Thursday, August 4, 2011

Onde Onde

Yuhuu..sudah 4 hari puasa..alhamdulillah..lancar2 aja..gak kerasa..karena makin sibuk di dapur..hehe. Biasa kalau bulan puasa kan lebih heboh prepare makanan untuk buka dan saur.
Aku paling suka  coba resep2 baru kalau bulan puasa,jadi bisa buat berlatih sekalian kasih menu2 yang bervariasi buat suami..kata ponakan  ku..heboh amat makan cuma berdua,di dapur seharian..haha.
Emang sich bulan puasa banyak yang jualan makanan macam2, tapi buatku..masak sendiri  is the best..puas dan murah..
Puasa ini aku suka banget bikin jajan pasar tradisional. Kemaren bikin dadar gulung dan onde2, sukses..hasilnya enakk…karena  kebanyakan untuk berdua, soalnya Yodha gak suka jajan pasar, jadi  bisa bagi2 ke mertua dech.
Ini dia resep2 onde2 yang Ok menurutku,hasilnya empuk dan gurih.
Onde Onde
Bahan Kulit :
250 gram teung ketan
50 gram kentang kukus,haluskan
65 gram gula pasir halus
½ sdk the garam
175 ml air hangat
100 gram wijen
minyak untuk menggoreng
Bahan isi :
250 gram kacang hijau kupas (kemaren aku pakai kacang hijau kulit..enak juga )
150 gram gula pasir
1 lembar daun pandan
½ sdk teh  garam
200 ml santan dari ½ kelapa
Caramembuat :
Isi : rebus kacang hijau sampai agak lunak dan kering,tambahkan santan,gula pasir,daun pandan,garam. Masak sambil di aduk sampai kalis.Angkat,dinginkan,bulatkan kecil2.
Kulit :Campur tepung ketan, kentang,gula pasir,dan garam,aduk rata.
Tuang air hangat sedikit demi sedikit,sambil di uleni sampai kalis dan licin
Ambiladonan kulit, kurang lebih 20 gram, bulatkan,pipihkan lalu isi dengan bulatan2 adonan isi.gulingkan diwijen.
Masukkan dalam minyak dingin.Nyalakan api kecil. Aduk sampai mengapung ,,lalu nyalakan api sedang ,goring hingga matang kecoklatan.
Eh hasil jadinya banyak lho,kurang lebih 30 biji..haha..jadi siap2 mabuk Onde Onde kalau mau coba..^_^…..

No comments :

Post a Comment