Google Ad

Monday, June 30, 2014

Pastel Cireng Isi Tahu


Wah..alhamdulillah waktu kok jalan cepet banget ya teman2..hihi..jadi malah nggak berasa kayak puasa..enjoy aja gitu..banyak kerjaan di dapur..tau2 udah siang..tau2 udah sore. Dan..pengennya posting macam2 di bulan puasa ini..eh malah agak sibuk sedikit hari ini...ya oke dech..paling nggak sehari satu gitu aku usahain tetep posting ya teman2..menu2 baru di bulan puasa ini. Nah..kali ini masih..bertema aci acian..aku  masih suka bereksperimen pakai aci nich..jadilah aku buat pastel cireng isi tahu kemaren. Berawal dari ngobrol sama mba Intan dulu tentang makanan yang lagi terkenal di Majalengka Jabar gitu..namanya Jalangkotek..bukan Jalangkote..dari Makasar lho ya..tapi pakai *K* belakangnya..jadi Jalangkotek..hihi. Yaitu cireng yang di bentuk pastel dan di isi tumisan tahu pedas. Baiklah..ini dia Jalangkotek ala aku sendiri tapi ya mba Intan..dan teman2 yang suka cemilan aci goreng..enak lho. Nggak kalah enak sama aci goreng isi sayur atau Olos yang resepnya udah ku share kemaren di SINI.

18

Sunday, June 29, 2014

Menu Takjil..Nagasari Hungkwe Pandan


Masak apa hari ini....?..Wah..aku tadi seharian masih melanjutkan bikin stock lauk..jadi baru bisa update blog dech..biar besok2 bisa segera ujicoba berbagai macam kue kering ya..sesuai request beberapa teman yang minta resep2 kuker baru. Oke dech...mumpung udah kelaaaar semua kerjaan aku updat resep baru utuk menu takjil puasa ya teman2. Ini adalah jajan pasar favoritku kalau buat takjil buka puasa..yaitu kue Nagasari hungkwe. Rasanya itu lho..lembut banget..apalagi kalau pakai pisang raja yang benar2 matang dan harum..hemm..enak sekali. Makin nikmat lagi jika sebelum di sajikan..masukin kulkas sebentar saja..jadi di makan..nyess gitu dech.

9

Saturday, June 28, 2014

Nasi Bungkus Ala Nasi Ponggol Khas Tegal



Wah..besok udah mulai puasa ya teman2..alhamdulillah ketemu lagi sama bulan yang penuh berkah ini. Sudah siap segala persiapan untuk memulai puasa teman2..?...Di awal bulan baik ini..mari siapin hati dulu ya..mulai dari awal lagi..sebelum puasa..mohon maaf lahir batin dulu..maaf2 jika aku ada salah2 kata atau salah lainya..selama ini. Dan kami sekeluarga mengucapkan : * Selamat menjalankan ibadah puasa ya buat teman2 yang menjalankannya*


Sudah ada rencana..masak apa buat saur nanti ?..Jika belum..cobain yukk..menu murah meriah tapi enak ini. cocok banget dech buat sayur. Tinggal di tambah lauk lain sesuai selera. Nah..mengawali puasa kali ini aku posting menu sederhana dulu ya...tapi tetep enak kok Menu kali ini masih dari Tegal..hihi. Waktu kemaren browsing2 tentang resep *olos*..eh nggak sengaja nemu juga makanan khas Tegal lain yang namanya Nasi Ponggol. Beneran..baru tau lho aku teman2 nasi ponggol ini..soalnya biasanya cuma tau warteg atau warung Tegal gitu ya..hihi. Atau yang paling ku tahu dan populer ya tahu aci atau tahu plethok. Ternyata banyak lho makanan2 lain yang enak2 dari Tegal. Dan akhirnya aku penasaran juga untuk mencoba nasi ponggol ini di rumah. Lha..kalau mau nyicip ke Tegal kan jauh ya teman2..hihi..jadi masak aja sendiri dulu. Dan ternyata..enak lho..walau cuma masakan sederhana..tapi malah enak dan miroso gitu. 

Nah..apa itu nasi ponggol. Begini ceritanya..dari hasil aku baca berbagai sumber di internet ya..antara lain dari Wikipedia..dari infotegalcom..dll. Jadi..intinya..nasi ponggol itu adalah nasi khas sarapan orang Tegal. Nasi hangat biasa..tapi di bungkus duan pisang ketika nasi masih hangat..jadi tambah harum aromanya..yang di sajikan dengan aneka lauk pauk. Jadi mirip2 nasi bungkus daerah lain..cuma di sajikan di pagi hari buat sarapan. Namun..pada perkembangannya saat ini..karena nasi ponggol sudah jadi makanan khas Tegal yang terkenal..maka nasi ponggol bisa juga di jumpai di warung2 pada siang atau malam hari. Makanya..ada istilah Nasi Ponggol Setan..atau di singkat *Pongset*..hihi..yang lagi nge trend di Tegal. Apa itu nasi ponggol setan..ya nasi ponggol biasa..tapi di jual pada malam hari..hihi. Tapi ada juga yang mengartikan pongset ini..mengacu pada rasanya..yaitu nasi ponggol super pedas sambel goreng tempenya. Aih..ada2 aja..ya nama makanan sekarang ya teman2..tapi memang jurus cepat sich mempopulerkan kuliner suatu daerah ya..dengan nama2 unik seperti itu.

Lanjut ya cerita tentang nasi ponggol ini teman2..jadi nasi ini lauk utamanya yang harus ada adalah sambal goreng tempe. Dari yang aku baca..di warung2..bisa di sebut makan nasi ponggol, jika ada sambel goreng tempe ini. Lauk lain boleh habis atau nggak ada..tapi sambel goreng tempe ini harus ada. Tapi ada yang bilang juga lauk utamanya orek tempe. Nah..bingung kan..secara kalau di tempatku..kalau sambel goreng itu bersantan..sedang orek tempe itu oseng tempe berkecap. Aku cari2 resepnya jarang yang ngulas sich nasi ponggol ini..cuma dari liputan2nya ada pemilik warung nasi ponggol yang cerita tentang resep tempe bumbu ponggol ini..jadi intinya tempe masak pedas bersantan..tapi di masak hingga kering gitu kayak orek tempe. Jadi aku gabung2 aja dech resepnya..aku sesuaikan seleraku sendiri akhirnya. Jadi..aku kira2 aja dech resepnya..jadi intinya sambel goreng tempe pedes gitu dech.,..tapi di masak sampai kuah mengental dan kering tanpa kuah. Untuk lauk lainnya sesusai selera..biasanya ada sayur atau tumisan lain..ayam goreng dll. Tapi kalau yang versi murah meriah..isi nasi ponggol itu dari yang aku baca cuma sambal goreng tempe itu sama mie goreng kampung...dan sepotong telur. Ya oke dech...aku gitu aja..buatnya..pengen coba yang paling sederhana ini aja dulu..hihi. Aku buat sambel goreng tempe dan mie aja tadi. Hemm..suka dech sambel goreng tempe di masak hingga kering gini ternyata enak banget...bumbunya lebih meresap dan miroso..jadi *nglawuhi* gitu..atau enak..buat di makan pakai nasi anget aja. Apalagi nasinya pas masih panas2 di bungkus daun ala nasi ponggol..we lha kok jadi tambah harum aromanya..serasa makan nasi kucingan di angkringan..hihi.

Oke dech segitu aja ya ceritaku tentang nasi ponggol ini teman2..dan ini aku masak nasi..ala nasi ponggol gitu dech..soalnya belum tau juga resep aslinya gimana...jadi ya maaf ya jika nggak persis2 banget..soalnya ya belum pernah nyicip sich. Buat teman2 yang asli Tegal...mau nambahin cerita tentang nasi unik ini..ayukk..silahkan banget..di tunggu sharingnya. Soalnya aku suka penasaran sama menu2 unik yang khas suatu daerah..biasa..jadi langsung aja..asal coba2 sendiri...hihi.  

Nah..sambel goreng tempenya ala aku begini nich teman2..sambel goreng tempe bersantan yang aku masak lama dengan api kecil hingga kuah menyusut..nah ketika kuah udah menyusut..terus aku kasih kecap manis..wah sensasi rasanya jadi enak banget je..jadi ini separo sambel goreng..separo orek tempe dech..hihi.

Oke dech..resepnya aku share yang sambel goreng tempe keringnya aja ya..karena ini yang paling penting lauknya untuk makan nasi bungkus..ala nasi ponggol..kalau menu lain misal mie goreng dll..udah sering aku share ya teman2.
Sambel Goreng Tempe Kering

Bahan :
300 gram tempe, potong kotak2 kecil, goreng hingga setengah matang
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sendok makan gula merah 
1/2 sendok teh kaldu sapi  ( optional )
Garam secukupnya
Kecap 1 sendok makan ( secukupnya )
Santan kental 800 ml
Bumbu :
8 buah bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
10 buah cabai merah, haluskan
5 buah cabai rawit merah, haluskan

Cara membuat :
Tumsi bawang merah dan putih hingga harum, masukkan cabai halus, tumis kembali hingga matang. Masukkan santan dan bumbu2 lain. Biarkan hingga mendidih, masukkan tempe. Masak dengan api kecil hingga kuah mengental , masukkan kecap manis, aduk rata, Koreksi rasa.
Sajikan dengan nasi hangat.



Oh ya..selain lauk utamanya sambal goreng tempe atau orek tempe itu..nasi ponggol ini biasa di makan juga bersama sayuran atau masakan lain, misal..oseng atau tumis labu siam, oseng kangkung..atau mie goreng kampung atau juga bihun goreng dll.
12

Tips Membuat Bubur Kacang Hijau Dan Bubur Ketan Hitam Yang Enak


Bubur kacang hijau...hemmm..menu gampang sekali ya teman2..kayaknya. Tinggal di rebus..kasih gula..santan dll..sesuai selera. Beli juga banyak..di mana2 ada. Namun kadang2 kalau beli itu ya kurang sesuai selera ya teman2..kadang terlalu manis..kadang terlalu encer..kadang kurang empuk dll..dech. Jadi intinya kalau bubur kacang hijau itu..aku lebih suka bikin sendiri di rumah. Bubur kacang ijo yang enak menurutku itu yang empuk dan medok gitu..hihi. Jadi beneran seperti makan bubur..bukan kayak makan wedang kacang hijau yang masih keras kacang hijaunya.
20

Friday, June 27, 2014

*Olos*..Aci Goreng Isi Dari Tegal


Akhirnya kesampaian bikin Olos.....tadi pagi. Beberapa waktu yang lalu ngobrol sama mba Emma dan mba Dewi yang asli Tegal..tentang olos ini. Katanya..Olos ini salah satu jajanan Tegal yang lagi booming..selain tahu aci. Hemm jadi penasaran dech pengen buat juga. Apa itu olos ?.. Olos..adalah aci goreng yang di bentuk bulat2 dan dalamnya di isi. Dulu asal mula olos ini isinya cuma kol dan cabe yang di tumis. tapi sekarang ini sudah berkembang jadi jajanan khas Tegal dengan aneka isian..misal ayam..keju..dll. 

15

Sayur Kalakan Khas Pacitan



Sayur Kalakan...mungkin menu ini terdengar kurang familiar ya teman2 di telinga kita..beda sama menu2 tradisional lain. Masakan ini adalah masakan khas Pacitan Jawa Timur. Menu ini biasa di sandingkan dengan nasi tiwul. Ketemu menu ini..biasa..hasil bongkar bongkar tabloid lama juga..dan liat liputan tabloid saji tentang menu ini di rubrik plesiran atau wisata kuliner gitu. Setelah aku baca2 bahannya..lho..kok mirip dengan mangut Jawa Tengah ya..cuma beda di penampilan aja..ikan asapnya di sundukin gitu alias di tusuk lidi gitu. Bedanya..sayur kalakan ini pakai bumbu kemiri dan kunyit juga..sedang mangut bisa pakai bisa juga tidak..dan kadang malah cenderung warna pucat karena bumbu2nya cuma di iris dan pakai santan encer. Kalau sayur kalakan ini bumbunya lebih kental dari mangut Jawa Tengah..kuning kemerahan gitu.
5

Thursday, June 26, 2014

Rawon Empal Goreng


Di waktu luang sambil nemeni Yodha main atau belajar..biasanya aku sambil baca2 majalah atau tabloid jadul koleksiku..hihi..jadul juga ya hobby ku teman2..di saat serba canggih mau liat2 resep masakan atau apapun bisa langsung baca di smart phone dll..aku kok masih suka ngulak alik tabloid resep2 jadul..karena kadang2 ya itu menemukan harta karun,.misal resep2 langka..atau unik..yang kadang2 sampai berjam2 ngubek2 google..belum tentu dapat resep2 jadul kayak gitu..hihi. Jadi..aku kadang suka ke tukang buku loak tuch temen2..kan ada ya di masing2 daerah..misal di Yogya..aku suka beli di shopping centre..tuch deket taman pintar. Kalau ke Jakarta..aku suka beli di pasar Festival Kuningan tuch..segepok majalah yang biasanya mahal2..jadi murah banget kalau udah lewat bulannya..hihi..misal majalah Pastry & Bakery..dll...kan kalau beli baru mahil ya..kalau beli bekas..dapet dech murah..hihi..kan ilmu tetep sama teman2..mau majalah lam atau baru..ya kan..hihi.  Kalau di Semarang nich jarang ada..di bawah dikit sich yang jual buku2 loak yang isinya resep2 jadul..atau majalah2 resep jadul gitu. Kadang2.di tempat loakan gitu,...aku sering juga nemu buku resep yang masih pakai bahasa edisi ejaan lama gitu..seru..hihi..jadi rasanya malah otentik dan juga jadul lho resepnya teman2..paling2 aku modif aja biar jadi modern atau aku sesuaikan seleraku. Di daerah teman2 juga adakah tempat loakan buku gitu ?..

15

Wednesday, June 25, 2014

Bakso Lombok Ulek...Bakso Khas Temanggung Yang Unik..


Tadi..habis bikin bakso bakar buat suami dan Yodha..eh jadi bingung mau sarapan apa ya buat diri sendiri..hihi. Lha lidah Jowo ki..kalau cuma sarapan susu kok ndak mantep..hihi. Beda sama Yodha dan papinya..kalau pagi tuch sarapannya sekarang pada minta sosis atau bakso bakar aja kahir2 ini..atau telur..dan susu..udah. Walah..pada diet apa ya..hihi. Iya..Yodha udah  bosan sarapan nasi goreng atau mie goreng katanya. Yo wis lah Kak..karena lagi libur ya ndak pa2..suka2 aja sarapannya..paling2 sebentar lagi teriak laper..hihi. Nah,..karena pada makan bakso bakar tadi..aku kok ya jadi pengen makan bakso juga. Tapi..aku kurang suka bakso yang banyak dagingnya kayak bakso yang aku bakar tadi..hihi..lebih suka bakso yang lebih banyak tepungnya..hihi..karena ada kenyal2nya..enak..dan..di buat bakso kuah. Nah..kebetulan aku punya stock bakso pasar juga..jadi dech pengen bikin bakso kuah. Karena pas..kebetulan tadi pesan kupat ke tukang sayur buat bikin kupat sayur..jadilah kepikiran buat bikin Bakso Lombok Ulek Khas Temanggung ya seger itu. Hemm..apa hubungan bakso dan kupat ?..Hihi..aneh kan teman2..tapi ya memang begitu lha..bakso lombok ulek khas Temanggung ini unik sekali..karena bakso kuah..tapi pakai kupat. Masih heran ??..Jangan ke mana2 kalau begitu..Yukk simak cerita selanjutnya..Halah..*Lebay..hihi.
26

Bakso Bakar



Bakso bakar nich lumayan sering aku masak buat Yodha dan papinya..secara..penggemar bakso semua itu para pria di rumah..hihi. Nah..tapi kalau di buat bakso kuah pada nggak suka..paling2 di buat campuran nasi goreng atau mie goreng..atau malah di bakar..terus di gado ..malah pada suka. Nah..pagi ini juga..pada males sarapan..cuma minta bakso bakar aja. 

17

Google Ad

Visit Our You Tube Channel