Google Ad

Thursday, October 10, 2019

Tahu Isi Rebung

Tahu Isi Rebung.
Cemilan Yodha sore ini,


Dia suka tahu isi, biar nggak bosen isi sayur biasa, aku isi tumisan rebung, seperti isian lumpia yang gurih manis.

Ini rasanya enak banget, kalau orang Semarang mesti banyak yang tau ini biasa di jual di tukang gorengan juga atau di pasar, kadang di bakery yang jual jajanan tradisional juga ada.

Pertama makan dulu awal2 pindah Semarang agak heran, tahu isinya rebung tapi langsung suka, karena rasanya enak sekali. Jadi ingat dulu sering beli ini pagi2 di Mbah2 yang jual Pecel, Gorengan, sama Setup Pisang. Yaa..Setup Pisang di jual pagi hari malahan kalau di Semarang πŸ˜ƒπŸ˜ƒ #reseptahuisirebungdiahdidi

Selamat mencoba!


0

Wednesday, October 9, 2019

Kue Krasikan

Kue Krasikan
Mumpung masih punya beras ketan banyak, aku lagi semangat nich bikin kue2 tradisional dari ketan.

Kali ini aku bikin kue krasikan..kue jadul..yang bikinnya kelihatan ribet, tapi sebenarnya mudah kok.

Resep Krasikan bisa dilihat di link video: https://www.youtube.com/watch?v=H3DQcssvodY

Siapa yang suka krasikan..ini resep dari ibuku, tanpa santan, jadi lebih awet ngga mudah tengik..asal ketan dan kelapa nya di sangrai hingga matang betul dan kering..rasanya sudah pas, manis ngga berlebihan, terus gurih dari kelapa, dan ada rasa krenyes2 khas krasikan, karena beras ketan nya di haluskan hingga berbutir2 kecil saja, tidak sampai halus ya.. πŸ˜‹πŸ˜‹ Selamat mencoba teman2 jika suka ya... Chopper yang aku pakai untuk menghaluskan ketan dan kelapa sangrai, Mitochiba..ada dua macam ya...ini infonya :

Mitochiba CH 100 ( 2 pisau)
πŸ”ΉHarga 459 Rb
πŸ”ΉDapet 2 Gelas : 1.5 Liter dan 700 Ml πŸ”ΉPisau 2 Lapis 1 di indonesia ( Double blade)
πŸ”Ήbisa cincang daging/ ayam/ikan/bumbu dapur/ buah/ es batu sampai haluss sekali πŸ”ΉGaransi 1 Tahun
πŸ”ΉFollow IG @mitochiba.id ❤ Mitochiba CH 200 ( Triple Blade)
✅Harga Rp.599 rb
✅Chopper Terbesar, Terkuat di Indonesia
✅ Pisau Triple Blade ( 3 tingkat) 1 di indonesia
✅Stainless steel
✅2 Kecepatan ( medium, high)
✅bisa cincang daging/ayam/ikan/ sayur/buah/bumbudapur/esbatu sampe halus
✅garansi 1 tahun
✅24 service center seluruh indonesia
#No 1 Best Seller seluruh Indonesia
✅Chopper Terkuat dikelasnyaπŸ‘πŸ»
✅DM / Shoppe : mitochibaelectronic




1

Sayur Telur Ceplok Pedes

Sayur Telur Ceplok Pedes.
Menu sarapan tadi pagi ini teman2 πŸ˜‹πŸ˜˜ Misal di dapur atau kulkas nggak ada bahan makanan, adanya cuma telur, tetep bisa masak menu sederhana tapi enak kok teman2.

Ini Telur Ceplok aku masak pedes bersantan, sengaja cabe rawitnya aku banyakin biar pedesnya terasa.

Telor ceplok gini kalau di masak api kecil agak lama bisa jadi gempi enak. Jika mau variasi lain telur bisa di rebus, terus di goreng di minyak panas. Tapi kalau di rumahku suka versi telur ceplok, lebih meresep bumbunya.

Telor Ceplok Masak Santan Pedas

Bahan :
  • 5 telur ceplok
  • 2 daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 1/2 - 1 sdk mkn gula merah
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 10 cabai rawit, iris
  • 5 cabai merah, ulek
  • 6 bawang merah, iris
  • 2 bawang putih, iris
  • 600 ml santan ( jangan terlalu kental agar seger )

Cara membuat:

  • Tumis bawang merah dan putih
  • Masukkan cabe
  • Lengkuas, daun salam
  • Masukkan santan
  • Masukkan bumbu kaldu, garam, gula
  • Masukkan telur ceplok
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa
Selamat mencoba!

3

Monday, October 7, 2019

Pucuk Labu Masak Resep Nyonyah

Pucuk Labu Masak Resep Nyonyah.
Teman2 udah tau belum tentang Fits.id, itu lho..satu2 nya wellness e - commerce yang mewadahi aneka produk dan jasa kesehatan, produk makanan sehat, alat olahraga, dll.

Nah kemaren aku iseng2 buka e -commercenya, dan pas lagi ada diskon 74 persen lho. Lumayan banget kan... langsung dech incar beberapa produk nya πŸ˜ƒπŸ˜ƒ Produk yang udah aku coba sich yang berhubungan dengan bahan masakan pastinya. Salah satunya aneka bumbu sehat instan aneka IG  masakan Indonesia, dan Chinese Tempo dulu, dll.. seperti Resep Masak Nyonya dari @roeparasa.1973 yang aku pakai ini...😘😘 Aku pakai untuk menumis Pucuk Labu, Tahu dan Udang. Enak rasanya, seperti tumisan tauco gitu.

Teman2 yang mau belanja juga, bisa dapat diskon 74 persen dengan promocodenya FITS74 ya.
Langsung saja ke webnya : https ://www.fits.id ya.

Produk2 dari IG @myfits.id ini sehat, praktis dan terjangkau harganya lho.
0

Sambal Tempe Kencur & Kerang Saus TIram

Sambal Tempe Kencur
Siang... Hari ini masak menu simple aja... Yodha request kerang lagi...aku masakin 1,5 kg kerang dara aku masak saus tiram..beli 25 rb di pasar.. langsung habis rebutan berdua sama papinya.

Kadang menu sederhana gini sudah bisa membuat keluarga bahagia ya teman2, soalnya kalau cuaca panas.. siang2 gini mager ya mau keluar makan di luar..yang menu kalau di resto ya itu2 aja...paling sekarang kalau sore Yodha suka ngajak coba2 aneka minuman kekinian ala Kafe.

Kalau aku kurang suka kerang, kalau kuahnya thok doyan πŸ˜‚πŸ˜‚ Jadi nyambel tempe bumbu kencur saja..🀣🀣 Sambal Tempe Kencur ala aku aja ...

Bahan :
  • 8 cabai rawit merah
  • 5 cabe merah, mentah
  • 2 bawang putih, goreng
  • 2 cm kencur
  • 1/4 sdk teh garam
  • 1/8 sdk teh kaldu jamur
  • 1/8 sdk gula pasir
  • 4 potong tempe goreng
Cara Membuat :
  • Ulek semua bahan sambel
  • Aduk rata
  • Cicipi rasa
Kerang Saus Tiram

Kerang Saus Tiram

Bahan :
  • 1 - 1,5 kg kerang dara, rebus dgn daun salam dan jahe
  • 1- 2 sdk mkn saus tiram
  • 2-3 sdk mkn kecap manis
  • 1 sdk teh kaldu jamur
  • 1/2 sdk teh merica
  • 500 ml air,
  • 1/2 sdk mkn maizena, plus sdkt air
  • 1 bawang bombai, iris
  • 2 bawang putih, geprek
  • 2 cm jahe, iris kasar

Cara membuat :

  • Tumis duo bawang
  • Masukkan air, kerang dan semua bumbu
  • Tutup panci
  • Masak hingga meresap
  • Kental kan dgn maizena
  • Cek rasa
Selamat mencoba!
0

Lodeh Bumbu Iris Nangka Muda

Lodeh Bumbu Iris Nangka Muda
Hari ini pengen lodeh gori (nangka muda), sama kulit melinjo dan daun so, lauknya blenyik Goreng... (lihat posting sebelumnya, Gimbal Teri Nasi) 
πŸ€£πŸ˜‹ Monggo yang mau coba :

Bahan :
  • 1/4 buah nangka, rebus hingga setengah matang, iris kecil
  • 50 gram daun so
  • 50 gram kulit melinjo
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 1 sdk mkn rese / rebon
  • 2 daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 100 gram tempe semangit, potong2
  • 1200 ml
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam

Bumbu iris :
  • 8 bawang merah
  • 4 bawang putih
  • 5 cabai rawit
  • 5 cabai merah

Cara membuat :
  • Tumis bawang merah, dan putih
  • Masukkan cabai
  • Aduk hingga layu
  • Masukkan santan dan semua bumbu
  • Didihkan
  • Masukkan nangka dan kulit melinjo
  • Masak hingga meresap api kecil, terakhir masukkan daun so
  • Cek rasa
Selamat mencoba!

0

Gudeg Basah

Gudeg Basah.
Menu request dan favorit suami, Gudeg Basah, pakai Tulang Sekengkel untuk penyedap, plus tambahan Criwis / Cuciwis / Triwis..itu enak banget untuk campuran gudeg teman2. Bikin sekalian banyak tadi aku bagi juga ke budhe sayur, sama tetangga yang main ke rumah.

Jadi sebenarnya kalau gudeg ala rumahan, di Yogya pun rasanya ngga semanis dan selembek di resto2 atau warung gudeg kering ya teman2 masak nya.

Kalau ibuku dulu sering bikin gudeg basah gini pakai campuran daun singkong, atau daun kol yang paling luar yang warna hijau itu juga enak banget untuk campuran gudeg basah gini.

Ini bukan jangan gori atau sayur tewel biasa ya, kalau jangan gori ngga secoklat ini dan rasa lebih gurih ringan, berkuah lebih putih.

Kalau ini tetep rasa Gudeg, gurih manis legit dan di masak lama hingga kecoklatan, tapi masih sedikit berkuah. Jika nanti di panaskan berulang2 ya jadi gudeg kering juga 😘😘 Gudeg Basah

Bahan :
  • 1/2 buah nangka muda ukuran sedang
  • 1 ikat daun criwis
  • 4 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 2 daun jeruk
  • 2 serai
  • 100 gram gula merah
  • 1 tulang Sekengkel, potong 2
  • 2 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya
  • 1500 - 2000 ml santan sedang jangan terlalu kental ( kalau mau lebih legit, separo santan, separo air kelapa )
Bumbu halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 1/2 sendok makan ketumbar
Cara Membuat :
  • Nangka di rebus sebentar di air mendidih sebentar biar steril, tapi jangan terlalu empuk ya ( kalau beli nangka dari pasar kan udah di potong-potong tuch biasanya sama yang jual :D )
  • Campur nangka dan semua bahan serta bumbu
  • Masak hingga mendidih
  • Koreksi rasa, jika sudah pas gurih manisnya ( namun jangan terlalu asin dulu ya ), tutup panci dan masak dengan api kecil hingga matang selama 4 - 5 jam...sekali koreksi rasa kembali jika sudah empuk nangkanya.
Selamat mencoba!
0

Rollade Daun Singkong

Rollade Daun Singkong.
Pagi, sarapan nya ini saja ya hari ini teman2 πŸ˜€πŸ˜€ Sarapan Ubi Cilembu Panggang aja..aku panggang pakai airfryer.

Terus itu ada Rollade Daun Singkong tak beraturan, kali ini versi pakai tahu.
Rollade Daun Singkong ada macam2 kalau di sini. Ada yang versi Daun Singkong aja, ada yang versi pakai tahu juga seperti ini, untuk yang ngga beraturan

Ada juga versi yang rapi, tahu sama daun singkong nya, yang di gulung dulu baru di kukus. Ada juga versi yang tahu sama daun singkong langsung di campur bumbu, di kepeli..terus di goreng. Semua itu udah sering aku buat, rasanya enak semua sich, tergantung selera saja dan pas lagi kepengen yang mana.

Daun singkong pilih yang muda, jadi ngga keras ya teman2, kalau di sini sudah ada di jual rebusan. Tahu, pilih yang besar nggak banyak air dan yang ngga asem ya.

Untuk versi ini aku kukus dulu sebentar karena ada tahunya, biar lebih meresap juga bumbunya.

Bahan :
  • 300 gram daun singkong udah rebusan, peras
  • 4 tahu, yang kesat, haluskan
  • 2 sdk teh kaldu jamur atau kaldu lain
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk teh gula pasir
  • 2 bawang putih, haluskan
Cara Membuat :
  • Campur semua bahan di atas
  • Cek rasa dulu hingga pas gurihnya
  • Bungkus daun
  • Kukus 20 menit
  • Dinginkan
  • Buka bungkusan, kepal2 adonan ukuran kecil, celup adonan tepung pencelup
  • Goreng hingga matang
Selamat mencoba!
0

Sunday, October 6, 2019

Gimbal Teri Nasi

Gimbal Teri Nasi
Aku lagi suka ngolah Teri Nasi Basah, karena lagi banyak di pasar..😘😘 Kali ini aku buat Gimbal Teri Nasi, enak banget buat lauk, buat di cemil ya enak 😘😘 Menurut ku Teri Nasi basah ini lebih gurih daripada yang versi kering. Ya mungkin yang kering soalnya jadi asin ya teman2.

Kalau yang basah ini gurih alami, ngga asin..jadi cocok di olah jadi aneka menu πŸ˜‹πŸ˜‹ 

GIMBAL TERI NASI BASAH

Bahan :
  • 250 gram teri nasi
  • 1 butir telur
  • 100 gram tepung terigu protein rendah
  • 25 gram t beras
  • 25 gram tepung tapioka
  • 200 ml air
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam

Bumbu Halus :
  • 2 bawang putih
  • 1 cm kunyit
  • 1/2 sdk teh ketumbar

Cara membuat :
  • Campur semua bahan
  • Aduk rata
  • Sendokkan ke minyak panas
  • Goreng hingga matang
Selamat mencoba!
0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel