Google Ad

Wednesday, August 19, 2020

Ayam Goreng Kalasan

Ayam Goreng Kalasan


Sore,

Menu makan malam hari ini gaes ... Ayam Goreng Kalasan versi gurih manis...๐Ÿ’•


Kalau makan di resto Ayam Kalasan terkenal di Semarang sini, ada dua versi ayam goreng, ada yang gurih, dan ada yang gurih manis. Nah kali ini aku buat yang versi gurih manis, enak banget gurih dan semburat rasa manis yang halus. Pastinya banyak yang akan suka. ๐Ÿ’•

Bahan :
  • 1 ekor ayam pejantan / atau pakai kampung ya lebih enak, potong jadi 4 bagian
  • 2 daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdk mkn air asam Jawa
  • 800 ml air kelapa
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • 1 sdk teh garam
  • 40 gram gula merah

Bumbu Halus :
  • 8 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 1 sdk teh ketumbar
  • 4 kemiri sangrai

Cara Membuat :
  • Masukkan semua bahan ke panci
  • Masak api kecil hingga kuah habis..cek rasa di waktu tengah2 memasak ya
  • Dinginkan
  • Goreng hingga matang , api jangan terlalu besar agar tidak mudah gosong, karena ayam agak manis ya
  • Sajikan dengan sambal sesuai selera
Selamat mencoba !
58

Monday, August 17, 2020

Sop Sosis

 

Sop Sosis

Sore, 

Menu Yodha sore ini adalah Sup Sosis, hawanya sedang gak bersahabat ya teman-teman, jadi masak yang hangat-hangat dulu ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Mumpung masih momen 17 Agustus nich, Dirgahayu untuk Indonesia Raya tercinta ! 

Pas banget punya sosis merah putih ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Bahan :
  • 10 buah sosis kecil merah putih..belah jadi 6 tanpa putus
  • 50 gram pasta, bisa makaroni atau bentuk kerang, spiral dll
  • 2 wortel, potong dadu
  • 50 gram kacang polong atau ganti jagung, buncis..dll
  • 1200 ml air kaldu
  • 3 bawang putih, cincang
  • 1/2 bawang bombai, cincang kasar
Cara Membuat :
  • Tumis duo bawang hingga harum
  • Masukkan air kaldu ayam
  • Bumbuin garam 1 sdk teh, kaldu ayam / jamur 2 sdk teh, gula pasir 1 sdk teh ..( di koreksi aja di akhir )
  • Tambahkan merica bubuk 1/2 sdk teh, pala bubuk 1/4 sdk teh 
  • Masukkan pasta 
  • Setelah agak empuk masukkan sayuran
  • Terakhir masukkan sosis agar bentuk bunganya tetap cantik gak terlalu mekar
  • Cek rasa
  • Sajikan hangat
Selamat mencoba!
2

Pucung Gabus

Pucung Gabus

Malam, 


Salah satu kuliner unik dari Betawi, Pucung Gabus...๐Ÿ’•

Menu ini bahan utamanya Ikan Gabus, atau kalau di Jawa namanya Ikan Kutuk, kalau di tempat teman-teman apa namanya, mungkin beda lagi ya?

Bumbu utama pakai kluwak, jadi warna kuah coklat kehitaman, rasanya enak, unik seger, apalagi kalau nyeplus cabe rawit, mirip brongkos tapi tanpa santan...๐Ÿ’•

Pucung Gabus ini adalah resep peserta giveaway Mba Rani dari Betawi, tapi takaran bumbu aku sesuaikan ya, karena ikan yang aku masak agak kecil ukurannya..

Bahan :
  • 2 ekor ikan gabus, potong2..lumuri sedikit air jeruk nipis
  • 2 daun salam
  • 2 sereh
  • 2 daun jeruk
  • 2 daun salam
  • 2 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 600 ml air
  • 10 cabai rawit
  • 1 daun bawang
  • 1 tomat
Bumbu halus :
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 3 kemiri sangrai
  • 1/2 sdk teh ketumbar bubuk
  • 1/2 sdk teh terasi
  • 2 cabe merah
  • 1 cm kunyit
  • 1 cm kencur
  • 4 kluwak
Cara membuat :
  • Goreng ikan gabus setengah kering ( opsional bisa langsung masuk kuah, tapi karena aroma ikan gabus cukup kuat, aku goreng dulu )
  • Tumis bumbu halus hingga harum
  • Masukkan air, bumbu2 lainnya, kecuali daun bawang dan tomat
  • Didihkan
  • Masukkan ikan
  • Masak hingga meresap
  • Cek rasa
  • Masukkan terakhir daun bawang dan tomat
Selamat mencoba!

3

Mangut Belut

Mangut Belut


Sore...

Ini bakalan menu makan malam nanti, Mangut Welut Asap (Belut) favorit suamiku, kalau Yodha minta menu sendiri gak mau Mangut Belut, mau masak kwetiau sendiri dia ๐Ÿคฃ

Gorengan sedikit itu di slide ketiga perkedel teri nasi basah lagi musim juga nich di Semarang Teri Basah...๐Ÿ’•

Perkedel Teri Nasi

Mangut Welutnya aku pakai bumbu ulek kasar aja, seperti di warung-warung yang jual mangut di Semarang sini. Sudah persis di Warung Bu Fat kan teman-teman? ๐Ÿคฃ

Mangut Belut


Mangut Belut

Bahan :
  • 500 gram welut asap, potong2
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 5 belimbing wuluh, potong2
  • 1000 ml santan sedang
  • 1 sendok makan gula merah
  • 2 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
Bumbu, diulek kasar :
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 10 buah cabai rawit merah ( sesuai selera pedasnya )
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 cm jahe
  • 1 cm lengkuas
  • 2 cm kunyit
  • 1/4 sendok teh merica butiran 
Cara Membuat :
  • Cuci bersih belut, rebus di air mendidih plus jahe geprek sebentar agar tidak amis
  • Tumis bumbu hingga harum dan matang. Masukkan daun jeruk, serai dan santan
  • Didihkan. Masukkan belut asap dan semua bumbu lain
  • Masak dengan api kecil hingga meresap dan kuah menyusut.
  • Koreksi rasa
  • Sajikan hangat dengan nasi putih
Selamat mencoba!

Oh ya... mangkuk dan piring cakepnya aku pakai dari SANGO (IG) @sango_id,  dan ada kabar gembira nich teman-teman yang di luar kota, sekarang (IG) @sango_id udah bisa dibeli secara online, jadi yang biasanya penasaran kalau aku post liputan keramik Sango di showroom Semarang, sekarang sudah bisa borong via online lho ... Yuk langsung cek aja di IG-nya, atau via Tokopedia juga bisa, malah lagi ada diskon nich hingga 75% untuk event TokopediaXparentstory ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ฎKeren banget kan ?! Sekarang teman-teman bisa koleksi aneka produk Sango .. seperti aku dech.. ๐Ÿ’•
2

Jangan Asem Kangkung

Jangan Asem Kangkung

 

Pagi, 


Sudah sarapan belum teman-teman? Yuk mari sarapan di rumahku aja ya...๐Ÿคฃ

Jangan Asem Kangkung

Kalau Sayur Asem kan ala Sunda, ala Betawi ya biasanya, tapi kalau ini Jangan Asem Jowo, Sayurnya beningan tapi pakai asem jadi seger rasanya ... biasanya isinya apa aja ... sesuai stok sayuran yang ada saja, bisa labu siam, jagung, kacang panjang, daun glandir, bahkan kangkung juga enak, dll. Tapi yang khas itu ada toge dele, ini yang bikin sedep...๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Ya udah, tak tinggal goreng ikan asin ya...๐Ÿคฃ

Bahan :
  • 1 ikat kecil kangkung,
  • 5 lonjor kacang panjang
  • 50 gram gram toge dele
  • 1 tomat
  • Boleh tambah atau ganti sayuran lain misal .. wortel, jagung...labu siam..dll
  • 1000 ml air
Bumbu :
  • 6 bawang merah, iris
  • 2 bawang putih, iris
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 daun salam
  • 1 sdk mkn air asam kentel
  • 2 sdk teh garam
  • 1 1/2 sdk mkn gula pasir
  • 1/2 sdk teh kaldu jamur (buat ganti penyedap, cocok untuk masak sayuran gini, gurih ringan dan seger)
Cara Membuat :
  • Didihkan air
  • Masukkan semua bumbu
  • Masukkan sayuran
  • Masak hingga meresap
Mudah kan? Selamat mencoba ! Jangan lupa lauknya pakai bakwan kriuk yaa... !


Bakwan Kriuk.
2

Friday, August 14, 2020

Bacem Tahu Tempe

Bacem Tahu Tempe

 Malam,


Resep ini buat teman-teman yang request resep Bacem Bumbu Iris kemaren ini ya ... 

Jadi ini cara membuat bacem ala ibuku dan tempatku di Yogya. Dulu sampai di luar kepala dari jaman kecil udah bisa bantu ibu bikin bacem, kadang belum di goreng aja udah enak dicemilin pas anak-anak๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Bacem bumbu iris ini hasil bacemannya jadi cantik bersih dan rasanya gurih ringan, enak, paling cocok untuk dijadikan cemilan, di makan anget-anget sambil nyeplus cabe rawit ijo ๐Ÿ˜‹ ๐Ÿคฃ atau untuk makan jadah, untuk campuran tahu guling kemaren juga sip.

Bahan :
  • 10 tahu
  • 10 tempe
  • Air kelapa 1000 ml
  • Plus tambah air hingga tahu dan tempe terendam ya
  • Gula merah yang warna gelap 100 - 150 gram, sesuai selera manisnya
  • 6 bawang merah, iris
  • 3 bawang putih, iris
  • 1/2 sdk teh ketumbar bubuk
  • 3 cm lengkuas, geprek
  • 3 daun salam
  • 1 sdk teh kaldu sapi..ini opsional...tapi lebih enak jika pakai
  • Garam 1 sdk teh..atau secukupnya..nanti di cicipi saja pas masak ya...
Cara Membuat :
  • Masukkan semua bahan ke panci..kalau aku suka pakai panci yang agak dalam, jadi bisa terendam rata. 
  • Terus masak api kecil hingga kuah menyusut habis jika mau langsung goreng..jika mau di simpan dulu semalaman, sisakan kuah untuk merendam esok harinya dipanaskan kembali hingga kuah habis baru di goreng sebentar saja hingga kecoklatan
Note :

Sebenernya warna Bacemnya bisa lebih gelap lagi kalau di inapkan dulu semalaman di rendam kuahnya..tapi kemaren aku bikin ini langsung goreng..jadi belum coklat banget tahunya...kalau tempenya udah lumayan coklat ya ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

Selamat mencoba!
4

Thursday, August 13, 2020

Tahu Guling

 

Tahu Guling

Siang,

Pengumuman #giveawaybundadidi2020 nanti malam ya teman-teman mau aku tambah lagi ada hadiah hiburan untuk 2 pemenang karena menunya unik-uni ๐Ÿ’• Jadi total hadiah utama 4, hadiah pan granit keren 6, plus hadiah hiburan ya..2 lagi ..๐Ÿ˜ƒ

Sekarang maksi dulu yukkk, nich hari ini aku bikin Tahu Guling kebetulan pas Minggu kemaren ke pasar Ungaran, dan biasa borong kupat kalau ke sana. Karena hanya di pasar Ungaran yang selalu ada yang jual ketupat setiap hari..๐Ÿ’•

Tahu Guling ini menu khas Yogya... biasanya kalau di rumahku pas Lebaran dalam rangka ngabisin Kupat dan udah mblenger menu Lebaran..๐Ÿ˜…

Tapi setiap hari pun banyak yang jual Tahu Guling gini...bedanya dengan Kupat Tahu Magelang..Tahu Guling biasanya pakai Tahu dan Tempe Bacem..terus kuahnya kuah kecap aja gak pakai campuran kacang tanah...bumbu utamanya yang wajib daun jeruk, jadi kuahnya terasa seger wangi daun jeruk

Rasanya seger pedes manis gurih kuahnya enakkk ๐Ÿ’•

Yodha suka Tahu Guling sejak ke rumah Budhenya di Yogya disuguhin ini karena Budhenya gak masak lain dan tak kode jangan di masakin lain .. biar makan seadanya.. akhirnya Yodha mau dan jadi malah suka sampai sekarang ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ..maklum kalau di Semarang dulu kalo aku masak gini, misal aku suruh makan dia suka ngeles penampakannya aneh katanya dan bisa masak sendiri yang lain.. sekarang dia malah sekarang suka request .. kupat tahu ala Budhe Yogya katanya ๐Ÿ˜…๐Ÿคญ

Untuk Tahu Guling gini...Tahu Tempe Bacemnya yang medok di inapkan dulu lebih enak..tapi jangan terlalu berbumbu..biar gak kontras dengan bumbu kuah Tahu Guling nya. Kalau aku pakai bumbu bacem iris aja tanpa kemiri..jadi rasanya gurih manis ringan...gak mblenger bacemannya..jadi pas di padu bumbu Tahu Guling ini.

Bahan :
  • 4 ketupat, iris
  • Kol iris halus mentah
  • Sledri iris
  • Bawang goreng
  • Taoge pendek, seduh
  • Tahu dan tempe bacem secukupnya
  • Krupuk

Bahan Kuah :
  • 1000 ml, gula merah 100 gram,
  • 2 bawang putih, haluskan
  • garam 1 sendok teh,
  • 4 daun jeruk, haluskan
  • 5-10 cabai rawit, lebih enak sedep yang rawit ijo
Cara Membuat:
  • Rebus hingga mendidih
  • Tambahkan kecap manis sesuai selera, cek rasa..hingga gurih manis pedes sedep rasanya
  • Sajikan kupat, dkk bersama kuah
Selamat mencoba!

1

Tuesday, August 11, 2020

Oseng Pindang Belimbing Wuluh

 

Oseng Pindang Belimbing Wuluh

Siang teman-teman, maksi dulu yuk ...

Karena Yodha minta ayam goreng lagi, terpaksa aku bikin menu ini aja (aku sedang mblenger ayam) ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Punya pindang tongkol gede-gede banget, aku belah, buang durinya, terus dipotong-potong, terus digoreng, lalu dioseng pedes banget pakai belimbing wuluh, mumpung cabe rawit lagi murihhh bingitz๐Ÿ˜…๐Ÿ˜ƒ

Enak banget teman-teman pedes gurih puedess ada semburat rasa asam dari belimbing wuluh, enakkkk , wis tak foto dari berbagai posisi ini...๐Ÿคญ

Oseng Pindang Belimbing Wuluh

Bahan :
  • 2 pindang tongkol besar (kalau kecil-kecil ya seberapa aja boleh ๐Ÿ˜ƒ), Pindang di belah, buang ingsang dan kepalanya, potong-potong. Karena Pindangnya ini agak besar..walau fresh tapi agak tawar rasanya..jadi tak rendam air garam plus bawang putih halus dulu baru tak goreng, karena aku suka rasa Pindang yang gurih agak asin. Tapi kalau tidak suka .. langsung goreng aja.
  • 100 gram cabe rawit (kalau mau lebih atau kurang ya boleh)
  • 8 bawang merah
  • 4 bawang putih, iris semua bumbu
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 2 daun salam
  • 8 belimbing wuluh, potong-potong
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk teh gula
  • 2 sdk mkn kecap / sesuai selera
  • 250 ml air
Cara Membuat:
  • Tumis bumbu iris... masukkan lengkuas, salam..gula
  • Masukkan bumbu2
  • Masukkan ikan, belimbing wuluh, kecap...masak api kecil hingga meresap..kuah menyusut
  • Cek rasa
  • Sajikan segera
Selamat mencoba!
1

Monday, August 10, 2020

Sambal Tumpang Koyor

Sambel Tumpang Koyor

Resep Nasi Koyor Semarang ala Bunda Didi

Sore, sesuai janjiku tadi aku mau posting menu olahan koyor serta mengulas koyor dari bentuk mentahnya hingga proses memasaknya ya teman-teman... ๐Ÿ’•

Jadi di Semarang, selain aneka olahan babat yang terkenal masih ada juga menu Nasi Koyor .., yang tentunya tidak kalah legendaris.

Nah banyak yang menjual Nasi Koyor, ada yang goreng (kesukaan suamiku), ada yang berkuah kental seperti yang aku bukin ini. Kali ini aku masak versi yang berkuah ya teman-teman, simak tips dan resepnya di video link ini : https://www.youtube.com/watch?v=XOlCG2cLyFw ini ya.

Oh ya, banyak yang kesulitan cari koyor kan? Tenang, aku kasih tahu tempat belinya yang berkualitas bagus, bersih dan hygienis ya, yaitu di (IG) @sapi_eyangdjono seperti yang terlihat di video ini ya ... bener-bener fresh dan bersih.

Selain koyor, ada Tapak Walang juga ya, mirip seperti koyor dan bisa juga di masak seperti olahan ini, serta daging-daging lain seperti daging Haas Dalam untuk steak, dll. Cek langsung di IG @sapi_eyangdjono ya atau WA 081233872098 ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Oh ya takaran bumbu aku tulis di sini ya, tapi cara masak seperti di video di link di atas.๐Ÿ’•

Bahan :
  • 1 kg Koyor, presto 10 menit..dari panci presto mulai berdesis, setelah dingin, potong sesuai selera.
  • 2 daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 2 sereh
  • 2 daun jeruk
  • 40 gram gula
  • 800 ml santan sedang jangan kental
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • secukupnya garam
  • 2 sdk mkn kecap manis

Bumbu Halus :
  • 8 bawang merah
  • 4 bawang putih
  • 6 Kemiri
  • 1 sdk teh ketumbar
  • 1/2 sdk teh merica
  • 1/4 sdk teh jintan
Cara membuat seperti di video link : https://www.youtube.com/watch?v=XOlCG2cLyFw .

Selamat mencoba!


3

Google Ad

Visit Our You Tube Channel