Google Ad

Monday, June 3, 2019

KUE BAWANG KEJU


Punya stok keju banyak, bikin cemilan goreng2 aja yang mudah dan cepat,  dari pagi tadi,  bikin kue bawang keju, dan onde2 ketawa keju 😀😀 Nich kue bawangnya.. Lebih tepat keripik kali ya,  tapi dari jaman dulu nyebutnya kok ya kue bawang, mungkin karena harum bawang merah yang wajib ada di adonan kue ini ya...jadi gurih khas,  juga tambahan sledrinya bikin sedep 😀😀 Jadi inget jaman kecil suka bikin ini sama ibu kalau mau lebaran,  walau ngga ada alat tetep semangat nggilas pakai botol kecap bikin banyak rame2 seru.. terus di taruh di kaleng bekas biskuit Khong Quan 😂😂 Biar anak jaman now kayak yodha mau makan,  aku tambah keju adonannya 😅😅 Siapa yang suka dan punya kenangan masa kecil dengan kue ini ? Yuk  bikin teman2... 😀😀 Kue Bawang

Bahan :

200 gram tepung terigu protein sedang

20 gram tepung tapioka

30 gram margarin
1 sdk teh kaldu ayam bubuk / garam sesuai selera
50 - 75 gram keju parut ( ini optional ya,  kalau kue bawang ori gak pakai keju)
2 siung bawang putih, haluskan dan 100 gram bawang merah, haluskan kasar atau parut. ( jika tidak suka bawang banyak2 kurangi aja sesuai selera ya..tapi lebih sedep kalau bawang merahnya banyak )

2 sendok makan sledri cincang ( sesuai selera )

1 butir telur, di kocok lepas

1/2 sendok teh baking powder
1/2  sdk teh gula halus
2 sendok makan air es ( atau santan juga boleh..jika mau lebih gurih )

Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat :

Aduk semua bahan hingga bergumpal ( nggak perlu di uleni kuat2 ya..supaya tidak keras kue bawangnya )

Giling di gilingan mie di ketebalan no 8 atau 9 Jika tidak ada gilingan mie..ya di tipiskan manual aja..pakai rolling pin atau botol kecap bisa kok 😀😀 Patong2 sesuai selera.

Goreng di minyak panas hingga kuning kecoklatan api jangan terlalu besar .

Simpan di toples jika sudah dingin

1 comment :

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel