Google Ad

Thursday, November 12, 2020

Pempek Isi Telur Asin

Pempek Isi Telur Asin

Pagi...

Kemaren sore bikin Pempek lagi, aku iseng isi telur asin.๐Ÿคฃ Eh suamiku suka banget, enak katanya; istimewa ! ๐Ÿ˜€ Soalnya suamiku memang penggemar telur asin ๐Ÿ‘Œ

Aku pakai resep pempek-ku yang praktis tanpa biang, yang dulu udah aku share videonya ya. Coba cari You Tube dengan kata kunti Diah Didi Pempek.

Bahan :
  • 250 gram fillet ikan tenggiri atau gabus
  • 3 sdk mkn air es
  • 2 bawang putih haluskan
  • 1 1/2 sdk teh garam, sedikit penyedap kalau suka atau ganti 1/2 sdk teh gula pasir
  • 1 putih telur ukuran kecil
  • 150-160 gram tepung tapioka atau sagu
Cara Membuat:
  • Masukkan fillet ikan..bawang, garam, air es, penyedap, gula dan putih telur di Chopper
  • Proses hingga adonan halus dan kenyal
  • Masukkan tepung
  • Aduk ringan hingga rata
  • Lumuri tangan dengan tepung tapioka
  • Ambil adonan, bentuk bulat, buat lubang di tengah
  • Beri isian kuning telur asin mentah ( jika mau pakai putihnya sedikit aja, tutup rapat
  • Segera masukkan ke air mendidih setelah di bentuk agar tidak bocor ya.
  • Rebus hingga terapung
  • Sajikan dgn kuah cuko dan pelengkap
RESEP CUKO

Bahan :
  • 250 gram gula merah
  • 500 - 600 ml air
  • 5 bawang putih, haluskan
  • 30 cabe rawit hijau..( jika untuk anak2 cabe bs di ulek terpisah )
  • 3 sdk mkn air asam kental
  • 2 sdk mkn ebi halus
  • 2 sdk teh garam
Cara Membuat :
  • Rebus air dan gula
  • Saring
  • Masukkan bawang putih ..cabe, ebi, garam..air asam
  • Masak hingga meresap
  • Ebi bisa di tambahkan terpisah..tapi kalau aku suka tak cemplungin di kuah
Pelengkap :
  • Ketimun iris
  • Mie kuning jika suka
Selamat mencoba!

2

Mie Ayam Bangka

Mie Ayam Bangka


Siang teman-teman,

Teman-teman suka menu mie ala Nusantara? Nah kali ini aku mau share salah satu resep olahan mie yaitu Mie Ayam Bangka.

Mie Ayam Bangka ini enak lho, topingnya komplit, bergizi karena dilengkapi dengan sayuran seperti sawi dan uniknya memakai Taoge.

Disajikan dengan kuah kaldu bening yang gurih, pas banget rasanya.

Nah untuk membuat Mie Ayam Bangka ini aku pakai Mi Burung Dara dari (IG) @miburungdara, yang kenyalnya pas tidak mudah lembek serta bentuknya keriting cantik...๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Pangsit Goreng

Bahan :
  • 150 gram daging ayam bagian dada, cincang halus
  • 100 gram udang kupas, cincang halus
  • Telur ayam 1 butir
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • Kulit pangsit 15 - 20 lembar
  • 1 putih telur untuk olesan
  • Bawang putih 2 siung, haluskan
  • Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh / garam sesuai selera
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Tepung tapioka 2 sendok makan
Cara Membuat :
  • Campur semua bahan dan uleni rata hingga adonan halus
  • Ambil1 buah kulit pangsit, isi dengan 1 sendok teh adonan pangsit, lipat bentuk segitiga, lem sisinya dengan putih telur, lalu satukan kedua ujungnya, goreng
  • Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang.
  • Minyak bawang / minyak ayam
  • kulit ayam 100 gram
  • 5 bawang merah
  • 5 bawang putih, cincang
  • Masukkan semua bahan ke pan anti lengket
  • Panaskan api kecil hingga bawang agak kering dan keluar minyaknya
Selamat mencoba!

1

Ayam Pop

Ayam Pop

 
Pagi teman-teman,


Menu kemaren sore ya, Ayam Pop, dengan resep sambel baru yang beda style sama resep ayam pop di webku ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Kalau resep Ayam Pop-nya sama, seperti yang aku posting dulu ekarena udah suka versi yang bumbunya simple tapi hasilnya sedep dan bisa putih seperti ini seperti di Warung Padang, tapi kalau mau putih bersih harusnya tanpa kulit, tapi sayang je  He-He, Yodha suka kulitnya ๐Ÿ˜€

Bahan :
  • 1 ekor ayam kampung / pejantan..bagi 4
  • 700 ml air kelapa
  • 1 sdk mkn gula pasir
  • 1 sdk teh garam
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • 1 sdk teh cuka
  • 1/2 sdk teh merica bubuk
  • Masukkan semua bahan ke panci
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa..jika sudah pas dan ayam empuk..angkat.. tiriskan

Bisa langsung disajikan atau digoreng sebentar asal celup ke minyak panas jangan sampai kering ya, jadi tekturenya masih basah moist daging ayamnya.

Resep Sambal Ayam Pop

Bahan :
  • 50 gram cabe, keriting campur rawit, buang biji
  • 4 bawang merah
  • 2 bawang putih

Blender halus, lalu tumis hingga harum
Masukkan 100 ml air

  • 1 tomat cincang buang biji
  • 2 daun jeruk
  • 1 sdk teh gula pasir
  • 1/2 sdk teh garam
  • 1/4 sdk teh kaldu jamur / penyedap lain
  • 1 jeruk limau kecil, peras

Masak api kecil hingga tomat hancur
Cek rasa
Jika suka boleh tambah pete


Selamat mencoba!
0

Tuesday, November 3, 2020

Tahu Kupat ala Magelang

Tahu Kupat ala Magelang


Malam,


Menu sore ini, ngabisin stock belanja kemaren pas ke pasar Ungaran. Sudah pasti beli ketupat, soalnya hanya di sana yang tiap hari ada yang jual ketupat matang... ๐Ÿ˜€

Terus sudah pasti di bikin Kupat Tahu request suami. Eh pas juga nemu Tahu Magelang yang lembut di pasar.. jadilah Kupat Tahunya enakkk.. seperti aslinya ..karena tahu Magelang itu khas banget....๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Kupat tahu Magelang ini kuahnya tidak begitu berkecap seperti Tahu Goling Yogya..karena memakai kacang juga..jadi kuahnya pucat agak pekat sedep..lebih kental dari kuah Tahu Goling .

Bahan Kuah dan Cara Membuat:
  • Air 1000 ml, 
  • Gula merah 100 gram, garam 1 sendok teh (sesuai selera), 
  • Daun salam 2 lembar dan lengkuas 2 cm. 
  • Semua bahan di rebus hingga mendidih dan meresap api kecil. 
  • Koreksi rasa..pas gurih manisnya atau belum. 
  • Tapi jangan terlalu manis dan asin ya ... karena masih ditambah kecap

Pelengkap :
  • Ketupat
  • Tahu putih goreng jangan terlalu kering
  • Taoge seduh
  • Kol iris mentah / atau di goreng juga bisa
  • Bawang goreng, seledri
  • Kerupuk
  • Bakwan

Bumbu per porsi :
  • 1/2 bawang putih
  • Cabe rawit 2-3 sesuai selera
  • 1 1/2 sdk mkn kacang goreng
  • 200 ml kuah manis seperti resep di atas
  • 1 sdk mkn kecap manis
Cara Membuat:
  • Haluskan cabe dan bawang, serta kacang, masukkan kuah
  • Tambahkan kecap
  • Cek rasa hingga pas gurih manis sesuai selera
  • Tata pelengkap di piring
  • Tuangi kuah
  • Sajikan segera
Selamat mencoba!

1

Monday, November 2, 2020

Bakso Iga

Bakso Iga

 
Siang teman-teman, 

Ini mau kasih iming-iming menu yang cocok untuk musim penghujan. Menu seger cocok di musim mendung-mendung terus gini nich teman-teman. ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜€

Aku share resep kuah baksonya ya teman-teman ... enak banget pakai balungan iga, tapi jangan yang berlemak banget ya.. pilih yang banyak balungan aja. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜€

Bahan :
  • 500 gram Balungan Iga
  • 1500 ml air
  • 3 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk teh gula
  • 1/2 sdk teh merica
  • 3 batang seledri, ikat
  • 5 bawang putih , goreng dan memarkan

Cara Membuat :
  • Rebus Balungan Iga api kecil
  • Setelah keluar kaldu bening, buang busa2 yang mengapung agar kaldu bening
  • Masukkan bawang putih goreng, dan bumbu2 lain
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa
  • Sajikan dgn pelengkap bakso...
  • Mie..sayur sawi dll sesuai selera

Note :
  • Bakso aku pakai bakso halus dan urat.
  • Pangsit goreng sisa pas bikin Mie Ayam Bangka kemaren tinggal di panasin pakai airfryer..jadi eksotis garing ngono ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜€
Selamat mencoba !

0

Monday, October 19, 2020

Chicken Popcorn

 

Chicken Popcorn

Selamat siang teman-teman,

Beberapa waktu lalu temanku cerita punya anak gadis yang masih kuliah, nah di saat pandemi ini karena banyak waktu ingin bantu-bantu cari tambahan penghasilan untuk orang tua, terus minta bantuanku untuk dibuatin menu yang kekinian yang tentunya disukai anak muda karena rencana mau dijual kepada teman-temannya dulu.

Aku kasih ide menu ini nich, chicken popcorn ala Korea  yang bumbunya pedes manis gurih khas pakai saus pedas ala Korea, tapi sudah disesuaikan dengan selera Indonesia tentunya.

Setelah dicoba dijual oleh anak temanku, ternyata teman-temannya pada suka. Syukurlah, aku jadi ikut seneng dech...๐Ÿ’•

Memang di saat kondisi seperti sekarang ini kita harus tetap semangat berusaha ya teman-teman, untuk menambah penghasilan bisa kok memulai usaha kecil-kecilan, misal menerima pesanan makanan, bisa dijual secara online atau dijual di lingkungan sekitar rumah dulu, dan atau jika punya sedikit modal bisa membuka gerai kecil di depan rumah, di pinggir jalan, dsb.

Nah, salah satu menu yang bisa dijual untuk segmen pasar anak muda, ya contohnya seperti ini ya teman-teman, kan pasarnya sekarang sudah bukan seusia kita melainkan generasi milenial atau bahkan generasi Z. Bisa ditaruh di wadah cup kertas (mangkuk kertas) yang lucu-lucu, dah pasti menarik.

Nah teman-teman, sekarang ini lagi ada kompetisi foto dan story telling dengan tema kreatifitas di masa pandemi lho di #KreativitaskuSaatpandemi (Instagram).

Teman-teman yang mau ikutan lomba #KreativitaskuSaatPandemi, bisa upload konten yang berisikan foto atau cerita kreatifitas atau inovasi usaha kecil di masa pandemi ini yang tujuannya untuk meningkatkan penghasilan keluarga.

Yuk berbagi cerita versi kamu:
1. Upload foto atau cerita di Instagram masing-masing ya ...
2. Jangan lupa gunakan hashtag #KreativitaskuSaatPandemi
3. Ajak 3 orang teman untuk ikutan
4. Instagram jangan dikunci ya

Dapatkan hadiah kamera, handphone, dan tablet untuk cerita paling seru. Periode lomba 16 Oktober - 4 November 2020.

Untuk resep Chikcen Popcorn aku tulis di bawah ya teman-teman ... 







Resep Chicken Popcorn Ala Korea

Bahan :
  • 500 gram ayam..bisa pakai dada taua daging bagian paha.. potong kecil-kecil
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • 1/2 sdk teh garam
  • 1 sdk teh saus tiram
  • 1/4 sdk teh gula pasir
  • 1/2 sdk teh merica
  • 50 gram tepung maizena
Cara Membuat:
  • Aduk ayam dan bumbu2, serta maizena, sisihkan hingga meresap 15 menit
  • Tambahkan tepung maizena secukupnya hingga semua terlapisi
  • Goreng hingga luarnya krispi.
  • Jika mau otentik lagi sebenernya bisa pakai tepung pati kentang. tapi kalau susah carinya..pakai maizena ya bisa.
Bahan dan Cara Membuat Saus :
  • 3 bawang putih, cincang
  • 1/2 bawang bombai, cincang
  • Tumis hingga harum
  • Matikan dulu api
  • Masukkan 3 sdk makan saus tomat
  • 1 sdk mkn saus tiram
  • 2 sdk mkn madu
  • 1 sdk mkn saus gochujang ala Korea..kalau tidak ada ganti saus sambal biasa
  • Aduk rata semua bahan saus, tambahkan air 50 ml aja agar tidak mudah gosong, masak dengan api kecil, cek rasa.
  • Jika sudah pas rasa, matikan api.
  • Masukkan ayam..
  • sajikan dgn taburan wijen sangrai
  • Jika ingin pedas berlevel-level, bisa di tambahkan bubuk sesuai selera ya.
Selamat mencoba!

2

Sunday, October 18, 2020

Bakwan Jagung Toping Udang

 

Bakwan Jagung Toping Udang

Selamat sore teman-teman,

Mendung lagi sore ini, sepertinya semua butuh cemilan untuk teman santai di sore hari. Jadi cemilan yang pas adalah gorengan yang masing anget ya teman-teman ... Betul kan? ๐Ÿคฃ Gak usah mikir diet dulu deh kalo mendung HiHi.

Sepiring Bakwan Jagung Udang cukup ya.

Ini Bakwan Jagungnya aku cetak pakai cetakan pia-pia ๐Ÿ˜…

Resep Bakwan Jagung Toping Udang.

Bahan :
  • 300 gram terigu
  • 1 telur
  • 350 ml air
  • 3 jagung..pupil
  • 1 wortel..iris kecil
  • 2 daun bawang, iris
  • 2 bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdk teh merica
  • 1/4 sdk teh gula pasir
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • 1/2 sdk teh garam / secukupnya
  • 100 gram udang kecil
Cara Membuat:
  • Campur semua bahan kecuali udang.
  • Goreng dgn sendok sayur, beri topping udang di atasnya.
Selamat mencoba!
0

Mangut Cabe Hijau

 

Mangut Cabe Hijau

Malam...

MANGUT lagiiiii teman-teman ๐Ÿคฃ

Beberapa hari ini belum semangat ke pasar, jadi ngandelin Budhe Sayur, apa yang tersisa yang dibawa ke rumah ya itu yang aku masak. Soalnya ke rumahku itu rute terakhir budhe sayur sebelum pulang.. ๐Ÿ˜…

Kali ini aku buat Mangut versi Semarang ..Mangut Ikan Asap ... tapi pakai bumbu iris cabe hijau, dimasak api kecil lama hingga meresap bumbunya, sampe cabe hijaunya layu gak hijau lagi ๐Ÿ˜…... Tapi bumbu malah jadi bener-bener meresap ๐Ÿ’•

Terus masaknya kesorean lagi gak sempat plating lagi ... langsung dari wajan aja ya ๐Ÿคฃ

Resep Mangut Iwak Pe & Tahu Cabai Hijau

Bahan :
  • 5 potong daging iwak pe
  • 200 gram tahu kulit, potong kecil
  • 100 gram cabai hijau, iris tipis serong
  • 10 butir bawang merah, iris tipis
  • 5 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 cm kencur, haluskan
  • 1 cm kunyit, haluskan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Garam secukupnya
  • Gula merah 1 sendok makan ( sesuai selera )
  • 1000 ml santan
Cara Membuat :
  • Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, masukkan kencur dan kunyit halus serta cabai iris, tumis sampai harum. Masukkan santan , dan semua bumbu2 lain, didihkan. Setelah mendidih masukan iwak pe dan tahu Cicipi rasanya. Masak sampai kuah menyusut dan bumbu meresap.
  • Cek rasa
  • Sajikan.
Selamat mencoba!
0

Thursday, October 15, 2020

Oseng Bandeng Kecap

Oseng Bandeng Kecap

 Malam teman-teman,

Sedang "mblenger" daging..buat makan malam tengok kulkas kok masih ada 1 bandeng presto ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ dari UMKM binaan suami di Magelang, Bandeng Presto Magelangan.

Aku oseng kecap dengan kuah dikit aja, sedep wis, plus nasi anget lembek..plus kerupuk plus ditambah suasana yang hujan deres di Semarang sini ๐Ÿ˜˜๐Ÿคฃ ...


Oseng Bandeng Kecap

Bahan :

  • 1 bandeng presto uk agak besar, potong2 .. goreng
  • 5 cabe merah besar
  • 5 cabe hijau besar
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih, iris
  • 2 cm lengkuas
  • 2 daun salam
  • 4 tomat ijo, iris
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • Garam jika perlu ( bandengku udah agak asin jadi aku gak pakai garam lagi )
  • 2 sdk mkn kecap manis
Cara Memasak :
  • Tumis bumbu
  • Masukkan 150 ml air
  • Masukkan kaldu dan kecap serta bumbu2 lainnya
  • Masukkan bandeng
  • Aduk rata dan masak hingga meresap
  • Cek rasa
Selamat mencoba!

0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel