Google Ad

Thursday, July 1, 2021

Tahu Petis

 

Tahu Petis

Pagi Ibu CerMat...

Ibu CerMat di Semarang dan sekitarnya, pasti sudah tau ya.. Gorengan Nusantara khas Semarang ini. Tahu Petis atau Tahu isi Petis khas Semarang ini yang terbuat dari Tahu, di goreng hingga garing. Kalau di Semarang biasanya pakai Tahu Pong...

Tahu yang sudah digoreng garing kemudian dibelah tidak putus, lalu dalamnya diisi Petis lembek khas Semarang. Isinya agak banyak sampai luber keluar gitu ciri khasnya πŸ˜€

Buat yang pertama kali makan Tahu Petis memang terlihat aneh penampakannya, tapi jika udah mencicipi, banyak yang ketagihan lho! πŸ˜€

Yakin gak mau coba buat di rumah? Buat yuk!

Tahu Petis Semarang

Bahan:
  • Tahu goreng secukupnya
Saus:
  • 500 gram Petis Lembek ( Petis Pasar )
  • 1 sendok makan petis kemasan yang untuk bumbu masak ( jika ingin rasa Petis yang lebih kuat, jika suka soft..bisa di skip )
  • 1 sendok teh gula merah
  • Garam secukupnya
  • 1 siung bawang putih, haluskan. Jika tidak suka aroma bawang mentah, di goreng dulu ya sebentar bawangnya.
  • 5 bawang putih cincang goreng hingga garing
  • 250 ml air
Cara Membuat:
  • Bawang putih, garam dan gula, masukkan petis, air aduk rata dalam pan, panaskan sambil di aduk2..hingga tingkat kekentalan pas, agak lembek tapi tidak terlalu cair
  • Koreksi rasa sudah pas belum manis, gurihnya. Jika udah pas, tambahkan bawang putih goreng cincang.
  • Selanjutnya.. tinggal oleskan Petis ke dalam tahu goreng yg udah dibelah tengahnya dan tahu petis semarang yang enak dan gurih siap di nikmati anget2 bersama cabe rawit.
  • Sisa adonan Petis bisa disimpan di kulkas.. sewaktu ingin dipakai lagi bisa di kukus sebentar.
  • Itulah uniknya gorengan khas Nusantara ya teman-teman..banyak banget variasinya.. yuk di coba dan tetap kita lestarikan yaaa πŸ’•
  • Jangan lupa untuk selalu menggunakan minyak goreng IG @fortunecermat ya, Bu... Agar gorengan buatan di rumah makin mantap garing, renyah, gurihnyaπŸ˜‹

0

Misoa Goreng Balut Telur

Misoa Goreng Balut Telur

 Selamat Pagi Ibu CerMat!

Gorengan lagi dan lagi, HaHa ... Lha Memang ya, gorengan itu sudah pasti jadi menu camilan favorit banyak orang di bumi nusantara ini. Indonesia itu kaya akan aneka menu gorengan khas Nusantara yang rasanya enak-enak. Yang ini tidak perlu diperjelas lagi karena sudah sangat jelas sekali HaHa.

Seperti salah satu menu gorengan favorit keluarga aku yang akan aku share ini, yaitu Misoa Goreng khas Semarang dan sekitarnya.

Kalau aku kenal gorengan ini setelah tinggal di Semarang. Di sini di penjual jajanan di pasar, pasti ada yang jual Misoa Goreng. Kalau yang versi pasar biasanya berbalut adonan tepung seperti adonan mendoan.

Ada juga versi Misoa ala toko-toko kue atau katering dan bakery yang menjual kue basah, biasanya Misoanya berbalut adonan telur.

Nah, kali ini aku akan share resep Misoa Goreng Balut Telur seperti yang biasa aku beli di toko kue di Semarang sini.

Rasanya enak semua kok, ini untuk variasi aja biar nggak bosen. Karena Misoa Balut Tepung kan sudah pernah aku share resepnya.

Misoa ini rasanya gurih dan lembut dalamnya.

Selamat mencoba ya, Bu... Jangan lupa goreng Misoanya pakai Minyak Goreng andalanku IG @fortunecermat yaa..biar rasanya gurih, digigit garing renyah, nikmat... ❤️


Misoa Goreng Balut Telur
Bahan:
  • 1 bungkus misoa ( kira2 150 gram )
  • Ayam rebus cincang 50 gram
  • Wortel 1 buah di potong kotak kecil
  • Daun bawang 1 batang , di iris halus

Bumbu halus:
  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1/2 sdk teh merica
  • 1 sdk teh kaldu bubuk rasa ayam atau garam secukupnya
  • 1 sdk teh gula pasir
  • Air 600 cc air

Cara Membuat:
  • Tumis bawang putih halus, tambahkan wortel dan ayam..aduk sampai matang ayam dan wortelnya., tambahkan air, bumbu lainnya dan daun bawang, lalu masukkan misoa , masak sampai air habis dan terserap di misoa. Cek rasa...
  • Lalu ratakan adonan di loyang persegi , dinginkan di kulkas agar mudah dipotong2.
  • Jika sudah dingin, potong persegi , lalu celup kocokan telur, goreng sampai kuning keemasan. Sajikan hangat.

Cobain, yuk!

0

Rollade Tahu Daun Singkong

 

Rollade Daun Singkong


Selamat Sore Ibu CerMat !

Menemani santai sore bersama keluarga sepertinya tidak lengkap tanpa ada teh juga camilannya. Kalau di rumahku sudah pasti request menu gorengan, biasanya begitu.

Nah, kali ini aku akan bikin gorengan khas nusantara yang jadul dan unik, Rollade Daun Singkong khas Semarang, Ungaran, Salatiga dan sekitarnya.

Banyak versi Rollade Daun singkong ya, ada yang berbalut tepung, ada yang dari adonan tahu dan daun singkong dicampur langsung... lalu digoreng, ada yang di buat Rollade dulu dan dikukus ... Banyak macam dan sudah pernah aku share ya, kalau kali ini biar beda aku share yang versi Rollade Daun Singkong Kukus, kemudian dibalut telur, biar gak bosen dan bisa jadi variasi camilan Ibu CerMat bersama keluarga di rumahπŸ˜‹

🀀Ini enak banget,gurih, dan khas rasa daun singkong rebus bikin nagih...

Hasil gorengan juga garing, renyah, gurih, dan cantik warnanya, karena aku memakai minyak goreng IG @fortunecermat yang sudah terjamin kualitasnya... πŸ‘ŒπŸ»

Rollade Tahu Daun Singkong

Bahan:
  • 300 gram tahu putih
  • 100 gram daun singkong rebus, peras dan campur dengan sedikit garam
  • Telur 1 butir untuk campuran dan 1 butir untuk pencelup
  • Bawang putih 1 siung
  • Kaldu bubuk rasa ayam 2 sdk teh / garam secukupnya
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Merica bubuk 1/4 sendok teh

Cara Membuat:
  • Haluskan tahu, campur dengan bawang putih halus dan bumbu-bumbu lain ... kecuali daun singkong
  • Tambahkan telur, aduk rata.
  • Ambil selembar daun pisang atau plastik tebal. Ratakan tahu halus di atasnya, taruh daun singkong rata menutupi tahu.
  • Gulung dan bentuk seperti lontong. Kukus selama 20 - 30 menit hingga matang. Dinginkan dulu
  • Satu adonan bisa jadi 2 bungkus rollade. Setelah dingin potong-potong dengan pisau tajam dan celupkan ke kocokan telur. 
  • Goreng hingga kuning keemasan. 
  • Sajikan.

Selamat mencoba, Bu! Pasti nagih!

0

Thursday, June 10, 2021

Gebleg Purworejo

Gebleg Purworejo

 
Selamat siang Ibu CerMat,

Kalau membahas gorengan khas Nusantara itu gak ada habisnya ya Bun? Bersyukur banget ya Indonesia punya kuliner yang beragam bahkan Gorengannya aneka macam dari berbagai daerah di Indonesia...

Aku masih bahas gorengan dari Jawa Tengah nih Bun,  yaitu Gebleg, salah satu gorengan favorit aku. Gebleg biasa dijumpai di daerah Purworejo, Kulonprogo dan sekitarnya.

Gebleg ini unik karena terbuat dari pati singkong basah dan ampas singkongnya, rasanya kenyal gurih kalau di makan hangat luarnya kres dalemnya kenyal lembut. Gebleg ini biasanya disajikan bersama tempe benguk tapi di daerah Purworejo biasanya di sajikan dengan sambal kacang, nah, kali ini aku bikin yang versi ini ya ... dengan sambal kacang sebagai cocolan.

Yuk simak cara membuatnya ya ... !

Gebleg
Bahan :
  • 1 kg singkong, kupas, parut
Cara Membuat :
  • Campur parutan singkong dengan 500 ml air, remas-remas hingga keluar pati singkong, peras airnya.
  • Tambahkan air jika perlu, peras hingga semua pati keluar.
  • Endapkan pati selama 2 jam.
  • Buang airnya.
  • Jemur endapan pati hingga agak kering.
  • Sisa ampas perasan singkong dicampur dengan 2 sendok teh garam, 1/4 sendok teh penyedap rasa, 4 bawang putih halus.
  • Kukus 20 menit
  • Dinginkan
  • Campurkan ampas singkongnya dengan pati singkong, aduk rata.
  • Jika masih lengket tambahkan tapioka secukupnya.
  • Cek rasa.
  • Bentuk seperti angka 8 atau bulatan kecil 3 direkatkan

  • Tuang minyak goreng ke penggorengan
  • Tips agar tidak mbledos, masukkan geblek saat minyak masih dingin lalu nyalakan kompor dan goreng hingga matang..πŸ’•
  • Goreng hingga luarnya renyah, tapi dalemnya masih lembut kenyal.
  • Sajikan dengan sambal kacang atau ceplus rawit juga enak.

Yuk, Bu, kita lestarikan gorengan khas Nusantara ya, jangan lupa ya ... gorengnya pakai minyak goreng FORTUNE (IG @fortunecermat) biar makin enak dan garing gorengan yang kita buat ya ...❤️

Selamat mencoba ❤️

0

Tuesday, June 8, 2021

Mendoan Purwokerto

 

Mendoan Purwokerto


Selamat sore Ibu CerMat ...

Menu camilan sore ini untuk keluarga di rumah masih bertema "Gorengan Nusantara". Buat apa lagi ya? Eh kali ini aku buat Mendoan dari Purwokerto saja ya? Namanya sudah membahana ...

Masih mau tahu cara buatnya kan? Yu kita buat bareng Bun ...!


Mendoan Purwokerto

MENDOAN PURWOKERTO

Bahan-Bahan:
  • 10 buah tempe mendoan Purwokerto/ tempe biasa , diiris tipis melebar
  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok makan tepung tapioka / tepung beras
  • 350-400 ml air ( tergantung kekentalan adonan yang di inginkan )
  • 2 batang daun bawang, diiris halus
  • minyak untuk menggoreng
Bumbu Halus:
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok teh bumbu kaldu bubuk dan garam secukupnya
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 cm kencur (optional..bisa pakai, bisa tidaknya)
Bahan Sambal Kecap Pedas (aduk rata):
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 1 siung bawang putih, goreng, dihaluskan
  • 4 buah cabai rawit merah, dihaluskan / di potong2 kecil2
  • 1/8 sendok teh garam
Cara Membuat:
  • Aduk rata tepung terigu, tepung tapioka, air, dan bumbu halus.
  • Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
  • Celup tempe ke dalam adonan tepung. Goreng sampai setengah kering / masih putih , nggak perlu kering... atau jika suka agak kering, goreng lebih lama. 
  • Tiriskan. Sajikan dengan sambal kecap pedas atau cabai rawit

Mendoan adalah salah satu jajanan legendaris khas Purwokerto, dibuat dari tempe yang tipis lebar, biasanya memang khusus untuk dibuat mendoan tempenya.

Untungnya di Semarang ada juga yang jual tempe khusus mendoan seperti ini, jadi aku bisa sering buat di rumah. Kalau tidak ada tempe khusus mendoan, Ibu CerMat bisa pakai tempe biasa yang diiris tipis melebar koq ... Jadi jangan kuatir, tapi capi tempe papan yang enak ya ... Biasanya yang dibungkus daun pisang.πŸ˜‰

Oh ya..Mendoan ini aslinya digoreng setengah matang ... Jadi istilahnya Mendo: Setengah Matang. Tapi karena keluarga aku suka Mendoan yang garing lapisan tepungnya, kali ini aku buat lebih sedikit garing..jadi biar kriuk gitu lapisan luarnya ...

Mantap dan enak sekali dicocol sambal kecapπŸ˜‹.

Oh ya untuk bikin aneka gorengan gini..sudah pasti andalan aku banget..aku pakai Minyak Goreng FORTUNE (IG@fortunecermat). Hasilnya tidak diragukan lagi, garing, renyah, gurih, dan warna gorengan juga cantik πŸ’• 

Selamat mencoba!πŸ˜‹

2

Tahu Aci Khas Tegal

 

Tahu Aci Khas Tegal


Selamat sore Ibu CerMat,

Waktunya ngeteh sore, nih Bun ... Sudah ada teman ngetehnya belum? πŸ˜€

Kalau belum ada, aku share nih buat camilan teman ngeteh-nya, tentunya ini menu gorengan khas nusantara, enak, gurih, dan bikinnya juga cepet banget. Apa itu? Pastilah Tahu Aci khas Tegal ... Yang super enak.

Tahu Aci ini khas banget rasanya, gurih, garing, Tahu dipadu dengan adonan aci yang gurih dan harum aroma kucai, pas banget rasanya untuk menemani ngeteh sore ya, Bu.

Tips penting membuat Tahu Aci yang enak dan bisa garing tahunya pilih Tahu yang padat. Campur sebagian Tahu dengan adonan Acinya agar tidak meletus saat di goreng. Jangan lupa juga gorengnya pakai Minyak Goreng "Fortune" (IG @fortunecermat) gurih dan garingnya ...... beda!

Tepung yang dipakai tepung tapioka ya..bukan sagu jadi teksturnya bisa ringan dan garing luar adonan acinya waktu masih hangat ... Kalau ada sich pakai Pati singkong basah..tapi jika tidak ada pakai tepung tapioka kering tidak masalah.

Sajikan hangat ya..karena Tahu Aci paling enak disajikan hangat-hangat bersama cabe rawit dan cocolan sambal kecap.

Tahu Aci

Tahu Aci Khas Tegal

Bahan:

  • 10 buah Tahu yang padat, belah dua bagian bentuk segitiga, pilih tahu yang sudah asin gurih. jika pakai Tahu yang masih tawar, bumbuin dulu
  • Rendam dengan bumbu, 2 bawang putih haluskan
  • 1 sdk teh garam dan sedikit air

Adonan Aci:

  • 150 gram tepung tapioka
  • 1 genggam kucai, iris
  • 2 tahu, haluskan
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam
  • 1/2 sdk teh gula pasir
  • 1/4 sdk teh merica
  • Air kurang lebih 100 ml

Cara Membuat:
  • Campur semua bahan adonan, tuangi air sedikit-sedikit sambil di aduk hingga adonan Kalis tapi lembut
  • Oleskan ke permukaan tahu
  • Lakukan hingga adonan habis
  • Goreng hingga matang di minyak yang sudah di panaskan
  • Sajikan dengan rawit dan sambal kecap

Selamat mencoba! 

1

Saturday, June 5, 2021

Lumpia Semarang

 

Lumpia Semarang

Selamat Sore Ibu CerMat!

Ngemil sore gini paling enak yang gurih dan anget-anget ya Bu ... Nah, kalau camilan favorit yang gurih favorit di rumah salah satunya Lumpia Semarang, gurih manis, garing, dan kriuk....πŸ’•πŸ’•

Kalau bikin ini, semua pasti suka banget deh... Cepet habisnya dan ngga pernah bosen.

Untuk membuat Lumpia Semarang, agar bisa garing kriuk ... Adonan isi harus dimasak hingga kesat kayak tumisan kering ya Bu. Selain lebih kriuk bisa juga disimpan di freezer dan jadi stok Frozenfood, deh.

Dari banyak versi resep Lumpia Semarang yang sudah aku share ... resep ini versi yang gurih manis ... ala Lumpia di toko oleh-oleh ya ...

πŸ˜‹LUMPIA SEMARANG

Bahan Isi:
  • 500 gram rebung, rebus hingga empuk
  • 5 bawang putih, cincang
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • 1 sdk mkn kecap asin
  • 3 sdk mkn kecap manis
  • 1 sdk mkn gula pasir
  • 1 sdk mkn ebi, rendam air panas, haluskan
  • 100 gram udang kupas, cincang
  • 100 gram ayam rebus, cincang

☺️Cara Membuat:
  • Tumis bawang putih hingga harum
  • Masukkan udang, ayam, aduk rata
  • Masukkan air 300 ml
  • Masukkan rebung, kecap dan semua bumbu]
  • Aduk dan masak hingga kuah hampir habis
  • Terakhir tambahkan 2 butir telur, otak arik dulu di pinggir pan..baru di aduk rata kembali hingga tumisan benar2 kesat dan tidak berair
  • Cek rasa..
  • Dinginkan
  • Ambil selembar kulit lumpia..beri isian secukupnya, gulung..lem ujungnya dengan putih telur
  • Goreng hingga matang dan renyah.

Selain itu gunakan minyak berkualitas. Andalanku minyak goreng FORTUNE (IG @fortunecermat) dong agar hasil gorengan lumpianya garing dan gurih maksimal...πŸ’•πŸ’• Cobain yuk, Bu!

0

Thursday, June 3, 2021

Onde-Onde

 

Onde-Onde isi Kumbu Kacang Merah

Selamat Sore Ibu CerMat!

Lanjut ya BunπŸ˜ƒ Aku mau share resep aneka gorengan favorit khas Nusantara favorit keluargaku di rumah.

Selain gorengan yang gurih di rumah juga suka nih aneka gorengan manis, seperti Onde-Onde ini. Nah, biasanya Onde-Onde isi kumbu kacang hijau ya, kali ini aku mau buat beda Onde-Onde-nya dengan isiannya kumbu kacang merah. πŸ˜‹ Rasanya gak kalah legit, lho, Bun ... Bener.

Perpaduan kulit Onde-Onde yang kress di luar dan lembut di dalam... Bikin ketagihan, harus dicoba! Buat di rumah, yuk!

Bahan isi:
  • 250 gram kacang merah, rendam hingga mekar
  • Presto 30 menit
  • Haluskan
  • 100 ml santan
  • 100 gram gula
  • 1/2 sdk teh garam
  • 2 daun pandan
Cara Membuat:
  • Masak semua bahan di atas, sambil di aduk2 terus hingga kesat
  • Dinginkan
  • Timbang 20 gram, bentuk bulat

Bahan kulit:
  • 240 gram tepung ketan
  • 180 ml air hangat
  • 1 sdk mkn minyak
  • 1/4 - 1/2 sdk teh garam
  • 50 gram gula pasir
Cara Membuat:
  • Campur tepung, gula, garam
  • Tambahkan air panas sedikit demi sedikit, sambil di uleni hingga Kalis lembut
  • Masukkan minyak
  • Aduk rata
  • Timbang 25 gram adonan
  • Pipihkan, beri satu bulatan isian
  • Tutup dan bulatkan kembali
  • Celup ke air
  • Gulingkan ke wijen
  • Goreng hingga matang dan luar renyah

Aku goreng Onde-Onde pakai minyak goreng IG @fortunecermat dong, pastinya, karena warna yang dihasilkan cantik gak kusut dan luarnya garing kres ❤️ renyahnya juara🀀! Selamat mencobaπŸ˜‰

0

Ote-Ote Porong

Ote-Ote Porong

Selamat Sore Ibu CerMat,


Menu camilan favorit di rumahku sudah pasti gorengan Ibu-Ibu Cermat. Bikinnya cepat, mudah dan pasti habis.πŸ˜…

Nah, kemarin aku janji mau share resep aneka Gorengan Nusantara favorit keluargaku ... Ya, kali ini aku buat Ote-Ote ala Porong. Tapi ini versi isian ayam aja. Makin enak aku tambah pakai jamur. Wah, makin sip rasanya.🀀

Jadi Ote-Ote ini beda ya dengan Pi-Pia Semarang yang aku share beberapa waktu lalu. Pia-Pia itu mirip adonan bakwan sayur yang dicetak bertoping udang. Kalau Ote-Ote Jawa Timur ini ada isian di dalamnya. Adonannya juga beda lho! Dicatet ya .... HeHe

Ote-Ote ala Porong ini pakai campuran kedelai yang diblender, jadi rasanya unik dan makin gurih.

Yuk, langsung dicoba ya, Bu!

Bahan isi:
  • 150 gram ayam rebus, cincang
  • 150 gram jamur merang/ kancing, rebus dengan 1/4 sdk teh garam, cincang halus
  • 3 bawang putih, cincang
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • 2 sdk mkn kecap manis
  • 1 sdk mkn saus tiram
  • 1/4 sdk teh minyak wijen
Cara Membuat:
  • Tumis bawang putih hingga matang
  • Masukkan ayam dan jamur
  • Masukkan kecap dan semua bumbu
  • Tidak perlu air, cukup di tumis aja hingga meresap bumbunya
  • Cek rasa, dinginkan
Bahan adonan:
  • 100 gram kedelai, rendam hingga mekar, lalu blender halus dgn 100 ml air
  • 150 gram tepung beras
  • 150 gram tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • Sedikit garam
  • 1/2 sdk teh gula pasir
  • 1/2 sdk teh merica
  • 150 ml air
Cara Membuat:
  • Aduk rata semua bahan
  • Cek rasa dengan cara menggoreng sedikit adonan
  • Panaskan minyak, celup cetakan ote2 sendok sayur aluminium ) di minyak panas ..diamkan beberapa saat
  • Angkat cetakan, tuang adonan, setengah , beri isian tumisan ayam jamur, tambahkan irisan daun bawang.. tutup dengan adonan hingga penuh
  • Celupkan kembali ke minyak panas, goyang2 cetakan hingga adonan terlepas
  • Goreng 3-4 Ote2 sekali goreng
  • Lalu goreng hingga bagian luar renyah
  • Angkat, sajikan dengan cabe rawit.
Video Resep bisa dilihat di: https://www.youtube.com/watch?v=Js28rqjaPPc

Info penting, nih! Aku menggoreng Ote-Ote ini pakai minyak goreng Fortune lho! Selalu jadi andalanku banget tiap buat aneka gorengan. Hasil gorengan jadi cantik dan garing renyah maksimal... Selamat mencoba ya πŸ’•πŸ’•

0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel