Google Ad

Sunday, September 12, 2021

Opor Bakar Kudus


Opor Bakar Kudus

 
Selamat sore teman-teman,

Sore gini Semarang udah mulai sering hujan teman-teman, jadinya males mau ke mana-mana, daripada bengong di rumah menidngan masak aja yuk ...! 😀 Mendung-mendung gini makin syahdu ya ... Apalagi kalau bikin bakar-bakaran biar anget. 😀

Punya stock ayam kampung di freezer kan?!

Aku lagi kangen menu 'Opor Bakar' atau 'Opor Gosong' khas Kudus nich teman-teman, jadi kepengin masak menu tersebut di rumah saja. Sudah pernah dengan masakan ini kan?

Sekarang ini, walaupun sangat rindu kulineran kesana-kemari, tapi karena ke mana-mana jadi ribet makanya jadi malah males pergi. Bahkan mau ke Mall aja males. 🤣Padahal kartu vaksin ada, gak tau lagi seneng anteng aja di rumah. Paling kalo mau pergi, tujuannya ke ke pasar aja pagi-pagi bener. Kalo pengin ngopi, tinggal jalan kaki ke Cafe-Cafe di belakang rumah yang berjajar dari kiri ke kanan, mana banyak yang baru-baru lagi. 😀 Oh ya, belakang rumahku adalah koloni Cafe terbesar di Indonesia teman-teman ... Keren kan? Seperti tempat wisata saja, padahal dulunya sepi sekarang mau keluar ke jalan besar saja susah nyebrangnya.

Nah, kalo pengin masak ayam kampung tapi gak ada stock ayam di freezer tinggal pesan aja ke ASTAMAYA JAYA FARM (IG @astamajayafarm) 👌 Tanpa minimal order, dianter sampe rumah (khusus wilayah Semarang) jadinya tambah nyaman jadi emak-emak rumahan. HeHe 😀😂 Ayam kampung dari ASTAMAJAYA FARM (IG @astamajayafarm) harganya ekonomis, melayani pengiriman area Semarang tanpa minimal order ya, tolong dicatet. Ayamnya fresh dari peternakan organik, baru dipotong jika ada pesanan.

Sore ini aku lagi rindu salah satu kuliner khas Kudus, yaitu: Opor Ayam Bakar, yang biasa kulineran Opor Ayam Sunggingan sudah pasti tahu makanan ini, tentang kelezatan Opor Bakar ini.

Opor Bakar khas Kudus ini disajikan dengan nasi, cara penyajian ayam disuwir-suwir, terus disiram areh kuah opornya yang dikentalin, terus disajikan pakai sambel goreng tahu magel. Harusnya sambel goreng tahunya nginep dulu biar medok, nich barusan mateng juga tadi. 😀

Terus yang unik, makannya pakai Suru/sendok dari lipatan daun pisang ... Nah, seru kan? Tapi tadi keburu hujan, jadi gak sempet plating penyajian 'Nasi Opor Bakar'-nya dech, pokoknya dibayangkan saja begitu ya teman-teman.🤣 Yang penting kan resepnya ... HaHa


Ayam Opor Bakar



Sambel Goreng Tahu

RESEP OPOR BAKAR KHAS KUDUS

😂 Resep 'Sambel Goreng Tahu' menyusul yaaa .... 

Bahan:
  • 1 ekor ayam kampung kecil
  • ( sekitar 750 gram )
  • 2 daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 2 daun jeruk
  • 1 sereh, geprek
  • 1 sdm gula merah
  • 2 sdt kaldu ayam
  • 1/ 4 sdt garam
  • 1000 ml santan

Bumbu Halus :
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 4 kemiri sangrai
  • 1 sdk teh ketumbar sangrai
  • 1/2 sdk teh merica
  • 1/4 sdk teh jintan
  • 2 cm kunyit
Cara Membuat: 
  • Haluskan bumbu, separo masukkan ke perut ayam, sisa bumbu lumurkan ke badan ayam.
  • Rebus api kecil dgn santan hingga meresap.
  • Angkat ayam, bakar hingga harum.
  • Kentalkan kuah, siram ke ayam bakar.
Lihat video di bawah ini:



Selamat mencoba!

No comments :

Post a Comment

Google Ad

Visit Our You Tube Channel