mangut pedas khas Semarang dan daerah sekitarnya. 
Buat yang suka sich rasanya gurih ya kepala nya..cuma ukurannya biasanya besar2..jadi kalau masak mangut kepala iwak Pe ini juga musti porsi besar bumbunya. Kalau aku lebih suka dagingnya yang kecil2 saja..jadi bisa masak sedikit buat keluarga kecil ku, tapi kadang2 kalau nemu kepala iwak Pe yang agak kecilan yang suka masak juga buat suami..secara suami suka banget mangut kepala iwak Pe ini....

Mangut Iwak Pe

Bahan :

4 potong iwak Pe yang sudah di panggang ( kalau nggak ada ganti aja lele goreng atau ikan lain yang di goreng dulu )
Santan sedang 500 ml
Petai 5 biji
Bawang merah 4 siung
Bawang putih 2 siung
Cabai merah 7 buah
Cabai rawit merah 5 buah
Kencur 1 ruas jari
Gula merah 1 sendok teh
Garam / bumbu kaldu bubuk secukupnya
Daun salam 1 lembar
Lengkuas 2 ruas jari

Cara Membuat :

Haluskan bumbu2 kecuali cabai rawit merah. Jika suka pedas yang menggigit, cabai rawit merah bisa ikut di haluskan.Tumis hingga harum dan matang, masukkan santan, cabai rawit merah, petai dan bumbu2 lain. Tunggu sampai mendidih, lalu masukkan Iwak Pe , masak sambil di aduk sampai bumbu meresap. Sajikan hangat.

No comments :

Post a Comment