Wednesday, November 28, 2012

Resep Nasi Megono Pekalongan


Berawal dari obrolan dengan teman2 di grup  FB tentang Nasi Megono ini akhirnya aku bikin sendiri juga....soalnya kalau beli....jauh....musti ke Pekalongan sana. Sepertinya memang nasi Megono ini tidak begitu populer di luar Pekalongan ya....jadi masih jarang yang jual selain di tempat asalnya tersebut. Nasi Megono....adalah nasi liwet yang di sajikan dengan lauk utamanya adalah urap nangka muda. Buat yang belum pernah makan pasti mengira2 enak tidak ....nangka muda di buat urap....jawabannya adalah....uenakk tenan....alias enak sekali.....hihi. Jadi gak cuma enak di buat gudeg Yogya lho nangka muda itu. 

Di Pekalongan sana...Nasi Megono ini udah jadi menu wajib sehari2 ya..baik untuk sarapan atau makan malam. Banyak warung2 sampai restoran menyediakan menu Nasi Megono ini. Biasanya selain urap nangka muda..di sajikan juga menu2 lauk pendamping yang lain..seperti telur balado, orek tempe, sayur lodeh, daging dll. Tidak lupa tempe mendoan atau tempe kemul, sambal terasi dan ikan asin tentu saja, di jamin tambah mantab dech.

Aku cari beberapa resep nasi Megono ini buat referensi resep otentiknya..cuma pada akhirnya tetep..resep ku sesuaikan seleraku..pakai feeling aja  kalau masak masakan itu....dan hasilnya..mantab..sedepp banget .....Selamat mencoba....


Bahan-bahan:

250 gram nangka muda, cincang kasar
1 bunga kecombrang ( Gak pake..soalnya gak ada yang jual di sini ..)
5 mata pete, kupas, potong serong kecil
175 gram kelapa agak tua, kupas, parut memanjang
1 cm lengkuas
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 batang serai serai
Cabe merah dan cabe hijau besar masing 2 buah , iris tipis

Haluskan:

6 buah cabai rawit merah
6 siung bawang merah
2 siung bawang putih
½ sendok teh ketumbar
1 cm kencur
2 butir kemiri sangrai
1 sendok teh terasi
1 sendok makan  gula merah
1 sdt garam / secukupnya

Cara Memasak :

1. Kukus ½ matang nangka muda , peras.
2. Aduk kelapa parut, bunga kecombrang, pete , lengkuas dan daun salam, daun jeruk  dengan bumbu halus hingga rata.
3. Susun nangka muda,  kelapa parut yang sudah dicampur dengan bumbu dalam panci pengukus
4. Kukus sampai matang. 
Campur semua bahan...cicipi dulu ya sebelum di sajikan..kurang garam atau gula tidak..jika kurang tinggal tambah sesuai selera...sampai rasanya pas sesuai selera..lalu kukus sebentar lagi.


Lauk Pendamping Sego Megono :

Orek tempe dan ikan asin goreng

Orek Tempe :
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :

250 gram tempe, potong panjang, goreng
3 siung bawang putih, iris
5 butir bawang merah, iris
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, iris halus
5 buah cabai merah besar, iris serong
1 sendok teh kecap manis
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula merah
75 ml air
2 sendok makan minyak untuk menumis


Cara Pengolahan :
  1. Tumis bawang putih, bawang merah, daun salam, lengkuas, dan serai sampai harum.
  2. Tambahkan cabai merah. Aduk sampai layu.
  3. Masukkan kecap manis, garam, dan gula merah. Aduk rata.
  4. Tuang air. Masak sampai mendidih.
  5. Masukkan tempe. Masak sambil diaduk sampai matang.
Mendoan tempe / tempe gembus


Resep tempe mendoan 
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
500 gram tempe, diiris tipis melebar ( tempe gembus juga enak lho )
250 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok makan tepung tapioka
400 ml air
2 batang daun bawang, diiris halus
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
1 1/2 sendok teh garam / bumbu kaldu bubuk
3/4 sendok teh ketumbar
1 cm kencur ( kalau gak suka gak usah..ini ciri khas nya mendoan purwokerto aja soalnya ,klu aku gak pake..)

Bahan Sambal Kecap (aduk Rata):
5 sendok makan kecap manis
1 siung bawang putih, dihaluskan
4 buah cabai rawit merah, dihaluskan
1/8 sendok teh garam

Cara Pengolahan :
  1. Aduk rata tepung terigu, air, dan bumbu halus. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
  2. Celup tempe ke dalam adonan tepung. Goreng sampai setengah kering / masih putih ,nggak kering krispi
Telur Balado :


Telur rebus yang di  goreng sampai berkulit, lalu di bumbu balado pedas.
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
6 buah telur ayam rebus
5 lembar daun jeruk, buang tulangnya
1 buah tomat, potong-potong
1 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir / gula merah
1/2 sendok makan air asam jawa, (dari 1/2 sendok teh asam jawa dan 1 sendok makan air)
100 ml minyak untuk menumis
minyak untuk menggoreng

Bumbu haluskan :
4 butir bawang merah
6 buah cabai merah besar
5 buah cabai merah keriting
1 sendok teh terasi

Cara Pengolahan :
  1. Goreng telur dengan minyak panas sampai berkulit. Sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus, daun jeruk, dan tomat sampai layu. Masukkan telur, garam, dan gula . Aduk rata.
  3. Masukkan air asam jawa. Aduk rata.

13 comments :

  1. Halo Mbak Diah, salam kenal. Kemarin pernah sekali makan nasi megono lgs doyan,enaaak, pgn nyoba bikin. Alhamdulillah ketemu resep ini dan tampaknya uenaaak. Minta resepnya dunk mba,ini alamat emailnya ceritakulinerindonesia@gmail.com. Klo sempat mampir2 ke blog kita ya ^_^ Thanks Mba Diah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Nandini dan Mba Ririn..udah di kirim ya..:)

      Delete
  2. Horee,Mbak Diah thanks a lot kiriman email resep nasi megono-nya ya,udh dbaca. Nanti dpraktekkan ^_^

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Ya Mba Ariani..silahkan di coba ya..^^

      Delete
  4. Sayang nya gk boleh copas, saya kesulitan mau buat tugas kliping sekolah

    ReplyDelete
  5. Thx resepnya...kyknya enak nich

    ReplyDelete
  6. Halo,mbak Diah....ijin nyoba resep2nya ya....yg ini jg kayaknya enak...kapan2 aku coba...n nanya nih,mbak....bikin nasi liwetnya gimana? Apa harus pake ketel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..kalau nggak ada pakai panci biasa api kecil ya..:)

      Delete