Monday, October 9, 2017

Tips Mengisi Telur utuh ke dalam adonan Empek-Empek


Kemaren aku buat Pempek lagi...atau Empek-Empek..hihi..kalau di Jawa mah sebutannya gitu teman-teman..Empek-Empek ..gitu. Aku bikin yang isi Telur atau namanya Kapal Selam ya. Ini favorit Yodha dan papinya. Resep udah sering aku share, silahkan lihat di SINI

Nah, kali ini aku mau share aja cara mengisi Telurnya agar full satu telur isinya. Dari dulu tuch selalu agak repot jika mengisi telur di Empek-Empek Kapal Selam ini, karena jika terlalu penuh akan mlbeber ke mana-mana dan sudah pasti susah di tutup atasnya, jadi kurang cantik.

Nah aku udah nemu tehnik biar isian bisa full dan nggak bocor. Aku share ya sedikit tipsnya. Caranya, ambil adonan empek-empek secukupnya, jika mau satu butir telur isinya, otomatis harus agak banyak ya, ukuran besar, walau bisa kecil juga sich jika udah poengalaman, tapi aku sarankan untuk yang belum terbiasa, ukuran besar nggak apa-apa, malah puas makannya..haha.

Lumuri tangan dengan tepung, agar tidak lengket di tangan, karena adonan Empek-Empek kan cukup lembut ya. Bulatkan dulu adonan, lalu beri lubang di tengah dengan jari, lalu perlahan putar lubang hingga terbentuk cekungan yang dalam. Jangan lupa lumuri tangan dengan tepung sering-sering ya, agar tidak lengket. Siapkan telur, cuci bersih dulu, lalu lap, ukur kedalaman lubang adonan dnegan satu butir telur utuh, fungsinya agar kita bisa membuat lubang yang pas tingginya. Karena kita perlu sisa untuk menutup adonannya, tentu lubang di buat lebih tinggi dari tinggi telur.

Selanjutnya tinggal isikan satu butir telur, tapi pecahkan dulu ya, jangan telur utuh sama kulitnya..hihi. Tutup bagian atas, lalu masukkan ke air yang sudah mendidih. Waktu membentuk adonan Empek-empek kapal selam ini, usahakan sudah menyiapkan air mendidih ya teman-teman, jadi langsung nyebur dech begitu adonan siap, karena isian telurnya lumayan banyak, takut jika menunggu lama jadi basah dan bocor. 

Jadi dech isian Telur di empek-empeknya penuh satu butir telur, jadi lebih mantep kan. Yuk di coba, semoag bermanfaat ya sedikit tipsnya.


No comments :

Post a Comment