Google Ad

Tuesday, May 17, 2022

Lodeh Terong Krecek

 


Lodeh Terong Krecek

Selamat Sore, 

Menu 'Bakdo (Lebaran) Kupat' ini kita gak buat opor atau sambel goreng lagi, karena pada gak mau, suami malah request lodeh terong saja, sama lontong sama bubuk kedelai, biar lebih seger katanya. Tapi iseng aku cemplungin krecek di 'Lodeh Terong'-nya .. eh malah tambah sedep lho teman-teman, jadi pas banget dimakan sama lontong, ada kreceknya dikit-dikit dan tetap seger karena ada sayur terongnya. ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜€

RESEP LODEH TERONG KRECEK

Bahan :
  • 3 buah Terong, kupas, iris sesuai selera
  • 50 g krecek
  • 1000 ml santan sedang, jangan terlalu kental ya biar rasa kuahnya seger, atau ganti cream masak juga bisa jika sudah mblenger santan
  • 2 cm lengkuas
  • 2 daun salam
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • 20 g gula merah / 1 sdk mkn
  • Secukupnya garam

Bumbu Iris :
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 8 cabai merah
  • Iris tipis semua bumbu, tumis hingga matang
  • Masukkan 1000 ml santan
  • Masukkan Krecek dan semua bumbu
  • Didihkan
  • Masukkan Terong
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa
Selamat mencoba!

0

Iso Gongso


Iso Gongso

Selamat Sore,

Menu hari ini, menghabiskan stock jerohan yang sudah aku presto beberapa hari lalu, maka jadilah 'Iso Gongso'.

Babatnya udah habis, sudah buat nasi goreng terus sama Yodha, ditinggal iso-nya, jadinya gongson ini bahannya hanya iso, tidak ada babat-nya. Enak lho teman-teman, empuk.

Untuk 'Iso Gongso' sebaiknya isinya (bagian dalamnya), sari makanan dihilangkan saja agar tidak 'mblenger' dan tidak mengacaukan bumbu Gongsonya. Kalau dibacem tidak masalah sari makanan di dalam iso tidak dihilangkan.

Cara membersihkan, setelah iso direbus sekali, dipotong-potong, buang isinya, lalu cuci bersih di air mengalir, lalu dipresto dengan jahe yang digeprek dan daun salam agar tidak amis.

RESEP ISO GONGSO

Bahan :
  • 500 g Iso
  • Rebus sekali, buang air.. potong2.. bersihkan isinya di air mengalir
  • Lalu masukkan ke panci presto, 5 cm jahe geprek, 5 daun salam, 1 sdk teh ketumbar utuh, ( utk ngilangin aroma amis ) dan 1 sdk teh garam
  • Presto hingga empuk.
Cara Membuat :
  • 8 bawang merah, iris kasar
  • 8 cabai merah, 2 rawit dan 2 bawang putih, haluskan
  • Lalu tumis bumbu hgg matang betul
  • Tambahkan potongan Iso, aduk2
  • Masukkan 200 ml air
  • 1 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 2-3 sdk mkn kecap manis
  • Aduk rata dan masak hingga meresap.
  • Cek rasa
  • Sajikan hangat
Jika mau, bisa ditambahkan tomat iris di akhir memasak. Lebih enak lagi disajikan dengan acar ya...๐Ÿ’•
*Jika tidak suka usus sapi..bisa kok di ganti Usus Ayam ๐Ÿ˜€

Selamat mencoba!


0

Oseng Tempe Cabe Hijau

 


Oseng Tempe Cabe Hijau

Selamat siang,

Ini menu rumahan murah-meriah teman-teman, tapi enak.๐Ÿ’•

Tempe bisa diolah jadi beragam menu ya teman-teman, gak pernah bosen deh sama tempe. 

Olahan Tempe yang simple gini saja ada bermacam-macam ya; ada Orek Tempe Basah Yogya (Resepnya yang Tempenya gak digoreng dulu, tapi dimasak langsung sama bumbu tumis dan air), Ada yang digoreng dulu tempenya gini, ini sepertinya sudah menu nasional ya, soalnya dimana-dimana ada menu oseng tempe yang model gini kayaknya.

Ada juga yang tempenya kemripik seperti kering tempe, ada olahan tempe kamijara (sama sereh), ada juga yang versi pedas, seperti tempe ponggol, bumbu bali, dll, dan semuanya enak. Semua resep-resep udah pernah diupload, coba 'search' lagi. Jadi macam-macam olahan tempe yang ditumis, ada banyak banget. ๐Ÿ˜€

RESEP OSEN TEMPE CABE HIJAU

Bahan :
  • 300 gr tempe, potong kecil-kecil,goreng setengah matang
  • 100 gr cabe hijau besar, iris tipis..
  • (tadi aku iseng digoreng sekalian sampai setengah matang, ternyata jadi manis lho cabenya, padahal niatnya cuma biar cantik aja gak layu cabe, eh rasanya juga enak...) Abaikan tehnik ini ya jika mau irit minyak, tumis biasa aja sama dua bawang ya. ๐Ÿ™๐Ÿคฃ
Cara Membuat :
  • 8 bawang merah
  • 4 bawang putih, iris
  • Tumis hingga harum
  • Masuk 2 cm lengkuas geprek, 2 daun salam
  • Tambahkan 150 ml air
  • Masukkan tempe, 1 sdk teh kaldu ayam, 1 sdk teh gula merah, sedikit garam jika suka lebih asin, masak hingga meresap
  • Masukkan cabe hijau goreng, tambahkan 2 sdk mkn kecap manis
  • Aduk rata
  • Cek rasa, sajikan.
Selamat mencoba!
0

Coconut Sugar Blondies

 


Coconut Sugar Blondies

Selamat Siang,

Hari ini aku bikin Blondies teman-teman, jika teman-teman sudah bosen brownies coklat biasa, yang ini juga enak lho. Teksture-nya empuk lembab, tidak seret cara buatnya gampang.

RESEP COCONUT SUGAR BLONDIES

Bahan :
  • 130 g gula kelapa Raifana @rainafa_sugar
  • ( jika mau Shiny atasnya pakai lebih banyak ya sekitar 200 g, tapi aku gak mau kemanisan )
  • 150 g mentega Unsalted / atau margarin..jika pakai margarin gak usah pk garam lagi ya
  • 1 telur
  • 125 g terigu protein sedang
  • 1/2 sdk teh garam
  • 1 sdk teh Vanilla
  • 1 sdk teh baking powder
  • 125 g coklat masak, cincang kasar
  • Mete , optional
Cara Membuat :
  • Lelehkan mentega, setelah hangat, masukkan gula kelapa dan vanilla, aduk hingga larut
  • Masukkan telur
  • Kocok dgn hand mixer atau whisk hingga kental
  • Masukkan terigu, garam, dan baking powder
  • Aduk rata dgn spatula
  • Tambahkan 1/2 coklat masak
  • Aduk rata
  • Tuang ke loyang hias atasnya dgn sisa coklat masak dan mete
  • Panggang 20-25 menit suhu 180 C
Untuk Gula Kelapa aku pakai merk "Raifana", Rainafa Organic Coconut Sugar ini adalah gula kelapa organic, tinggi nutrisi, dan rendah glikemiks. Rasanya agak kerasa karamel-nya.

Selamat mencoba!
0

Thursday, May 12, 2022

Jangan Tewel (Sayur Nangka Muda)

 


Jangan Tewel

Selamat sore,

Tadi pagi di Pasar Rasamala ditawari Tewel (nangka muda) oleh Mbah-Mbah penjual sayuran musiman langgananku, yang biasa aku beli daun pepaya rebus dan daun singkong rebus. Nangka muda-nya masih sangat fresh, segar.

Sebenarnya aku kurang suka nangka muda (tewel) yang jenis putih gini karena kurang cantik kalau dibuat gudeg, tapi gak tega aja sama Mbahnya karena tewel kupasan yang dijual masih banyak, dan akhirnya aku beli separo. Aku bagi dua, satu bagian aku berikan ke Mbak ART-ku, dan sebagian lagi aku buat 'Jangan Tewel Pedes' ini. Apalagi ini sayur kesukaan suami-ku, minimalis praktis dengan lauk yang gak terlalu macem-macem sudah enak, kata suami-ku.

Oh ya, istilah Yogya untuk Sayur ini adalah 'Jangan' yang artinya sayur ya teman-teman. ๐Ÿ˜€ Ya semacam 'Lodeh' gitu dech, tapi bumbunya simple, minimalis dan rasanya seger.

Bahannya, pakai Tewel (=Gori, Nangka Muda) jadi inget menu harian Ibuku jaman dulu waktu aku masih kecil, cuma dulu suka ditambah daun so, atau kulit melinjo tapi karena suamiku gak suka daun so maka sayur kali ini aku pakai tewel saja thok ini.

Nah seperti ini jenis Tewel putih ya teman-teman, ini kalau digudeg tidak tahan dimasak lama, pasti akan 'mblodrok' dan gak bisa merah cantik, ini cocoknya dibuat 'Sayur Lodeh' gini atau dibuat 'Sayur Gulai Nangka' ala Padang atau dibuat Megono. Tewelnya lebih cepet matang kalau dimasak dan lembut rasanya..๐Ÿ’•

RESEP JANGAN TEWEL

Bahan :
  • 1/4 Nangka Muda / Tewel, ukuran kecil, potong kecil-kecil, jika beli udah di kupas, cemplungin bentar di air mendidih untuk ngilangin getah..angkat..tapi jangan sampai empuk ya...nanti jika dimasak tambah lodrok jika direbus dulu hingga empuk...dan bumbu gak meresap
  • 1000 ml santan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lengkuas, memarkan
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk mkn rese / rebon, 50 gram tempe semangit utuhin aja ( cuma untuk bumbu )
  • Jika suka pete dikit tambah pete ya enak..dikit aja beberapa iris
  • 8 bawang merah, iris
  • 2 bawang putih iris
  • 8 cabai merah keriting kecil , iris tipis
  • Bumbu ulek :
  • 2 kemiri
  • 2 bawang putih
  • 1/2 sdk teh terasi
Cara Membuat:
  • Tumis bumbu hingga matang.
  • Masukkan santan dan bumbu lain.
  • Didihkan, masak api kecil hingga meresap dan empuk tewelnya.

Nah ini kuncinya, kalau mau masakan Jawa kuahnya medok, masaknya harus sabar ya, dimasak dengan api kecil ya teman-teman, jadi walaupun diiris cabe akan keluar warnanya dan kuahnya jadi cantik. Coba dech.

Jika suka sayuran.. tambahkan daun so..atau kacang panjang..jadi ada variasi warna ๐Ÿ˜€
0

Wednesday, May 11, 2022

Ayam Lada Hitam


Ayam Lada Hitam

Selamat sore teman-teman,

Menu untuk makan malam masih yang simple-simple saja, tumis-tumisan cepat matang saja.๐Ÿ˜€ 
Kalau menu-menu gini sudah pasti menu favorit Yodha, makanya tadi juga dia bantuin masak. 

Ayam Lada Hitam ala Resto Chinese Food, ayamnya digoreng dulu jadi lebih enak rasanya ...Yuk bikin teman-teman! Kalau jajan di resto-resto di Mall nich udah mahal, dapetnya cuman dikit, dan rasanya kadang tidak sesuai ekspektasi. ๐Ÿ˜€๐Ÿคฃ... Masak sendiri sajalah, yang pasti tidak kalah enak sama resto koq, beneran.

RESEP AYAM LADA HITAM 

Bahan : 
300 gr ayam, bisa dada atau paha (potong kecil-kecil), lumuri:
Bumbu :
  • 1 sdk teh kaldu ayam 
  • 1 sdk teh saus tiram 
  • 1 bawang putih halus 
  • 1/4 sdk teh merica 
  • 1/2 butir telur 
  • 1 sdk mkn terigu 
  • 2 sdk mkn maizena 

Cara Membuat:
  • Aduk rata semua bahan Goreng hingga agak kering, sisihkan.
  • Tumis : 4 bawang merah, 
  • 2 bawang putih, cincang 
  • masukkan 1/2 bawang bombai 1/2 paprika merah & hijau (atau cabe teropong) 
  • Aduk rata 
  • Tambahkan 100 ml air 1 sdk mkn saus tiram, 2 sdk mkn kecap manis, 1/2 sdk mkn saus Inggris, 1/2 sdk mkn lada hitam, tumbuk kasar 1 sdk teh gula 1/4 sdk teh minyak wijen (optional) 
  • Secukupnya garam jika suka lebih asin 
  • Aduk rata, masak sebentar api besar, cek rasa 
  • Jika sudah pas rasa sausnya, 
  • Segera masukkan ayam 
  • Aduk sebentar, 
  • Segera sajikan agar ayam tidak lembek
Selamat mencoba teman-teman, semoga berhasil. (Harusnya berhasil HeHe).
1

Tuesday, March 1, 2022

Iga Bakar Madu

 


Iga Bakar Madu

Menu makan siang hari ini,

Tetap menu berkuah untuk ngusir gejala flu, aku buat sup iga bakar madu. Sepertinya bulan ini memang "Bulan Nggregesi Nasional" karena cuaca yang kurang bersahabat, sehingga perlu asupan yang panas dan bergizi ... ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

Iga bakar madu favorit Yodha dan Papinya, tapi sup-nya kesukaanku, terutama kaldunya. Aku memang lebih suka obat yang enak gini lah, langsung ampuh mengusir gejala maupun flu, meriang dan sebagainya. Plus sugesti bahwa kita sehat dan masih punya selera makan... ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Makan yang anget-anget, suegerrr dan berkaldu gini, sebisa mungkin hindari gorengan dulu dan makan yang sehat-sehat dulu, biar flu biar gak jadi mampir ke badan. Biasanya flu takut sama emak-emak yang doyan makan (mitos-nya). ๐Ÿ˜€


RESEP IGA BAKAR MADU

Bahan:
  • 500 gram Iga sapi
  • 1500 ml air
  • Cuci bersih Iga, rebus dengan api kecil hingga keluar kaldunya dan iga empuk.
  • Angkat iga, sisihkan kaldunya buat sop.

Bumbu:
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 buah bawang bombay, iris halus panjang
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok makan madu
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1/2 sendok teh merica hitam tumbuk kasar atau merica bubuk biasa
  • 1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
  • 600 ml air
Cara Membuat:
  • Tusuk-tusuk Iga dengan garpu agar bumbu lebih meresap
  • Tumis bawang bombay dan bawang putih halus hingga matang dan harum
  • Masukkan Iga dan semua bumbu, aduk rata
  • Taungi air
  • Tutup panci
  • Masak iga dan bumbu dengan api kecil hingga air habis dan bumbu mengental
  • Koreksi rasa hingga pas
  • Dinginkan
  • Bakar di atas alat grill atau teflon hingga harum
  • Sajikan dengan sop sayuran yang memakai kaldu Iga tadi, serta sambal

Untuk Supnya,

Bahan Tambahan:
  • Kentang, wortel daun bawang, tomat
Bumbu, ulek kasar:
  • 3 bawang putih
  • 5 bawang merah
  • 1/2 sdk teh merica butiran , haluskan
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • 2 sdk teh gula pasir
  • Secukupnya garam

  • Tumis bawang putih, bawang merah, merica hingga agak kecoklatan agar kuah kaldu gak keruh nanti supnya
  • Masukkan air kaldu rebusan iga
  • Beri semua bumbu lain di atas
  • Masukkan sayuran
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa
  • Sajikan bersama iga bakar madu

Yummy...! Selamat mencoba!
4

Tuesday, February 8, 2022

Rollade Daun Singkong & Tahu

 


Rollade Daun Singkong & Tahu

Selamat pagi, 

Ini menu kemaren sore ya teman-teman, serba dedaunan. ๐Ÿ˜€ Rollade Daun Singkong & Tahu, dan Jangan (Sayur) Mbayung.


Jangan (Sayur) Mbayung.


Resep Jangan (Sayur) Mbayung

Bahan :
  • 1 ikat Mbayung ( daun Kacang Panjang Muda )
  • 100 gram tempe semangit
  • 700 ml santan sedang
  • 2 sendok teh kaldu sapi
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok makan gula merah
  • Garam sesuai selera
  • 1 sendok mkn rebon
  • 1/2 papan petai, kupas, potong jadi dua
  • Bumbu, Ulek kasar saja :
  • 6 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kencur
  • 1/4 sendok teh terasi bakar
  • 5 cabe merah, 3 cabai rawit merah ( sesuai selera )

Cara Membuat :
  • Petiki daun Mbayung bagian yang muda, cuci bersih dan sedikit di peras agar lemes
  • Tumis bumbu hingga matang dan harum
  • Masukkan santan dan semua bumbu, didihkan
  • Masukkan daun Mbayung, tempe semangit dan pete
  • Masak hingga Mbayung matang, koreksi rasa

Resep Rollade Tahu Daun Singkong

Bahan :
  • 300 gram tahu putih
  • 100 gram daun singkong rebus, peras dan campur dengan sedikit , bisa juga pas rebus daun singkong di tambah sdkt grm
  • Telur 1 butir untuk campuran dan 1 butir untuk pencelup
  • Bawang putih 1 siung
  • Kaldu bubuk rasa ayam 2 sdk teh
  • Gula pasir 1/4 sendok teh
  • Merica bubuk 1/4 sendok teh
Cara Membuat :
  • Haluskan tahu, campur dengan bawang putih halus dan bumbu2 lain...cek rasa. Tambahkan telur, aduk rata.
  • Ambil selembar daun pisang atau plastik tebal. Ratakan tahu halus di atasnya..taruh daun singkong rata menutupi tahu. Gulung dan bentuk seperti lontong. Kukus selama 20 -30 menit hingga matang. Satu adonan bisa jadi 2 bungkus rollade. Setelah dingin potong2
  • Celup ke adonan tepung seperti mendoan... goreng hingga matang.
Selamat mencoba!

0

Ayam Lodho


Ayam Lodho

 
Selamat sore,

Kita mau buka rahasia resep penghabis nasi sore ini. Alhamdulillah hujan-hujan bisa makan nikmat, asal mau kluthekan dulu masak di dapur ya teman-teman. ๐Ÿ˜€

Aku masak 'Ayam Lodho', urap dan nasi gurih yang merupakan paduan yang pas dan istimewa ini teman-teman. Wong londo bilang: PERFECT MATCH. Kalo orang Jawa bilang : ENTEK AKEH. ๐Ÿ’•

Ayam, salah satu menu yang paling sering muter di dapurku karena semua suka dan bahan mudah di dapat. Apalagi kalau di Semarang sini, walaupun malas belanja keluar rumah dan kalau mau masak ayam kampung kecil gini nich sangat mudah, karena bisa pesan ke IG @astamajayafarm.

Ayam kampung dari @astamajayafarm ini ayam kampungnya ukuran kecil, jadi pas jika dimasak utuh begini dan pas untuk keluarga kecilku teman-teman. Karena ukuran kecil tentu harga juga lebih ekonomis ya dibanding beli ayam kampung di pasar yang relatif lebih besar.

Jadi buat teman-teman di Semarang yang membutuhkan ayam kampung ukuran kecil untuk kebutuhan masak sehari-hari atau untuk acara khusus, atau bahkan untuk jualan menu ayam goreng, katering, dll. Pas banget nich ukuran kampung segini, bisa pesan di IG @astamajayafarm ini ya ... Untuk area Semarang, tanpa minimal order bisa antar ke rumah kita lho dan ayam selalu fresh dipotong ketika ada pesanan. ๐Ÿ’•๐Ÿ’•


Urap

RESEP AYAM LODHO

Bahan :
  • 1 ekor ayam kampung ukuran kecil atau sedang
  • 1000 ml santan sedang
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 5 buah cabai rawit merah utuhan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sendok makan gula merah
  • 2 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya

Bumbu Halus :
  • 8 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri, sangrai
  • 1 sendok teh ketumbar, sangrai
  • 1/2 sendok teh merica butiran
  • 1 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 1 cm kencur
  • 3 buah cabai merah, 5 cabai rawit ( jika suka lebih pedas cabe sesuaikan selera ya )

Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus hingga harum dan benar-benar matang, agak tidak langu.
  • Masukkan santan, dan semua bumbu lain.
  • Biarkan hampir mendidih.
  • Masukkan ayam yang sudah di bakar setengah matang, utuhan atau di potong sesuai selera.
  • Masak sambil sesekali di aduk hingga mengental kuahnya
  • Cek rasa
  • Sajikan hangat dengan urap dan nasi gurih
Selamat mencoba!
1

Google Ad

Visit Our You Tube Channel