Google Ad

Saturday, July 3, 2021

Pangsit Goreng

Pangsit Goreng

Selamat Sore Ibu CerMat Fortune!


Hari ini aku mau lanjut share salah satu gorengan favorit Nusantara ya, Bu ... Ya, kali ini ialah, Pangsit Goreng, salah satu gorengan yang jadi favorit banyak orang. Pangsit goreng ini sangat beragam bentuknya, bisa dibentuk seperti bunga, yang biasa dijual di pasar seribuan atau bentuk seperti perahu, dan yang paling simple dilipat bentuk segitiga.

Nah, kalau di Semarang sini yang biasa ada di pinggir jalan dan ada di gerai pangsit goreng dengan aneka toping versi kekinian. Kalau ini aku buat pangsit goreng versi gulung. Ini enak banget lho Bu, untuk dicemil, kalau Yodha pakai saus ...

Kalau aku suka untuk toping makan bubur atau nasi bakmoi atau untuk campuran bakso kuah juga enak. Yuk, buat di rumah! Aku share resepnya, ya, Bu...

Ini versi simple tapi enak banget.

Biasanya kalau buat porsi segini Yodha sendiri aja habis sendiri, nih. Apalagi aku gorengnya pakai minyak goreng IG @fortunecermat yang bikin Pangsit Gorengnya renyah dan garing.

Pangsit Goreng

Selamat mencoba Resep Pangsit Goreng ala aku yaπŸ₯Ÿ

Bahan:
  • 100 gram ayam..pilih bagian paha, potong kecil
  • 100 gram udang yang sudah di kupas ya nimbangnya
  • 1 sdk teh kecap asin
  • 1/2 sdk teh gula pasir
  • 1/2 sdk teh kaldu ayam
  • 1/4 sdk teh merica bubuk
  • 2 bawang putih, haluskan
  • 1 sdk mkn tapioka
  • Campur semua bahan
  • Aduk rata
  • Cek rasa dengan menggoreng sedikit adonan..jika suka asin boleh di tambah..tapi takaran bumbu di atas sudah pas menurutku..gurih ringan nggak mblengeri
  • Olesi adonan isi sedikit ke kulit pangsit
  • Gulung seperti lumpia kecil
  • Lem ujung2 dengan air
  • Lalu Ibu jangan lupa padatkan, ya.
  • Panaskan minyak goreng Fortune
  • Goreng Pangsit Goreng hingga matang
  • Sajikan hangat

0

Gemblong Cotot

 

Gembont Cotot

Selamat Sore Ibu CerMat, 

Salah satu bahan makanan yang murah, meriah, dan mudah ditemukan di sekitar kita salah satunya singkong, setuju?πŸ˜ƒ Jika kita mau kreatif, sebenarnya singkong bisa kita olah menjadi aneka camilan yang enak, dan lain dari biasanya, lho, Bu...

Salah satunya bisa kita buat Gorengan Nusantara khas Salatiga, yaitu Gembong Cotot. Adonan utama Gemblong Cotot itu terbuat dari singkong murni yang dikukus hingga empuk, lalu dihaluskan.

Pilih singkong yang bagus dan mempur agar hasilnya bisa medok empuk, ya. Gemblong Cotot original jadul biasanya isi gula pasir aja, walaupun sekarang udah banyak juga varian isinya.

Kalau keluarga aku tetap suka yang klasik-jadul gini, yang isinya gula pasir... Rasanya yang sederhana justru terasa enak banget.

Buat, yuk!

Gembong Cotot

Bahan dan Cara Membuat:
  • 1 kg singkong, kupas ..kukus hingga empuk
  • Haluskan selagi panas dengan cara di tumbuk perlahan sampai menjadi adonan yang lembut
  • Tambahkan 1/2 teh garam, aduk rata
  • Cek rasa
  • Pipihkan adonan di alasi plastik..
  • Cetak bentuk bulat
  • Beri isi tengahnya dgn 1/2 sdk mkn gula pasir
  • Tangkupkan
  • Cetak menggunakan cetakan Pastel
  • Panaskan minyak goreng Fortune
  • Tunggu sampe benar2 panas baru adonan masuk agar langsung berkulit
  • Jika sudah berkulit bisa kecilkan sedikit api
  • Goreng hingga luarnya kering
  • Sekali goreng jangan terlalu banyak adonan agar suhu minyak stabil jadi gak akan hancur.

Pastikan juga menggoreng dengan minyak berkualitas seperti IG @fortunecermat andalanku, nih! Gorengan pasti renyah, garing, gurih, warnanya cantik, menggugah seleraπŸ˜‹

0

Rempah Udang Gurih

 

Rempah Udang Gurih


Selamat Sore Ibu CerMat,

Gorengan Nusantara itu seolah tak akan ada habis-habisnya untuk dikupas ya, untuk di ekplorasi. Seperti kali ini aku mau share salah satu gorengan unik khas Jawa Tengah yaitu Rempah...

Ada berbagai macam Rempah, ada Rempah Udang, kalau di Semarang, ada Rempah Ayam juga khas daerah lain, dan pastinya enak semua...

Kalau favorit keluarga aku yang versi udang, rasanya enak dan gurih sekali. Bahan utama Rempah Udang itu adalah kelapa parut yang sedang, gak terlalu muda, dan gak terlalu tua. Terus ditambah udang, bumbu-bumbu, dan telur kalau dibentuk bulat pipih atau bulat kecil, kalau digoreng.

Selain dicemil itu enak... Rempah ini juga enak disantap dengan nasi putih hangat lho, coba saja teman-teman...πŸ’•πŸ’•

Jangan lupa ya, kalau mau hasil gorengan renyah, garing, gurih, dan cantik seperti punyaku ini, gorengnya pakai minyak goreng IG @fortunecermat ya, Bu-Ibu.

Langsung aja yuk, kita buat!

Rempah Udang Gurih

Bahan:
  • 1/2 butir kelapa (sedang, tidak terlalu tua tapi sudah bisa diparut panjang).
  • 50 - 100 gram udang, dikupas dan dihaluskan.
  • 1 butir telur ayam.
  • Bumbu, dihaluskan:
  • 2 siung bawang putih.
  • 1/2 sdt ketumbar.
  • 2 butir kemiri, disangrai.
  • 3 buah cabai rawit.
  • 1/4 sdt merica butiran.
  • 1/2 sdt gula pasir.
  • 1 sdt garam/bumbu kaldu instan rasa ayam.
Cara Membuat:
  • Campur kelapa yang sudah diparut, udang, telur dan bumbu halus hingga rata.
  • Bentuk adonan menjadi bulat pipih, atau bulat lonjong, sesuai selera.
  • Goreng ke dalam minyak goreng Fortune yang sudah dipanaskan dan agak banyak banyak hingga kuning kecoklatan dan kering.
  • Angkat dan tiriskan.
  • Sajikan

0

Friday, July 2, 2021

Nasi Ayam Semarang

 

Nasi Ayam Semarang

Selamat Malam teman-teman, semoga semua dalam kondisi sehat ketika cuaca sangat ekstrim akhir-akhir ini .... Sehat yaaa ....

Untuk menu, hari ini aku masak Nasi Ayam Semarang lagi teman-teman .. versi komplet pakai aneka sate, biar nafsu makan tetap terjaga di rumah. 

Teman-teman tahu gak kuliner nusantara Nasi Ayam Semarang? Hidangan ala kaki lima yang sekarang sudah naik pamor ya ... sering disajikan di acara hajatan, catering bahkan hingga menu di hotel dan restoran pun ada menu ini ya.

Tapi kalau saran aku mencicipi Nasi Ayam itu paling seru kalau di kaki lima, selain lebih otentik juga penyajian menggugah selera, karena banyak lauk pelengkapnya πŸ˜€ Nasi ayamnya sepincuk, lauknya senampan. HeHe

Tapi jika teman-teman belum sempat untuk main ke Semarang ... jangan khawatir, hari ini aku kasih resepnya yaa...jadi teman-teman bisa mencoba di rumah yaa πŸ’•πŸ’•

Untuk Nasinya itu pakai Nasi gurih tapi pulen ya teman-teman..jadi pemilihan beras sangat pengaruh ya ke hasil Nasi Gurihnya.. makanya aku pakai Beras Fortune IG @fortunecermat yang hasilnya pulen empuk.. walaupun di masak memakai santan

Bahan :
  • 1/2 ekor ayam kampung dan jerohannya jika suka
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 400 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  • 500 ml santan encer
  • 1 batang serai, di ambil putihnya
  • 3 lembar daun jeruk, sobek buang tulangnya

Bumbu Halus :
  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 cm kunyit, di bakar
  • 1/ 4 sendok teh merica butiran
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1/8 sendok teh jintan
  • 1 sendok teh garam / kaldu ayam bubuk secukupnya
  • 1 sendok teh gula merah

Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, 
  • Masukkan santan encer , tunggu sampai mendidih, lalu masukan ayam, jerohan dan bumbu-bumbu lain. 
  • Masak hingga meresap dengan api kecil hingga santan cair menyusut, lalu tambahkan santan kental...masak lagi hingga meresap. 
  • Angkat ayam, suwir-suwir. 
  • Jerohan di tusuki pakai tusuk sate.

Sambel Goreng Labu Siam & Krecek

Bahan :
  • 300 gram labu siam, 100 gram krecek, cuci bersih ( optional..bisa pakai bisa tidak )
  • 3 siung bawang putih, di iris tipis
  • 6 buah bawang merah , di iris tipis
  • 5 buah cabai merah, rebus sebntar ,lalu di haluskan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 600 ml santan dari 1/ 2 butir kelapa

Cara Membuat :
  • Cuci bersih labu siam dengan sedikit garam supaya getahnya hilang.
  • Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukan daun salam.
Selamat mencoba teman-teman.
0

Olos Khas Tegal

 

Olos Khas Tegal


Selamat Sore Ibu CerMat !

Wah, udah sore waktunya kumpul-kumpul keluarga nih, ya, Bu-Ibu di rumah, sambil ngeteh hangat tentunya. Waktu ngeteh bersama itu bisa jadi waktu bonding, lho! Sambil cerita-cerita dari cerita santai sampai diskusi serius bareng keluarga kalau di rumah aku.

Tapi gak akan seru dong tanpa camilan... Pilihan keluarga aku sudah pasti gorengan, dong!

Oh, iya... Biar gak bosen gorengan yang itu-itu saja kali ini aku mau buat Olos lho...
Gorengan simple khas Tegal, yang terbuat dari aci yang dalamnya di isi dengan tumisan kol pedes.

Olos ini bentuknya bulat kecil-kedil, jadi sekali hapπŸ˜‹dijamin bikin ketagihan deh. Sensasi adonan Aci yang gurih renyah di luarnya, dipadu kejutan isiannya gurih pedas..uuuu nikmat deh..πŸ˜€πŸ’•

Yuk, Bu, yang belum pernah makan Olos khas Tegal ini, dicoba,ya resepnya!
Ini gorengan yang enak dan unik, lho! Jangan lupa goreng pakai minyak goreng IG@fortunecermat ya, Bu, agar rasanya lebih gurih dan renyahnya mantap.

Olos Khas Tegal


Bahan isi:
  • 250 gram kol, iris halus
  • 5 cabe rawit iris ( sesuai selera)
  • 2 daun bawang, iris halus
  • 2 bawang putih haluskan
  • 1/4 sdk teh merica.. haluskan
Membuat:
  • Tumis bawang putih dan merica
  • Masukkan sayuran dan cabe
  • Tambahkan 1 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam 1/2 sdk teh gula pasir
  • Aduk rata hingga kol layu
  • Cek rasa, dinginkan
Adonan Aci:
  • 150 gram tapioka
  • 50 gram terigu
  • 150 ml air panas
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • 1/4 sdk teh merica
  • Aduk rata bahan..tuangi air panas sedikit demi sedikit..aduk hingga adonan Kalis tak lembut
  • Jika sdonan terlalu lembek tambahkan sedikit terigu
  • Ambil sedikit adonan, pipihkan
  • Beri tumisan kol
  • Bentuk bulat.
  • Letakkan di wadah datar beri tapioka agar tidak lengket lakukan hingga adonan habis.
  • Tuang minyak goreng Fortune, nyalakan api.
  • Adonan langsung masuk tidak perlu tgg minya panas ya..agar tidak mbledos.
  • Goreng hingga luarnya agak kering.
  • Sajikan hangat

1

Lentho

Lentho


Selamat Sore Ibu CerMat,

Jawa Tengah kaya akan olahan Gorengan khas Nusantara. Bahan dasarnya pun beragam. Nah, kali ini aku mau share resep Gorengan berbahan dasar singkong dan kacang tholo ya, Bu ... Gorengan yang enak dan gurih rasanya, namanya Lentho.

Lentho ini mudah ditemui di beberapa daerah di Jawa Tengah. Kalau di Semarang, Lentho biasanya buat makan pecel atau dicemil aja enak sambil nyeplus cabe rawit πŸ’•

Rasanya... garing diluar dan lembut di dalam kalau lentho yang pakai singkong ini, ada after taste gurihnya jadi seringkali bikin nambah-nambah terus.

Selain kacang tholo, bisa juga pakai kacang hijau atau kacang tanah, semuanya enak, tapi yang paling klasik dan jadul adalah Lentho Kacang Tholo ini. Lentho biasa di bentuk pipih atau bulat seperti ini.. sesuai selera ya teman-teman.

Yuk dicoba ya Bu.. Dijamin ini tuh enak, gurih, dan kriuk luarnya, karena aku goreng selalu pakai minyak goreng IG @fortunecermat dong seperti biasa πŸ’•

Lentho
Bahan:
  • 300 gram singkong parut ( peras airnya jika singkongnya kandungan airnya banyak , jika singkong sudah kesat nggak usah diperas )
  • Kelapa parut 1/2 butir
  • Kacang tholo 100 gram ( rendam 3 jam atau hingga mekar )

Bumbu Halus :
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kencur
  • 2 sendok teh kaldu ayam / garam secukupnya
  • 1/4 sendok teh ketumbar
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1/4 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :
  • Campur singkong parut dan kelapa parut dengan semua bumbu.
  • Cicipi..sampai rasa gurihnya pas, jika kurang bisa tambahkan garam.
  • Ambil sedikit adonan, kepal-kepal kuat, bentuk lonjong pipih dengan tangan atau bentuk bulat sesuai selera ya
  • Goreng dalam minyak yang sudah panas sampai kuning keemasan, atau sampai coklat renyah. jika suka.
  • Sajikan untuk cemilan atau pelengkap pecel, yummy lho !

Note :
  • Jika takut ambyar waktu digoreng boleh ditambah 1 sdk makan tapioka ya di campur adonannya.

0

Thursday, July 1, 2021

Tahu Petis

 

Tahu Petis

Pagi Ibu CerMat...

Ibu CerMat di Semarang dan sekitarnya, pasti sudah tau ya.. Gorengan Nusantara khas Semarang ini. Tahu Petis atau Tahu isi Petis khas Semarang ini yang terbuat dari Tahu, di goreng hingga garing. Kalau di Semarang biasanya pakai Tahu Pong...

Tahu yang sudah digoreng garing kemudian dibelah tidak putus, lalu dalamnya diisi Petis lembek khas Semarang. Isinya agak banyak sampai luber keluar gitu ciri khasnya πŸ˜€

Buat yang pertama kali makan Tahu Petis memang terlihat aneh penampakannya, tapi jika udah mencicipi, banyak yang ketagihan lho! πŸ˜€

Yakin gak mau coba buat di rumah? Buat yuk!

Tahu Petis Semarang

Bahan:
  • Tahu goreng secukupnya
Saus:
  • 500 gram Petis Lembek ( Petis Pasar )
  • 1 sendok makan petis kemasan yang untuk bumbu masak ( jika ingin rasa Petis yang lebih kuat, jika suka soft..bisa di skip )
  • 1 sendok teh gula merah
  • Garam secukupnya
  • 1 siung bawang putih, haluskan. Jika tidak suka aroma bawang mentah, di goreng dulu ya sebentar bawangnya.
  • 5 bawang putih cincang goreng hingga garing
  • 250 ml air
Cara Membuat:
  • Bawang putih, garam dan gula, masukkan petis, air aduk rata dalam pan, panaskan sambil di aduk2..hingga tingkat kekentalan pas, agak lembek tapi tidak terlalu cair
  • Koreksi rasa sudah pas belum manis, gurihnya. Jika udah pas, tambahkan bawang putih goreng cincang.
  • Selanjutnya.. tinggal oleskan Petis ke dalam tahu goreng yg udah dibelah tengahnya dan tahu petis semarang yang enak dan gurih siap di nikmati anget2 bersama cabe rawit.
  • Sisa adonan Petis bisa disimpan di kulkas.. sewaktu ingin dipakai lagi bisa di kukus sebentar.
  • Itulah uniknya gorengan khas Nusantara ya teman-teman..banyak banget variasinya.. yuk di coba dan tetap kita lestarikan yaaa πŸ’•
  • Jangan lupa untuk selalu menggunakan minyak goreng IG @fortunecermat ya, Bu... Agar gorengan buatan di rumah makin mantap garing, renyah, gurihnyaπŸ˜‹

0

Misoa Goreng Balut Telur

Misoa Goreng Balut Telur

 Selamat Pagi Ibu CerMat!

Gorengan lagi dan lagi, HaHa ... Lha Memang ya, gorengan itu sudah pasti jadi menu camilan favorit banyak orang di bumi nusantara ini. Indonesia itu kaya akan aneka menu gorengan khas Nusantara yang rasanya enak-enak. Yang ini tidak perlu diperjelas lagi karena sudah sangat jelas sekali HaHa.

Seperti salah satu menu gorengan favorit keluarga aku yang akan aku share ini, yaitu Misoa Goreng khas Semarang dan sekitarnya.

Kalau aku kenal gorengan ini setelah tinggal di Semarang. Di sini di penjual jajanan di pasar, pasti ada yang jual Misoa Goreng. Kalau yang versi pasar biasanya berbalut adonan tepung seperti adonan mendoan.

Ada juga versi Misoa ala toko-toko kue atau katering dan bakery yang menjual kue basah, biasanya Misoanya berbalut adonan telur.

Nah, kali ini aku akan share resep Misoa Goreng Balut Telur seperti yang biasa aku beli di toko kue di Semarang sini.

Rasanya enak semua kok, ini untuk variasi aja biar nggak bosen. Karena Misoa Balut Tepung kan sudah pernah aku share resepnya.

Misoa ini rasanya gurih dan lembut dalamnya.

Selamat mencoba ya, Bu... Jangan lupa goreng Misoanya pakai Minyak Goreng andalanku IG @fortunecermat yaa..biar rasanya gurih, digigit garing renyah, nikmat... ❤️


Misoa Goreng Balut Telur
Bahan:
  • 1 bungkus misoa ( kira2 150 gram )
  • Ayam rebus cincang 50 gram
  • Wortel 1 buah di potong kotak kecil
  • Daun bawang 1 batang , di iris halus

Bumbu halus:
  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1/2 sdk teh merica
  • 1 sdk teh kaldu bubuk rasa ayam atau garam secukupnya
  • 1 sdk teh gula pasir
  • Air 600 cc air

Cara Membuat:
  • Tumis bawang putih halus, tambahkan wortel dan ayam..aduk sampai matang ayam dan wortelnya., tambahkan air, bumbu lainnya dan daun bawang, lalu masukkan misoa , masak sampai air habis dan terserap di misoa. Cek rasa...
  • Lalu ratakan adonan di loyang persegi , dinginkan di kulkas agar mudah dipotong2.
  • Jika sudah dingin, potong persegi , lalu celup kocokan telur, goreng sampai kuning keemasan. Sajikan hangat.

Cobain, yuk!

0

Rollade Tahu Daun Singkong

 

Rollade Daun Singkong


Selamat Sore Ibu CerMat !

Menemani santai sore bersama keluarga sepertinya tidak lengkap tanpa ada teh juga camilannya. Kalau di rumahku sudah pasti request menu gorengan, biasanya begitu.

Nah, kali ini aku akan bikin gorengan khas nusantara yang jadul dan unik, Rollade Daun Singkong khas Semarang, Ungaran, Salatiga dan sekitarnya.

Banyak versi Rollade Daun singkong ya, ada yang berbalut tepung, ada yang dari adonan tahu dan daun singkong dicampur langsung... lalu digoreng, ada yang di buat Rollade dulu dan dikukus ... Banyak macam dan sudah pernah aku share ya, kalau kali ini biar beda aku share yang versi Rollade Daun Singkong Kukus, kemudian dibalut telur, biar gak bosen dan bisa jadi variasi camilan Ibu CerMat bersama keluarga di rumahπŸ˜‹

🀀Ini enak banget,gurih, dan khas rasa daun singkong rebus bikin nagih...

Hasil gorengan juga garing, renyah, gurih, dan cantik warnanya, karena aku memakai minyak goreng IG @fortunecermat yang sudah terjamin kualitasnya... πŸ‘ŒπŸ»

Rollade Tahu Daun Singkong

Bahan:
  • 300 gram tahu putih
  • 100 gram daun singkong rebus, peras dan campur dengan sedikit garam
  • Telur 1 butir untuk campuran dan 1 butir untuk pencelup
  • Bawang putih 1 siung
  • Kaldu bubuk rasa ayam 2 sdk teh / garam secukupnya
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Merica bubuk 1/4 sendok teh

Cara Membuat:
  • Haluskan tahu, campur dengan bawang putih halus dan bumbu-bumbu lain ... kecuali daun singkong
  • Tambahkan telur, aduk rata.
  • Ambil selembar daun pisang atau plastik tebal. Ratakan tahu halus di atasnya, taruh daun singkong rata menutupi tahu.
  • Gulung dan bentuk seperti lontong. Kukus selama 20 - 30 menit hingga matang. Dinginkan dulu
  • Satu adonan bisa jadi 2 bungkus rollade. Setelah dingin potong-potong dengan pisau tajam dan celupkan ke kocokan telur. 
  • Goreng hingga kuning keemasan. 
  • Sajikan.

Selamat mencoba, Bu! Pasti nagih!

0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel