Google Ad

Thursday, May 12, 2022

Jangan Tewel (Sayur Nangka Muda)

 


Jangan Tewel

Selamat sore,

Tadi pagi di Pasar Rasamala ditawari Tewel (nangka muda) oleh Mbah-Mbah penjual sayuran musiman langgananku, yang biasa aku beli daun pepaya rebus dan daun singkong rebus. Nangka muda-nya masih sangat fresh, segar.

Sebenarnya aku kurang suka nangka muda (tewel) yang jenis putih gini karena kurang cantik kalau dibuat gudeg, tapi gak tega aja sama Mbahnya karena tewel kupasan yang dijual masih banyak, dan akhirnya aku beli separo. Aku bagi dua, satu bagian aku berikan ke Mbak ART-ku, dan sebagian lagi aku buat 'Jangan Tewel Pedes' ini. Apalagi ini sayur kesukaan suami-ku, minimalis praktis dengan lauk yang gak terlalu macem-macem sudah enak, kata suami-ku.

Oh ya, istilah Yogya untuk Sayur ini adalah 'Jangan' yang artinya sayur ya teman-teman. ๐Ÿ˜€ Ya semacam 'Lodeh' gitu dech, tapi bumbunya simple, minimalis dan rasanya seger.

Bahannya, pakai Tewel (=Gori, Nangka Muda) jadi inget menu harian Ibuku jaman dulu waktu aku masih kecil, cuma dulu suka ditambah daun so, atau kulit melinjo tapi karena suamiku gak suka daun so maka sayur kali ini aku pakai tewel saja thok ini.

Nah seperti ini jenis Tewel putih ya teman-teman, ini kalau digudeg tidak tahan dimasak lama, pasti akan 'mblodrok' dan gak bisa merah cantik, ini cocoknya dibuat 'Sayur Lodeh' gini atau dibuat 'Sayur Gulai Nangka' ala Padang atau dibuat Megono. Tewelnya lebih cepet matang kalau dimasak dan lembut rasanya..๐Ÿ’•

RESEP JANGAN TEWEL

Bahan :
  • 1/4 Nangka Muda / Tewel, ukuran kecil, potong kecil-kecil, jika beli udah di kupas, cemplungin bentar di air mendidih untuk ngilangin getah..angkat..tapi jangan sampai empuk ya...nanti jika dimasak tambah lodrok jika direbus dulu hingga empuk...dan bumbu gak meresap
  • 1000 ml santan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lengkuas, memarkan
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk mkn rese / rebon, 50 gram tempe semangit utuhin aja ( cuma untuk bumbu )
  • Jika suka pete dikit tambah pete ya enak..dikit aja beberapa iris
  • 8 bawang merah, iris
  • 2 bawang putih iris
  • 8 cabai merah keriting kecil , iris tipis
  • Bumbu ulek :
  • 2 kemiri
  • 2 bawang putih
  • 1/2 sdk teh terasi
Cara Membuat:
  • Tumis bumbu hingga matang.
  • Masukkan santan dan bumbu lain.
  • Didihkan, masak api kecil hingga meresap dan empuk tewelnya.

Nah ini kuncinya, kalau mau masakan Jawa kuahnya medok, masaknya harus sabar ya, dimasak dengan api kecil ya teman-teman, jadi walaupun diiris cabe akan keluar warnanya dan kuahnya jadi cantik. Coba dech.

Jika suka sayuran.. tambahkan daun so..atau kacang panjang..jadi ada variasi warna ๐Ÿ˜€
0

Wednesday, May 11, 2022

Ayam Lada Hitam


Ayam Lada Hitam

Selamat sore teman-teman,

Menu untuk makan malam masih yang simple-simple saja, tumis-tumisan cepat matang saja.๐Ÿ˜€ 
Kalau menu-menu gini sudah pasti menu favorit Yodha, makanya tadi juga dia bantuin masak. 

Ayam Lada Hitam ala Resto Chinese Food, ayamnya digoreng dulu jadi lebih enak rasanya ...Yuk bikin teman-teman! Kalau jajan di resto-resto di Mall nich udah mahal, dapetnya cuman dikit, dan rasanya kadang tidak sesuai ekspektasi. ๐Ÿ˜€๐Ÿคฃ... Masak sendiri sajalah, yang pasti tidak kalah enak sama resto koq, beneran.

RESEP AYAM LADA HITAM 

Bahan : 
300 gr ayam, bisa dada atau paha (potong kecil-kecil), lumuri:
Bumbu :
  • 1 sdk teh kaldu ayam 
  • 1 sdk teh saus tiram 
  • 1 bawang putih halus 
  • 1/4 sdk teh merica 
  • 1/2 butir telur 
  • 1 sdk mkn terigu 
  • 2 sdk mkn maizena 

Cara Membuat:
  • Aduk rata semua bahan Goreng hingga agak kering, sisihkan.
  • Tumis : 4 bawang merah, 
  • 2 bawang putih, cincang 
  • masukkan 1/2 bawang bombai 1/2 paprika merah & hijau (atau cabe teropong) 
  • Aduk rata 
  • Tambahkan 100 ml air 1 sdk mkn saus tiram, 2 sdk mkn kecap manis, 1/2 sdk mkn saus Inggris, 1/2 sdk mkn lada hitam, tumbuk kasar 1 sdk teh gula 1/4 sdk teh minyak wijen (optional) 
  • Secukupnya garam jika suka lebih asin 
  • Aduk rata, masak sebentar api besar, cek rasa 
  • Jika sudah pas rasa sausnya, 
  • Segera masukkan ayam 
  • Aduk sebentar, 
  • Segera sajikan agar ayam tidak lembek
Selamat mencoba teman-teman, semoga berhasil. (Harusnya berhasil HeHe).
2

Tuesday, March 1, 2022

Iga Bakar Madu

 


Iga Bakar Madu

Menu makan siang hari ini,

Tetap menu berkuah untuk ngusir gejala flu, aku buat sup iga bakar madu. Sepertinya bulan ini memang "Bulan Nggregesi Nasional" karena cuaca yang kurang bersahabat, sehingga perlu asupan yang panas dan bergizi ... ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

Iga bakar madu favorit Yodha dan Papinya, tapi sup-nya kesukaanku, terutama kaldunya. Aku memang lebih suka obat yang enak gini lah, langsung ampuh mengusir gejala maupun flu, meriang dan sebagainya. Plus sugesti bahwa kita sehat dan masih punya selera makan... ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Makan yang anget-anget, suegerrr dan berkaldu gini, sebisa mungkin hindari gorengan dulu dan makan yang sehat-sehat dulu, biar flu biar gak jadi mampir ke badan. Biasanya flu takut sama emak-emak yang doyan makan (mitos-nya). ๐Ÿ˜€


RESEP IGA BAKAR MADU

Bahan:
  • 500 gram Iga sapi
  • 1500 ml air
  • Cuci bersih Iga, rebus dengan api kecil hingga keluar kaldunya dan iga empuk.
  • Angkat iga, sisihkan kaldunya buat sop.

Bumbu:
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 buah bawang bombay, iris halus panjang
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok makan madu
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1/2 sendok teh merica hitam tumbuk kasar atau merica bubuk biasa
  • 1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
  • 600 ml air
Cara Membuat:
  • Tusuk-tusuk Iga dengan garpu agar bumbu lebih meresap
  • Tumis bawang bombay dan bawang putih halus hingga matang dan harum
  • Masukkan Iga dan semua bumbu, aduk rata
  • Taungi air
  • Tutup panci
  • Masak iga dan bumbu dengan api kecil hingga air habis dan bumbu mengental
  • Koreksi rasa hingga pas
  • Dinginkan
  • Bakar di atas alat grill atau teflon hingga harum
  • Sajikan dengan sop sayuran yang memakai kaldu Iga tadi, serta sambal

Untuk Supnya,

Bahan Tambahan:
  • Kentang, wortel daun bawang, tomat
Bumbu, ulek kasar:
  • 3 bawang putih
  • 5 bawang merah
  • 1/2 sdk teh merica butiran , haluskan
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • 2 sdk teh gula pasir
  • Secukupnya garam

  • Tumis bawang putih, bawang merah, merica hingga agak kecoklatan agar kuah kaldu gak keruh nanti supnya
  • Masukkan air kaldu rebusan iga
  • Beri semua bumbu lain di atas
  • Masukkan sayuran
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa
  • Sajikan bersama iga bakar madu

Yummy...! Selamat mencoba!
8

Tuesday, February 8, 2022

Rollade Daun Singkong & Tahu

 


Rollade Daun Singkong & Tahu

Selamat pagi, 

Ini menu kemaren sore ya teman-teman, serba dedaunan. ๐Ÿ˜€ Rollade Daun Singkong & Tahu, dan Jangan (Sayur) Mbayung.


Jangan (Sayur) Mbayung.


Resep Jangan (Sayur) Mbayung

Bahan :
  • 1 ikat Mbayung ( daun Kacang Panjang Muda )
  • 100 gram tempe semangit
  • 700 ml santan sedang
  • 2 sendok teh kaldu sapi
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok makan gula merah
  • Garam sesuai selera
  • 1 sendok mkn rebon
  • 1/2 papan petai, kupas, potong jadi dua
  • Bumbu, Ulek kasar saja :
  • 6 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kencur
  • 1/4 sendok teh terasi bakar
  • 5 cabe merah, 3 cabai rawit merah ( sesuai selera )

Cara Membuat :
  • Petiki daun Mbayung bagian yang muda, cuci bersih dan sedikit di peras agar lemes
  • Tumis bumbu hingga matang dan harum
  • Masukkan santan dan semua bumbu, didihkan
  • Masukkan daun Mbayung, tempe semangit dan pete
  • Masak hingga Mbayung matang, koreksi rasa

Resep Rollade Tahu Daun Singkong

Bahan :
  • 300 gram tahu putih
  • 100 gram daun singkong rebus, peras dan campur dengan sedikit , bisa juga pas rebus daun singkong di tambah sdkt grm
  • Telur 1 butir untuk campuran dan 1 butir untuk pencelup
  • Bawang putih 1 siung
  • Kaldu bubuk rasa ayam 2 sdk teh
  • Gula pasir 1/4 sendok teh
  • Merica bubuk 1/4 sendok teh
Cara Membuat :
  • Haluskan tahu, campur dengan bawang putih halus dan bumbu2 lain...cek rasa. Tambahkan telur, aduk rata.
  • Ambil selembar daun pisang atau plastik tebal. Ratakan tahu halus di atasnya..taruh daun singkong rata menutupi tahu. Gulung dan bentuk seperti lontong. Kukus selama 20 -30 menit hingga matang. Satu adonan bisa jadi 2 bungkus rollade. Setelah dingin potong2
  • Celup ke adonan tepung seperti mendoan... goreng hingga matang.
Selamat mencoba!

1

Ayam Lodho


Ayam Lodho

 
Selamat sore,

Kita mau buka rahasia resep penghabis nasi sore ini. Alhamdulillah hujan-hujan bisa makan nikmat, asal mau kluthekan dulu masak di dapur ya teman-teman. ๐Ÿ˜€

Aku masak 'Ayam Lodho', urap dan nasi gurih yang merupakan paduan yang pas dan istimewa ini teman-teman. Wong londo bilang: PERFECT MATCH. Kalo orang Jawa bilang : ENTEK AKEH. ๐Ÿ’•

Ayam, salah satu menu yang paling sering muter di dapurku karena semua suka dan bahan mudah di dapat. Apalagi kalau di Semarang sini, walaupun malas belanja keluar rumah dan kalau mau masak ayam kampung kecil gini nich sangat mudah, karena bisa pesan ke IG @astamajayafarm.

Ayam kampung dari @astamajayafarm ini ayam kampungnya ukuran kecil, jadi pas jika dimasak utuh begini dan pas untuk keluarga kecilku teman-teman. Karena ukuran kecil tentu harga juga lebih ekonomis ya dibanding beli ayam kampung di pasar yang relatif lebih besar.

Jadi buat teman-teman di Semarang yang membutuhkan ayam kampung ukuran kecil untuk kebutuhan masak sehari-hari atau untuk acara khusus, atau bahkan untuk jualan menu ayam goreng, katering, dll. Pas banget nich ukuran kampung segini, bisa pesan di IG @astamajayafarm ini ya ... Untuk area Semarang, tanpa minimal order bisa antar ke rumah kita lho dan ayam selalu fresh dipotong ketika ada pesanan. ๐Ÿ’•๐Ÿ’•


Urap

RESEP AYAM LODHO

Bahan :
  • 1 ekor ayam kampung ukuran kecil atau sedang
  • 1000 ml santan sedang
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 5 buah cabai rawit merah utuhan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sendok makan gula merah
  • 2 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya

Bumbu Halus :
  • 8 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri, sangrai
  • 1 sendok teh ketumbar, sangrai
  • 1/2 sendok teh merica butiran
  • 1 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 1 cm kencur
  • 3 buah cabai merah, 5 cabai rawit ( jika suka lebih pedas cabe sesuaikan selera ya )

Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus hingga harum dan benar-benar matang, agak tidak langu.
  • Masukkan santan, dan semua bumbu lain.
  • Biarkan hampir mendidih.
  • Masukkan ayam yang sudah di bakar setengah matang, utuhan atau di potong sesuai selera.
  • Masak sambil sesekali di aduk hingga mengental kuahnya
  • Cek rasa
  • Sajikan hangat dengan urap dan nasi gurih
Selamat mencoba!
2

Bihun Jagung Goreng

 


Bihun Jagung Goreng

Selamat sore,

Wah hari ini dari pagi hujan terus baru berhenti siang di sini teman-teman. Mau ke pasar jadi mager, padahal sudah niat aku mau masak macam-macam. Untuk memenuhi request resep dari teman-teman besok ya? Semoga gak hujan dan bisa belanja lagi.

Akhirnya aku masak seadanya bahan aja tadi, oseng buncis dan bikin 'Bihun Jagung Goreng'.๐Ÿ˜€๐Ÿ’•

Tinggal tambah sambel goreng kentang ati, serundeng dan ayam goreng, udah jadi seperti menu nasi kotak kalau ada hajatan di Semarang. ๐Ÿ˜€

Aku suka bihun beras, tapi kadang-kadang ya kepengen bihun goreng ndeso pakai bihun jagung ala Semarangan gini. Biasa ini untuk isian nasi kotak atau di warung-warung nasi ramesan, dan juga banyak di jual di warung-warung jajanan atau di pasar. Seperti di depan pasar Rasamala ada yang jual mie dan bihun goreng ndeso yang enak.

Bedanya dengan bihun ndeso Yogya, kalau ala Yogya biasanya pakai bihun beras warna putihaa tanpa kecap, kalau bihun goreng Semarang gurih manis berkecap seperti ini.

Yuk bikin sendiri teman-teman, murah meriah enak lho!

RESEP BIHUN JAGUNG GORENG

Bahan :
  • 1 keping bihun jagung...merk Ibu atau Iboe ya itu yang di supermarket atau merk lain sesuai selera.
  • Berat kira2 140 gram
  • Rebus hingga mekar di air mendidih, tiriskan..campur dgn 2 sdk mkn kecap manis
  • 1/2 wortel, iris
  • 3-4 lembar kol, iris kasar
  • 2 daun bawang, potong2
  • 1 1/2 sdk teh kaldu ayam
  • Bawang goreng dan seledri cincang untuk taburan

Bumbu Halus:
  • 2 bawang putih
  • 2 kemiri sangrai
  • 1/2 sdk teh merica butiran
  • Kalau mau tambah sedikit ebi boleh ..cuma aku pas gak ada tadi..tapi tetap enak kok
Cara Membuat:
  • Tumis bumbu halus hingga matang betul
  • Masukkan wortel, aduk hgg layu
  • Masukkan kol, daun bawang, aduk rata
  • Masukkan bihun, kaldu ayam
  • Aduk rata hingga meresap
  • Tidak perlu air yaa..jadi kalau bihun ndeso gini tekturenya gak lembab / basah..gak perlu air ...jadi di makan kondisi dingin tetap enak.
  • Cek rasa..jika suka lebih manis..tambah kecap seusai selera..kalau aku 2 sdk mkn udah pas rasanya..
  • Sajikan dengan taburan sledri cincang yang banyak biar sedep dan bawang goreng yaaa..

*) Aku gak pake garam ya teman-teman, aku ganti dari kaldu ayam kan udah ada garamnya dan aku suka makan bihun gini digado, sambil nyeplus lombok rawit ijo, jadi suka rasa gurih yang soft enak kalau digado. Beda lagi suamiku, bihun jagung goreng ini ditambah suwiran ayam goreng. Katanya kebiasaan sejak kecil. ๐Ÿ˜€

Selamat mencoba!
4

Monday, January 24, 2022

Mangut Campur Bunga Bawang

 


Mangut Campur Bunga Bawang

Selamat sore,

Menu sore ini sudah mateng semua, salah satunya ini, sengaja masaknya dari tadi siang biar sore sudah selesai buat semua video atau foto. Soalnya kalau sorean dikit mesti udah langsung ujan deres ya teman-teman, dan dingin. ๐Ÿ˜€ Motret ini aja ya sudah mendung-mendung gelap tadi.

Sekalian, kerjaan dan masak selesaikan semua biar makan malam udah siap semua, malam bisa nonton drakor Ghost Doctor ..๐Ÿคฃ Nich satu-satunya drama Korea baru yang aku suka tahun ini, yang lain kurang greget nonton-nya.๐Ÿ˜€

Aku masak Mangut lagi, aku campur tahu sama Bunga Bawang, bunga wawang lho ya, bukan daun bawang, ini sayuran enak. Rasanya krenyes-krenyes manis, enak dioseng, dicampur bothok, dll. Disayur santan sama tempe semangit enak, atau jika bosen, dicampur mangut ikan asap gini juga sedep teman-teman jadi praktis kan? Sudah ada lauk dan sayur dalam satu menu ya, tinggal tambah nasi saja.

Bunga Bawang ini, rasanya manis... krenyes-krenyes ๐Ÿ’• Nama lainnya Ilu - Ilu, atau mungkin ada nama yang lain ya? Biasanya beda daerah beda nama.

RESEP MANGUT CAMPUR BUNGA BAWANG

Bahan:
  • 1 ikat kecil bunga bawang...iris kecil-kecil
  • 5 ikan Manyung asap
  • 3 tahu kulit, potong serong
  • 3 cm lengkuas
  • 2 daun salam
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 1000 ml santan

Bumbu Halus:
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 5 cabai merah
  • 5 cabai rawit
  • 4 kemiri
  • 2 cm kencur
  • 2 cm kunyit

Cara Membuat:
  • Tumis bumbu halus hingga matang
  • Masukkan salam, lengkuas
  • Masukkan santan dan bumbu2
  • Didihkan
  • Masukkan tahu dan iwak asap
  • Masak hingga meresap api kecil
  • Terakhir masukkan bunga bawang
  • Masak lagi sebentar hingga sedikit layu
  • Cek rasa, sajikan.
Selamat mencoba!
2

Babat Gongso Semarang

 

Selamat siang teman-teman,

Habis belanja nich, bebersih kulkas, nyusun belanjaan dan tahu-tahu koq sudah jam makan siang ya? HaHa ๐ŸคฃYa sudahlah manasin lauk-lauk kemaren sore saja, yang untuk liwetan masih ada jadi belum masak baru. Lauk untuk liwetan hari Sabut lalu saat aku ikut event online dengan DetikFood.Com dan juga Heinz ABC Sambal Nusantara. Aku kemarin masak 5 macam masakan untuk 5 macam sambal ABC Nusanatara. Aku share menu beberapa hari lalu saja dulu ya teman-teman ...

Menu Babat Gongso, resep ini adalah versi warung-warung 'Babat Gongso' yang masaknya cepat ya, apalagi karena babatnya sudah matang dan empuk. Praktis banget kan?!

Hanya di resep ini aku tambahin bawang merah iris kasar di akhir tahapan dan tomat, seperti di warung Babat Gongso langganan, bisa tambah enak lho teman-teman. Coba dech!

Untuk babat aku kemarin merebus banyak sekaligus untuk stock, jadi bisa untuk babat gongso seperti ini, atau untuk nasi goreng babat. Nah, pasti pengin tahu resepnya kan? Simak resep di bawah ini:

RESEP GONGSO BABAT ALA SEMARANG

Bahan & Cara Membuat:
  • 500 gr babat. Bersihkan hingga betul-betul bersih.
  • Rebus sekali hingga mendidih, tiriskan dan buang airnya.
  • Ganti air baru lalu presto dengan:
    • 6 bawang merah.
    • 2 bawang putih.
    • 1 sdk teh ketumbar.
    • 5 cm jahe, geprek.
    • 5 daun salam.
    • 1 sdk teh garam / secukupnya.
    • 1 sdk mkn gula merah.
    • Air secukupnya hingga terendam.
  • Presto hingga empuk.

Untuk bumbu gongsonya seperti di video ya, biar lebih jelas buka https://www.youtube.com/watch?v=F-tR1-p_0S4 . Selamat mencoba!

1

Pepes Bandeng Presto

 


Pepes Bandeng Presto


Selamat siang,

Makan siang dulu yuk teman-teman ...๐Ÿ’• Menu diet paling enak, menurutku itu 'pepes' karena dari sisi rasa, tetap berasa banget, dan sedep. ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜€

Ceritanya aku dan suami lagi suka makan menu sehat, tapi bukan berarti harus yang tawar dan hambar donk, tetap harus enak. Menu yang bisa jadi pilihan sehat adalah menu pepes, bothok dan yang paling sering di-request suami. Pas hari ini makan siang di rumah, jadi aku masakin menu favoritnya.

Hari ini aku bikin menu 'Pepes Bandeng Presto' , kebayang kan enaknya? Apalagi aku juga sedang masak lodeh lompong, yang endang banget. Benar-benar pasangan yang serasi. ๐Ÿคฃ 


Lodeh Lompong

Lodeh kan bersantan? Tenang, bisa pakai cream masak itu kan, sama enaknya kok rasanya buat bikin lodeh menu bersantan... ๐Ÿ˜€ Untuk bumbu pepes masih sama dengan 'Pepes Pindang' hanya takaran bumbu seperti cabe yang beda karena bandeng ukurannya kan lebih besar dari pindang.

RESEP PEPES BANDENG PRESTO

Bahan :
  • 3 bandeng presto kecil/sedang.

Bumbu:
  • 8 bawang merah.
  • 3 bawang putih.
  • 6 Kemiri sangrai.
  • 50 gram cabe campur merah sm rawit / sesuai selera.
  • 2 cm kunyit.
  • 2 cm jahe.
  • 1 sdk teh terasi, dibakar.
  • Haluskan semua bumbu di atas pakai 'chopper' hingga halus.
Tambahkan:
  • 1 sdk mkn gula merah.
  • 2 sdk teh kaldu sapi.
  • 1/4 sdk teh garam (atau sesuai selera, kalau suka asin boleh ditambah).
Cara Membuat:
  • Aduk rata bumbu, ikan bandeng presto, 1 genggam kemangi, 2 tomat potong-potong, cek rasa dulu ya, harus berani bumbu gurih pedes sedikit manis rasanya.
  • Ambil 2 daun pisang, bungkus pepes jadi 3 bungkus.
Selamat mencoba!

2

Google Ad

Visit Our You Tube Channel