Google Ad

Monday, June 29, 2020

Jangan Bobor Pepaya dan Pucuk Labu

Jangan Bobor Pepaya dan Pucuk Labu

Siang, 

Jika Yodha dan Papinya pada sarapan Sei Sapi tadi ... aku sarapan beginian saja, sedang pengin yang seger-seger gitu. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Jangan Bobor Pepaya dan Pucuk Labu plus Sambel Jenggot bener-bener seger tenan teman-teman ๐Ÿ’•๐Ÿ’• Jangan Bobor Pepaya biasanya pakai bayam tapi kali ini pakai pucuk daun labu jadi lebih sedep lho teman-teman. Aku suka texture daun labu ini yang unik, gak mudah lembek dan rasanya khas, pokoknya sedep banget.๐Ÿ’• Kalau di yogya, Jangan Bobor dipadu Sambal Jenggot, yaitu sambal dari kelapa muda, dikukus dan dicampur tempe semangit (lebih enak lagi jika tempe semangit yang udah ber “aroma” ๐Ÿคฃ) bumbunya; cabe rawit merah, cabe merah, cabe bawang putih juga di kukus, kasih garam dan sedikit penyedap rasa misal sedikit kaldu jamur, kalau suka lebih sedep, jadi sambel sehat nich teman-teman...๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Cara makan Bobor sama Sambel Jenggot gini, karena kuah bobor seger, jangan dicampur ya, habis nyendok sayur dan nasi, baru nyuap sedikit sambal juga ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Jadi unik rasanya, jangan diaduk sama kuah bobor ya ... nanti jadi sayur oblok-oblok lho ... ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ˜‚ 

Bobor Pucuk Labu

Bahan :
  • 1 ikat pucuk labu.. ambil bagian yang muda saja ya.. sama pucuk-pucuk batangnya.
  • 1 pepaya muda ukuran kecil, potong tipis-tipis.
  • 1000 ml santan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 1sdk mkn gula pasir ( gak pk gula merah ..agar kuah tetap putih )
  • 1sdk teh kaldu jamur dan garam secukupnya ( kaldu jamur itu penyedap alami dari jamur.. cocok utk menu sayuran gini.. kalau gak ada skip aja)
  • Secukupnya garam
Bumbu Halus :
  • 6 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 4 kemiri sangrai
  • 1 sdk teh ketumbar
  • 1 cm kencur
Cara Membuat :
  • Didihkan santan
  • Masukkan bumbu halus dan bumbu lain
  • Masukkan pepaya muda dan pucuk labu
  • Masak hingga matang
  • Cek rasa
Selamat mencoba !
0

Cumi Item

Cumi Item

Sore,

Menu hari ini di rumah hanya ada ini teman-teman, belum ada menu baru ..๐Ÿคฃ๐Ÿ™ Tetep di-share aja ya? Walau udah sering aku post menu-menu ini .. siapa tahu ada yang masih bingung mau masak apa besok ya ๐Ÿ’•๐Ÿ’• Masih mau resepnya gak nich ?

Cumi Masak Tinta

Bahan :
  • 500 gram cumi ukuran sedang
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
  • 1 sendok teh kaldu sapi / dan garam secukupnya
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 100 ml air ( sesuai selera mau agak nyemek atau kering )
Bumbu Halus :
  • 6 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit
  • 4 butir kemiri
  • 5 buah cabai merah, buang biji agar tidak pedas
  • 1/4 sendok teh merica butiran
  • 1 cm jahe
Cara Membuat :
  • Bersihkan cumi hingga benar-benar bersih di air mengalir, hati-hati waktu mencuci bagian kepala agar tinta tidak pecah waktu di cuci. Remas-remas dengan 1/4 sendok teh garam dan biarkan tintanya pecah sehingga keluar semua tintanya. Sisihkan
  • Tumis bumbu hingga benar-benar matang
  • Masukkan cumi dan semua tintanya, tambahkan air dan semua bumbu, tutup panci
  • Masak dengan api besar sekitar 5 menit saja, jangan terlalu lama ya agar cumi tidak alot
  • Koreksi rasa, segera sajikan hangat dengan Nasi putih yang masih ngepul...nyam..nyam...! Jangan Lombok ijo Tahu
Bahan :
  • 5 buah tahu putih, kukus, potong kecil2
  • 50 gram tempe semangit, potong bbrp bagian untuk menyedepkan kuah aja
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • Garam secukupnya
  • 2 sendok teh kaldu sapi bubuk
  • 1 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
  • 1000 ml santan sedang
Bumbu :
  • 200 gram cabai hijau keriting, potong serong tipis2
  • 8 buah bawang merah, iris tipis2
  • 4 siung bawang putih, iris tipis2
Cara membuat :
  • Tumis bawang merah dan bawang putih sampai matang dan harum, masukkan cabai hijau, aduk hingga cabai layu. Masukkan santan dan semua bumbu2 lain. Didihkan. Masukkan tahu dan tempe, lalu masak dengan api kecil hingga bumbu meresap.
  • Tempe semangit bisa di skip jika tidak suka..itu buat penyedap kuahnya aja
Selamat mencoba!

0

Gembus Goreng


Gembus Goreng

Sore, Cuma Gembus Goreng yaaa....๐Ÿคญ๐Ÿ˜… Mau kan teman-teman?

Cemilan murah meriah, beli sepapan gembus cuma Rp 2 ribu jika digoreng gini jadi sepiring penuh ๐Ÿคฃ

Mendoan Tempe Gembus

Bahan-bahan :
  • 1 papan, kira2 300 gram tempe gembus atau di daerah lain di sebut tempe menjes atau nama lainnya.., diiris tipis melebar
  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok makan tepung tapioka
  • 400 ml air
  • 2 batang daun bawang, diiris halus
  • Minyak untuk menggoreng
Bumbu Halus :
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sendok teh bumbu kaldu bubuk dan garam secukupnya
  • 1 sendok teh ketumbar
Cara Membuat :
  • Aduk rata tepung terigu, air, dan bumbu halus. 
  • Tambahkan daun bawang. 
  • Aduk rata.
  • Celup tempe gembus ke dalam adonan tepung. 
  • Goreng sampai matang
Selamat mencoba!
0

Friday, June 26, 2020

Coklat Batik

Coklat Batik

Pagi.

Ini cemilan kemaren sore, untuk Yodha dan cucu ponakan yang lagi nginep di rumah, namany Fafa.๐Ÿ’• Bikinnya mudah banget teman-teman, tinggal campur-campur, aduk dan taruh di kulkas, jadi dech.

Coklat ini enaknya di makan dingin-dingin keluar dari kulkas, jadi terasa kres renyah legit.

Untuk coklat masaknya aku pakai dark chocolate dari IG @chefmatechocolate. Di rumah suka semua coklat dari IG @chefmatechocolate ini karena rasa coklatnya terasa banget dan ngga terlalu manis. Kemaren udah bikin beragam olahan coklatnya enak semua.

Bisa untuk celupan donat, croissant, roti, dll.

Kalau dark chocolate-nya di rumah biasa aku lelehkan, kasih coco crunch, mete, rice crispy, dll jadi dech cemilan enak.

Nah kemaren sore aku bikin ini nich coklat batik, pakai coklat Chefmate dilelehkan, campur mentega, susu kental manis, dan biskuit yang di remahkan. Hasilnya jadi coklat bermotif yang cantik..seperti motif batik ๐Ÿ’•

Yuk di coba teman2..bisa buat sama si kecil untuk kegiatan seru selama di rumah aja ya ๐Ÿ’•

Coklat Batik


Selamat mencoba!



1

Thursday, June 25, 2020

Soto Bandung

Soto Bandung

Malam,

Jam segini baru bisa post menu baru nich teman-teman ๐Ÿ™๐Ÿ’• Hari ini aku masak soto lagi, nah biar beda dan nggak bosen aku masak Soto Bandung, segerr rasanya.

Soto ini ciri khasnya pakai lobak, dan kedelai goreng. Tips agar lobak tidak "langu", setelah diiris-iris cuci dengan larutan air dan garam, kalau bilas baru masukkan terakhir setelah soto hampir matang. Jadi lobaknya terasa kres manis dan gak langu ...๐Ÿ’• 

Tempe Garit Goreng

Soto Bandung

Bahan:
  • 500 gram daging sapi bagian kisi atau tetelan enak untuk soto
  • Air 2000 ml
  • Secukupnya garam, kaldu sapi 1 blok
  • 1 sdk teh gula pasir
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Pala 1/8 butir
  • Merica 1/2 sendok teh
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • Lengkuas 2 cm, geprek
  • Jahe, 2 cm, geprek
  • Serai 1 batang
  • 1bh lobak, potong bulat tipis, cuci air
  • Garam..bilas
  • Tomat, iris2
  • Daun bawang seledri, iris halus, bawang goreng
  • Kacang kedelai goreng secukupnya
  • Jeruk nipis, sambel
Cara Masak:
  • Rebus daging sampai empuk
  • Haluskan bawang merah, putih,dan pala
  • geprek lengkuas dan jahe
  • Tumis bumbu kasar sampai harum
  • Masukan bumbu yg sdh ditumis ke dalam rebusan daging,masukan jahe lengkuas dan serai, daun salam, daun jeruk
  • Masukan garam dan kaldu sapi
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa
  • Sajikan soto dgn pelengkap
Selamat mencoba!





2

Wednesday, June 24, 2020

Lontong Sayur

Lontong Sayur 

Sore teman-taman, 

Menu malam ini request suami "Lontong Sayur" tapi minta lauknya cuma telur pindang dan orek tempe aja ... Yo wis malah hemat...๐Ÿคฃ๐Ÿ’• 

Lontong Sayur

Orek Tempe

Bahan Sayur Labu:
  • 2 buah labu, iris panjang korek api
  • 5 lonjor kacang panjang, potong2
  • 1000 ml santan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sereh
  • 1 sdk mkn gula
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam
  • 50 gram udang segar (usahakan segar..agar tidak amis kuahnya)
Bumbu:
  • 8 cabai merah
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 2 kemiri

Tumis bumbu halus:
  • Masukkan udang, aduk hingga berubah warna
  • Masukkan santan
  • Masukkan bumbu2 lainnya
  • Didihkan
  • Masukkan sayuran
  • Masak api kecil hingga meresap
Untuk resep telur pindang, bisa dilihat di link video: https://www.youtube.com/watch?v=_ipOrO-1bDE

Untuk resep orek tempe, bisa dilihat di link video: https://www.youtube.com/watch?v=SJYAJ_S73ZE

Selamat mencoba!





1

Oseng Soun

Oseng Soun


Pagi, Sarapan dulu yuk teman2 dengan menu cepat, simple, favorit..๐Ÿ’•๐Ÿ˜ƒ Ini Soun-nya pakai soun ndeso yang gede-gede ya, bukan soun impor itu. 

Tumis Soun Jamur

Bahan :
  • 1 ikat soun yang gede2 panjang yang diikat tali bambu ( soun lokal, bukan impor )
  • 50 gram jamur kuping kering, rendam air mendidih hingga mekar, potong2
  • 2-3 sendok makan kecap manis atau sesuai selera aja ya
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh kaldu jamur / ayam , secukupnya garam sesuai selera
  • Air 100 ml
  • 8 buah cabai hijau, potong serong
Bumbu halus :
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh merica butiran
Cara membuat :
  • Masukkan soun di air mendidih, biarkan hingga lemas dan bening...tapi jangan sampai lunak.. Tiriskan.
  • Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan cabai hijau, air dan semua bumbu lain. Masukkan jamur, tutup dan masak sebentar, lalu masukkan soun, aduk rata hingga kuah terserap di soun dan bumbu merata. Koreksi rasa. Angkat. 
  • Sajikan hangat.
Oseng Soun.

Selamat mencoba!

0

Tempe Goreng Marinasi

Tempe Goreng Marinasi

Siang, 

Menu makan siang tadi Yodha dibikinin Udang Saus Mentega .. Done! Sudah terpenuhi.

Untuk makan siang tadi aku goreng tempe aja,, plus bikin sambal kol aja, sedep banget bisa kembali ke selesa asal.

Tahu gak teman-teman, menggoreng tempe sekarang gak perlu seribet dulu lho, karena aku goreng pakai metode marinasi (IG @desakumarinasi).

Awalnya ragu, goreng tempe bumbunya cuma disiramkan ke dalam minyak goreng begitu apa bisa meresep? Ternyata setelah aku coba beneran hasilnya bisa gurih dan lebih meresap dan penampilan tempe gorengnya itu jadi lebih kuning, cantik dan bersih, lebih menggoda gitu lho.

Sejak itu aku kalau goreng tempenya pakai metode ini. Apalagi sekarang gak perlu ribet campur-campur bahan dech karena sudah ada bumbu Desaku Marinasi siap pakai, yang tinggal di tambah air saja. Hasilnya juga pas gurihnya ๐Ÿ’•๐Ÿ’• Yuk teman-teman cobain juga yaa ... Goreng tempe, tahu, ikan jadi lebih mudah dan praktis dech.

Tempe Goreng Marinasi

Bahan:
  • 500 gram tempe
  • 1 bungkus bumbu @desakumarinasi , campur dgn 5 sdk makan air
  • Goreng tempe tanpa bumbu dulu, setengah matang
  • Tuang setengah bagian bumbu Marinasi
  • Balik Tempe
  • Tuang sisa bumbu Marinasi
  • Goreng hingga agak kering
Sambal Tempe & Kol

Bahan :
  • 15 buah cabai rawit, 5 cabai merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/4 buah kol, potong kecil panjang, goreng hingga layu
  • 1 sendok teh terasi bakar / goreng
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula merah
  • 2 potong tempe goreng
Cara membuat :
  • Goreng cabai dan bawang, haluskan kasar dengan terasi dan bumbu lain. Jangan terlalu halus ya..ulek kasar aja cabenya.
  • Masukkan kol, tempe goreng, penyet hingga tempe agak hancur, aduk rata.
  • Cicipi rasa, udah pas belum rasanya sesuai selera
Selamat mencoba!


1

Monday, June 22, 2020

Martabak Tahu & Bothok Tahu Telur Asin


Martabak Tahu

Sore, hari ini aku akan berbagi resep olahan tahu muda, yang kemarin aku beli di Bandungan di outlet Oom Shin ๐Ÿ˜ƒ

Tahu muda adalah tahun yang belum dicetak .. jadi masih lembut dan halus, dan kemaren belinya masih panas langsung dikemas dari panci malahan. Benar-benar fresh from the oven.

Tahu muda ini menurutku lebih enak rasanya, masih terasa fresh dan lembut dicicip langsung gitu aja udah ada rasa gurih enak. Tahu muda ini karena sudah halus, enak dibuat aneka masakan, buat pepes, bothok, perkedel ... nugget, bahkan digoreng langsung pakai telur aja enak ... apalagi aku buat martabak mini tadi ... wah langsung ludes.

Separuhnya aku buat Bothok Telur Asin .. masih ada sebungkus lagi besok mau aku buat Sosis Tahu sama Nugget ๐Ÿ’•๐Ÿ’• Mau share resep tapi bumbu disesuaikan sendiri ya teman-teman takaran garam-gula, masalahnya aku pakai tahu muda yang rasanya udah gurih asin, kalau teman-teman pakai tahu putih biasa yang dihaluskan otomatis beda takaran garam-gulanya ๐Ÿคฃ

Martabak Tahu

Bahan :
  • 3 butir telur
  • 300 gram Tahu Muda, tiriskan airnya ( atau tahu biasa di haluskan )
  • 4 batang daun bawang,boros halus
  • 1/4 bawang bombai, cincang
  • 1/2 sdk teh merica bubuk
  • 1/4 sdk teh gula pasir
  • Aku gak pakai garam lagi krn udah asin tahu mudanya, cuma aku tambah sedikit kaldu jamur tadi
Cara membuat :
  • Campur semua bahan..cek rasa dgn cara menggoreng sedikit adonan
  • Jika sudah pas..isikan ke kulit lumpia
  • Lipat bentuk kotak
  • Goreng hingga matang

Bothok Tahu Telur Asin

Bothok Tahu Telur Asin

Bahan :
  • 4 butir telur asin mentah
  • 500 gram tahu muda, peras airnya
  • 1 sdk mkn santan instan
  • 2 daun salam.. potong dua
  • 2 cabe merah, iris
  • 2 cabai hijau, iris
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula pasir
Bumbu :
  • 6 bawang merah
  • 2 Bawang putih
  • 1 cm kencur
  • 1 cm lengkuas
Cara Membuat :
  • Pecahkan telur asin mentah, ambil semua kuning telurnya, dan 2 putih telurnya..sisa putih telur..simpan saja untuk masakan lain ( kalau semua dipakai lembek )
  • Campur semua bahan kecuali kuning telur
  • Ambil 2 lembar daun pisang,
  • Letakkan daun salam, beri adonan..letakkan kuning telur di tengah
  • Tutup adonan lagi..bungkus bentuk tim
  • Kukus 30 menit hingga matang
Selamat mencoba!

0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel