Google Ad

Thursday, November 22, 2012

Sambal tumis petai dan teri



I am not a fan of *Pete*..hehehe.....tapi nich..tiap musim petai gini pasti dapat kiriman petai banyak banget dari mertua..secara di kebun beliaunya punya pohon petai. Jadi dech..daripada petai nganggur lama2 di kulkas ya harus tetep di olah...kan ada yang ngabisin..suami..yang memang suka sama petai dan jengkol..

Kalau cuma buat campuran masakan...sambel goreng dll kan cuma dikit tuch petainya...jadi hari ini bikin sambel tumis khusus yang banyak petainya..sambelnya sambel tumis aja..biar awet..kalau nggak habis bisa di simpan di kulkas. Biasanya sich pakai udang..cuma tadi di tukang sayur..udangnya jelek2..jadi ganti teri aja yang semi basah...tadi colek dikit sambel sama terinya sich..sedappp..cuma...ogah aku bau petenya...hehehe. Tapi buat penyuka pete nich..bisa ngabis2 sin nasi lho sambel ini....mau coba..bentar ya..ku susun resepnya...soalnya tadi tuch asal cemplang cemplung..eh udah jadi ya enak dan sedapp tuch...hehehe.

Sambel tumis petai dan teri

Bahan2 :

5 - 6 papan petai
100 gram teri asin semi basah / udang
200 gram cabe keriting ( atau sesuai selera dech )
8 buah bawang merah
2 siung bawang putih
1 sendok makan terasi
1 sendok teh air asam jawa
garam / bumbu kaldu bubuk secukupnya
gula merah..sesuai selera..aku tadi ada kali ya..satu sendok makan

Cara Membuat :
Ulek halus cabe merah, bawang merah dan bawang putih, serta terasi. Lalu tumis di minyak panas sampai harum, tambahkan sedikit air ( kira2 aja 50 ml ), kemudian masukan garam dan gula secukupnya, serta air asam. Masak hingga agak mengental sambalnya. Lalu masukan petai dan teri goreng. Masak sebentar lagi. Sajikan hangat .

2

Tuesday, November 20, 2012

Zebra Cake


Zebra cake adalah salah satu cake klasik ya..yang tetep di minati dari jaman dahulu..sampai sekarang , karena motif kuenya yang cantik. Banyak sich berbagai versi zebra cake yang ada. Dari segi rasa juga bisa di modifikasi..misal dengan penambahan rasa tape..dll. Salah satu resep yang ku sukai  untuk pembuatan zebra cake adalah resep ini, karena membuatnya cukup praktis dan simple..dan mudah.

84

Monday, November 19, 2012

Mangut Iwak Pe


Kalau di Yogya terkenal dengan mangut  lele , beda di Semarang..mangut yang terkenal dan menjadi masakan sehari2 orang Semarang adalah mangut iwak Pe . Iwak Pe adalah sejenis ikan pari yang  sudah di panggang, biasa di jual dalam potongan daging ikan kecil2, karena memang ukuran ikannya termasuk ikan laut yang besar. Selain badannya yang di potong2 jadi bagian kecil2, di jual juga khusus bagian kepalanya yang sudah di panggang. Kepala ikan Pari pangggang ini juga biasa di masak jadi mangut pedas khas Semarang dan daerah sekitarnya. 
Buat yang suka sich rasanya gurih ya kepala nya..cuma ukurannya biasanya besar2..jadi kalau masak mangut kepala iwak Pe ini juga musti porsi besar bumbunya. Kalau aku lebih suka dagingnya yang kecil2 saja..jadi bisa masak sedikit buat keluarga kecil ku, tapi kadang2 kalau nemu kepala iwak Pe yang agak kecilan yang suka masak juga buat suami..secara suami suka banget mangut kepala iwak Pe ini....

Mangut Iwak Pe

Bahan :

4 potong iwak Pe yang sudah di panggang ( kalau nggak ada ganti aja lele goreng atau ikan lain yang di goreng dulu )
Santan sedang 500 ml
Petai 5 biji
Bawang merah 4 siung
Bawang putih 2 siung
Cabai merah 7 buah
Cabai rawit merah 5 buah
Kencur 1 ruas jari
Gula merah 1 sendok teh
Garam / bumbu kaldu bubuk secukupnya
Daun salam 1 lembar
Lengkuas 2 ruas jari

Cara Membuat :

Haluskan bumbu2 kecuali cabai rawit merah. Jika suka pedas yang menggigit, cabai rawit merah bisa ikut di haluskan.Tumis hingga harum dan matang, masukkan santan, cabai rawit merah, petai dan bumbu2 lain. Tunggu sampai mendidih, lalu masukkan Iwak Pe , masak sambil di aduk sampai bumbu meresap. Sajikan hangat.
0

Brongkos Yogya


Kemaren kok kangen makan brongkos buatan ibuku di Yogya. Dulu...brongkos adalah menu sehari2 kami di Yogya..menu ini jadi menu yang sering terhidang di meja. Jadi rasa dan cara membuatnya sudah di luar kepala buatku, karena dulu sering bantu bantu Ibu memasak di dapur. Brongkos adalah masakan berkuah santan dengan bumbu utama nya kluwak. Rasanya gurih khas dengan sedikit rasa manis yang menonjol..ini kalau versi  Ibu ku lho..dan rasa ini lah yang ku sukai. Isiannya bisa daging saja atau komplit dengan kacang tholo dan tahu, telur, serta kulit melinjo..aku suka yang versi komplet, karena kacang tholo inilah yang bikin brongkos tambah sedep rasanya. Kalau udah nginap atau di panaskan esok harinya..masakan brongkos ini akan semakin enak. Di Yogya..brongkos ini juga jadi salah satu icon kuliner lho..seperti brongkos warung Ijo yang terkenal di seputaran Jl. Magelang..cuma kalau aku sich lebih manteb rasanya kalau masak sendiri.

Ini resep brongkos yang aku pelajari dari ibuku :

Bahan :

250 gram daging sapi
200 gram kacang tholo
100 gram tahu goreng
1 buah labu siam
50 gram kulit melinjo jika suka
3 - 4 butir telur rebus  / secukupnya

Bumbu2 :

5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
4 buah kluwak
1/2 sendok makan ketumbar
1/2 ruas jari kencur
4 butir kemiri
1 sendok makan gula merah
1 buah cabe merah
Santan cair 1000 ml
santan kental 200 ml
Garam,bumbu kaldu bubuk rasa sapi secukupnya
2 ruas jari lengkuas, memarkan
2 batang serai, memarkan
3 lembar daun jeruk

Cara Membuat :

Haluskan bumbu bumbu , kecuali lengkuas , serai dan daun jeruk. Tumis hingga harum, lalu masukkan daging, kacang tholo dan santan cair, masukkan bumbu2 dan pelengkap lain, lalu ungkep hingga daging dan kacang tholo empuk, labu siam bisa di masukkan setelah daging dan kacang tholo setengah matang supaya tidak terlalu empuk labunya. Cicipi rasanya, jika sudah pas masukkan santan kental. Aduk dan masak lagi sebentar.









1

Friday, November 16, 2012

Oblok Oblok Daun Pepaya


Tiba2 pengen makan sayur oblok2 kemaren...semua bumbu ada di dapur..tapi   daun singkongnya yang tidak ada. Putar otak..ya ya..kenapa tidak coba saja pakai daun pepaya..tinggal petik di halaman belakang. rebus sampai empuk..terus peras sampai airnya habis. biar tidak pahit oblok2nya...ternyata..enak juga lho..seger..ada sensasi sedikit pahit pahit dari daun pepaya..cuma..kalau memakai daun pepaya..harus langsung di habiskan ya..pas matang..soalnya kalau di panaskan lagi..kuahnya jadi ikut pahit nanti. Selamat mencoba....

Bahan-bahan :
    150 gram daun pepaya, rebus sampai  empuk, peras airnya sampai kering ( bisa di ganti daun singkong 50 gram kelapa parut muda, diparut kasar , ikan teri 100 gram. 1 lembar daun salam
    2 cm lengkuas, dimemarkan
    2 1/4 sendok teh garam
    1 sendok teh gula pasir
    1.000 ml air
    Bumbu halus:
    5 butir bawang merah
    3 siung bawang putih
    3 buah cabai rawit
    2 buah cabai merah
    3 butir kemiri, disangrai
    1/2 sendok teh ketumbar
Cara Membuat :

Didihkan air dan tetelan sampai empuk. Tambahkan daun salam, lengkuas, garam, gula pasir, dan bumbu halus. Rebus sampai harum.Masukan teri dan kelapa parut, masak sampai matang
Masukkan daun pepaya, aduk rata. Masak sebentar lagi, lalu sajikan hangat.
0

Omelet Sayur Asam Manis


Pas masa trimester pertama kemaren..sempat musuhan sama telur..padahal..telur kan banyak banget ya gizinya buat bumil..tapi ya namanya orang ngidam..suka aneh2 aja..makanan yang dulunya suka pun jadi tidak suka..hihi. Akhirnya setelah masa morning sick lewat..saatnya dech sering2 makan telur. Biar gak bosan musti kreatif mengkreasikan berbagai resep telur . Salah satu favoritku sekarang ini nich..omelet telur asam manis..rasanya enak..bahan2nya juga murah meriah. Cocok buat menu seluruh anggota keluarga..selamat mencoba..jika buat anak2..ganti cabe dengan paprika aja ya..

Omelet Telur Asam Manis

Bahan :

3 butir telur
50 gram wortel, serut kasar
50 gram kol,di iris halus
50 gram bawang bombay,di iris halus
1/2 sendok makan tepung terigu
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh kaldu sapi bubuk

Bahan Saus :

1 siung bawang putih,cincang halus
30 gram bawang bombay, di potong2 panjang
Cabe / paprika secukupnya
2 sendok makan saus sambal
4 sendok makan saus tomat
1 sendok makan saus tiram
1/2 sednok teh garam
2 sendok teh gula pasir
300 ml air
1 batang daun bawang , iris serong
150 gram nanas , di potong2 kecil ( kmrn pas gak ada jadi gak pake..)
1 sendok makan maizena dan 50 ml air, larutkan.
minyak untuk menumis

Cara Membuat :
Campur semua bahan omelet, aduk jadi satu dan aduk rata. Tuang di teflon anti lengket ( jadi   3 buah omelet, potong masing2 jadi 4 bagian )
Saus : panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang bombay,dan cabe atau paprika hingga harum, masukkan semua saus, gula pasir dan garam. Tuang air,masak hingga mendidih. Masukkan nanas dan daun bawang. Kentalkan dengan tepung maizena. Aduk sampai meletup2. Sajikan hangat omelet bersama sausnya.




0

Thursday, November 15, 2012

Cake Peta


Akhirnya coba juga bikin Topo Map Cake...cake bermotif peta ini. Kalau dari resep sich butter cake biasa ya...cuma yang menarik ya motif petanya ini..bisa jadi nilai lebih lah untuk penampilan cake ini..resep asli dari blogger Malaysia..search aja..Topo Map Cake..pasti banyak muncul yang udah pada coba..Tapi cake ini lumayan moist juga...dan lumayan menarik untuk suguhan cake potong yang murah meriah dan buatnya juga gampang banget, aku buat kemaren pakai resep yang udah di modif sedikit..karena menyesuaikan loyang yang ada...jadi cuma bisa jadi 3 layer..harusnya sich 4 layer...aku pakai resep ini nich..next time mau coba dengan warna lain tengahnya seru juga kali..

Topo Map Cake
Bahan :
200 gr butter / margarin 
200 gr gula halus
4 butir telur
250 gr tepung terigu protein sedang + 3/4 sdt baking powder
65 ml susu cair
1/2 sdt vanili
1 sdt pasta pandan
1 tetes pewarna hijau
coklat bubuk untuk taburan


Cara Membuat :
  • Panaskan oven 180  C . Siapkan loyang persegi 18 cm. Oles mentega dan taburi tepung terigu.Alasi dgn kertas roti.
  • Kocok butter / margarin, dan gula halus sampai mengembang dan pucat. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
  • Tambahkan separuh bagian terigu , kocok dg mikser kecepatan rendah.
  • Masukkan susu cair. kocok rata. Berikut masukkan sisa tepung dan kocok asal rata.Bagi dua adonan. yang satu biarkan plain , tambahkan vanili..dan yang satu ditambahkan pewarna hijau. Aduk asal rata.
  • Tuang separuh adonan putih ke loyang, ratakan. Ayak coklat bubuk sampai seluruh permukaan tertutup coklat. Tuang adonan hijau lalu ratakan. Beri ayakan coklat bubuk lagi. Tuang sisa adonan putih tadi, ratakan. Tidak perlu diberi ayakan coklat bubuk.
  • Terakhir sebelum dimasukkan oven, hentakkan loyang perlahan agar gelembung udara yang terperangkap dalam kue bisa keluar.
  • Oven sekitar 30 – 40 menit

4

Friday, November 9, 2012

Keripik Pangsit Ekonomis


Orang Indonesia...pasti suka makan kalau di temani sesuatu yang kriuk2 ya..kayak kerupuk..atau juga keripik pangsit , seperti kalau kita makan bakso dan mie ayam..pasti akan lebih nikmat. Aku juga termasuk penggemar keripik pangsit...jadi kalau makan bakso dan mie ayam..serasa kurang lengkap..kalau gak pake keripik ini. Tapi di makan sebagai cemilan pun enak juga lho keripik pangsit ini..asal..kita buat sendiri...jadi bisa kita tambahkan bumbu..jadi rasanya lebih enak dan gurih. Udah coba berbagai resep..akirnya nemu resep yang  pas nich...walaupun masih sedikit keras..karena modalnya cuma tepung doang...hihi...tapi udah enak lho. Ini bisa jadi alternatif buat para pengusaha bakso atau mie ayam kali ya..buat bikin pangsit yang ekonomis, tapi enak...
Mau buat sendiri juga...?...ini cekidot...resep nya ya...


Keripik pangsit

Bahan :
375 g tepung terigu
1 sdt garam
1/2 bungkus kecil bumbu kaldu instan
150 cc air panas mendidih
1 sendok makan bawang merah tumbuk kasar
minyak goreng

Cara Membuat :
Campur tepung terigu dengan air panas carup2 masukkan garam n bumbu2 tambahkan air biasa uleni sampe kalis diamkan 40 menit , giling tipis dengan gilingan mie atau pake gilasan kayu ,potong2 sesuai selara dan goreng dalam minyak banyak api kecil sampai kuning keemasan. Simpan di wadah kedap udara jika sudah dingin.
14

Wednesday, November 7, 2012

Tips membuat sayur asem yang enak...



Sayur asem...siapa sich yang tidak suka..hayo ? Sayur..segar..dan sehat ini pasti di sukai semua orang. Buktinya tuch..di warung2 atau restoran..banyak menu pendamping untuk lauk pauknya ya..si sayur asem ini. Rasanya yang asam..gurih , sedikit manis dan segar, pasti lah semakin menambah nafsu makan. Apalagi jika di makan bersama sambal terasi...tahu tempe goreng dan lauk pauk lain seperti ayam goreng atau ikan asin..sedap dech ....memang masakan Indonesia ! Sayur asem sendiri ada beberapa versi..ada yang berkuah bening atau ada yang sedikit kental kuahnya, karena memakai kemiri dan terasi di bumbunya. seperti sayur asem ala Jakarta. Aku sendiri lebih suka sayur asem ala Jakarta yang pakai bumbu kemiri ini..lebih mantab rasanya.

Biar sayur asem tambah nendang rasanya, gunakan juga air kaldu daging sapi ya...kalau suka tambahkan sekalian daging tetelannya..pasti lebih sedap rasanya. Sayuran juga musti komplit..biar rasanya tambah seger nano2..hehe..jangan lupakan jagung muda dan daun melinjo nya..itu yang bikin aroma khas sayur asem tambah menggoda selera. Jika suka bisa juga di tambahkankacang tanah,  buah dan  kulit melinjo nya sekalian..jadi ada sensasi rasa klethis2 rasanya.

Yuk...masak sendiri sayuran sehat ini....mudah dan tidak perlu repot tumis menumis.....tinggal cemplang cemplungin bahan...jadi dech....^^

 Bahan2 :

100gr daging tetelan , rebus dan  sisihkan kaldunya
1 buah labu siam, kupas dan potong kotak
5 lonjor kacang panjang, potong potong
1 buah labu siam kecil,potong kotak
1 buah terong ukuran kecil.potong serasi dengan labu nya
1 buah jagung, potong 2
1 genggam daun melinjo
2 lembar daun salam, 1cm lengkuas, memarkan 
1 1/2 sdm asam jawa, larutkan dengan air panas 
Garam,bumbu kaldu rasa sapi   secukupnya  
Gula merah 1 sendok makan
1500 air kaldu daging 
1 sendok makan kecap manis
kacang tanah..buah melinjo jika suka ( aku gak pake..pas gak ada )

Bumbu (haluskan) :

6 butir bawang merah
1 siung bawang putih ( tambahan ku sendiri ini..biar tambah sedep..kalau resep aslinya gak pake )
3 buah cabai merah keriting
4 butir kemiri
1 sdt terasi bakar

Cara Membuat :
Masukkan bumbu halus dan bumbu2 lain kecuali kecap ke air kaldu yang sudah di didihkan, masukkan jagung dan kacang tanah, melinjo ( jika pakai ) terlebih dahulu..karena matangnya perlu waktu lebih lama dari sayuran lain....sampai setengah matang, baru masukkan sayuran lain. jika sayur sudah matang semua..tambahkan kecap manis. Sajikan hangat dengan sambal terasi.



1

Google Ad

Visit Our You Tube Channel