Google Ad

Thursday, December 31, 2015

Jangan Mbayung


Selamat menyambut tahun baru ya teman-teman. Jika mencari inspirasi menu untuk malam tahun baru, silahkan pakai kotak SEARCH di pojok kanan atas yang ada tulisannya CARI RESEP. Ketik judul resep, lalu klik enter ya...nanti akan muncul resepnya, tinggal di klik judul postingannya. Aku lagi mencoba posting berjadwal nich..jadi walau aku tinggal liburan, dapur tetep update menu baru. Kan nggak enak..kalau ada tamu ke sini di anggurin..hihi. Moga nggak kacau dech jadwal postingannya..karena yang pasti, kalau udah di jalan atau liburan nggak sempat update web. Jadi aku siapin draft beberapa resep sekalian untuk beberapa hari besok.

Kembali ke menu harian ndeso, ini salah satu favoritku...Jangan Mbayung..atau sayur daun kacang panjang muda. Dari habis sakit dah pengen Jangan Mbayung yang seger ini, alhamdulillah keturutan..dan walau sederhana menunya, tapi enak bener. Tuch kannnn...kalau habis sakit..jadi enak semua lagi makanan..hihi. Jangan Mbayung ini paling enak di masak lodeh seperti aku masak ini, pakai tempe semangit, pete, ebi..komplit. Bumbu di ulek kasar aja, tumis sebentar, cemplang-cemplung..cepet kok matengnya jika daun Mbayungnya muda.


Ok, langsung cekidot aja resepnya ya..teman-teman..:)

Jangan Mbayung

Bahan :
1 ikat Mbayung ( daun Kacang Panjang  Muda )
700 ml santan sedang
1 sendok teh kaldu sapi
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
1/2 sendok makan gula merah
Garam sesuai selera
1 sendok teh ebi, rendam air panas hingga mekar
1/2 papan petai, kupas, potong jadi dua

Bumbu, Ulek kasar saja :
6 buah bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm kencur
1/4 sendok teh terasi bakar
5 cabai rawait merah ( sesuai selera )

Cara Membuat :
Petiki daun Mbayung bagian yang muda, cuci bersih dan sedikit di peras agar lemes
Tumis bumbu hingga matang dan harum
Masukkan santan dan semua bumbu, didihkan
Masukkan daun Mbayung, tempe semangit dan pete
Masak hingga Mbayung matang, koreksi rasa
Sajikan



4

Wednesday, December 30, 2015

Barongko


Alhamdulillah masih bisa posting satu menu give away lagi sebelum mudik. Aku jadinya besok mudiknya..soalnya ternyata tukang yang kerja di rumah..baru bisa selesai hari ini..ngerjain renovasi taman belakangnya. Ya udah, selesaikan dulu aja sekalian. Sekalian tukang satunya juga udah sembuh dari sakit, jadi ada yang jaga rumah dech selama kami pergi. Yodha udah heboh minta liburan..hihi..maaf ya Kak..telat..:)
6

Tuesday, December 29, 2015

Sambel Pecel Kediri


Masak apa hari ini teman-teman..atau nggak masak ya..lagi liburan pastinya di luar kota. Hemm..membayangkan kalau liburan itu tempat makan yang terkenal pasti antri dan penuh sesak ya..hihi. Jadi yang masih setia di rumah..mari masak aja yukk..nggak perlu antri dan berjubel, tetep bisa makan enak di rumah. Menu dapurku kali ini..baru sambel pecel tapi je..sayurannya belum matang. Tapi enak buat cocolan gorengan juga kok..jadi siapa yang mau nyuwil sambel pecelnya..silahkan..di kasih air panas, *di jeri*..istilah Jawanya..buat cocolan gorengan..hemm..enak. Sambel Pecel kali ini spesial, khas Kediri. Ada beberapa kota yang memang terkenal dengan sambel pecelnya ya teman-teman, antara lain Madiun dan Kediri. Masing-masing punya keistimewaan sendiri-sendiri. Nah kali ini yang aku buat, itu sambal pecel khas Kediri..kiriman resep dari mba Marisa. Resep ini otentik lho..resep warisan dan dari dulu ya seperti ini nggak berubah resepnya. Tapi resep dalam jumlah banyak sekalian ini teman-teman, jadi bisa buat nyetok sambel pecel sebulan, atau mau buat usaha..mungkin..oke juga kayaknya.
16

Monday, December 28, 2015

Telur Kukus


Alhamdulillah bisa posting dua menu hari ini. Menu kedua Give away, kiriman mba Rika..dari Kalimantan. Menunya telur kukus, yang kata beliau merupakan menu yang terkenal di masyarakat Tionghoa di Kalimantan Barat. Hemm..unik dech..aku taunya telur kukus ala Korea, yang mirip-mirip gini, tapi taburannya daun bawang. Jadi iseng tadi biar nggak sepi..aku taburi daun bawang juga selain ebi..hihi. Maaf ya mba Rika..nyalahin aturan..:D
14

Pangek Pisang Khas Solok Sumatra




Ngebut posting resep give away lagi ya teman-teman..nanti lanjut habis tahun baru dech jika belum selesai mencoba resep2nya..masih ada waktu dua hari ini, karena Rabu aku mudik ke Yogya dulu ya. Gara-gara sakit ndak berani liburan jauh-jauh dech, tapi kasihan Yodha juga jika nggak ke mana-mana, ya udah pulang aja. Mau pulang teman-teman yang nitip macam-macam udah banyak..gaplek..rambak Yogya..abu mrang..hahah..dasar tukang dagang..mau mudik aja..yo tetep kulakan....lol..! Besok tak ganti mobil yang muat barang banyak dech..soale kalau pergi-pergi mesti kulakan sekalian..hahah.
6

Sunday, December 27, 2015

Cobek Ikan Gurame Khas Sunda




Alhamdulillah...badan sudah enteng. Beneran enteng lho..karena sakit 2 hari aja turun beberapa kg..hahah. Asyik gak usah diet..lol..! Tapi memang belum bisa makan banyak beberapa hari ini..cuma beberapa sendok gitu udah kenyang duluan dech..tapi aku coba makan cemilan juga begitu..biasa cemal-cemil..eh ini makan satu..udah gak minat lagi. Memang mulut masih rada pahit kali ya..kalau habis sakit. Yang perlu di waspadai itu justru setelah pulih..biasanya..langsung pengen makan ini..itu..hihi.
3

Saturday, December 26, 2015

Kepiting Saus Tiram Pedas


Hai teman-teman...pa kabar ?..Wah dua hari nggak ngobrol di sini serasa lama ya..:D. Aku lagi sedikit nggak enak badan kemaren hingga harus bed rest. Biasanya sich sok kuat...kalau cuma masuk angin, meriang, di kerokin aja udah sembuh. Tapi karena kemaren ini kalau orang Jawa bilang *masuk angin kasep * sampai agak dehidrasi, tubuh..udah nolak makanan dan minuman terpaksa dech bed rest aja. Untunglah setelah aku paksain makan minum, berangsur pulih, walau masih agak lemes. Dan yang penting nggak perlu ke rumah sakit..huhu..soalnya bakalan repot semua jika harus ke rumah sakit.

4

Thursday, December 24, 2015

Sari Kacang Hijau Jahe


Hari ini libur masak dulu ya teman-teman. Dari tadi malam sibuk..ada acara di luar, terus ponakan datang dari luar kota, jadi seharian tadi jalan ke sana kemari. Terus sampai rumah masaknya sup iga, favorit ponakan. Jadi udah pernah aku posting kan..jadi besok ya, baru aku lanjut menu give awaynya.
7

Wednesday, December 23, 2015

Mie Ongklok Ayam


Judulnya unik ya..Mie Ongklok Ayam..teman-teman. Aslinya sich resep kiriman Ummu Salma ini ya Mie Ongklok, tapi untuk membedakan dengan resep Mie Ongklok yang udah aku posting dulu, aku kasih judul Mie Ongklok Ayam. Mengapa demikian..karena Mie Ongklok kiriman Ummu Salma ini, memakai daging ayam yang di potong kecil-kecil, dan di sajikan bersama kuah mie ongkloknya. Sedang yang aku buat dulu..Mie ongkloknya nggak pakai ayam tapi di sajikan bersama sate daging sapi. Semuanya enak sich menurutku, jadi sesuaikan selera saja ya teman-teman.
4

Google Ad

Visit Our You Tube Channel