Google Ad

Wednesday, December 31, 2014

Mendoan Daun Kucai



Selamat menyambut tahun baru teman2..mau ke mana nich..atau mau masak2 aja dan kumpul2 bareng keluarga...aku ada beberapa menu kemaren udah ku posting di SINI ya. Atau menu2 lain..tinggal di search aja ya di web ini..banyak..mau masak apa aja ada kok resep..misal ikan bakar..iga bakar dll..ada semua. Wah tadi ke pasar memang paling ramai penjual ikan. Pada kelarisan semua. Banyak keluarga atau rombongan remaja yang borong ikan gurame dll. Mungkin pada mau buat bakaran ramai2 ya. Ada juga penjual jagung muda..banyak..ya itu juga buat bakar jagung ramai2 di malam tahun baru. Oke dech apapaun rencana merayakan malam pergantian tahun nanti..have fun ya teman2..^^

Aku kayaknya di rumah aja..juga dech. Tadi tanya Yodha..mau nginap di hotel resort seperti rencana kemaren, atau beli Nokia baru idamannya..soalnya harga hotel plus paket gala dinnernya untuk 3 orang..sama dengan harga Nokia yang di inginkan Yodha..hihi..dan akhirnya dia pilih beli Nokia baru aja. Ya udah..di rumah saja berarti ya Kak..tahun baruan..hihi.
5

Tuesday, December 30, 2014

Roti Pia Basah Isi Kacang Merah


Akhir2 ini setelah sering buat hotteok ala Korea..jadi ingat..kalau di Jawa nich banyak kue2 enak....yang nggak kalah enak sama hotteok..tapi kok ya kalah nge top ya..hihi. Misal..bakpia...atau yang lebih mirip lagi roti pia basah..ini bener2 mirip hotteok..karena bentuknya gepeng tipis..dan ada isinya. Hemm..sama2 enak..tapi kok nggak ada ya..yang kepikir bikin gerai pinggir jalan..roti pia basah gitu..jadi bisa di nikmati anget2 dan jadi jajanan khas. Selama ini roti pia basah ini cuma bisa di temui di pasar2 tradisional..dan itupun kurang tenar pamornya..di banding saudara dekatnya..yaitu bakpia pathuk Yogya dkk..hihi.
3

Monday, December 29, 2014

Singkong Presto Goreng Sambal Terasi



Wuaa..maaf ya teman2..kemaren absen posting 1 hari..hihi. Soalnya mendadak pulang kampung alias mudik. Lha tiba2 di telp Kakak di Yogya..katanya Eyang Yodha *gerah..alias sakit..anak2nya suruh pulang semua..langsung tanpa pikir panjang pulang dech..kakak2 lain yang di luar kota juga pulang semua. Jebule..alias ternyata cuma kangen anak cucunya..hihi. Lega dech..jadi..di Yogya cuma 1 hari satu malam..langsung balik lagi Semarang..karena banyak tanggungan kerjaan..huhu. Padahal..biarpun bermacet2 ria..karena musim liburan nich..kalau nggak banyak kerjaan ya pengennya lama di Yogya..hihi. tapi karena bukan tanggung jawab banyak yang harus segera pulang. 

Kemaren cuma sempat ke pasar tradisional di deket rumah..beliin krecek rambak pesanan teman2 yang kemaren kehabisan..nich udah ready lagi krecek Yogya yang empuk dan lembut jika di masak. Terus ke toko peralatan dapur, toko Progo..ke Yogya City Mall yang baru tuch di Jalan Magelang sebentar..cuma coba2 outlet kulinernya sich..hihi..nggak belanja..lha kalap belanjanya malah pas di pasar..nemu aneka perkakas antik jadul ya langsung di borong semua..buat properti photo. Giliran liat baju2 bagus dan sepatu2 merk..kok ya lewat saja..hihi. Dasar passionnya itu udah beda..kalau dulu jaman masih muda..sukanya hunting baju dan pernak pernik penampilan..sekarang lebih suka pernak pernik dapur...hihi.
11

Saturday, December 27, 2014

Hotteok Original


Beberapa waktu lalu..setelah mencoba hotteok kentang..wah..Yodha jadi ketagihan..hampir setiap hari minta di buatin hotteok..hihi. Memang enak banget sich pas masih anget2 gitu. Tapi Yodha ku memang gitu..kalau lagi musim pengen crepes..tiap hari minta crepes, musim martabak mini..request cemilannya ya itu2 terus..sekarang..lagi musim hotteok dech di rumahku..hihi. Jadi tiap sore tuch akan tercium aroma wangi gula merah yang tercampur kayu manis..hemmm. Tapi itu buatku..yang buat Yodha ya tentu saja isi coklat..hihi.
14

Friday, December 26, 2014

Lumpia Rebung Mini



Lumpia..salah satu cemilan favoritku sejak dulu waktu masih di Yogya dan kini, selama 10 tahun terakhir tinggal di Semarang. Kalau dulu sich pas waktu di Yogya..serasa makanan enak dan langka..hihi. Soalnya di Yogya jarang yang jual. Masih ingat dulu..sebelum kenal mantan pacar..( baca : papine Yodha..hihi )..aku udah sering makan lumpia Semarang..karena sering di oleh2 hin dulu sama relasi..pas aku masih  tarakhir kerja di ekspor impor furniture..kan banyak tuch perusahaan *forwading nya dari Semarang..nah dulu sering dech di bawain..alias di beri *sogokan lumpia Semarang dkk..setelah kami pakai jasa forwading mereka..hihi. 

Setelah menikah dan pindah ke Semarang..wah ya jadi semakin suka lumpia Semarang..apalagi udah bisa buat sendiri..ya..jadilah sering banget buat ketimbang beli kan mahal ya..satu bisa 10 ribu..hihi..sayang atuch. Bikin sendiri aja murah lagi. Sayangnya Yodhaku nggak terlalu suka lumpia..mungkin karena rasanya yang tajam dan berbumbu..jadi kalau aku buat lumpia jarang mau makan. Tapi aneh bin ajaib..beberapa waktu lalu kami iseng beli lumpia pasar yang harga 1500 rupiah..eh lha kok Yodha malah doyan. Lumpianya itu mini..isinya dikit..minus udang..ayam dan telur pun nggak pake..jadi cuma rebung aja..hihi. Aku heran kok Yodha malah doyan. Setelah aku resapin dan cicipin rasanya..oh memang unik sich lumpia mini ala pasar ini..rasanya ringan tumisan rebungnya..cukup manis gurih aja..tanpa udang dll, tetep enak. Kayaknya bumbunya cuma mengandalkan gurihnya ebi. Karena isiannya dikit..jadinya kulit lumpianya malah bisa renyah kres2 gitu..hihi.

Oke dech...untuk Kak Yodha yang udah mau makan lumpia..akhirnya aku coba buat sendiri lumpia mini ini. Dan hasilnya beneran bisa kriuk2..karena isinya sedikit, jadi kalau di makan panas2 gitu enak banget..kriuk2 gurih manis. Akhirnya jadi tau dech..jenis lumpia yang di sukai anak2..hihi. Lha selama ini lumpia Semarang yang ukuran besar memang bikin mblenger teman2..makan 1 aja pasti kenyang..karena isinya super banyak dan ukurannya memang besar..tak heran kalau harganya ya..ada yang sampai 10 ribu per biji. Apalagi kalau beli itu..duch kadang terlalu manis berbumbu tajam, jadi anak2 kurang suka. Jadi mari kita buat sendiri aja ya di rumah..lumpia mini..imut renyah dan kriuk...dan ringan rasanya.

Tips membuat lumpia mini ini..pakai saja kulit lumpia siap pakai ya..karena di jamin kriuknya..kalau bikin sendiri ya di dadar..ya..nggak bisa kriuk..karena kulit lumpia yang kriuk itu cara buatnya dengan cara di beset atau di oleskan ke wajan. Kapan2 dech kalau ada waktu pengen liputan ke kampung kulit lumpia di Semarang teman2..biar bisa kasih resep kulit Semarang yang otentik ya  ke teman2..jika ada penjual kulit lumpia yang mau kasih bocoran resepnya sich..hihi. Jadi untuk sekarang..jangan tanya resep kulit lumpianya ya..karena aku pakai kulit lumpia siap beli..hihi..di pasar..murah..1500 dapat 10 lembar. Untuk lumpia mini ini biar isinya variasi..aku tambah wortel..jadi ada manis2nya..tambah enak dech. Biarpun nggak pakai udang atau ayam..lumpia ini tetep gurih..karena pakai bumbu ebi...jadi lebih irit kan teman2..cocok buat snack jualan yang murah meriah nich. Kalau di sini lumpia mini ini di jual 1500 - 2000 rupiah 1 biji nya. Selamat mencoba ya..^^

Lumpia Mini

Bahan:
Kulit lumpia siap pakai 10 lembar
200 gram rebung rebus yang sudah iris2 korek api, 1 buah wortel, iris korek api, 1 batang daun bawang, potong kecil2
2 butir telur, buat orak arik
Kaldu bubuk 1 sendok teh
Garam secukupnya
Gula pasir dan kecap manis secukupnya
Air 100 ml
Putih telur secukupnya untuk perekat

Bumbu Halus :
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica butiran, 1/2 sendok makan ebi yang sudah di rendam air panas

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, aduk sampai berubah warna. Masukkan air, rebung , telur orak arik dan bumbu2 lain, aduk rata dan masak hingga meresap dan kering. Koreksi rasa hingga pas sesuai selera gurih manisnya. Dinginkan.
Ambil selembar kulit lumpia, isi dengan bahan isi secukupnya, lipat dan gulung. Rekatkan sisi2nya dengan putih telur. Goreng di minyak panas hingga matang. Sajikan hangat.

7

Thursday, December 25, 2014

Balado Tahu


Wuaa...libur nggak ke mana2..nguplek di dapur..kejar deadline bikin foto2 masakan baru teman2..jadinya..tau2 kok udah sore aja..hihi. teman2..jadinya..tau2 kok udah sore aja..hihi. Oh ya selamat libur ya teman2..mungkin ada yang long weekend ya..bablas sekalian liburan..selamat liburan aja. Buat teman2 yang merayakan Natal juga..selamat merayakan hari Natal ya..dan berkumpul bersama keluarga tercinta di rumah.
4

Wednesday, December 24, 2014

Step By Step Membuat Korean Rolled Eggs Bersama LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan



Setelah aku posting resep Korean rolled Eggs beberapa waktu lalu ternyata banyak teman yang menanyakan bagaimana step stepnya, apakah bisa pakai pan anti lengkat ukuran biasa ?..Jawabannya..bisa banget...lho teman teman. Rolled eggs nya tetep bisa berlapis2, ukurannya saja ya..yang lebih kecil gulungannya. Kuncinya adalah pemilihan pan anti lengket yang tepat ya teman teman..agar hasil rolled eggs nya bisa cantik dan matang sempurna.



15

Tuesday, December 23, 2014

Potato Hotteok


Menepati janjiku ke teman2..akhirnya tadi aku bikin Korean filled pancake..atau hotteok teman2. Nich dia hasilnya..uenak dech..tak kalah enak sama yang aku beli di Kampung Semawis dulu..seharga 9 ribu rupiah per biji. Setelah bisa buat sendiri..suruh beli 1 biji segitu..ogah ah..hihi. Mak Irit....bikin sendiri..puas makan hotteok..1 adonan bisa jadi 15 hotteok lebih tadi..hihi.

14

Monday, December 22, 2014

Pepes Pindang Bumbu Rujak & Bothok Jamur Lot


Selamat hari ibu teman2..wah hari ini aku bahagia sekali..bahagia sebagai seorang ibu..dan terharu..pas di hari ibu ini..profil  aku sebagai foodie blogger mejeng dech di Vemale.com..hihi..*norak dikit dech..tapi alhamdulillah terharu dan seneng bisa terpilih mewakili sosok inspiratif untuk para ibu. "Cey..cey..kata Yodha..waktu tak tunjukin ada foto2ku di Vemale.com..Mami masuk majalah lagi ya..katanya.." Jadi jika teman2..mau kenal lebih dekat denganku..mari meluncur ke SINI ya..hihi.
6

Google Ad

Visit Our You Tube Channel