Google Ad

Sunday, July 19, 2020

Asinan Mangga dan Asinan Jambu Air

Asinan Mangga



Malam...

Rejeki itu kemaren sore dapat kiriman jambu air ranum dari saudara, terus dapat kiriman mangga matang pohon masih ranum masih kemampo dari tetangga depan rumah..๐Ÿ’•๐Ÿ˜ƒ

Jadilah Asinan penghuni kulkas ... kalau pengen yang seger-seger tinggal nyendok dech...๐Ÿ˜‹๐Ÿ’•

Teman-teman ikut team mana nich? Asinan Mangga atau Jambu? Kalau aku keduanya ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Aku kalau bikin Asinan gak pakai cuka ... tapi pakai asam Jawa dan air jeruk nipis ... kalau pakai cuka nggak kuat asemnya ๐Ÿคฃ

Jadi aku share kuah asinan yang asemnya soft ala aku ya :

Asinan Jambu Air

Asinan Mangga dan Jambu Air

Bahan : 
  • 2000 ml air
  • 200 - 250 gram gula pasir
  • 2 sdk teh garam
  • 1 sdk mkn ebi, seduh, sangrai
  • 10 cabai merah keriting , buang biji ( atau sesuai selera ya )
  • 5 sdk mkn air asam
  • 1 jeruk nipis, peras
Cara Membuat :
  • Haluskan cabe dan ebi
  • Masukkan ke panci ..dan semua bahan lain
  • Didihkan
  • Cek rasa hingga pas sesuai selera
  • Dinginkan dulu bentar, lalu masukin buah-buahan sesuai selera, mangga atau jambu, dll.
  • Simpan di kulkas dulu semalaman agar meresap
Note :
  • Jika mau asam lebih tajam, pakai cuka.
  • Ada yang pakai terasi ya untuk asinan, tapi aku lebih suka pakai ebi, sesuai selera saja ๐Ÿ’•๐Ÿ’•
Selamat mencoba!


1

Friday, July 17, 2020

Ayam Saus Madu

Ayam Saus Madu


Sore, 

Menu sore ini adalah yang "menggiurkan" ini, Gak sempat plating nich .... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Yodha request Ayam Madu ... seperti kalau beli di resto Bay **** ... Woke, ya udah jam 17.15 masak ... eh pas mateng udah hampir Magrib, jadinya udah males plating, dipotret di atas wajan saja. ๐Ÿคญ Keburu ada yang udah teriak-teriak minta makan.

Tapi percayalah, ini enak pakai banget teman-teman! Kata Yodha udah pas, mirip banget sama di resto "itu".

Kuncinya itu pakai madu asli ya, aku pakai madu randu, madunya enak gak amis ... jadi pas buat masakan. Boleh pakai madu lain, yang penting madu murni, jangan yang udah ditambah-tambahin vitamin dll, macam-macam kayak yang di supermarket itu ya teman-teman ... aromanya nanti kurang sedap kalau buat masak.

Resep AYAM SAUS MADU

Bahan :
  • 350 fillet ayam..aku pakai paha, potong kecil2 tipis rendam dalam bumbu :
  • 1 sdk teh saus tiram
  • 1/2 sdk teh merica
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • 50 ml air
  • 100 gram terigu
  • 100 gram potato starch (jika gak ada ganti maizena)
  • 1/2 sdk teh kaldu bubuk ayam
Cara Membuat :
  • Aduk rata , ayak ..tidak perlu bumbu merica dll krn ayam sudah di marinasi dan nanti akan di balut saus berbumbu
  • Panaskan minyak,
  • Gulingkan ayam ke lapisan tepung..cubit2 hingga merata
  • Goreng hingga agak kering
  • (Jadi tepung potato starch fungsinya agar lapisan ayam renyah..tapi tidak lembek ketika di balut saus)
Bahan saus :
  • 1 bawang bombai, iris, 10 cb rawit
  • 1/2 paprika.. potong kotak
  • 2 bawang putih geprek
  • 2 sdk mkn saus tiram
  • 2 sdk mkn saus tomat
  • 1 sdk teh merica hitam ..tumbuk kasar
  • 2 - 3 sdk mkn madu ( sesuai selera manisnya )
Cara Membuat :
  • Tumis duo bawang
  • Masukkan paprika dan cabe
  • Masukkan semua saus
  • Tambahkan 100 ml air
  • Cek rasa,jika perlu tambah garam..aku gak pakai karena saus tiram sudah asin
  • Jika sudah pas rasanya..ada manis gurih sedep.. tambahkan larutan maizena ( 1 sdk mkn maizena dan sedikit air )
  • Jika sudah mengental..masukkan ayam
  • Aduk cepat
  • Segera sajikan agar rasa ayam tetap renyah kres.

Note :
  • Jadi rasa ayam dan lapisan tepungnya rasanya di buat soft aja ya teman-teman ... karena akan di balut saus berbumbu.
  • Kalau di resto cabe rawit di iris2..dan pakai rawit ijo ya..sensasi rasanya itu enak banget pas makan ayam..terus ketemu cabe rawit ijonya ..jadi sedep gurih manis pedes gitu.
  • Tapi tadi aku utuhin biar Yodha nggak keceplus cabenya ๐Ÿคญ.. karena rawit ijo kalau lagi murah kok pedes tenan ya teman-teman ๐Ÿคฃ
Selamat mencoba !




37

Thursday, July 16, 2020

Pecel Lele - Lele Goreng Marinasi

Pecel Lele - Lele Goreng Marinasi

Siang, masak apa hari ini teman-teman?

Siapa tahu mau bikin Pecel Lele (Lele Goreng Sambel Penyet) seperti yang aku buat kemaren, aku kasih tips ya agar lele goreng-nya bisa cantik, garing dan gurih.

Aku pakai bumbu marinasi dari IG @desakumarinasi; bikin lele goreng gurih jadi cepat, mudah dan praktis karena tidak perlu meracik bumbu lagi.

Sekarang sudah ada produk baru dariIG @desakumarinasi, satu kemasan sudah praktis tidak perlu campur-campur bumbu lagi, tinggal tambah air.

Bumbu marinasi ini cocok untuk goreng tempe, tahu, ayam, ikan dan lain-lain. Hasil gorengan jadi lebih cantik bersih dan rasa gorengan-nya lebih pas dan lebih gurih mantap...๐Ÿ’•

Yuk cobain teman-teman

Bahan:
  • Cabai rawit merah 7 - 10 buah, 
  • 5 cabai merah goreng sebentar agar layu atau mentah juga bisa, kalau suka lebih seger...tapi karena untuk Yodha juga tak goreng bentar agar gak nyengat banget pedesnya..cabe rawitnya juga tak buang bijinya.. jadi sambelnya merah tapi gak terlalu pedes ini sebenarnya ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ
  • Bawang putih 2 siung, goreng
  • Terasi 2 sendok teh, goreng
  • Tomat merah ukuran sedang 2 buah ( 75 - 100 gram ), goreng
  • 1/4 sdk teh garam dan 1/2 sdk teh gula merah. (Tergantung terasinya, aku pakai terasi yang udah pas gurih manisnya, jadi garam dan gula aku pakai sedikit aja)
Cara Membuat: 
  • Uleg semua bahan sambel..siram minyak panas bekas menggoreng terasi
  • Kucuri jeruk limau, yang kecil2 itu... sajikan segera.






0

Pia-Pia Udang Jamur

Pia-Pia Udang Jamur

Pagi, 

Menu snack kemaren sore favorit suami ... Pia-Pia Udang, kali ini adonan aku tambahkan Jamur biar lebih gurih dan lebih banyak sayuran. Lupa nulis bumbu lain di video ya ๐Ÿ™ selain garam dll, pakai 1 sdk teh bawang putih bubuk juga ya teman2 ... atau diganti bawang putih ulek ya boleh. Jamurnya jamur tiram ya teman2..pilih yang jamur segar, jadi gak lembek.

Oh ya, karena pakai sambel pecel untuk cocolan, aku buat pia-pia nya ini gak terlalu asin tapi jika tante-tente suka rasa gurih yang kuat, takaran garam sesuaikan selera ya. Sebelum cetak, cicipi dulu adonan.. caranya: goreng sedikit adonan, cicipi rasanya udah pas belum gurihnya baru di cetak.

Rasa pia-pia2 ini enak sekali teman-teman...๐Ÿ’•๐Ÿ’• lembut banget.

Beda pia-pia dengan bakwan biasa adonan lebih encer, jadi adonan bisa lembut dan harus pakai telur. Kalau nggak pakai telur, kalau dicetak gini bagian dalam texture kurang lembut dan kadang bisa bantat.

Makan pia-pia nya tambah enak lagi dicelup Sambal Pecel Kemangi dari IG @sambelpecelkemangi

Selain untuk bumbu pecel Sayuran .. Sambel Pecel Kemangi enak juga lho untuk celupan aneka gorengan teman-teman..๐Ÿ’•


Selamat mencoba !

0

Monday, July 13, 2020

Sarden Goreng Tepung Saus Asam Manis

Sarden Goreng Tepung Saus Asam Manis

Siang,

Menu siang ini, karena masih mager belum belanja bahan lagi dan adanya cuma sarden  Bantan, maka baiklah mari berkreasi lagi dengan sarden dari (IG) @bantan.id teman-teman..๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Kali ini aku buat Sarden Goreng Tepung Saus Asam Manis, beneran bisa jadi cara enak menikmati sarden teman-teman.

Apalagi sarden Bantan ini sausnya paling aku suka, tidak terlalu asam..jadi masih bisa dikreasikan jadi aneka menu baru seperti ini:๐Ÿ˜‹

Sarden Goreng Tepung Saus Asam Manis

Bahan :
  • 4 kaleng Bantan, ambil ikannya saja.
Bahan pencelup :
  • 150 gram tepung terigu
  • 20 gram tepung tapioka
  • 220 ml air
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • Sedikit garam jika perlu
  • 1/4 sdk teh merica
  • 1 sdk teh bawang putih bubuk,
Cara Membuat :
  • Aduk rata semua bahan
  • Celup ikan ke adonan pencelup, goreng hingga matang
Untuk Sausnya:
  • 1 bawang bombai, iris
  • 2 bawang putih, cincang
  • 2 cabai merah besar, potong serong
  • Tumis hingga harum
  • Masukkan saus Sarden
  • Tambahkan :
  • 1 sdk teh gula pasir
  • 2 sdk mkn saus tomat
  • 1 sdk mkn saus tiram
  • 1/2 sdk teh merica
Cara Membaut :
  • Masak hingga meresap..cek rasa
  • Sajikan dgn sayuran sawi sendok rebus..atau bisa di tambah wortel..ketimun..tomat..atau nanas di campur sausnya juga bisa.. sesuai selera ya teman2...๐Ÿ’•
Selamat mencoba !


Sarden Bantan praktis dan higienis (tanpa pengawet dan MSG). - Bisa langsung di makan maupun diolah. - Produk Bantan Halal - Produk Bantan bisa didapatkan di online melalui blibli.com - Bantan menerima pembelian banyak untuk grosir.#KreasiBantan #BantanSarden #bantanuntukdirumahaja
0

Kerang Hijau Saus Teriyaki


Kerang Hijau Saus Teriyaki

Sore,

Tadi siang Yodha bikin sendiri Kerang Hijau Saus Teriyaki, karena mau bikin Kerang Hijau Saus Mentega tapi saus Inggris-nya habis jadi diganti saus teriyaki, tetap enak karena yang penting kerangnya masih segar teman-teman. ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Sengaja aku tidak masak menu lain untuk Papi-nya, seru aja lihat mereka berdua rebutan makan kerang ๐Ÿ˜‚๐Ÿ‘Œ .. jadi kayak punya dua anak kecil.. ๐Ÿคญ

Emaknya sich gak suka kerang, jadi nonton aja ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Bahan :
  • 1 kg Kerang Hijau: cuci bersih, rebus dgn 3 cm, jahe geprek, hingga cangkang terbuka, tiriskan, buang satu cangkang cangkangnya. 
  • 1 bawang bombai, iris. 
  • 2 bawang putih, cincang.
  • 100 gram air.
  • 2 sdk mkn saus teriyaki.
  • 1 sdk mkn saus tiram.
  • 2 sdk mkn kecap manis.
  • 1/2 sdk teh merica
Cara Membuat:
  • Tumis duo bawang hingga harum
  • 2 sdk mkn margarin
  • Masukkan kerang
  • Tambahkan semua saus
  • Masak hingga meresap
  • Cek rasa
Segera sajikan hangat, Selamat mencoba!

0

Saturday, July 11, 2020

Es Kunyit Asam



Es Kunyit Asam

Hello selamat siang teman-teman,

Sedang ingin buat stock minuman di kulkas nich .... 


Es Kunyit Asam

Cuaca panas gini ... isi kulkas kebanyakan buah dan minuman ya teman-teman ๐Ÿคฃ

Kalau Yodha suka nyetok jus ... bikin jus buah segar taruh di dalam botol-botol kecil ... kalau aku suka nyetok kunyit asam aja ๐Ÿ˜… .. Mumpung lagi musim asam segar ya teman-taman di pasar ... murah pula.

Beda lho rasanya..di banding pakai asam lumat yang udah hitam-hitam itu ... Kalau pakai asam segar rasanya lebih fresh dan seger asamnya ... juga lebih bersih untuk minuman gini.

Yuk buat ... aku pakai takaran baru ala aku.. menyesuaikan jumlah asam yang aku beli ya..1/4 kg...rasanya seger banget gak bosen tiap hari nyruput kunir asem gini...bonusnya sehat ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Bahan :
  • 250 gram asam segar matang, buang serat, cuci ..rendam 500 ml air panas agar mudah di lumatkan
  • 2 sachet kunyit bubuk
  • 100 gram gula merah
  • 120 gram gula pasir
  • 1500 ml air
  • 1/4 sdk teh garam
Cara Membuat:
  • Lumatkan asam..saring
  • Masukkan ke panci
  • Tambahkan bahan lain
  • Masak hingga mendidih
  • Cek rasa..ini rasanya manisnya sedang jika suka lebih manis tambah gula sesuai selera
  • Pakai campuran gula pasir dan gula merah agar warnanya cantik.
Selamat mencoba !
1

Thursday, July 9, 2020

Iso Goreng Lengkuas

Iso Goreng Lengkuas

Sore,

Menu makan malam sudah siap...๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Suami request Iso Goreng tapi minta nggak manis..bosen di bacem kayaknya..baiklah aku buatin Iso Goreng versi Gurih..Iso Goreng Lengkuas... enak sekali teman2..Yodha pun suka.

Untuk Sayurnya seperti biasa..nggak jauh2 dari Mangut yang pedes seger.

Mangut...lagi-lagi Mangut..nggak pernah bosen di rumah menu ini...paling isinya aja yang di bolak balik ganti-ganti. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Mangut Tempe Bunga Bawang

Kali ini Mangut Iwak Pe, Tempe bungkus daun yang udah semangit plus biar lengkap ada Sayurannya tak tambahin Bunga Bawang..bayangkan perpaduan rasa eksotisnya..sedep pokokmen...๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Bunga Bawang ini enak di masak aneka macam..lagi musim sekarang jadi lumayan murah..dilodeh, bothok enak..dicampur oblok-oblok enak...ditumis pedes sama udang, tahu, atau tempe ya enak...opo ya sing gak enak untuk ku....๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Mau resepe yang mana? ..ninggal komen dulu di sini ya..aku tak nemenin maem malem Yodha dulu ya teman2 ๐Ÿ’•๐Ÿ™

Iso Goreng Lengkuas

Bahan :
  • 500 gram Iso Sapi
  • Cuci bersih, presto dgn 3 cm jahe..15 menit saja dari panci berdesis, dinginkan..angkat iso..buang air rebusan, ganti air rebusan hingga iso terendam
Bumbu :
  • 6 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 4 kemiri
  • 1 sdk teh ketumbar
  • 2 cm jahe
  • 3 cm kunyit
Haluskan bumbu di atas
  • 50 gram lengkuas, parut atau memarkan
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • 1 sdk teh garam ( seusai selera asin gurih nya ya )
  • 2 sdk teh gula merah
  • 1 sdk teh gula pasir
  • 2 daun salam
  • 1 sdk teh air asam
Cara Membuat :
  • Masukkan semua bahan di atas di panci biasa..masak hingga meresap bumbu
  • Angkat iso..saring bumbu lengkuas, peras
  • Goreng iso dan bumbu lengkuas terpisah
  • Sajikan iso goreng dengan taburan bumbu lengkuas goreng.
Selamat mencoba!


0

Selat Solo Seger

Selat Solo Seger

Siang,

Menu maksi Yodha hari ini..Selat Solo yang seger..๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Asal kita nggak mager..masak menu ala resto gini seru lho teman-teman walaupun dengan bahan terbatas, di-freezer cuma ada 300 gram daging Lulur...di Budhe Sayur bawa Sayurannya komplit..jadi dech
..๐Ÿ‘Œ

Ini porsi Yodha ya..๐Ÿคฃ.. langsung ludes tadi segini...

Selat Solo Komplet

(buat 3 porsi)

Bahan :
  • 300 gram daging bagian has dalam / Has Luar ( Lulur )
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk, 1 sendok teh kaldu sapi
  • 1 sendok makan margarin
  • 4 sendok makan kecap manis ( aku pakai kecap lokal ya...jadi warnanya gelap cantik tapi nggak terlalu manis ). Jika suka lebih manis boleh di tambah sesuai selera ya kecapnya.
  • 3 butir telur ayam rebus, boleh di pindang dulu atau langsung masak bareng daging, aku tadi masih punya stok telur pindang..jadi pakai itu
  • 1 liter air
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/4 buah biji pala, biarkan utuh
  • 150 gram tomat merah matang, potong-potong kecil
Bumbu Halus :
  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
Pelengkap :
  • Daun selada
  • Wortel dan buncis rebus
  • Acar ketimun dan bawang merah
  • Kentang goreng
  • Keripik kentang, Tomat
  • Mayones jika suka
  • Secukupnya ya pelengkapnya
Cara membuat :
  • Iris daging melawan serat setebal 1 cm melebar
  • Lumuri dengan garam dan merica, diamkan 15 - 20 menit hingga meresap
  • Panaskan margarin, tumis bumbu halus hingga harum dan matang
  • Masukkan daging dan kecap, masak hingga daging berubah warna
  • Masukkan telur rebus, tomat dan air 
  • Tambahkan pala dan bumbu lain
  • Tutup panci dan masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah menyusut
  • Angkat daging, pisahkan dengan kuahnya. Saring kuahnya jika mau lebih bening.
  • Tata daging, bahan pelengkap di piring, tuangi kuah semur daging
Pelengkap :
  • Selada
  • Kentang goreng
  • Wortel rebus
  • Buncis rebus
  • Acar / ketimun iris
  • Keripik kentang
  • Mayo Jawa
Selamat mencoba !


0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel