Google Ad

Tuesday, December 31, 2019

Templek

Templek
This is.. Templek 😃😃 

Teringat waktu di pasar manis Purwokerto aku beli jajanan ini ( foto asli bentuknya yang di jual Mbahnya ada di foto terakhir ya..bentuk bulet2 kecil ), di Mbah2 gitu. Terus aku tanya ini apa..katanya ini Templek ( kalau nggak salah denger lho ya.. Mbahnya bilang begitu )

Rasanya enak, unik..gurih manis pedes, lembut... untukku yang penyuka jajanan ndeso dan eksotis suka 🤭😘 Terus aku tanya terbuat dari apa? Mbahnya nunjukin penjual ampas tahu, belinya di pojok sana, di tempat penjual tahu.. katanya.

Sambil nyemil jajanan unik ini, aku ngobrol sama Mbahnya nanyain cara bikinnya, dan di kasih tau lah caranya. Wo ya gampang banget, akhirnya aku beli ampas tahu mentahnya per bungkus 1000 rupiah..beli dua bungkus aja udah jadi buanyak 😄

Jadi ampas tahunya ini masih basah ya, belum berubah jadi tempe gembus.
Ampas tahu kok di makan? Bergizi tidak?

Yo ndak usah di pikirkan terlalu dalam lah ya..yang kita pelajari adalah ini menjadi salah satu jajanan tradisional khas di suatu daerah..jadi patut di sebar luaskan agar lebih di kenal ya kan... sebagai keragaman kuliner Nusantara 😃

Waktu beli ampas tahunya, sampai rumah langsung aku kukus sesuai saran yang jual, terus aku taruh freezer..paginya baru aku bikin Templek ini.

Katanya sich kalau versi goreng ini namanya Templek, kalau versi di kukus namanya Ranjem... bener kah teman2 warga Purwokerto? 🙏😃 Resep sesuai hasil wawancara dengan Mbahe yang jual tapi takaran seusai seleraku 🤣

Kata Mbahe, bumbunya bawang merah, bawang putih, kencur, cabe rawit, gula, garam dan penyedap, boleh di tambah daun bawang

Bahan :
  • 350 gram ampas tahu
  • 5 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 10 cabai rawit merah
  • 2 cm kencur
  • 1 sdk teh kaldu jamur / penyedap kaldu lain
  • Secukupnya garam
  • 30 gram gula merah
Cara Membuat :
  • Campur semua bahan
  • Cicipi rasa, harus gurih manis, pedes
  • Bentuk bulat kecil
  • Celup adonan tepung seperti tepung untuk mendoan
  • Goreng

Update :

Setelah aku rangkum dari komen teman2, ada berbagai nama ya, monggo yang mau nambahin boleh..jadi nama sesuai masing2 ya..monggo di pilih saja 🤭😃 :

Kempong | Amprut | Jenguk | Demplo | Gubeg | Templek | Temlek | Miwo | Apolo | Buret | Sekayu | Golono | Randem | Ranjem | Kincir | Seporet | Tolo | Tembluk |

No comments :

Post a Comment

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel