Google Ad

Sunday, June 16, 2019

GLOTAK KHAS TEGAL


Kemaren ini aku masak menu baru dan unik,  menu eksotis khas Tegal,  namanya  Glotak .
Glotak itu terbuat dari tempe gembus ( menjes) yang di masak pedas dengan balungan,  bisa balungan sapi atau ayam,  kalau aku pakai balungan ayam. Ada yang warnanya kemerahan,  ada yang pucat kuning kecoklatan , tergantung cabai yang di pakai ya...ada yang pakai cabai merah,  ada yang pakai cabai hijau,  kalau aku kok suka yang versi merah warnanya.
Berawal dari ngobrol sama teman tentang krupuk antor tegal yang katanya enak untuk makan glotak,  jadi penasaran dengan glotak ini dan baca2 tentang glotak ini semalam.  Sampai lihat di YouTube,  ternyata kalau di tegal ini kayak di cemil gitu pakai kerupuk,  bukan jadi lauk 😀😀..tapi ada juga yang di nikmati bersama bubur.  Aku jadi pengen bubur glotak besok untuk sarapan.
Banyak versi resep,  ada yang pakai ketumbar,  ada yang tidak pakai,  ada yang pakai kemiri ada yang tidak,  itulah uniknya  masakan indonesia ya teman2, satu masakan yang sama aja beda2 bumbunya...kalau aku biasanya tak coba semua,  mana yang sreg di lidah itu yang aku akan catat jika masak lagi lain waktu 😘😘 Kalau hari ini aku buat versi resep dari temenku yang kakak iparnya asli tegal, lain waktu aku coba versi lain bumbunya biar tahu beda rasanya.

Bahan:
Tempe gembus  2 - 3 papan ( yg tipis kotak kecil2, bukan besar2 ), kukus 10 menit,  haluskan kasar.
2 lembar  daun salam
2 sereh
3 daun jeruk
3 cm lengkuas,  geprek
1/2 sdk mkn kaldu ayam,  garam secukupnya
Gula sesuai selera
500  gram balungan ayam,  rebus,  kaldu nya ukur 1500 ml

Bumbu halus :
5 cabai merah
20 cabai rawit merah
6 bawang merah
3 bawang putih
4 kemiri
1/2 sdk teh ketumbar

Tumis bumbu halus,  masukkan air kaldu dan balungan
Masukkan tempe gembus
Masukkan semua bumbu
Masak api kecil hingga meresap,  sambil sesekali cek rasa,  karena tempe gembusnya ini menyerap bumbu,  jadi perlu di tambah bumbu di tengah2 proses memasak, jika masih terasa kurang gurihnya ya.

3 comments :

  1. Makasih resepnya mantap ni! akan saya coba mba

    ReplyDelete
  2. Wah ini jualan nya almarhumah Mbah saya Mba. Dulu kalo kami ke Tegal selalu makan ini. Versi Mbah saya pake cabe ijo iris dan rawit glundungan. Balungan nya pke sapi. Makan nya pake pilus khas Tegal.😁😁

    ReplyDelete
  3. Sepintas mirip sambel tumpang ya mbak

    ReplyDelete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel