Google Ad

Wednesday, August 6, 2014

Kroket Sukun


Dapat kiriman sukun besar  banget tadi dari mertua...kebetulan dech..dah lama nggak makan sukun. Eyangnya Yodha sini itu punya lapangan tenis yang di kelilingi kebun luas banget dan di tanami macam2 tanaman..nah salah satunya itu sukun ini..dan kalau berbuah itu besar2 sekali...satu buah sukun itu bisa berkilo2 beratnya..hihi. Tadi aku di kirimi satu aja..udah ku goreng separo..jadinya banyak banget sukun gorengnya. Tapi karena lama ndak makan sukun goreng ya enak sekali je..manis2 gurih mempur gitu kalau sukunnya bagus dna udah tua. Tapi ya mblenger kalau aku makan sendiri..jadi sisanya aku bawain mba art ku sukun gorengnya..karena di rumah ya cuma aku yang doyan sukun goreng. 


Goreng sukun..itu mudah saja teman2..tinggal di bumbuin bawang putih..garam dan ketumbar sesuai selera, rendam potongan sukun di bumbu tadi beberapa saat sebelum di goreng. Lalu goreng dech. Jika mau bisa di iris tipis2 juga jadi dech ceriping sukun..itu juga enak bingits..hihi. Sukun yang enak di goreng itu sukun yang udah tua ..jadi cepat matang dan rasanya mempur ada manis2nya gitu.

15

Tuesday, August 5, 2014

Bola Bola Mie Tepung Kentang Flake


Memenuhi request teman2 yang udah pada punya tepung kentang flake di rumah..agar sering2 posting variasi resep yang menggunakan tepung kentang flake ini..baiklah..aku nanti buat kan macam2 resepnya ya. Intinya..pakai tepung kentang flake ini bisa di pakai untuk berbagai olahan makanan lho teman2..jadi sangat serba guna dan praktis..ndak perlu repot2 ngupas atau ngukus kentang..tinggal seduh aja..jadi dech kentang kukus halus siap ndak nyampe 5 menit..hihi. 

11

Monday, August 4, 2014

Tahu Guling Ala Yogya


Masih punya ketupat teman2 ?..Yukk..kita buat masakan yang seger dan praktis dari ketupat dan teman2nya ini. Karena kemaren di sini lebaran ketupat..jadilah di rumahku banyak ketupat lagi..kiriman dari Eyangnya Yodha. Nah..karena bosan dengan lauk bersantan..kemaren aku buat tahu guling ala Yogya saja. Sepintas mirip tahu kupat Magelang ya teman2..tapi beda lho rasanya...tahu guling ini. Kalau tahu kupat Magelang kan bumbunya pakai kacang ya..kalau tahu guling ala Yogya itu kuah kecap aja..jadi seger gitu..apalagi jika di makan dengan kuah yang agak banyak dan pedes..enak banget lho. Tapi memang citarasanya agak manis ya..kalau tahu guling gini..karena bumbu utamanya ya gula merah dan kecap. Tapi manisnya itu seger kok teman2 dan di padu isian tahu tempe goreng yang gurih..jadi pas aja..cobain dech..:)
14

Sunday, August 3, 2014

Asinan Buah Seger...^^



Wah..sampai hari libur terakhir lebaran..kok ya masih ada acara keluarga besar sini..hihi..mau leyeh2 nonton dra kor lagi wis ndak sempat. Besok udah mulai sibuk packing pengiriman. Terus Senin besok mulai kursus singkat food photography online sebulan penuh..moga2 aja ndak mangkir dari kursus online nich..mumpung gratis..hihi..dan kalau mau konsultasi privat tinggal tambah $ 29 bisa konsultasi langsung sama ahlinya..via skype. Sangat2 murah di banding kursus photography yang offline tuch yang aku pernah nanya ke Da**** cabang Semarang ampe jutaan sekali datang. Asal ndak lupa aja,.biasa pas kursus itu semangat ikutin aturan, pakai banyak properti dll..tapi pas praktek motret tiap hari balik lagi gaya suka2 aku..hihi..lha kadang2 buru2 aja motretnya biar ndak kelamaan. Moga2 aja bisa ikut aturan ahh..dan tambah ilmu motret2nya...ntar aku share ya teman2..hasil kursusnya..Jika aku telaten sich ikut satu bulan penuh besok ini sich..hihi.

Tadi habis acara halal bihalal keluarga besar di sini..sempat mampir pasar..dan akhirnya daku tergoda pengen rujakan. Tapi..kalau rujakan kan harus habis ya..sementara yang suka cuma aku doang nich..jadinya ganti haluan pengen bikin asinan Bogor aja...kan bisa di simpan di kulkas sisanya. Pas buka puasa bersama kelas Yodha kemaren itu sempat nyicip asinan Bogor buatan temen itu seger banget dan warnanya cantik bisa merah menarik gitu. Dulu sempat pernah bikin sich asinan Bogor gini..belum bisa manraik banget warnanya. Nah..setelah dapet tips2 dari temenku Bundanya Rafanel..akhirnya aku bisa bikin asinan Bogor yang cantik nich teman2..merah menyala..hihi. Ternyata kuncinya itu pakai cabai merah agak banyak..terus di saring dech..jadi nggak pedes banget..tapi dapat warna merah cantik kuah asinannya. Selain itu kata temenku..ternyata di campurin gula merah sedikit lebih sedep lagi asinannya. Dan tadi ku praktekkan ..memang bener..jadi berasa kayak rujak kuah gitu..lebih seger dan sedep jika pakai gula merah sedikit..selain gula pasir tentu saja. Oh ya..buah untuk asinan ini..suka2 aja ya teman2..aku tadi cuma beli buah satu2 aja..jadinya udah banyak. kalau mau lebih hemat..beli aja buah2 potong di tukang rujak tuch yang sepaket kan ada yang teman2..atau beli di tukang rujak keliling tuch per potong..jadi lebih murah dech. 

Oke..mau coba..yukk ini dia resepnya ya teman2..yang udah ku sempurnakan dari resepku terdahulu..^^
Asinan Buah

Bahan :
1 buah nanas ukuran kecil, potong kecil2 tipis
1 buah bengkuang agak besar, potong2 tipis
1/2 buah pepaya mengkal, potong2 tipis
2 buah kedondong, potong2 tipis panjang
1 buah ketimun, potong tipis2
1 genggam kacang tanah goreng

Kuah :
10 buah cabai merah, haluskan ( sesuai selera )
1,2 L air panas ( mendidih )
200 gram gula pasir
100 gram gula merah, sisir
1 sendok teh garam
3 sendok makan cuka

Cara Membuat :
Campur semua bahan kuah, saring. Koreksi rasa udah sesuai selera belum manis asemnya.
Campur semua buah iris di wadah besar, tuangi kuah. Taburi kacang tanah goreng. Dinginkan di kulkas hingga meresap.
Sajikan dingin lebih nikmat.


19

Saturday, August 2, 2014

Ketupat & Lontong..Efektifkah Buat Menu Diet ?



Alhamdulillah..walaupun semangat masak belum tinggi..karena memang belum punya banyak bahan di kulkas..tapi semangat nulis di blog udah kembali..hihi. Jadi..mari kita tulis hal2 ringan saja ya teman2..buat intermezo selain postingan resep2 ya. Tapi biarpun postingan ringan..semoga tetep bisa memberi sedikit informasi dan manfaat ya buat teman2 yang membacanya..yang pasti..tetep seputar dapur kok.
7

Tepung Crepes / Kue Leker Mix Praktis..Enak dan Awet Renyah


Hari ini uji coba tepung crepes atau kue leker praktis dari mba Elmi..dan berhasil tipis nich ..walau cuma pakai wajan kewalik alias crepes maker untuk rumah tangga. Jadi..nggak perlu harus pakai alat crepes maker mahal kayak di mall gitu kok bikin crepes yang enak teman2. Dan di jamin sampai puas dech makannya..kalau bikin crepes sendiri di rumah..hihi. Soalnya satu adonan tepung mix ini jadinya buanyak..dan adonannya jika sisa bisa di simpan di kulkas..terus di buat besok lagi..masih enak..aku udah coba juga adonan di inapkan..masih oke tuch. Yodha dan ponakan suka banget dech. Mereka suka di isi coklat gitu. Kalau aku suka isi pisang..tapi karena lagi ndak punya pisang...tadi aku buat polosan aja udah enak juga lho..renyah dan gurih..kayak kue gapit atau kue semprong..hihi.

47

Kangen Pecel Kembang Turi....^_^



Beneran..setelah Lebaran kemaren ketemunya masakan berlemak2..bersantan dan berdaging2 semua...aku kok kangen pecel teman2..hihi. tapi kok ya masih enggan beranjak pergi ke Pasar..jadilah cukup merindukan pecel ini saja. Dan pas lagi bersih2 file komputer yang udah kepenuhan dengan foto2 makanan..eh kok ya nemu foto kembang turi. Wua..jadi tambah pengen makan pecel. Pecel dengan kembang turi..wua..enake rek. tapi udah ada yang jual belum ya kembang turi nich..belum musim lagi kali yach sekarang ini.

13

Friday, August 1, 2014

Tips Membuat Donat Kentang Praktis dan Enak Dengan Campuran Tepung Kentang


Masih pada sibuk liburan ini pasti ya teman2 ?..Alhamdulillah tadi udah semangat bersih2 dapur..hihi. Dan semangat mau bereksperimen lagi dengan resep2 baru. Cuma..masalahnya belum mood belanja nich teman2..soalnya di pasar2 pasti masih harga Lebaran ya teman2..hihi. Apalagi di Semarang dan sekitarnya nich kan ada tradisi lebaran ketupat..yaitu Lebaran kedua..hihi..jadinya harga2 bahan2 di pasar bakalan anteng nich ndak mau turun sebelum lebaran ketupat. Jadi..di tahan2 dulu dech belanja banyak2..cukup seperlunya dan ngabisin stock apa yanga da di kulkas aja dech.
57

Dadar Gulung Isi Selai Nanas


Wah..aura liburan kok masih bikin kita males2 an ya teman2..di dapur nich. Kayak kemaren mau beres2 dapur yang kayak kapal pecah aja belum semangat..oh..aku rindu mba Tri..mba art ku..hihi. Cepatlah datang mba...biar dapur segera rapi lagi. Lha kemaren mau beres2 dapur malah ada acara kelurga besar sini makan keluar ke pemancingan di luar kota..ya udah..ndak jadi lagi. Pulang dari luar kota mau beres2 dapur dan masak..kok ya masih capek..akhirnya jajan aja sore..terus malam leyeh2 dech di depan tivi..sambil nonton drakor..hihihi. Kebetulan dua hari lalu sempat hunting DVD dra kor baru ke Java mall..abis lebaran..wis..ketambahan dech malesnya...kalau udah nonton drakor. 

15

Google Ad

Visit Our You Tube Channel