Google Ad

Wednesday, January 15, 2014

Asem Asem Ceker Bumbu Bakar


Tadi udah dua postingan tentang food review ya teman...sekalian posting satu resep ya..semoga bisa menjadi menu inspirasi hari ini..sekalian wis..di depan komputernya..sambil nunggu tukang sayur lewat..hihi. Menu kali ini..yang murah meriah aja seperti biasanya..menu harian...yaitu asem asem ceker bumbu bakar. Asem ceker kan udah sering bikin..nah kali ini aku variasikan dengan di bakar bumbu2nya..dan hasilnya lebih sedep lho..seger asem2nya..di tambah aroma bumbu bakaran yang khas..enak banget di nikmati hangat hangat di musim hujan ini. Sajikan dengan sambal dan tempe goreng..wah..tambah manteb dech. Rasa asem asem ceker ini...kalau pakai bumbu bakaran..jadi kayak pindang rasanya..seger banget. Juga lebih sehat dech..kan nggak perlu di tumis2 bumbunya. 

7

Sate Sapi Pak Kempleng Ungaran



Masih..lanjut cerita jalan2 ke Ungaran kemaren sore ya teman2. Habis..dari tahu bakso bu Pudji..akhirnya kita meluncur ke alun2 kota Ungaran. Dari dulu kami memang suka aja ke sana..enak..nggak crowded amat kayak Semarang..bisa duduk2 di taman..santai..terus kalau laper..tinggal pilih dech banyak sekali warung tenda kaki lima..yang bisa di pesan..makannya mau di warungnya boleh..mau di antar ke bangku2 di taman juga oke..jadi seru aja..karena tamannya bersih gitu dan nggak rame banget orang...jadi bisa santai gitu.
Dan..yang jelas..banyak pilihan makanan yang di jual di sekeliling alun2..dari aneka nasi goreng, mie goreng, babat gongso, wedang ronde, soto, bakso, ayam bakar, goreng, bebek..sate ayam, sapi, kambing..gule..tahu campur..gorengan..dll..semua kayaknya ada dech..tinggal pilih sesuai selera dech..hihi. Nah..kemaren sebenernya penasaran mau coba nasi gorengnya Bu Sapinah..tapi belum buka..bukannya baru mahgrib..ah kelamaan..akhirnya muter2..dan pilihan jatuih ke sate sapi pak Kempleng. Memang di Ungaran sate sapi pak Kempleng lumayan terkenal teman2...ada beberapa warung makan / restonya. Tapi ternyata ada juga ya..warung tendanya di alun2 Ungaran ini...baru ngeh..nggak merhatiin kemaren. Oke dah..boleh di coba nich..pikir ku. 
2

Tahu Bakso Ibu Pudji..Oleh Oleh Khas Ungaran Jawa Tengah


Kemaren sore..cuaca kok lumayan cerah..walau sedikit mendung tapi nggak hujan...jadinya pengen keluar mumpung Yodha lbur..kasihan kalau seharian di rumah...kebetulan kerjaan suami juga udah beres..waktunya..jalan2 dech. Bingung juga mau ke mana lagi jalan..hihi..mau..ke mall dll.. kok ya udah bosan..akhirnya..ke Ungaran lagi. Yapp..dari rumahku di Semarang atas..memang deket kalau mau ke Ungaran..apalagi kalau lewat tol..pintu tolnya deket rumah....jadi enak..nggak nyampe 15 menit..hihi..enak. Nah..di Ungaran sekarang ini juga udah berkembang sich..udah banyak resto2 khas..kayak resto Mang Engking..dll. Tapi..kemaren lagi bosan juga ke resto2..akhirnya ke alun2 Ungaran aja..makan di kaki lima yang banyak di seliling alun2. di Sekeliling alun2 Ungaran memang banyak sekali penjual aneka makanan yang murah2 dan enak2.
16

Tuesday, January 14, 2014

Kroket Makaroni..Yummy..! ^^


Wah..libur lagi ya teman2..hihi..seru nich bisa kumpul2 lagi sama keluarga di rumah. Sebenernya kemaren rencana mau jalan ke Pekalongan hari ini..tapi ternyata suami banyak kerjaan yang harus selesai Rabu besok..ya udah..di rumah saja dech..sibuk utak atik resep aja di dapur..Yodha..seperti biasa..kalau libur..abis sarapan udah mantengin Nick Junior..hihi. Kali ini aku bikin kroket makaroni...soalnya masih punya banyak stock makaroni mentah..kemaren itu minta di beliin makaroni ke suami di TBK langgananku..eh lha kok di beliin yang kemasan besar,..2 kg gitu..hihi..padahal..kalau aku beli kan cuma kemasan sekali pakai 250 gram..hihi..namanya juga bapak2..maunya yang praktis..tinggal ambil di rak yang kemasan besar..nggak mau ribet2 nunggu di kemas lagi ukuran kecil oleh pegawainya..ya udah..nggak pa2 dech buat stock. 
12

Monday, January 13, 2014

Stick Singkong Goreng, Renyah di Luar..Empuk dan Lembut di Dalam..^^


Hujan2 gini..pengennya kok ngemil terus ya teman2..hihi. Jadi..musti rajin2 bikin cemilan sendiri nich di rumah. Memang..beli ya banyak ya..tapi kan lebih hemat ya..kalau bikin sendiri...dan cemilan nggak harus mahal lho..singkong..yang murah meriah..bisa di olah jadi aneka cemilan yang enak. Kalau lagi males ngutak atik singkong jadi jajan pasar..di goreng aja juga enak. Nah..biar nggak bosan..sama singkong goreng biasa..yukk kita sulap penampilan singkong gorengnya..kita bentuk stick gitu..biar lebih menarik buat anak2..biar nggak kalah..sama french fries..kalau yang dari singkong..kita sebut apa ya..cassava fries gitu??..hihi..* ngarang..*
20

Soto Betawi Daging


Soto Betawi..jenis soto bersantan dan berbumbu rempah kuat..yang tentu saja berasal..dari Betawi ya teman2. Aku udah sering buat soto ini..karena memang keluarga di rumah pada suka. Biasanya..bikin soto Betawi komplet..pakai jerohan juga..tapi kadang2..pakai daging aja juga enak. Berbagai resep soto Betawi udah aku coba. Biasanya aku buat sich yang kuah putih bersih warnanya tanpa kunyit, dan di resep terakhir aku coba juga versi yang pakai susu. Tapi kemaren baca2 tabloid info kuliner edisi lama..ada liputan tentang soto Betawi yang terkenal di Serpong Tangerang..yaitu Soto Betawi H. Mamat. Selain ulasan tentang warungnya..juga di ulas resep aslinya..dan ternyata beda sedikit dari soto Betawi yang biasanya aku coba..yaitu pakai kunyit dan cabe merah..wah..aku langsung pengen coba dech. Akhirnya kemaren coba..dan ternyata enak juga. Tetep seger rasanya dan ada rasa khas soto Betawi nya juga..karena tetep sama..pakai rempah2 yang banyak. Tapi..biar Yodha tetep bisa makan..walau pakai cabe..tapi aku buang bijinya..jadi nyumbang warna cerah aja..tapi nggak pedes. 

Tapi..resep aslinya dari H. Mamat tersebut aku modifikasi sendiri..nggak pakai jerohan kayak aslinya..tapi pakai daging aja..dan juga aku tambahin wortel dan kentang..biar ada variasi dan ada sayurnya buat Yodha. Bumbu2 juga aku sesuaikan seleraku jumlahnya. Ide pakai kentang dan wortel ini..aku niru soto Betawi langganan kami di Semarang sini. Di dekat rumah ada rumah makan ayam pejuang yang menyediakan soto Betawi juga..nah di sana soto Betawinya rasanya enak dan otentik juga..tapi penyajiannya di tambahkan wortel dan kentang..jadi suka dech. Nah..jika teman2..mau yang asli saja..kentang dan wortel boleh di hilangkan..kalau mau coba. Tapi menurutku nggak mempengaruhi rasa kok penambahan kentang dan wortel ini..cuma buat variasi aja..dan tambah sehat tho buat anak2..karen ada sayurannya. Buat yang suka jerohan..boleh juga di tambah jerohan. Tapi kalau bikin soto Betawi pakai jerohan..jerohannya di rebus terpisah ya teman2..jangan di rebus bareng dagingnya...karena air rebusan dagingnya di buat kuah sotonya. Jika pakai daging aja..paling enak adalah pakai daging yang sedikit berlemak..misal daging tetelan gitu..jadi bisa empuk dan gurih. Selamat mencoba ya teman2..jika suka soto Betawi..^^
Soto Betawi

Bahan :
500 gram daging sapi 
2 buah wortel, potong bulat
2 buah kentang, potong kotak
2000 ml air
Santan kental 500 ml
2 batang sereh
3 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk purut
2 cm lengkuas, memarkan
3 cm kayu manis
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk 
Gula pasir 1 sendok teh
Kaldu bubuk sapi jika suka dan garam secukupnya

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 cm kunyit
2 cm jahe
3 buah cabai merah
4 butir kemiri
1/2 sendok makan ketumbar
1/2 sendok teh jintan

Pelengkap :
Nasi putih
Bawang goreng secukupnya
Tomat, di potong2
Sambal rawit dan kecap secukupnya
Jeruk limo ( jeruk sambal )
Emping goreng

Cara membuat :
Rebus daging sapi dan air hingga keluar kaldunya. Ukur 1500 kaldunya.
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan air kaldu, santan dan semua bumbu2 lain. Masukkan daging, wortel dan kentang.
Masak dengan api kecil, sambil seskali di aduk supaya santan tidak pecah hingga bumbu meresap dan daging empuk.
Sajikan dengan nasi putih, sambal rawit, kecap, jeruk limo, potongan tomat dan emping goreng
 
26

Sunday, January 12, 2014

Ayam Goreng Kampung Kali Semarang..Enakkk & Murah..! ^^


Weekend...waktunya *turun gunung*...hihi..maksudnya ke Semarang kota bawah...waktunya icip2..di resto2 yang belum pernah kami kunjungi. Walaupun di Semarang atas..apa2 ya udah ada..restoran..kafe dll..juga banyak yang belum kami coba..tapi seminggu sekali paling nggak jalan dech kita ke Semarang bawah..biar ganti suasana..^^..soalnya kalau di Semarang atas kan adem ayem..nah..di Semarang bawah nich bisa liat jalanan yang crowded macet kayak gini nich...hihi.


Memang perkembangan kota Semarang akhir2 ini lumayan pesat..resto2..hotel2 baru bermunculan..gedung2 tinggi mulai bermunculan..dan..macetnya..udah hampir sama kayak Jakarta juga..hihi...di pusat2 kotanya sich. Tapi kalau hari kerja kata suami ya udah super macet...pernah pulang dari kantor yang biasanya cuma 1/2 jam..bisa sampai 2 jam..hihi. Untung kalau mau ke rumahku ada jalur tol..dan pintu tol Tembalang juga nggak jauh dari rumah...jadinya ya lumayan banyak membantu dech.

Kemaren..atas rekomendasi suami..karena sebelumnya udah pernah nyicip makan di sana bareng temen2nya..kita ke resto Ayam Goreng Kampung Kali. Alamatnya di Jl. DI Panjaitan No 45, Kampungkali Semarang. Tempat makannya bersih dan luas..enak suasananya buat makan rame2 sama teman atau keluarga. Menu utamanya adalah ayam goreng. Tapi banyak juga menu2 lain. Ketika masuk ke resto kita pilih dulu makanan yang di pesan..semuanya sudah siap saji..dalam keadaan udah matang dan di ungkep bumbu..tapi belum di goreng. Ada ayam goreng manis..ayam goreng gurih..ada ati , kepala ayam, babat iso, aneka pepes..tahu tempe, pete, sayur asem dll. Kita tinggal pilih2 sesuai selera, lalu di kasih ke pelayannya untuk di goreng. Jadi ayam gorengnya tersaji selalu hangat. 

10

Saturday, January 11, 2014

Setup Rambutan



Alhamdulillah....pohon rambutan di samping rumah berbuah lebat..tapi sayangnya karena hujan terus..jadi tidak semanis tahun kemaren buahnya. Padahal jenisnya rambutan binjay lho..rambutan yang paling enak menurutku..selain rafiah. Biasanya..kalau nggak musim hujan..masih hijau aja udah enak banget rambutannya. Ini kemaren aku coba petik sedikit buat teman2 antar jemput mobil Yodha..eh kok ada asam2nya dikit. Ya udah..sisanya daripada nggak ada yang makan..aku buat setup rambutan..kan seger tuch..kuahnya kalau ada sedikit asam2nya rambutannya. 
15

Membuat Sendiri Wadah Cantik Untuk Kentang Goreng


Wah..lama nggak bikin craft aku..dulu suka juga sich bikin pernak pernik..baik dari kertas atau kain..tapi sekarang karena sibuk masak..jadi udah jarang. Nah..kemaren iseng pas Yodha libur bikin wadah cantik buat kentang goreng gini..di buat bareng2 Yodha..sekalian ngajari Yodha bikin craft gitu..soalnya di sekolah dia ikutan klub craft. tapi..tetep..craft nya berhubungan dengan dapur..hihi. Jadi kita bikin wadah cantik buat kentang goreng. Wadah ini praktis buat tempat kentang goreng..jamur krispi goreng dll..cocok dech jika di gunakan di acara ultah anak2..atau di buat kemasan jika mau jualan kentang goreng mungkin teman2..hihi..pasti lebih menarik ya buat anak2. Selamat mencoba ya. Oh iya..resep kentang goreng renyah ala fast food aku juga udah ketemu lho caranya..cuma..nggak aku posting di blog ini ya..karena tulisanku tentang cara membuat kentang goreng yang renyah ..aku posting khusus untuk web KEB ( Kumpulan Emak Blogger )..jadi kalau mau tau caranya..meluncur saja ke tkp ya..silahkan klik di sini.
20

Google Ad

Visit Our You Tube Channel