Tuesday, September 4, 2012

Jangan sepelekan panas,batuk dan pilek anak...karena jika tidak tertangani dengan baik bisa memicu infeksi telinga


Puasa kemaren, puasa yang penuh cobaan lumayan berat untukku dan suami, jadi memang rada kurang khusuk puasanya. Bermula dari Yodha yang sedikit demam, pilek, dan batuk, ku kira cuma seperti biasanya, kasih obat akan sembuh dengan sendirinya. Tapi..setelah dua hari kok demamnya masih naik turun,dan mulai mengeluh giginya sakit. Ya udah kami bawa Yodha ke dokter gigi, dan dari diagnosa dokter gigi, ternyata dua gigi geraham belakang yang bakal jadi geraham tetapnya mau tumbuh..ok...kami bisa tenang akhirnya, karena berarti cuma karena efek mau tumbuh gigi aja panas dan demamnya. Jadi kami putuskan tidak perlu periksa ke dokter anak..atau rumah sakit..dan kami rawat sendiri aja di rumah. rupanya inilah awal kelengahan kami..karena demam Yodha tak kunjung reda juga..selama seminggu panas dingin..naik turun..kami masih berpikir, bahwa masih pengaruh gigi sakitnya..walaupun Yodha juga ngeluh telinganya sakit, kemaren kata dokter itu memang terhubung dengan sakit giginya. tapi ternyata..penderitaan Yodha gak berakhir sampai situ saja..seminggu setelah panas demam naik turun gitu..telinganya keluar cairan..aduch..langsung shock kami..karena begitu browsing2 ternyata itu adalah infeksi telinga, dan lumayan berbahaya, bisa menyebabkan berkurangnya pendengaran, sampai shock dan takut banget aku..apalagi ada anak temen yang katanya di sarankan operasi oleh dokter.
Akhirnya kami bawa Yodha ke dokter THT deket rumah..kata dokter.gak pa2..cuma di kasih anti biotik dan obat tetes. tapi udah beberapa hari gak kunjung sembuh juga..cairan telinga yang keluar semakin banyak, belum Yodha yang selalu merintih2 kesakitan sepanjang hari..dan tidak bisa tidur di malam hari..akhirnya kami pun harus begdang total..dan tidak tidur sama sekali malam hari..saurpun gak sempat malah..jadi kami melewatkan beberapa hari puasa tanpa saur..untung saja..kami tetep di beri kekuatan dan kesehatan. untung juga yodha pas libur panjang menjelang lebaran..jadi cukup bolos seminggu saja sekolahnya..dan ada waktu 2 minggu untuk pemulihan. 
Masa2 berat yang kami lewati kadang di malam hari..di mana Yodha sampai menggigil kedinginan..dan kadang berhalusinasi..seperti tidak sadar..ngomong sendiri..duch..jadi sedih banget dech. Tapi kami kuatkan untuk tetap sabar merawatnya, karena Yodha juga trauma kalau harus opname ke rumah sakit...sampai akhirnya dari teman dapet info  dokter yang lebih baik, dan benar saja, ternyata obat yang di kasih sama dokter THT sebelumnya dosisnya kurang. Alhamdulillah setetah di periksa dokter yang lebih baik ini, kondisi  Yodha membaik. Aku juga dengan cari info di internet....obat alternatif lain untuk infeksi   telinga..akhirnya kami coba Jelly Gamat Gold..yang terbuat dari ektrak teripang...setelah beberapa hari minum itu dan juga dengan obat anti biotik dari dokter THT nya..ahamdulillah sebelum sekolahnya masuk kembali..Yodha udah pulih dan sehat, telinganya tidak mengeluarkan cairan lagi. Jadi.....jika anak terkena demam..waspadalah..segera periksakan ke dokter saja..supaya tidak terjadi komplikasi infeksi telinga seperti Yodha..karena..anak2 sampai umur 6 tahun memang rawan terjadi infeksi telinga..dan jika tidak di tangani dengan baik..bisa berbahaya indra pendengarannya.

Ini foto pas Lebaran..walau masih sedikit sakit..tapi Yodha sudah lumayan bersemangat lagi..


No comments :

Post a Comment