Google Ad

Monday, November 30, 2015

Setup Pisang & Kolang Kaling Gulanas


Mendung-mendung begini, pengennya minum minuman yang hangat ya teman-teman. Akhirnya tengok ke dapur..nemu pisang kepok matang yang aku beli di pasar Minggu kemaren. Pas..di kulkas juga ada stock manisan kolang kaling..hihi. Pas semua ya..! Pas banget aku pengennya cepat menyeruput Setup Pisangnya..jadi buatnya juga cepat-cepat aja. Nah..kebetulan juga aku punya stock GULANAS. Gula cair yang praktis dan nggak pakai repot untuk membuat aneka minuman dan makanan. Aku memang suka menyetok GULANAS  ini di dapur..ya buat jaga-jaga kalau mau buat minuman dengan cepat seperti sore tadi.
4

Botok Ikan Patin


Happy  Monday..maaf  postingan hari ini rada telat ya teman-teman..saking bingungnya memilih resep-resep yang di kirim teman-teman, akhirnya aku putuskan Minggu ini resep ikan dan seafood dulu ya..karena ternyata banyak banget yang kirim aneka resep ikan. Nanti untuk daging dan ayam, masih tetap lanjut, karena banyaknya kiriman resep yang belum aku coba. Jadi biar nggak bosan ya..menunya..minggu ini ganti ikan dan seafood dulu dech.
10

Sunday, November 29, 2015

Mencoba Membuat Tempoyak Sendiri


Hari Minggu ini off dulu posting resep peserta give awaynya ya teman-teman..jadi hari ini hari terakhir vote postingan selama satu minggu kemaren..jadi mohon bantuan kepada teman-teman lain  yang nggak ikut give away, kiranya bisa memberikan penilaian dengan cara memberikan like kepada resep masakan tradisional favorit teman-teman ya...di page Diah Didi's Kitchen di Facebook. Kebetulan juga hari Minggu lagi ada acara di luar tadi..jadi baru pulang jam segini. Jadi aku posting yang ringan-ringan aja ya di weekend ini.

7

Saturday, November 28, 2015

Jangan Kesrut Khas Banyuwangi


Alhamdulillah..pagi-pagi bisa sarapan dengan menu yang enak dan seger...dan puedess...hihi. Jadi nggak perlu lari pagi dech..udah *gembrobyos*..tapi bakar kalori atau nambah kalori ya...hahah. Menu yang manteb pedes dan segernya ini..datang dari daerah Banyuwangi Jawa Timur. Wah..ternyata memang kekayaan kuliner Indonesia itu nggak habis-habis untuk di eksplorasi lho teman-teman..nich aku sampai bingung..coba yang mana lagi, saking banyaknya kiriman teman-teman yang enak dan unik. Moga-moga ntar bisa nambah 1 minggu lagi ya...event give awaynya..jadi biar semua resep yang enak dan unik bisa di posting. Resep-resep yang di kirim teman-teman soalnya sayang banget jika terlewat. Karena keterbatasan waktu dan tenaga, serta jumlah warga negara..di rumah yang makan..hihi. Jadinya sehari cuma bisa coba dua resep. Moga-moga nich..kemaren ada yang mau kasih sponsor..jadi deal ya teman-teman..doain aja biar bisa nambah 1 minggu lagi..hihi.

Menu Unik dari Banyuwangi ini, namanya *JANGAN KESRUT*...unik ya..namanya teman-teman. JANGAN, dalam bahasa jawa artinya sayur berkuah. Resep ini kiriman mba Santi yang asli Banyuwangi. Katanya sekarang beliau lagi ngidam kedua nich dan maunya makan yang seger-seger. Memang..cocok banget nich menu ini buat bumil-bumil yang suka asem seger. tapi..cabenya jangan banyak-banyak ya..jika buat bumil..hihi. Makasih mba santi..kiriman resepnya yang uenakk. Aku suka je...dan berhasil membuatku sarapan berat tadi, karena nambah hingga dua piring..hihi. Untung porsi nasiku sedikit..1 centong aja..tapi karena pakai lauk Jangan Kesrut ini..jadi dua centong dech..haha.


Kata mba Santi, bahan utama Jangan Kesrut ini bisa daging, ayam atau kikil. Nah..aku penasaran dengan rasa kikil jika di masak seperti ini, akhirnya aku pilih kikil tadi, campur tapak walang. Beuhh,...enak banget ternyata. Rasanya nggak mau berhenti menyeruput kuahnya yang seger. Itulah mengapa masakan ini kata mba Santi di namakan Jangan Kesrut..karena waktu menyeruput kuahnya..konon saking enaknya..sampai bunyi..srut..srut..hahah. Tapi apapun namanya..kita tetap harus melestarikan resep ini ya teman-teman..maka yang suka rasa asam seger, cobain dech..pasti suka. Bumbu utama yang wajib ada di masakan ini adalah belimbing wuluh, yang memberi asam seger yang khas dan beda,  dari asam Jawa. Pas banget dech di depan rumah lagi berbuah banyak belimbing wuluhku.

Oke, selamat mencoba ya teman-teman, jika suka..! Bahan, bebas kok, bisa daging, ayam atau kikil. Aku copiin resep asli dari mba Santi ya teman-teman

Jangan Kesrut ( Resep mba Santi )

Bahan :

500gr daging lulur plus belungan tangkarnya atau belungan ayam biasanya sayap ayam kalo versi ayam, bisa juga kikil suka2 kita aja utk versinya,  rebus, sisihkan.  ( aku pakai kikil dan tapak walang yang di rebus agak empuk dan lemak berkurang, buang airnya )
Garam 1 1/2 sendok teh ( sesuai selera )
Gula pasir ( aku 1 sendok makan lebih tadi, pokoknya di koreksi aja hingga pas gurih manisnya )
1 sendok teh kaldu sapi ( karena aku nggak pakai air kaldu kikilnya, takut amis, aku ganti kaldu instan )

Rebus sebentar dan haluskan:
8 bawang merah.
4 bawang putih, 
5 cabe besar. 
8 cabe kecil.
2 tomat


Bahan lain
3 cm lengkuas,  memarkan
1sdt terasi goreng
Belimbing wuluh secukupnya ( aku 10 buah )
Garam gula secukupnya
Irisan daun bawang secukupnya


Pelengkap :
Kol/kubis, potong kasar ( penggunaan kol hannya untuk versi ayam kalo versi daging nggak pakai )
Tempe goreng ato tempe bacem yg digoreng bila ada empal juga boleh :D

Cara Membuatnya:
1.Bumbu yg sudah direbus campur dengan terasi dan haluskan.  Lalu tumis harum,  masukkan lengkuas.
2.Masukkan tumisan bumbu pada rebusan daging ( takar air kaldunya 1500 ml kira-kira ) atau jika pakai kikil, pakai air biasa agar tidak terlalu berlemak kuahnya ( versi aku ),  

Beri garam gula dan belimbing wuluh.  Masak sampe bumbu meresap. 
3. Bila yg dimasak versi ayam. Masukkan kol sesaat sebelum diangkat biar kol nggak terlalu layu.
4. Masukkan irisan daun bawang
5. Koreksi rasanya.  Rasa akhir harus pedas manis asem seger.
6. Sajikan panas-panas dengan tempe goreng atau empal.



11

Friday, November 27, 2015

Tauto Khas Pekalongan


Aduch..maaf ya teman-teman yang nunggu resep baru Give away. Beneran nich..aku jengkel sama koneksi internet di rumahku..huhu. Dari pagi mau upload foto nggak bisa..nich siang aku coba lagi..cuma dapat dua..habis itu nggak mau upload lagi, jadi bete banget dech. Ya udah..daripada di tungguin resepnya..mending ya..di upload dulu..walau cuma dikit ya teman-teman. Maaf juga nich buat mba Ida Maylani yang kirim resep Tauto Pekalongan ini...karena fotonya cuma dua...sama sambel tauconya untung udah ke upload..hihi. Resepnya udah di coba..enak dech mba..aku sukaaa...!
4

Thursday, November 26, 2015

Semur Bihun Jagung & Jamur Kuping


Wuaa...koneksi internetku kok beberapa hari ini lemot banget ya..mau upload foto-foto di web tuch susahnya minta ampun...padahal pulsa internet masih full..baru di  top up kemaren. Jadi mau posting dua kali resep-resep warisan keluarga kiriman teman-teman jadinya nggak bisa jam segini. Akhirnya buka-buka draft ..eh kemaren ingat udah upload foto masakan ini tengah malam kemaren waktu merekap kerjaan pesanan tepung..sekalian upload. Lumayan..di posting aja..buat rame-rame resep..hihi. Tapi nich..resep harianku biasa ya teman-teman..bukan resep yang *Give away..jadi aku posting di sini aja..nggak di page..biar nggak bingung yang mau nge vote resep-resep kiriman teman-teman lain. Oh ya..yang belum tau dan like Diah Didi's Kitchen di fb..ayukk..minta tolong di like dulu dan di vote ya resep-resep kiriman teman-teman lain, biar seru. Jadi pemenang mingguan nanti di tentukan jumlah like di page fb ya.
8

Sate Serepeh Khas Rembang


Sate Madura..udah sering makan dan buat ya teman-teman..pastinya. Nah..ada lagi nich..sate ayam khas kuliner dari Rembang..yang pastinya..banyak dari kita yang belum pernah coba...namanya Sate Serepeh. Aku sudah penasaran dari dulu tentang sate ini. Pernah dengar dari suami yang pernah makan, katanya enak. Aku sering cari resepnya di internet, tapi jarang ada resep komplet juga. Sampai akhirnya..di event ini..ada mba Mell yang kirim resep sate Serepeh ini warisan nenek beliau di Rembang. Konon katanya di sebut Serepeh karena bentuknya yang kecil-kecil dan tipis satenya, atau ada juga yang bilang, karena bumbu rendaman khasnya yang warna merah dan beda itu. Senangnya aku..bisa mendapat resep otentik..dan akhirnya bisa membuat sate unik ini. Makasih mba Mell..kiriman resepnya.kami suka banget rasanya..aku dan suamiku. Kalau Yodha karena agak pedes, nggak mau nyoba..:D
7

Wednesday, November 25, 2015

Jangkrik Goreng Khas Kudus


Yeay..hari ketiga..jelajah kuliner Nusantara. Kali ini...kita mau makan menu khas daerah yang deket aja sama Semarang..yaitu Kudus. Menu kali ini..namanya unik..Jangkrik Goreng..hihi. Waktu menerima kiriman resep dari mba Nikmawati ini..aku sedikit kaget. Oh..jangkrik goreng..? Aku kira jangkrik beneran yang di goreng...hahah. Aku memang pemakan segala yang bisa dan boleh di makan..tapi jika rada ekstrim seperti jangkrik atau belalang ya..belum punya nyali untuk mencobanya..hihi. Tapi untungnya cuma nama..karena masakan ini ternyata berbahan dasar daging sapi, atau kerbau dan kambing jika aslinya di Kudus sana.

10

Tuesday, November 24, 2015

Cingcut Ayam Khas Indramayu


Maaf ngajak jalan-jalan dan makan-makan nya agak maleman nich teman-teman..hihi. Biasa..hari ini lagi banyak kerjaan packing..orderan rutin ratusan kg tepung leker dan order harian lain, jadilah lembur dech. Jadi mari jalan-jalan lagi yukk..setelah semua kerjaan selesai. Setelah tadi pagi sarapan pakai Dendeng ragi Bondowoso..kali ini   makan malam tadi ke Indramayu..untuk mencicipi Cingcut Ayam. Wah..cepet ya..dari Bondowoso ke Indramayu...hihi. Iya..pinjem pintu ajaib Doraemon..langsung dech sampai ke Indramayu..ngintip dapurnya mba Nurhayati. Yapp..resep Cingcut Ayam kali ini adalah resep kiriman mba Nurhayati.  Resep asli dari ibu mertua beliau di Indramayu.
3

Google Ad

Visit Our You Tube Channel