Google Ad

Sunday, October 6, 2019

Baby Cumi Cabe Hijau Saus Tiram.

Baby Cumi Cabe Hijau Saus Tiram.

Menu makan malam..tadi sore Yodha makan bihun buat Yodha cemilan ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ "Apa bihun banyak tadi habis mba kok udah masak lagi? "

Sebelum di tanya..jawab dulu...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ "Habis, wong separo saya kasih ke pak tukang yang kerja di rumah...๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜" Jadi malam ini masak sreng2 yang cepat aja..tumis baby cumi cabe hijau saus tiram.
Ini cumi pakai baby cumi fresh, kemaren beli di pasar kok ada seger2 , 1/2 kg 20 rb. Terus beli cumi seger, tintanya kan aku simpan, nah aku campur untuk masak baby cuminya ini, jadi bisa hitam ya ini.

Bahan :
  • 500 gram cumi kecil
  • 100 gram kepala cumi yang masih ada tinta nya
  • 50 -100 gram cabe hijau ( sesuai selera pedasnya)
  • 6 bawang merah, 3 bawang putih, iris tipis
  • 2 cm jahe, iris tipis saja
  • 4 tomat hijau, potong2
  • 50 ml air
  • 1 sdk mkn saus tiram IG @saustiramcappanda
  • 2 sdk mkn kecap manis ( sesuai selera )
  • 1/2 sdk teh gula pasir
  • 1/2 sdk teh merica bubuk

Cara membuat:
  • Tumis bawang merah dan putih
  • Masukkan cabe dan jahe,
  • Masukkan kepala cumi, baby cumi dan air
  • Masukkan semua bumbu lain
  • Masak hingga meresap

Note :
Karena saus tiram sudah gurih asin, pemakaian garam optional ya..jika suka masakan lebih asin ya boleh di tambah garam.

Jika tidak ada baby cumi, ganti cumi biasa beserta tintanya jangan di buang. Tinta ini bikin masakan tambah enak dan sedep
Pilih cumi fresh ya agar tidak amis.

0

Udang Goreng Mentega

Udang Goreng Mentega.

Selama tinggal di Semarang, makan Seafood itu bukan hal yang mewah seperti di Yogya dulu.

Seafood di sini melimpah teman-teman..di Pasar aja bisa sering dapat sefood seger. Udang..kadang malah nemu yang hidup. beda sama di Yogya dulu, cari seafood yang fresh itu susah. Kalau beli seafood mateng, mahalnya minta ampun hihi.

Makanya aku sering share menu Seafood kalau di instagram. Udang, Kepiting, Cumi, Kerang, dll tiap hari ada di pasar. Kadang aku sudah sampai tahap mblenger juga makan Seafood..hihi. Tapi Yodha baru suka Seafood..jadi aku tetap sering masak untuk Yodha. Biasanya kalau makan Kepiting , Cumi, dll di habiskan berdua sama Papinya..aku sich seneng masaknya aja,

Eh tapi terakhir ini Yodha suka Udang juga..kemaren tak masakin Udang Goreng mentega ini setengah kg hampir habis sendiri hihi. Biarin dech anak masa pertumbuhan...banyak makan Seafood nggak apa-apa biar tambah pintar ya teman-teman. Kalau emaknya untung udah mblenger, jadi aman dech. Tapi kalau masak tetep suka...karena lihat Seafood yang fresh itu seneng banget dan selalu beli..hihi.

Oke,..aku share resep Udang Goreng mentega favorit yodha ya teman-teman. Ini nggak pakai Saos Inggris, karena aku lagi nggak punya. Aku ganti pakai Maggi Seasoning, tetep enak rasanya teman-teman.

Masak Udang Goreng Mentega ini cepat saja. Paling enak kalau di masak dadakan sesaat sebelum waktu makan ya teman-teman, jadi serasa makan di resto seafood kan, tapi tersaji di rumah dan bisa se enak rasa di restoran, tapi tentu dengan harga yang lebih ekonomis...enak kan.

Yuk di coba ya...resep Udang Goreng Mentega ini, dijamin nagih.
3

Petis Kangkung

Petis Kangkung
Sarapan pagi ini.. request suami..Petis Kangkung lagi!

Tapi kali ini bumbunya aku tambahin kacang tanah goreng, jadi mirip bumbu di Janganan Yu Sireng..di Semarang yang terkenal di Semarang..saking larisnya sampai ada calo yang jual bungkusan di depan warungnya kata suamiku.

Kalau aku sich nyicip pas di bungkusin suami๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Tapi sayuran nya ngga sekomplit Yu Sireng..ini suamiku request kangkung aja.

Bahan per porsi :
  • 1/2 ikat kangkung
  • 1 tahu
  • Ketimun secukupnya
Bahan bumbu:
  • 3 cabe rawit merah
  • 1 bawang putih
  • 1 sdk teh terasi bakar
  • 2 sdk mkn petis lembek Semarang
  • 1 sdk teh petis pekat
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 1/4 sdk teh garam
  • 1/2 jeruk limau
  • 1 sdk mkn kacang goreng
Cara membuat:
  • Ulek cabe, bawang, terasi
  • Masukkan garam, gula, petis
  • Aduk rata, cek rasa, kucuri jeruk limau
  • Sajikan!
1

Tape Ketan Putih.

Tape Ketan Putih
Siang... Siapa mau yang seger2?

Dua hari lalu aku bikin tape ketan..dan hari ini waktunya cek hasilnya..dan hemmmm..manis legitt enak..juicy lembut..dan cukup dua hari saja itu udah jadi.

Aku kemaren nggak punya pewarna..jadi putih aja. Sebenarnya kalau mau lebih unik rasanya..bisa pakai daun jambu mede bungkusin nya teman2, atau daun kemiri..itu rasa manis kecutnya itu bisa lebih unik seger..tapi aku ndak punya kedua daun itu ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Oh ya, kalau di Jawa Tengah, makan tape ketan itu paling enak pakai emping melinjo..hemmmm..serasa pergi ke kondangan manten dech ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Membuat tape ketan itu mudah,
  • Siapkan 1 kg beras ketan, cuci bersih, rendam 2- 3 jam
  • Kukus 30 menit
  • Tuang di wadah
  • Siram2 dengan air biasa hingga lembab ( jika ingin warna hijau, air di campur pewarna makanan hijau )
  • Kukus kembali 30 menit
  • Dinginkan
  • Campur 4 butir ragi tape yang sdh di haluskan
  • Aduk rata
  • Aduk 5 sdk mkn gula dengan 3 sdk mkn air hangat, aduk hingga gula larut dinginkan
  • Bungkus tape dgn daun pisang, beri sedikit cairan gula di tiap bungkusan tape
  • Simpan di wadah tertutup, 2 hari di tempat yang sejuk
Selamat mencoba!

4

Jangan Pedes Telo Gantung

Jangan Pedes Telo Gantung.
Menu sore ini Yodha request nasi goreng babat aja, jadi aku bisa masak menu ndeso lagi..
๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Jangan Pedes Telo Gantung... lauknya Pindang ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ Jangan = Sayur
Telo Gantung : Pepaya Muda

Sayur ini rasanya gurih ringan seger, semua bumbu di iris saja.

Bahan :
  • 1 buah pepaya muda ukuran sedang, kuas, cacah panjang
  • 100 gram tempe semangit, potong2
  • 1000 ml santan sedang
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sdk mkn gula merah atau gula pasir secukupnya
  • 2 sdk teh kaldu sapi, secukupnya garam
  • 1 sdk mkn ebi, seduh
  • 6 bawang merah, iris tipis
  • 3 bawang putih, iris tipis halus
  • 8 cabai merah besar, iris

Cara Membuat :
  • Tumis bumbu iris, masukkan santan
  • Dan semua bumbu
  • Didihkan
  • Masukkan Pepaya dan tempe semangit
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa,
Selamat mencoba!
0

Sate Ati Ampela Balut Telur

Sate Ati Ampela Balut Telur

Menu malam ini..iseng ngerjain Yodha makan menu ndeso, karena ternyata habis Magrib dia ada jadwal ngaji tambahan jam dari Ustadnya,..aku lupa dan aku baru masak menu2 ini...jadi aku tawari aja menu yang ada...

Pulang sekolah jam 5 sore langsung makan..ternyata lahap dia...makan pakai Jangan Bobor, sama Ati Ampela goreng balut telur ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
Ya gitu deh anak cowok.. kadang suka pilih2 makanan, tapi kalau udah tau rasanya ya ternyata suka...๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Siapa yang suka Ati Ampela goreng telur gini..ini kalau di warung soto ada ya lauk gini..enak..mau resepnya kah? Aku share ya.... Ati Ampela Goreng Balut Telur

Bahan:
  • 8 pasang ati ampela
  • Kaldu bubuk ayam 1 sendok teh dan garam sesuai selera
  • Air biasa 400 ml dan air kelapa 400 ml ( sampai terendam bahan2nya )
  • Lengkuas 2 cm, memarkan
  • Daun salam 2 lembar
  • Gula merah 1/3 sendok mkn
  • Bumbu halus :
  • 6 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 2 cm kunyit
  • Bahan pencelup :
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 1/2 sendok makan tepung beras
  • 1/4 sendok teh kaldu ayam atau secukupnya garam
Cara Membuat :

Campur semua bahan dan bumbu halus, ungkep hingga matang dan empuk, cicipi dan di koreksi rasanya jika air sudah menyusut. Angkat ati ampela, tiriskan. Celup ke kocokan telur, lalu goreng di minyak agak banyak dan sudah benar panas, agar lapisan telur bisa renyah.


0

Friday, October 4, 2019

Bubur Sambel Tumpang

Bubur Sambel Tumpang.

Malam2 kok kepengen bubur...boleh dong ya teman2 ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Ini Sambel Tumpang yang versi medok, jadi kuahnya sampai agak kental..itu selain tempe semangit, aku tambahin koyor dan krecek.

Ini enak untuk makan bubur atau untuk makan sayur rebus, seperti bayam atau kenikir...๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ Sambal Tumpang Koyor

Bahan :
  • 1 papan tempe semangit ( kira-kira 300 gram )
  • 250 gram koyor sapi ( atau tetelan / sandung lamur juga boleh )
  • 50 gram krecek
  • 1000 ml air
  • 300 ml santan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sendok makan gula merah
  • 2 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya
  • garam secukupnya.
  • 8 bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 cabai merah, 10 cabai rawit merah
  • 1 cm kencur
  • 3 butir kemiri
Cara Membuat :
  • Rebus / presto koyor hingga mekar, potong-potong sesuai selera
  • Rebus kembali koyor dengan tempe dan semua bumbu dan bahan, kecuali garam dan gula
  • Angkat bumbu dari rebusan, haluskan
  • Angkat tempe, haluskan kasar
  • Tumis bumbu hingga harum, masukkan kembali ke rebusan bahan
  • Masukkan santan, gula dan garam
  • Masak hingga meresap dengan api kecil hingga mengental
  • Koreksi rasa, sajikan dengan bubur atau sayuran rebus.
Selamat mencobanya ....
0

Koyor Itu Apa Sih?

Foto Koyor Mentah.

Teman2 masih ada kah yang penasaran sama KOYOR mentah?

Ini pas aku beli lagi..aku fotoin ya..walau cuma sedikit..lha wong cuma mau tak buat campuran bikin tahu campur ..aku masih punya tetelan di freezer juga ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ Jadi koyor ini penampakan mentahnya gitu..ada yang keras ulet kayak urat, ada yang lembek2 gitu tapi itu bukan lemak ya..nanti kalau di rebus itu berubah jadi kenyal dan bening..malah ngga nggajih kayak lemak.

Jika beruntung, kadang masih ada serpihan2 daging yang nempel di koyor...walau harga Koyor di Semarang tak jauh beda sama daging..karena bahan langka ini, di sini jadi bahan rebutan bakul Gudeg dan Pecel Koyor...๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ 

Note :
Ini KOYOR.....bukan TETELAN atau SANDUNG LAMUR ya...
9

Thursday, October 3, 2019

Lodeh Kacang Panjang

Lodeh Kacang Panjang

Ini sayur lodeh yang di bolak balik saja isinya...๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Tapi ya ngga pernah bosen ya teman2..lha gimana menu sehari2 Wong Jowo..๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… 
Kali ini kacang panjang dan tempe semangit..๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ 
Lodeh Tempe Semangit dan Kacang Panjang Bumbu Iris

Bahan :
  • 10 lonjor kacang panjang ( beli 2 ribu di pasar ), potong-potong
  • 1 papan kecil tempe yang sudah semangit, potong kotak kecil
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 1 /2 - 1 sendok makan gula merah
  • 2 sendok teh garam dan 1/2 sendok teh kaldu sapi
  • 1/2 sdk mkn rese / rebon
  • 1000 ml santan sedang aja, jangan terlalu kental ya
  • 6 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 cabai merah, 3 rawit, ulek kasar atau iris
Cara membat :
  • Tumis Bawnag merah, bawang putih hingga harum dan matang
  • Masukkan cabai, aduk rata hingga layu
  • Masukkan santan, dan semua bumbu lain
  • Didihkan
  • Masukkan tempe
  • Masak hingga meresap
Masukkan kacang panjang terakhir jika mau masih kres rasanya, jika mau medok, boleh bareng tempenya.
0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel