Google Ad

Monday, July 16, 2012

Monde Milk Marie Cake Kurma


Yuhuu..resep ini adalah resepku yang menang di lomba Kreasi Marie..juara 1 nya lho..^^..lumayan lah..bisa menambah pede buat ngutak ngatik resep dan berkreasi. Sebenernya dari awal periode lomba udah ikutan bekreasi di kreasi marie..cuma pas periode 1 cuma dapet juara hiburan..padahal resepku lumayan ok2.....hihi..*kepedean *..Cuma periode terakhir ini kayaknya penjuriannya lebih fair, bukan hanya berdasar jumlah like kayak periode2 sebelum2 nya..jadi lebih puas dech bisa menang..buktinya..ada tuch yang cuma kirim 1 resep dan tanpa  like2 sama sekali bisa juara 2 atau 3..di periode kali ini....alhamdulillah..karyaku bener2 di hargai sekarang. Cake kurma ini pakai campuran biskuit marie yang di haluskan..tapi rasanya enak  lho..bisa nge blend gitu biskuit marienya buat   pengganti terigu sebagian dan rasanya pas..di padu kurma ternyata. Mau coba..ini dia resepnya..^^

Monde Milk Marie Cake Kurma

  Bahan :
  • 1 bungkus Monde Milk Marie, blender sampai halus
  • 150 gram mentega
  • 75 gram gula halus
  • Telur 4 butir ( sisihkan / buang 2 putih telurnya ,supaya hasil cake tidak kering )
  • 25 gram gula palm ( haluskan dengan blender)
  • Tepung terigu 50 gram
  • Susu bubuk 2 sendok makan
  • Backing powder 1 sendok teh
  • Vanili bubuk 1/2 sendok teh
  • Garam halus 1/2 sendok teh
  • Kurma 100 gram, potong2 kecil, lalu taburi sedkit terigu, aduk rata.
Cara Membuat :
  1. Ayak Monde Milk Marie halus, tepung terigu , susu bubuk dan backing powder. Sisihkan.
  2. Kocok mentega, gula halus dan gula palm, serta garam hingga putih. Masukan vanili, kocok lagi hingga rata. Lalu masukkan telur satu persatu sambil di kocok rata hingga mengembang dan halus, kurang lebih 5 menit.
  3. Masukkan campuran Monde Milk Marie halus dan terigu, backing powder serta susu bubuk, aduk perlahan dengan spatula sampai rata, lalu masukan kurma, aduk rata.
  4. Tuang di loyang loaf kecil, lalu panggang kurang lebih 50 menit dengan suhu 180 derajat. Dinginkan. Potong2. Sajikan.

1

Resep Nasi Gandul Khas Pati...


Nasi Gandul adalah masakan khas dari Pati..seperti nasi kuah gulai yang agak manis gurih...yang di sajikan di piring yang di alas daun pisang, jadi konon itu sebabnya di sebut nasi gandul..hihi..lucu ya namanya. Tapi sajian nasi khas ini enak lho..perpaduan gurih dan sedikit manis yang pas..enak  di santap hangat2 dengan sedikit sambal pedas. Jika kita makan nasi gandul di warung khusus nasi gandul..biasanya kita bisa memilih aneka lauk pendampingnya..bisa babat, iso, daging , telur pindang..dan penjualnya akan memotong2 lauk tersebut denga gunting,  juga tidak boleh ketinggalan tempe goreng garing tipis2 gitu..yang rasanya sangat renyah..yummy dech pokoknya. Kemaren aku bikin sendiri nasi gandul..enak..seger..nggak kalah sama kalau beli di warung2 nasi gandul yang asli Pati.. Mau coba sendiri di rumah..ini dia resepnya..^^

Bahan-bahan :
500 gram daging sapi, dipotong-potong ( aku suka yang tetelan dan sandur lamur atau daging dekat tulang muda sapi gitu..jadi bisa lebih gurih rasanya dan cepet empuknya)
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
5 sendok makan kecap manis
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula merah
1.700 ml santan dari 1 butir kelapa ( aku suka santan encer saja..lebih seger )
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 sendok teh jintan
1/2 sendok teh ketumbar ( sangrai dulu ..lebih enak..)
1/2 sendok teh merica
1/4 sendok teh pala
3 butir kemiri  ( sangrai dulu lebih enak )
2 cm kencur
Kluwak 2 buah
Biar ada rasa sedikit cabe, ku tambah juga 1 sendok teh cabe bubuk.
Pelengkap : Iso , babat, atau paru bacem, telur pindang dan tempe goreng garing , serta sambal cabe rawit.


Cara Pengolahan :
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, dan serai sampai harum. Tambahkan daging sapi. Aduk sampai berubah warna.
  2. Masukkan santan, kecap manis, garam, dan gula merah. Masak sampai matang.
  3. Sajikan dengan nasi putih hangat.

6

Saturday, July 14, 2012

Resep Kepiting Lada Hitam



Kepiting..pasti banyak yang suka ya..termasuk aku..hihi...dari dulu penggemar kepiting. Cuma..kalau makan kepiting di restoran yang lumayan enak gitu kok muahalnya minta ampun..pasti ratusan ribu gitu, padahal..masak kepiting sendiri tuch gak susah lho..malah lebih praktis dan cepat daripada masakan daging2 an. Paling gampang tuch di masak saus2 yang udah biasa kita makan di restoran ya..kayak kepiting saus asam manis,saus tiram, saus padang,,,,,,,, dan salah satu favoritku dan suami adalah kepiting saus lada hitam ini..rasanya khas..pedas2 lada hitam..yummy dech pokoknya..mau coba..silahkan:

Bahan :
1 kg kepiting yang masih hidup ya ,bersihkan lalu goreng sebentar di minyak panas dan banyak,  ( belah jadi dua tapi jangan sampai putus..biar bumbu meresap )
1 buah bawang bombay, iris tipis
2 siung bawang putih, geprek
Jahe 2 cm, geprek
Lada hitam 1 sendok makan, ulek kasar
Saus tiram 2 sendok makan
Kecap manis 1 sendok  makan
Gula pasir 1/4 sendok teh
Garam secukupnya
Daun bawang2 batang iris serong

Cara Membuat :
Tumis bawang bombay, bawang putih, jahe dengan margarin hingga harum, masukkan merica hitam, tumis sebentar lagi, lalu masukkan kepiting, beri sedikit air. Masukkan bumbu2 lain. Cicipi sampai rasanya pas..masak sebentar hingga bumbu meresap di kepiting. Sajikan hangat.



Kemaren beli kepiting dua kg, di masak jadi dua macem..lada hitam dan asam manis..kalau yang asam manis..resepnya sama ya..kayak bikin asam manis lain , kayak udang ,cumi atau gurame..cuma tanpa sayuran...resepnya bisa di search di blogku ini..ada kok..^^


3

Tuesday, July 10, 2012

Indahnya view resto Gubug Mang Engking Ungaran



Ungaran..kota kecil di deket Semarang..kini semakin maju saja...kalau lewat situ..selalu bermunculan restoran besar2 baru....kebanyakan adalah resto2 seafood..salah satu favorit kami ya Gubug Mang Engking ini.. Restorannya kalau dari jalan raya sich bangunan megah bisa ya..tapi di belakang viewnya sangat bagus..asri..ngadep Gunung Ungaran persis..jadi enak banget buat refreshing mata..selain buat makan. Ada pilihan beberapa tempat di resto ini bisa di dalam ruangan di depan, bangunan utama..atau dibelakang yang lebih terbuka dengan model restoran bambu2 klasik gitu..dengan view cantik pas pemandangan gunung2..ada yang yang versi saung2 terpisang gitu. Kalau Saya ke sana lebih suka ke bangunan yang kedua yang terbuka..dan viewnya bagus banget karena mengahadap hamparan hijau pegunungan. Kalau yang di saung2..enak juga..cuma letaknya di bawah..jadi gak bisa keliatan view yang menarik. Restoran ini cabang Mang Enking Yogya katanya jadi, menunya hampir sama..andalannya menu udang dan ikan2 an gitu..tapi ada juga kepiting dll. Yang paling terkenal enak udang bakar madunya..kepitingnya juga lumayan enak. Yang mau coba silahkan ke Ungaran ya..ada menu paket2 juga kok jika datang rombongan..jadi bisa lebih murah..^^


2

Yodha udah SD


Wuaaa..lama banget nggak update blog..selain masalah di koneksi internet..juga lagi lumayan sok sibuk..^^..Internetku payah banget...masak pakai IM2..200 ribu baru 2 minggu udah habis quota..jadinya lemot banget..jadi males internetan..karena ya nggak bisa ngapa2 in..kalau lemot..cuma bikin BT...trus juga sibuk persiapan Yodha masuk SD..seru aja......sampe nggak sempat nengok2 blog..^^

Nggak terasa.udah hampir 6 tahun umurnya dan sekarang sudah masuk SD Semesta Bilingual School..........kayaknya serasa baru kemaren aja nimang2 dia dan menghabiskan waktu bersamanya.....tau2 udah SD aja..duch cepat sekali waktu berlalu.....semoga bisa belajar dengan baik ya Nak di sekolah yang baru..dan membuat bangga Papa Mama..yang selalu berusaha kasih ...the best for you..everything.

Tapi rada kesepian juga nich..karena Yodha sekolahnya full day school..gak pa2 dech..buat kebaikan dan kemajuan dia,...semoga cepat bisa punya adik ..^^. Jika belum..ambil hikmahnya..bisa punya banyak waktu untuk nambah ilmu dan berkreasi lagi.


Yodha Wisuda TK



0

Sunday, June 10, 2012

Chinamonn Roll


Punya sisa korsvet habis bikin pisang bolen kemaren..kok nganggur di lemari dapur..mikir2..mau bikin apalagi..terlintas lah chinamonn roll yang harum wangi kayumanis. Jadi dech ..malem2 di belain baking kemaren. Jadi dech..weekend kita sarapan chinamonn roll..lumayan buat sarapan ringan..soalnya di rumah pada males sarapan yang berat2 kalau weekend. Tapi dasarnya aku iseng banget..mengurangi jumlah korsvet yang harus di pakai, seharusnya pakainya 120 gram, aku cuma pakai sedikit 50 gram saja, karena kurang suka sama  bau korsvet yang menyengat..hehe..jadinya chinamonn roll nya masih keliatan padat kayak roti gitu..gak bisa berlapis2 cantik..tapi  nggak apa2 lah..aku suka rasanya..pas..gak terlalu eneg kayak kalau kebanyakan korsvet. Ini dia resepnya..aku coba dari majalah sedap..cuma harus telaten..mengoles , melipat dan menggiling kalau bikin ini ya..tapi sebenernya tidak sesudah yang di bayangkan lho bikin pastry gini..seru menurutku..dan yang jelas, setiap saat kita bisa makan chinamonn roll fresh from the oven..kalau bikin sendiri..daripada beli di bakery..ya kan..^^

Chinamonn Roll

Bahan-bahan :
400 gram tepung terigu protein tinggi
1 1/2 sendok teh ragi instan (6 gram)
60 gram gula pasir
15 gram susu bubuk
1 butir telur
130 ml air es
50 gram margarin
1 sendok teh garam

Bahan Lapisan:
120 gram pastry margarin

Bahan Taburan:
10 gram gula palem
1/2 sendok teh kayu manis bubuk
75 gram kismis, dibelah dua ( aku tambahin sukade juga kemaren..jadi tambah seger )

Cara Pengolahan :
  1. Roti: campur tepung, ragi, gula pasir, dan susu bubuk. Aduk rata. Tambahkan telur dan susu sedikit – sedikit sambil diuleni rata.
  2. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai 3/4 elastis. Diamkan 30 menit dalam lemari es.
  3. Giling adonan memanjang. Oles dengan pastry margarin merata. Lipat sisi atas ke tengah dan sisi bawah ke tengah. Giling memanjang. Diamkan 15 menit dalam lemari es.
  4. Giling lagi memanjang. Ulangi lipatan yang sama. Diamkan 15 menit dalam lemari es. Ulangi sekali lagi. Diamkan 15 menit dalam lemari es.
  5. Giling tipis adonan setebal 1 cm. Tabur gula palem. Ayak kayu manis di atasnya. Tabur kismis sambil sedikit ditekan.
  6. Gulung dari atas sambil dipadatkan. Potong – potong setebal 21/2 cm. Letakkan di loyang yang di oles margarin. Diamkan 75 menit sampai mengembang.
  7. Oles susu evaporated. Oven 15 menit sampai matang dengan suhu 190 derajat celcius.
0

Tuesday, June 5, 2012

Pisang Bolen Bandung




Kemaren dapat kiriman pisang raja yang ranum dan masak pohon dari mertua..langsung dech kepikiran buat pisang bolen Bandung ini..soalnya enak banget kalau pisang raja2 nya bener matang dan manis rasanya. Biar tambah sipp..sengaja ku biarkan sampai beberapa hari dan bener over ripe pisangnya..jadi aromanya ..mantab..^^
Resep pisang bolen ini yang paling cocok di lidahku..dari tabloid koki ..hasilnya empuk..lembut dan gak kalah sama pisang bolen dari Bandung yang terkenal itu..enak ini malah..soalnya isinya istimewa..satu pisang cuma ku belah jadi dua, di tambah keju dan meises coklat ..yummy dech..mau coba....silahkan....gampang kok buatnya..cuma harus telaten aja melapis dan melipat adonan pakai korsvet, biar hasilnya ok..bisa berlapis2..tapi rasanya nggak kayak puff pastry biasa..tetap terasa rasa kulit pisang bolen gitu..ini resepnya ya :

Pisang Bolen Bandung

Bahan Kulit :
Tepung terigu protein tinggi / sedang 250 gram
Susu bubuk 1 sendok makan
Gula pasir 50 gram
50 gram mentega asin ( atau bisa juga di campur margarine )
Backing powder ½ sendok teh
Air  100 ml es
Kuning  telur 2 butir
Korsvet ( pastry margarine ) 75  gram, pilih yang bagus ya..supaya tidak ngendal di mulut hasilnya..
Olesan , aduk rata :
Kuning telur 1 butir
Susu cair 2 sendok makan
Isi :
Pisang raja 8 buah, potong jadi dua bagian ( pisangnya harus pisang raja yang benar2  tua dan matang ya..supaya tidak sepet rasanya..^^ )
Gula pasir 100 gram
air 100 ml
Keju dan coklat meises sesuai selera
Cara Membuat :
Isi : rebus pisang, gula dan air, hingga pisang matang ( tidak perlu sampai lembek..sebentar saja ), angkat dan tiriskan pisangnya.
Kulit :
Campur semua bahan kulit kecuali korsvet, uleni hingga kalis. Bulatkan adonan, simpan di kulkas selama 15 menit.
Pipihkan adonan persegi  panjang, olesi dengan sepertiga bagian korsvet, ratakan, lipat sisi kiri dan kanan kearah tengah, lalu lipat sekali lagi. Diamkan di kulkas 15 menit. Lakukan pengolesan dan lipatan yang sama hingga 3 kali sampai korsvet habis. Diamkan di kulkas 30 menit. Jika tidak sabar menunggu bolak balik di kulkas..pengolesan dan pelipatan bisa di lakukan sekalian 3 kali. Baru simpan di kulkas 30 menit..( jurus sesatku..hehe)
Tipiskan adonan setebal 3 mm, potong2. Ambil potongan adonan kulit, isi dengan satu potong pisang, tekan/ belah pisang..isi keju dan meises di tengahnya, lalu lipat persegi adonan kulit. Olesi dengan bahan olesan, lakukan hingga adonan habis, susun di loyang, lalu panggang  di oven 180 C selama 20-30 menit tergantung oven masing masing ya..^^



29

Tuesday, May 29, 2012

Risoles Tanpa Panir


Siapa yang tidak suka risoles ya...gorengan khas Indonesia yang sangat enak dan gurih rasanya. Keluargaku juga sangat suka risoles..aku juga..makan satu tidak pernah cukup kalau sudah bikin risoles sendiri di rumah. Saking senengnya sama risoles..aku sering membuat aneka macam risoles..salah satunya yang tanpa panir ini..enak juga lho..buat variasi aja..jika lagi bosan risoles berpanir. Buat risoles ini juga tidak sengaja ..pas mau buat risoles biasa..eh..tepung panirnya habis, ya....nekad aja tetep di goreng....tanpa tepung panir..ternyata..enak juga lho..unik rasanya..^^..mau coba..silahkan...

Bahan Kulit :
150 gram terigu
1/4sdk teh garam
2 butir telur
400 ml air ( Jika suka kulit risoles yang lembut, ganti air dengan susu )
2 sdk mkn minyak goreng,aduk rata
Bahan isi :
1 sendok makan margarin
1/2 bawang bombay, cincang
1 siung bawang putih, cincang
150 gram ayam rebus, potong atau suwir kecil
150 gram wortel rebus , potong dadu.
Kentang rebus 100 gram, potong dadu kecil
2 lembar daun bawang
susu tawar cair 150 ml ( UHT )
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt teh bumbu kaldu ayam
1/2 sdt pala bubuk
1 sdk teh gula pasir ,atau sesuai selera..cicipin hasil hasil akhir ragout agar bisa dapet rasa yang pas..klu suka  sedikit manis bisa tambahkan gulanya..bila kurang gurih tambah bumbu kaldunya.
2 sendok makan terigu

Kulit : 
Taruh tepung terigu dalam mangkuk bersama garam, buat lubang di tengah, pecahkan telur, aduk.Tambahkan air sdkt demi sedikit, aduk rata.masukkan minyak goreng, aduk rata. Buat dadar tipis di loyang teflon 20 cm, lakukan hingga adonan habis.

Isi Ragout :
Tumis bawang putih,bawang bombay, pala bubuk sampai harum, masukan terigu sedikit demi sedikit sampai menggumpal, lalu masukan susu. merica, garam, bumbu kaldu, gula pasir. Lalu masukkan ayam rebus ,wortel, kentang  dan daun bawang, , aduk hingga kental.. Jangan lupa cicipi utk memastikan apakah ada bumbu yang kurang..Rasa ragout yang enak yaitu gurih dan sedikit manis.

Penyelesaian:
Ambil selembar kulit, isi dgn 1 sendok makan adonan isi ( atau sesuai selera), gulung bentuk amplop, lem ujung2nya dengan putih telur, lalu goreng hingga kuning keemasan. Sajikan.
3

Buntil Daun Lumbu


Buntil..adalah masakan khas di beberapa daerah di Jawa Tengah, salah satunya dari Yogya, tempatku..dari kecil sudah terbiasa makan buntil ini. Ada berbagai jenis buntil..ada yang dari daun talas..daun singkong..dan daun pepaya. Tapi yang paling enak dan sangat ku sukai yang terbuat dari daun talas atau di Jawa di sebut daun lumbu.Rasanya sangat unik..daun talas yang lembut..di padu gurih sedikit manis isian buntil..sempurna..di padu dengan kuah yang gurih pedas. Di makan pakai nasi putih saja sudah enak banget..^^. Sayang sekarang agak susah menemukan daun talas yang bisa di makan..dan tidak gatal....jadi makanan ini jarang yang jual sekarang..di Semarang ada juga yang jual..tapi cuma seminggu sekali..tergantung ada tidaknya daun talas. Ya ..aku  catat saja resepnya..siapa tahu ada yang suka juga..aku biasa bikin buntil pakai resep ini. Jika tidak ada daun talas..bisa di ganti daun pepaya atau daun singkong..enak juga kok..Selamat mencoba......... 

Bahan-bahan :
    Bahan buntil:
    15 lembar daun talas, dijemur layu
    300 gram kelapa parut kasar
    50 gram ikan teri, jika suka bisa di tambah pete mlanding / pete biasa juga 
    Bumbu halus:
    6 buah cabai merah keriting
    2 buah cabai rawit merah
    3 siung bawang putih
    2 cm kencur
    1/4 sendok teh terasi, dibakar
    1/2 sendok teh garam
    1/4 sendok teh gula pasir

    Kuah santan:
    1.000 ml santan dari 1 butir kelapa
    1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
    8 buah cabai rawit merah utuh
    1 1/4 sendok teh garam
    1 sendok teh gula merah sisir
    1 sendok makan minyak untuk menumis
    Bumbu halus:
    5 butir bawang merah
    2 siung bawang putih
    2 butir kemiri, disangrai
     1 sendok teh ketumbar

Cara Membuat :
1. Buntil: aduk rata kelapa parut, ikan teri, petai mlanding dan bumbu halus. Bagi menjadi 5 bagian.
2. Ambil selembar daun talas. Beri campuran kelapa parut. Ratakan. Tutup dengan selembar daun talas. Beri campuran kelapa parut lagi . Ratakan. Tutup lagi dengan selembar daun talas. Lipat bentuk amplop 5x8 cm. Ikat dengan tali.
3. Letakkan buntil dipinggan tahan panas. Kukus 60 menit diatas api kecil sampai matang. Sisihkan.
4. Kuah: tumis bumbu halus dan serai sampai harum. Masukkan cabai rawit merah. Aduk sampai layu. Tambahkan santan, garam, dan gula merah. Masak sampai matang dan mendidih.
5. Masukkan buntil yang sudah di kukus. Sajikan.
10

Google Ad

Visit Our You Tube Channel