Google Ad

Saturday, September 12, 2020

Mendoan

Mendoan

 
Pagi, 

Udah minum teh pagi ini teman-teman? Nich dapat salam pagi dari Mendoan....πŸ€­πŸ˜ƒ

Pag-pagi minta tolong suami beli daging ... eh kok pulangnya bawa tempe mentah lebar-lebar yang untuk mendoan. Wah tumben ada di pasar, katanya di tukang sayur langgananku bawa tempe ini, terus beli langsung dech aku goreng untuk sarapan πŸ’•

Di taman deket rumah ada sich kalau sore yang jualan mendoan di taman, tapi kalau aku lebih suka goreng sendiri lebih sesuai selera adonan tepungnya, dan nggak berminyak banget. Kalau beli kadang suka berminyak, jadi pas nemu tempe mendoan mentah yang lebar ini seneng banget. Walau agak mahal 1 bungkus gandeng dua isi 8 lembar tipis-tipis 5 rebu 🀣🀣 Kalo beli tempe biasa kan dapat sepapan besar diiris tipis bisa jadi 20 lebih 🀭Tapi memang sensasinya beda ya, kalau mendoan yang asli tipis nempel di daun dibanding tempe biasa yang diiris tipis..πŸ’•πŸ’•

Tapi aku pernah mabok mendoan lho teman-teman.🀣🀣 Waktu kulineran ke Purwokerto beberapa waktu lalu, saking semangatnya coba aneka mendoan sampai mbengler di warung soto, di sentra oleh-oleh, di hotel, di pasar tak coba satu-satu semua penjual dan versi mendoannya, jadilah pas ke Baturraden liat mendoan anget bertebaran malah mblenger aku. 🀭🀣

Resep Tempe Mendoan Ala Purwokerto

Bahan-bahan :
  • 10 buah tempe mendoan Purwokerto / tempe biasa , diiris tipis melebar
  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok makan tepung tapioka / tepung beras
  • 400 ml air
  • 2 batang daun bawang, diiris halus
  • Minyak untuk menggoreng
  • Bumbu Halus:
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sendok teh bumbu kaldu bubuk dan garam secukupnya
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 cm kencur ( ini optional aja sesuai selera, boleh pakai atau tidak )
Bahan Sambal Kecap Pedas (aduk Rata):
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 1 siung bawang putih, dihaluskan atau cincang aja boleh
  • 4 buah cabai rawit merah, dihaluskan / di potong2 kecil2
  • 1/8 sendok teh garam jika perlu
Cara Membuat :
  • Aduk rata tepung terigu, tepung tapioka, air, dan bumbu halus. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
  • Celup tempe ke dalam adonan tepung. Goreng sampai setengah kering / masih putih , nggak perlu kering.
  • Tiriskan. Sajikan dengan sambal kecap pedas atau cabai rawit, Yummy !
Selamat mencoba!

No comments :

Post a Comment

Google Ad

Visit Our You Tube Channel