Google Ad

Tuesday, July 13, 2021

Pisang Aroma

Pisang Aroma

 
Selamat sore Ibu Cermat,

Cemilan sore ini masih bertema Gorengan Nusantara dan masih memakai pisang teman-teman. Memanfaatkan sisa pisang raja ranum sisa bikin molen kemaren. Jadi aku buat ini aja ya teman-teman, Pisang Aroma, jajanan khas Bandung.

Pisang Aroma ini sebenarnya bisa isinya macam-macam, bisa ditambah keju, coklat, dll. Tapi kali ini aku lagi ingin bikin yang klasik dan simple aja, yang original saja isinya hanya pisang dan sedikit gula pasir, biar otentik ala gorengan khas Nusantara yaa πŸ˜€πŸ’•

Tapi memang aku justru suka yang ori gini lebih menonjol rasa dan terasa wangi pisangnya. Jika mau lebih berkaramel, gula-nya bisa sedikit lebih banyak ya teman-teman, tapi aku pakai sedikit aja karena pisangku udah manis dan juga biar cantik Pisang Aromanya, gak mudah gosong.πŸ’•πŸ’•

Yuk dicoba ya teman-teman, mudah kok yang penting gorengnya jangan lupa pakai minyak goreng FORTUNE (IG @fortunecermat) ya agar renyah dan garing ya gorengannya.

Selamat mencoba teman-taman! Ini resep saya tulis di bawah:

Pisang Aroma

Bahan :
  • 20 kulit lumpia
  • Pisang raja ranum secukupnya, bagi jadi 4 bagian panjang
  • Gula pasir secukupnya
Cara Membuat :
  • Ambil selembar kulit lumpia, olesi ujungnya dengan putih telur
  • Beri pisang, taburi gula pasir
  • Gulung rapat memanjang kecil
  • Panaskan minyak goreng Fortune secukupnya
  • Goreng hingga matang

0

Sunday, July 11, 2021

Iga Penyet

Iga Penyet


Selamat siang Ibu Cermat,

Walaupun sekarang lagi PPKM, kita sebagai ibu harus tetap siaga mempersiapkan menu sehat untuk keluarga. Salah satu menu favorit kami yang ada di resto yang disukai keluarga kami, apa coba? Iga Penyet..πŸ’•

Iga goreng yang gurih yang aku goreng dengan minyak goreng (IG) @fortunecermat, dengan bumbu spesial yang dipadu sambal penyetan yang sedep. Paling cocok disajikan dengan nasi pulen hangat yang dimasak dengan beras Fortune (IG) @fortunecermat.

Jadi menu istimewa ala resto bisa tersaji di rumah nich teman-teman, untuk menyemangati anak-anak yang sekolah online atau suami yang WFH yaa ... Eh emang dia kerjanya di rumah. πŸ’•

Baiklah kita masak Iga Penyet yuk, untuk asupan nutrisi dan menjaga imunitas selama pandemi ini. Bukankah kita dianjurkan untuk makan protein hewani, seperti daging, ikan dll? Selain itu, menu iga penyet ini dilengkapi lalapan aneka sayuran yang tentunya membuat menu lengkap bergizi untuk keluarga. ❤️

Bahan :
  • 500 gram Iga
  • 2 daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 1 sdk teh air asam Jawa
  • 1000 ml air

Bumbu Halus :
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 4 kemiri
  • 1 sdk teh ketumbar
  • 2 cm kunyit

Cara Membuat :
  • Masukkan semua bahan dan bumbu ke pan
  • Masak api kecil hingga meresap dan Iga empuk dan air habis
  • Jika memakai presto..cukup 15 menit di hitung dari panci berdesis... selanjutnya tunggu panci presto dingin, buka..dan masak hingga air habis
  • Dinginkan

Siapkan SAMBAL penyetnya yaaa...

Bahan :
  • 2 tomat
  • 2 bawang putih, goreng
  • 1/2 sdk mkn terasi, goreng
  • (Goreng Iga hingga matang sebentar saja agar tidak keras)
Cara Membuat Sambal :
  • Ulek cabe rawit mentah sesuai selera 3-5
  • Tambahkan tomat, bawang putih dan terasi goreng
  • Tambahkan 1/4 sdk teh garam, dan 1/2 sdk teh gula merah
  • Ulek hingga halus
  • Tambahkan sisa minyak goreng bekas menggoreng iga
  • Kucuri jeruk limau biar makin segar
Selamat mencoba teman-teman ... ! Kalo sudah ada yang sukses bikinnya dikomen yaaa ....
0

Thursday, July 8, 2021

Molen Kumbu Kacang Hijau

Molen Kumbu Kacang Hijau

 Selamat Siang Ibu CerMat...


Lanjut ya aku share menu Gorengan Nusantara favorit keluargaku,. Kalau Bu-Ibu suka gorengan yang rasanya manis apa? Kalau keluarga aku, biasanya gorengan manis favorit adalah Pisang Molen, aneka isi.

Aku sering banget bikin Pisang Molen dengan aneka isian, biasanya sih, paling favorit yang klasik, isi pisang, tapi kadang-kadang biar nggak bosen aku buat Molen Kumbu Kacang Hijau atau Molen Kumbu Ubi Ungu dll.

Nah, kali ini aku bikin yang klasik aja, kebetulan punya pisang raja ranum sama isi nanas, enak lho molen isi nanas Bu, Ada yang udah pernah coba belum?πŸ˜πŸ‘πŸ»

Paling enak sich pakai Nanas Madu, jadi rasanya manis legit enak.πŸ€€πŸ‘ŒπŸ» Kalau Pisang, paling enaknya pakai pisang raja yang ranum ... aromanya? Hemmm harum sekali !

Jangan lupa gorengnya pakai minyak goreng IG @fortunecermat ya Bu, agar Pisang Molennya gurih dan dan renyahnya mantaaappπŸ€€πŸ‘ŒπŸ»

Yuk, coba buat di rumah!

Molen Kumbu Kacang Hijau

🍌PISANG MOLEN🍌

Bahan:
  • 250 gram Tepung Terigu Protein Tinggi
  • 50 gram margarin , lelehkan
  • 50 gram gula halus
  • 1/4 sdk teh vanili
  • 1/4 sdk teh garam
  • 50 ml air hangat

Cara Membuat:
  • Campur semua bahan
  • Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga bergumpal
  • Giling adonan hingga tipis dengan gilingan mie
  • Potong panjang
  • Lilitkan pisang / nanas dengan adonan hingga tertutup rata
  • Panaskan minyak goreng Fortune
  • Goreng Molen hingga matang dan renyah
  • Sajikan hangat

Selamat mencoba, Bu!

0

Tuesday, July 6, 2021

Ndog Bulus

Ndog Bulus


Selamat Sore,

Kembali waktunya ngeteh sore dan santai-santai bareng keluarga teman-teman, It is quality time with family, istilah kerennya.

Aku share resep cemilan yang enak ya, lanjut ke menu Gorengan Nusantara lagi, Kali ini aku share menu yang unik dan belum banyak di kenal luas. Aku kenal jajanan tradisional ini waktu jalan-jalan ke kota Temanggung, waktu kulineran ke pasar tradisional dan beli jajanan unik yang namanya Ndog Bulus.

Rasanya unik, terbuat dari kacang tholo yang dibuat kumbu manis gurih, lalu dibentuk bulat lonjong dan dicelup adonan tepung encer, lalu digoreng hingga luarnya agak kering, enak sekali dech pokoknya.πŸ’•

Kue ini mirip Kue Gandasturi, tapi kalau Gandasturi isinya kumbu kacang hijau dan bentuknya bulat pipih, tapi cara pembuatan hampir sama.

Akhirnya bisa bikin sendiri kue ini hasil ngobrol-ngobrol sama penjual kue ini di pasar, mudah sekali kok caranya, yuk buat ya teman-teman. πŸ’•

Jangan lupa gorengnya pakai Minyak Goreng Fortune ya, agar gorengan renyah dan cantik...πŸ’•

Ndog Bulus

Bahan & Cara Membuat:
  • 250 gram kacang tholo, rendam semalaman
  • Rebus hingga empuk
  • Blender kasar aja
  • Masukkan ke pan, tambahkan 100 gram gula merah / gula pasir
  • 1/2 sdk teh garam
  • 1/4 sdk teh vanili
  • 100 ml santan

  • Masak hingga meresap dan kesat
  • Bentuk bulat lonjong

Bahan Pelapis & Cara Membuat:
  • 75 gram terigu
  • 25 gram tepung beras
  • 25 gram tapioka
  • 180 ml air
  • 1 sdk teh gula pasir
  • 1/4 sdk teh garam

  • Campur semua bahan
  • Aduk rata
  • Panaskan minyak goreng Fortune secukupnya
  • Celup adonan ke lapisan tepung
  • Goreng hingga matang
  • Sajikan
Selamat mencoba ya teman-teman, pasti berhasil! 
0

Sunday, July 4, 2021

Rarawuan

 

Rarawuan

Selamat sore Ibu Cermat,

Teman-teman, sore ini aku mau lanjut share menu gorengan Nusantara yang unik dan enak. Untuk 
Kali ini aku share gorengan dari Sunda, namanya Rarawuan.

Gorengan ini enak banget lho ... Berawal dari penasaran, kok setiap posting Lentho banyak teman dari Sunda yang komen mirip Rarawuan, setelah aku cari tahu ternyata beda lho teman-teman.

Walaupun sama-sama berbahan kacang tholo (kacang gajih, kalau di Sunda)

Tapi ada bahan yang beda, yaitu kalau Lentho versi Jateng biasanya pakai singkong parut tapi kalau Rarawuan ini pakai tepung terigu atau ada juga yang versi tepung beras. Bedanya lagi, kalau Rarawuan ini pakai daun bawang.

Setelah aku coba, rasanya sama enaknya kok dengan Lentho hanya beda di tekturenya saja teman-teman karena pemakaian tepung terigu di bahan. Yodha pertama ditawari gak mau, tapi setelah coba habis 4 biji dia πŸ˜€

Yuk buat Rarawuan teman-teman dan kita lestarikan gorengan Nusantara yang unik-unik seperti ini.

Oh ya, jangan lupa gorengnya pakai minyak goreng Fortune ya, goreng hingga terendam minyak agar cantik dan renyah.

Selamat mencoba !

Rarawuan Sunda

Bahan:
  • 125 gram kacang tholo, rendam semalaman hingga mekar
  • 200 gram kelapa parut
  • 100 gram tepung terigu
  • 1 sdk mkn tepung beras
  • 2 bawang putih haluskan
  • 2 cm kencur, haluskan
  • 1/2 sdk teh ketumbar bubuk
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • 1/2 sdk teh gula pasir
  • 100 ml air
Cara Membuat:
  • Aduk rata semua bahan
  • Cek rasa
  • Panaskan minyak goreng Fortune
  • Setelah panas...
  • Masukkan adonan..bentuk bulat pipih tidak beraturan..pakai tangan agar bisa renyah dan kriuk
  • Sajikan hangat
Selamat mencoba dan komen hasilnya seperti apa ya teman-teman ... !
0

Saturday, July 3, 2021

Sop Ayam Klaten

 

Sop Ayam Klaten


Selamat sore, salam sehat buat teman-teman semua.

Menu sore ini masih yang berkuah seger teman-teman, cocok untuk menjaga daya tahan tubuh di kondisi seperti ini dan juga bagus untuk menu pemulihan yang habis sakit juga ..πŸ’•

Aku buat Sop Ayam ala Klaten yang enak, seger dan hangat, biasanya sore gini dingin ya cuaca teman-teman ... jadi pas nich masak menu sop hangat begini.

Sop Ayam Klaten ini paling enak pakai ayam kampung. Ini resep baru ya beda sama yang di web sebelumnya terutama teknik pembuatannya teman-teman. Aku ubah cara masak versi praktis langsung masuk semua, tidak aku buat kaldu dulu dan hasilnya tambah meresep bumbu ke ayam karena direbus dengan bumbu dari awal.

Sop Ayam Klaten
Bahan :

  • 1 ekor ayam kampung, potong jadi 8 bagian
  • 2500 ml air
  • 2 sledri, cincang
  • 6 bawang putih , geprek
  • 1 sdk teh merica butiran, halus kan
  • 3 cm jahe, memarkan
  • 1/2 buah pala, utuhan
  • 1 sdk mkn ebi, seduh air panas
  • 2 cm kayumanis
  • 2 sdk teh kalau ayam
  • 1 sdk teh garam
  • 1 sdk teh gula pasir

Cara Membuat :
  • Tumis bawang putih dan merica hingga harum
  • Masukkan air, ayam
  • Masukkan garam, kaldu..gula pasir, jahe geprek, pala dan kayu manis, ebi
  • Masak api kecil hingga meresap dan ayam empuk
  • Tes rasa
  • Sajikan sop ayam dengan taburan bawang merah dan sledri

Nah di saat PPKM di Semarang seperti ini aku menghindari ke pasar dulu. Aku kalau belanja ayam kampung untuk kebutuhan sehari-hari selalu pesan di IG @astamajayafarm, karena ayamnya fresh, di potong jika ada pesanan dan bisa di antar sampai rumah jadi praktis, IG @astamajayafarm ini sangat membantu di saat seperti PPKM seperti sekarang ini. Jika mau untuk besok bisa pesan hari ini.. langsung di antar teman-teman untuk area Semarang dan sekitarnya ya.

Harga juga ekonomis, lebih murah daripada ayam kampung pasar πŸ’•πŸ’• ! Beneran.

Selamat mencoba!
0

Pangsit Goreng

Pangsit Goreng

Selamat Sore Ibu CerMat Fortune!


Hari ini aku mau lanjut share salah satu gorengan favorit Nusantara ya, Bu ... Ya, kali ini ialah, Pangsit Goreng, salah satu gorengan yang jadi favorit banyak orang. Pangsit goreng ini sangat beragam bentuknya, bisa dibentuk seperti bunga, yang biasa dijual di pasar seribuan atau bentuk seperti perahu, dan yang paling simple dilipat bentuk segitiga.

Nah, kalau di Semarang sini yang biasa ada di pinggir jalan dan ada di gerai pangsit goreng dengan aneka toping versi kekinian. Kalau ini aku buat pangsit goreng versi gulung. Ini enak banget lho Bu, untuk dicemil, kalau Yodha pakai saus ...

Kalau aku suka untuk toping makan bubur atau nasi bakmoi atau untuk campuran bakso kuah juga enak. Yuk, buat di rumah! Aku share resepnya, ya, Bu...

Ini versi simple tapi enak banget.

Biasanya kalau buat porsi segini Yodha sendiri aja habis sendiri, nih. Apalagi aku gorengnya pakai minyak goreng IG @fortunecermat yang bikin Pangsit Gorengnya renyah dan garing.

Pangsit Goreng

Selamat mencoba Resep Pangsit Goreng ala aku yaπŸ₯Ÿ

Bahan:
  • 100 gram ayam..pilih bagian paha, potong kecil
  • 100 gram udang yang sudah di kupas ya nimbangnya
  • 1 sdk teh kecap asin
  • 1/2 sdk teh gula pasir
  • 1/2 sdk teh kaldu ayam
  • 1/4 sdk teh merica bubuk
  • 2 bawang putih, haluskan
  • 1 sdk mkn tapioka
  • Campur semua bahan
  • Aduk rata
  • Cek rasa dengan menggoreng sedikit adonan..jika suka asin boleh di tambah..tapi takaran bumbu di atas sudah pas menurutku..gurih ringan nggak mblengeri
  • Olesi adonan isi sedikit ke kulit pangsit
  • Gulung seperti lumpia kecil
  • Lem ujung2 dengan air
  • Lalu Ibu jangan lupa padatkan, ya.
  • Panaskan minyak goreng Fortune
  • Goreng Pangsit Goreng hingga matang
  • Sajikan hangat

0

Gemblong Cotot

 

Gembont Cotot

Selamat Sore Ibu CerMat, 

Salah satu bahan makanan yang murah, meriah, dan mudah ditemukan di sekitar kita salah satunya singkong, setuju?πŸ˜ƒ Jika kita mau kreatif, sebenarnya singkong bisa kita olah menjadi aneka camilan yang enak, dan lain dari biasanya, lho, Bu...

Salah satunya bisa kita buat Gorengan Nusantara khas Salatiga, yaitu Gembong Cotot. Adonan utama Gemblong Cotot itu terbuat dari singkong murni yang dikukus hingga empuk, lalu dihaluskan.

Pilih singkong yang bagus dan mempur agar hasilnya bisa medok empuk, ya. Gemblong Cotot original jadul biasanya isi gula pasir aja, walaupun sekarang udah banyak juga varian isinya.

Kalau keluarga aku tetap suka yang klasik-jadul gini, yang isinya gula pasir... Rasanya yang sederhana justru terasa enak banget.

Buat, yuk!

Gembong Cotot

Bahan dan Cara Membuat:
  • 1 kg singkong, kupas ..kukus hingga empuk
  • Haluskan selagi panas dengan cara di tumbuk perlahan sampai menjadi adonan yang lembut
  • Tambahkan 1/2 teh garam, aduk rata
  • Cek rasa
  • Pipihkan adonan di alasi plastik..
  • Cetak bentuk bulat
  • Beri isi tengahnya dgn 1/2 sdk mkn gula pasir
  • Tangkupkan
  • Cetak menggunakan cetakan Pastel
  • Panaskan minyak goreng Fortune
  • Tunggu sampe benar2 panas baru adonan masuk agar langsung berkulit
  • Jika sudah berkulit bisa kecilkan sedikit api
  • Goreng hingga luarnya kering
  • Sekali goreng jangan terlalu banyak adonan agar suhu minyak stabil jadi gak akan hancur.

Pastikan juga menggoreng dengan minyak berkualitas seperti IG @fortunecermat andalanku, nih! Gorengan pasti renyah, garing, gurih, warnanya cantik, menggugah seleraπŸ˜‹

0

Rempah Udang Gurih

 

Rempah Udang Gurih


Selamat Sore Ibu CerMat,

Gorengan Nusantara itu seolah tak akan ada habis-habisnya untuk dikupas ya, untuk di ekplorasi. Seperti kali ini aku mau share salah satu gorengan unik khas Jawa Tengah yaitu Rempah...

Ada berbagai macam Rempah, ada Rempah Udang, kalau di Semarang, ada Rempah Ayam juga khas daerah lain, dan pastinya enak semua...

Kalau favorit keluarga aku yang versi udang, rasanya enak dan gurih sekali. Bahan utama Rempah Udang itu adalah kelapa parut yang sedang, gak terlalu muda, dan gak terlalu tua. Terus ditambah udang, bumbu-bumbu, dan telur kalau dibentuk bulat pipih atau bulat kecil, kalau digoreng.

Selain dicemil itu enak... Rempah ini juga enak disantap dengan nasi putih hangat lho, coba saja teman-teman...πŸ’•πŸ’•

Jangan lupa ya, kalau mau hasil gorengan renyah, garing, gurih, dan cantik seperti punyaku ini, gorengnya pakai minyak goreng IG @fortunecermat ya, Bu-Ibu.

Langsung aja yuk, kita buat!

Rempah Udang Gurih

Bahan:
  • 1/2 butir kelapa (sedang, tidak terlalu tua tapi sudah bisa diparut panjang).
  • 50 - 100 gram udang, dikupas dan dihaluskan.
  • 1 butir telur ayam.
  • Bumbu, dihaluskan:
  • 2 siung bawang putih.
  • 1/2 sdt ketumbar.
  • 2 butir kemiri, disangrai.
  • 3 buah cabai rawit.
  • 1/4 sdt merica butiran.
  • 1/2 sdt gula pasir.
  • 1 sdt garam/bumbu kaldu instan rasa ayam.
Cara Membuat:
  • Campur kelapa yang sudah diparut, udang, telur dan bumbu halus hingga rata.
  • Bentuk adonan menjadi bulat pipih, atau bulat lonjong, sesuai selera.
  • Goreng ke dalam minyak goreng Fortune yang sudah dipanaskan dan agak banyak banyak hingga kuning kecoklatan dan kering.
  • Angkat dan tiriskan.
  • Sajikan

0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel