Google Ad

Wednesday, July 30, 2014

Menu Daur Ulang Sisa Masakan lebaram


Selamat Idul fitri ya teman2..kemaren..maaf nich telat ya ngucapinnya. Mohon maaf lahir batin..jika ada salah2 kata atau hal lain yang aku nggak sengaja..mohon di maafkan ya..dan mari kita mulai lagi lembaran baru..dengan semangat baru juga.
14

Friday, July 25, 2014

Udang Bakar


Wua..deket2 lebaran..pasti teman2 yang merayakan lebaran di rumah..pasti semakin semangat dan sibuk ya..dengan persiapan menu2 lebaran...beda denganku yang malah kendor semangat di dapurnya..hihi. Karena apa..ya..nggak pernah masak buat lebaran di rumah..karena lebaran selalu di rumah mertua. Jadilah kalau deket2 lebaran gini aku malah ndak ke pasar..soalnya takut sisa aja bahan2 kalau di tinggal mudik nanti..jadi..cuma menghabiskan bahan2 yang ada aja..kalau masak..kalau nggak ya beli aja lauk. Selain itu sudah pasti..harga2 di pasar melonjak ngeri ya teman2..kalau udah deket2 lebaran gini..hihi..untung di freezerku masih nyimpen daging..udang..ikan dll..hasil belanja harga normal minggu kemaren..hihi.
4

Thursday, July 24, 2014

Sup Iga Bakar Spesial


Sup iga bakar ini adalah menu favorit keluargaku di rumah..jadi jika ada acara khusus atau kumpul2 dengan keluarga..sup ini jadi salah satu menu wajib dech untuk di sajikan. Untuk sup iga bakar ini...bisa di variasikan dengan berbagai rasa juga lho teman2..agar tidak bosan. Misal..sup iga bakar bumbu barbeque..bumbu pedas..madu dll.

14

Wednesday, July 23, 2014

Kacang Mede Telur Pedas


Udah semingguan mede yang ku beli nich masih nganggur di dapur..rencana sich mau buat cookies coklat mede..tapi kok bahan2 lain habis belum belanja..yo wis..di berdayakan dulu kacang medenya jadi kacang mede telur pedes manis. Gara2 pas ke pasar kemaren di pasar liat orang2 pada heboh beli mede..hihi. Mahal amat yak..125 ribu per kg. Kalau aku beli di TBK cuma per ons gitu..hihi..kemaren2..ada tiga bungkus..jadi lumayan di buat kacang mede telur..dan langsung habis dech di makan berdua sama suami..sorenya..lha aku dan suami sama2 penggemar mede gitu lho. Tapi memang..dari kecil aku suka kacang mede ini. 
12

Tuesday, July 22, 2014

Menu Lebaran



Menu2 rangkuman untuk  lebaran nich teman2..biar lebih mudah ya..carinya..di blog. Soalnya aku kalau deket lebaran malah nggak masak berat..soalnya di rumah mertua aja. Silahkan di pilih yang kira2 sesuai selera..tinggal di klik aja dech..menu2 lebaran ala Diah Didi's Kitchen ya.....^^

Empal Kelem resep klik di SINI

Kare Ayam resep klik di SINI

Terik Daging resep klik di SINI

Lontong Opor Tuyuhan resep klik di SINI

Tongseng Iga Bakar resep klik di SINI

Nasi Ayam Semarangan resep klik di SINI

Nasi Liwet Solo resep klik di SINI

Ayam Bumbu rujak resep liat di SINI

Ayam Bakar Bumbu Bacem klik di SINI

Ayam Bakar Bumbu Terik klik di SINI

Ayam Taliwang resep klik di SINI

Nasi Gandul resep klik di SINI

Pindang Ayam Kudus klik di SINI

Pindang Daging  klik di SINI

Pindang Iga Cemplung resep klik di SINI

Sambal Goreng Ati klik di SINI

Gudeg Komplet klik di SINI

Sambel Goreng Kering klik di SINI

Sambel Goreng kreni klik di SINI

Semur Betawi klik di SINI

Malbi klik di SINI

Semur Bola Bola Daging klik di SINI

Lontong Sayur klik di SINI

Sayur Godog Betawi / Labu siam klik di SINI

Rawon Iga klik di SINI

Pindang Bandeng klik di SINI

Empal  Gepuk klik di SINI

Babat iso bacem klik SINI

Babat Gongso klik di SINI

Sup Pecok Ayam klik di SINI

Steak Daging Cincang klik di SINI

Steak Kakap klik di SINI

Udang kremes klik di SINI

Empal Gentong klik di SINI

Soto Betawi klik di SINI

Tengkleng Solo klik di SINI

Sambel udang dan petai klik di SINI

Ayam Goreng Bogor klik di SINI

Bakso Goreng Kuah  klik di SINI


Ok..semoga bermanfaat ya teman2..jika belum lengkap..silahkan di search aja sendiri di blog ya..menu2 lain yang ingin di masak..^^



18

Brongkos Pedas


Brongkos..termasuk salah satu menu favorit di rumah..aku dan suami suka..Yodha pun doyan gitu. Jadi sering banget masak ini. Biasa masak brongkos banyak sekalian..karena kalau di panasin itu makin enak jika udah nginep brongkosnya. Isian brongkos bisa di buat sesuai selera..mau daging aja..aneka sayuran..tahu..telur dll. Nah..kalau aku suka banget brongkos campur..yang isinya rame. Seru aja makannya..satu sayur tapi ketemu macam2 bahan yang beda2 rasanya..tapi ketika di satukan di masak brongkos..kok ya jadi klop aja rasanya.

11

Monday, July 21, 2014

Kue Kering Kacang Vanilla Praktis


Wah..bentar lagi lebaran ya teman2..hihi..eh masih semingguan lagi ding. Tapi kok ya belum ada tabungan kue kering sama sekali...biasanya udah berjejer dech toples2 di meja. Sampai2..buat mba art ku, tukang kebun..tukang sayur..satpam dll..wis..kasih mentahan aja buat lebaran...hihi. Biasanya udah tak kasih kue2 seminggu sebelum lebaran gini. Tapi ndak apa2..alhamdulillah aja di syukuri kesibukan positif di bulan puasa ini. Baiklah..karena semua udah beres..mari kita baking lagi yukk...lumayan masih bisa buat oleh2 mudik. Kalau mertua taun ini minta di buatin kue2 basah aja..jadi malah enak..bisa deket2 lebaran bikinnya. Nah..biar semangat..kali ini yang super duper praktis dulu..yaitu kue kacang. apa bedanya dengan kue kacang yang dulu udah pernah ku posting...jelas beda..lebih mudah..praktis dan cepat bikinnya..karena pakai selai kacang aja..untuk menggantikan kacang tumbuknya. Rasanya..sama enaknya kok. Jadi nggak perlu lagi nyangrai kacang..ngupas..dan menghaluskannya. Cara membuatnya juga mudah saja..tinggal aduk2 semua bahan..cetak..panggang dech..dan jadilah kue kacang yang gurih dan lumer di mulut. Biar beda sama kuekacang klasik..aku tambahin vanilla juga buat aroma..hemmm tambah harum dech..^^

14

Sunday, July 20, 2014

Pengumuman Give Away Diah Didi' Kitchen


Hai..hai teman2..yang ikutan giveaway pertamaku..dalam rangka 4 th Diah Didi's Kitchen Anniversary...sekalian syukuran ultah yang punya blog..hihi. Mari merapat...ini dia hasil undiannya ya. Semua peserta yang setor cerita dan foto dari awal di buka give away sampai di hari deadline..udah ku catat ya semuanya..dan..setelah di undi..ini dia para pemenangnya. Buat Yang udah ikutan makasih semuanya...buat yang belum beruntung..semoga bisa ikutan lagi di give away selanjutnya ya..semoga ada kesempatan lagi untuk sedikit berbagi.

Buat yang menang..aku tunggu inbox alamat lengkap ya..sama no hape ..di tunggu sampai akhir bulan Juli nich ya..pengiriman hadiah di lakukan setelah lebaran jika kurir udah normal tarifnya... Buat teman2 yang tinggal di luar negeri dan menang..kasihnya alamat di Indonesia aja ya..

Oh ya..tadi ngundinya aku minta tolong sama salah satu pembaca Diah Didi's Kitchen..yang kebetulan tinggalnya nggak jauh dari rumahku..yaitu mba Elmi...cuma beda RT gitu tinggalnya. Aku kenal mba Elmi..juga karena mba Elmi ini sering baca blog aku..terus sering chatingan di google plus dulu dan taunya bhwa ternyata tinggalnya ndak jauh dari rumah ku..alias tetanggaan beda RT. Makasih ya mba Elmi..udah mau repot datang bantuin ngundi hadiahnya. Kemaren rencana mau ngundang temen2 lain..tapi malah sibuk jualan dari kemaren tuch..hihi..sampai hari terakhir minggu ini kok ya masih sibuk kirim2 barang dan packing. Akhirnya aku minta tolong ke mba Elmi aja..yang rumahnya paling deket sebagai saksi pengundian hadiah giveaway pertamaku ini...dan ini dia hasilnya ya teman2..setelah di undi..:

1. Vina Van Helen
2. Nesh Martini
3. YeNny Herma
4. Grandnie Nawa
5. Heni Puspita
6. Dwi Setyaningsih
7. Latifa Dinar
8. Eka Setiawati
9. Nieke Essy
10. Nisak Nita
11. Indah Nuria Savitri
12. Anna Yellita
13. Uniek Kaswarganti
14. Mery Agustian
15. Cahyaning Er
16. Pungky Prayitno
17. Eka Oktavia R
18. Dina Diana
19. Yulia Listiana
20. FadLun FayoLa
21. Puji Rahayu
22. Lianny Hendrawati
23. Lani Rusmiyati
24. Rere Suherman
25. Lies Wahyoeni
26. Christina Setya Ririn
27. Ching Dewi Aryaningrum
28. Wening Tyas Suminar
29. QieQie Baraba
30. Beqthie Aja
31. Yulie Abhistawa
32. Zuhanna Priit Apikecil
33. Prasasti Dona
34. AldiTina Azrialdi
35. Cucuthnya Echa
36. Zahra
37. Rien Yang
38. Lupna Diana
39. Yahyah Farinda
40. Tri Yunianti
41. Farida Kurniawati
42. Dian Khusniyati
43. Leonora Sihotang Lhuillier
44. Ina Zulaehah
45. Winursih UwienBudi
46. Raden Ayu Reena Riandra
47. Paramita Anugrah
48. Retno Evie
49. Indri Patriyastantri
50. Riska Yunita
49

Saturday, July 19, 2014

Pisang Aroma Gula Merah


Wah..sebenernya udah pengen masak macam2 yang ribet2 lagi..tapi kok ya kerjaan belum habis..hihi. Tapi ya alhamdulillah..last order sebelum lebaran ini malah ada yang order tepung kentang dalam jumlah banyak..hihi..rejeki..jangan di tolak ya..hayukk semangat packing barang lagi..* Menyemangati diri sendiri..hihi..* Baiklah..tapi kalau nggak update blog sehari aja  juga ada yang kurang kayaknya...jadi aku posting resep yang super duper mudah dan sederhana dulu ya teman2..tapi rasanya..istimewa lho..hihi.

Kali ini buat menu takjil nich kan suka yang manis2 pastinya..aku buat pisang aroma gula merah. Maksudnya gimana tuch ?..Begini..pisang aroma itu kan biasanya isinya selain pisang pakai meises..atau keju..nah..biar beda..rasanya..aku coba..pakai pisang dan gula merah aja buat isiannya..hemm..ternyata enak sekali juga lho teman2..tambah harum khas gitu. Legit dech isian pisang raja yang matang dan harum..di padu gula merah yang legit..terciptalah harmoni yang indah di mulut ketika kita makan..hihi. Cobain dech..enyak..^^

Ini dia resepnya ya..pakainya pisang raja yang matang dan harum ya..pasti sipp rasanya. Selamat mencoba teman2..^^
Pisang Aroma Gula Merah 

Bahan :
10 buah kulit lumpia siap pakai
5 buah pisang raja yang matang sekali dan harum, belah 2
Gula merah 50 gram, sisir halus ( secukupnya )
1 sendok makan margarin untuk olesan
Putih telur secukupnya untuk perekat

Cara membuat :
Siapkan satu lembar kulit lumpia, beri 1 potong pisang, olesi dengan sedikit margarin, taburi dengan gula merah sisir secukupnya ( jangan banyak2 ya..nanti terlalu manis, karena pisangnya sudah manis )
Gulung memanjang , lem ujung2nya dengan putih telur.
Goreng di minyak panas hingga matang  dan renyah luarnya. Sajikan hangat agar masih teras kriuk2nya ya ..^^

10

Friday, July 18, 2014

Ayam Rica



Wah..gara2 sibuk jualan..jadi nggak sempat masak macam2 nich..hihi. Tapi tenang teman2..hari ini dan besok kok terakhir pengiriman paket sebelum lebaran. Jadi seminggu besok bakal mulai masak2 lagi..hihi. eh tapi ada hikmah baiknya juga lho..sibuk jualan tepung nich kan jadi jarang masak atau masak yang simpel2 aja 2 minggu kemaren..hasilnya...bb ku udah turun 3 kg lho...horeeee..hihi..moga2 aja pas lebaran bisa langsing gitu..lol..!
8

Thursday, July 17, 2014

Buk Ber Kelas 3 SD Semesta


Kemaren kelas Yodha di SD Semesta ngadain buk ber..alias buka bersama...wah..seru sekali...bisa saling silaturahmi dan berkumpul bersama di bulan Ramadhan kali ini. Kebetulan pas kelas 3 ini di gabung jadi satu..kelas A dan B...jadi biar makin erat tali silahturahmi di adakan acara bukber ini. Acara buk ber kemaren di rumah Bunda Nadia yang asri dan cozy banget..hihi. Makasih ya Bun..atas udangannya..dan juga buat bunda2 yang lain..seneng sekali bisa berkumpul dan seru seruan bersama...yukk..kapan makan2 lagi ya..hihi.
20

Wednesday, July 16, 2014

Puding Belang Ijo


Wua..udah jam segini...baiklah..di sela2 sibuk ngurusi pengiriman barang..dll..masih sempat update 1 resep ya..hihi..sapa tau ada yang nunggu2 resep hari ini teman2..*geer dah..*..haha.
8

Tuesday, July 15, 2014

Bakso Goreng Campur Campur


Kemaren itu aku nyoba tepung bakso dari produsen tepung supplierku..baru order dikit sich soalnya baru mau uji coba. Pertama aku ya nanya ke produsennya..apa itu tepung bakso..tak kira itu tepung berbumbu khusus buat bakso.. kayak aciku punya mba Dewi itu. Ternyata bukan tepung bakso ini adalah tepung campuran antara sagu dan tapioka dengan perbandingan tertentu..sehingga udah mix gitu. Dan kata produsennya ini tepung biasa di jual ke penjual bakso atau penggilingan bakso di pasar gitu..pakainya tepung ini. Baiklah aku coba..pengen tau bedanya di banding pemakaian tapioka di bakso.

29

Monday, July 14, 2014

Resep Klappertaart Klasik Ala Diah Didi's Kitchen Di Tabloid Cempaka



Buat teman2 yang mengalami kesulitan membuat klappertaart klasik...bisa cari tabloid Cempaka edisi minggu ini ya..untuk rubrik selera, Rubrik *selera* ini biasanya di isi oleh para chef hotel2 berbintang atau resto2 terkenal lho teman2..kalau di tabloid Cempaka ini..jadi..alhamdulillah..resep Diah Didi's Kitchen, yang cuma dapur rumahan biasa nich..hihi..bisa di tampilkan di situ. Di situ ada satu resep lagi dari Diah Didi's Kitchen dengan step by step dalam pembuatan klappertaart. Tapi ndak ada fotoku pas masak lho teman2..cuma keliatan tanganku aja..hihi. Soale yang di potret cuma prosesnya. Kebetulan 2 minggu an yang lalu kan ada wartawan dan photographer yang meliput aku ketika lagi bikin klappertaart ini di dapurku. Wah..enak juga sich ya..kalau ada yang motretin ya..bisa bikin dan posting resep lebih detail gitu di blog..step by step gitu..jadi lebih mudah buat teman2 yang mencoba untuk ngikutin. Tapi sayange yayangku alias misoa..ogah kalau di suruh nungguin masak dan motret aku pas di dapur..hihi. Masak ya Yodha..tambah kacau lagi nanti..soalnya dia moody gitu kadang mau bantu kadang nggak mau juga nimbrung di dapur..hihi. Ada sich beberapa resep aku foto step by step juga..tapi aku foto sendiri..kadang2 tangan kanan pegang alat..tangan kiri mencet kamera..ribet sich.hihi...tapi ya bisa juga.jadi ya kadang2 cuma resep2 yang sulit aja yang aku fotoin stepnya..:)

15

Sunday, July 13, 2014

Chocochip Moka Cookies


Udah beli banyak bahan cookies..eh mau bikin2 kok ya sibuk terus seharian. Kemaren itu sampai udah nimbang2 bahan sore..sampai jam 10 malam kok ya belum sempat buat. Akhirnya karena udah terlanjur di timbang semua bahan..aku bikin cookies ini jam 11 an malam..hihi. Tapi untungnya cookies begini sangat fleksibel..jadi panggangan kedua aku set aja 20 menit..terus tak tggl tidur dech masih tertinggal di oven..pagi2 pas saur, panggang lagi bentar. nggak melempem  lho walau semaleman di oven.hihi. Tapi jangan di tiru ya teman2..segera kemas cookies jika udah dingin supaya awet renyahnya.

18

Saturday, July 12, 2014

Kroket Pakai Tepung Kentang Seduh



Sebelum tepung yang flake sampelnya di kirm ke rumah..beberapa waktu lalu aku mencoba membuat kroket campur dengan campuran TEPUNG KENTANG STARCH yang berupa pati tapi aku campur kentang segar. Nah..biar tahu perbedaan nya kali ini aku buat murni dari TEPUNG KENTANG FLAKE..dan ternyata memang lebih empuk dan lembut. Kalau pakai yang tepung starch kemaren  itu agak sedikit ada rasa kenyal kroketnya. Jadi lebih cocok buat bikin nugget dech yang halus...atau fish cake yang kemaren resepnya udah ku share..atau untuk buat chicken kaarage kemaren itu juga enak. Jadi memang beda2 fungsinya ternyata. Tepung kentang yang halus itu untuk cookies..cake..saus..nugget..fish cake..tepung krispi dll..sedang yang flake ini yang buat gorengan seperti perkedel..kentang campuran donat roti dl...karena memang tepung kentang flake ini berfungsi sebagai pengganti kentang kukus.

18

Wedang Roti Tawar & Nangka



Wua..udah jam segini ya..hihi..ndak terasa dari habis subuh tuch duduk manis di depan komputer..mbalesin inbox temen2 yang pesan TEPUNG KENTANG..eh tau2 udah siang. Alhamdulillah..sebenernya baru mau pengenalan produk aja dulu sich..toko onlinenya mau baru buka abis lebaran sebenernya..eh udah banyak yang order..hihi. Makasih buat teman2 yang mau mencoba produk tepung kentang baru produksi umkm binaan kami ini..berarti teman2juga ikut membantu pengusaha kecil. Jadi manteb dech rencana mau buka toko onlinenya...pokoke tokonya nanti apa2 di jual teman2..hihi. Niat awal sich mau bantu teman2 yang di daerah  atau tempat tinggalnya ndak ada yang jual bahan2 khusus atau unik buat masak..jadi sering di titipin temen..jadinya..ya okelah..sekalian buka toko online..tapi di web terpisah nanti kok teman2..jadi di sini  tetep buat share resep2 dll..biar nggak promosi terus isi postingan di blog ini...hihi. Jadi jika teman kesulitan menemukan suatu bahan makanan..boleh..nitip aku apa aja..jika di sini ada aku bantu beliin. Tapi produk utama yang aku jual nanti ya aneka bahan dan tepung tepungan produksi umkm Jawa Tengah gitu yang unik2.
8

Friday, July 11, 2014

Chicken Kaarage




17

Thursday, July 10, 2014

Ayam Bakar Bumbu Terik



Beberapa waktu lalu sempat ngobrol di email sama tante Francine di email tentang aneka masakan. Nah..salah satunya kita ngobrolin seru masalah ayam terik. Tante Francine cerita kalau beliau bikin ayam bumbu terik..yaitu bumbu khas Yogya itu selalu hasil akhirnya di panggang atau di bakar. Jadi rasanya jadi lebih legit dan enak sekali. Nah..pas kemaren aku bikin ayam terik ini..jadi ingat tips tersebut..jadi aku coba..dan ternyata..memang tambah enak banget ayam teriknya. Bumbu2nya yang mengental..di bakar..hemm..jadi ada aroma dan citarasa tersendiri ya. Suka dech. Jadi rasanya mirip2 sama ayam  panggang Klaten yang udah pernah ku share juga resepnya dulu. Rasanya..Jawa banget..hihi...gurih dan sedikit manis.

14

Wednesday, July 9, 2014

Telur Bumbu Petis


Wah..udah jam segini....padahal ya libur ya teman2..hihi. Tapi biasa..kalau libur itu malah banyak acara..dan banyak juga punya janji dengan tamu di rumah..jadinya baru sempat pegang   komputer sekarang. Jadi..hari ini posting menu yang simple aja dulu ya teman2...telur bumbu petis. Mirip semur..cuma coba2 aja pakai petis gitu..ternyata ya enak lho. Ada berbagai versi telur masak atau bumbu petis ini ya teman2..aku coba yang paling mirip semur aja..yang di sukai suami dan anak..yang jenis semur semuran gini.

10

Tuesday, July 8, 2014

Korean Fish Cake


Masih dalam rangka memanfaatkan tepung kentang..aku jadi ingat..kalau banyak masakan Jepang dan Korea..itu menggunakan tepung kentang. wah..serunya..bisa banyak bereksperimen nanti..masak masakan negara favoritku tersebut..hihi. Dan uji coba pertama aku bikin Fish Cake ala Korea, sering banget dech di drama2 Korea yang aku tonton...dari puluhan judul..sering banget dech yang namanya makanan Korea satu ini di ceritain..yaitu Korean Fish Cake. Bukan cake dalam arti  bolu kayak di Indonesia lho teman2..hihi. tapi fish cake ini adalah street food ala Korea yang terkenal dan  terbuat dari ikan. Ada yang di goreng..bentuk lonjong atau panjang2 seperti yang aku  buat ini..atau bulat2,..atau juga yang versi kukus itu kalau nggak salah di bentuk tipis2 terus di tusuk dan di celup kaldu. Kayak di drama Korea, biasa ada scene di warung2 tenda di pinggir jalan Korea gitu lho teman2..yang makanannya di tusuk2..nah salah satunya ya fish cake ini..selain makanan lain semisal kue beras..dll.

Nah..kali ini aku bikin versi fish cake yang di goreng dulu..yang kalau di Korea di sebut..*Eomuk*. Resep referensi ku untuk masakan Korea..sudah pasti dari salah satu Korean blogger yang udah nge top seantero dunia..hihi..Maangchi. Dan setelah ku coba..wo alah..fish cake ala Korea itu ternyata..podo bae..alias sama saja..atau be ti dech..rasanya..dengan otak otak goreng kita..hihi. Yang membedakan mungkin hanya jenis ikan  yang di pake..kalau kita kan ikan tenggiri..nah kalau di Korea..ikannya pakai ikan seperti tersebut di resep ini nich teman2..ikan apa..mungkin temen2 yang tinggal di luar lebih tau ya..hihi. Kalau aku sich tetep pakai ikan favoritku..tenggiri. Hasilnya..ya jelas enak dong..gurih banget.
16

Soto Ambengan..Seger..Pas Buat Menu Buka Puasa ^^


Kemaren ke pasar..pas beli sayap ayam buat Yodha..eh di tawari ibu penjualnya..ayam kampung ada separo..wah..ya langsung mau..hihi. Biasanya kan kalau beli ayam kampung musti satu,..kebanyakan buat kami..kalau separo kan pas gitu buat bertiga..cukuplah sekedar buat soto yang enak..hihi. *mak irit *
Langsung beli dech separo ayam kampung itu..sampai rumah langsung tak buat kaldu bening dulu...lalu di buat kuah soto. Pilihan soto kali ini adalah Soto Ayam Ambengan ala Surabaya. Eh soto ini mirip2 atau malah sama soto lamongan ya kayaknya. Ciri khas dari soto ambengan ini adalah adanya *bubuk koya*..yang terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih..itu bikin kuah sotonya tambah enak banget dan gurih..suka dech. Memang aku dari dulu udah suka sama soto2 ayam model begini..karena bumbunya komplet..terus pakai kol..dll, pelengkap sayurannya banyak. Jadi berasa seger banget gitu banyak sayurannya.
13

Monday, July 7, 2014

Tempe Krispi...^^


Hihi..ini posting resep kok ya super simple banget..abis bete teman2..dari pagi ini komputerku trouble terus..gara2 kemaren itu kongslet..mati dech cpu ku..terus ganti cpu komp lama..aduch gara2 firefox nggak ke update jadi susah buka internet..kemaren tak kira malah habis pulsa..sampai tak tambahin lagi 100 ribu pulsa tri nya..eh ternyata yang trouble komputerku. Wo alah..salah sendiri ya teman..emak2 jadul..hari gini pakai komputer..hihi. Padahal ya ada papan Sam**** lumayan gede dan cepet juga sich kalau di isi sama tri buat buka internet..tapi ko ya males aja..ngetik2 di papan gitu..hihi..bisa2 cuma posting resep aja ndak bisa cuap cuap cerita banyak karena males ngetiknya kalau pakai papan gitu..lol..!  Nggak tau..aku memang suka apa2 di komputer aja..*manggon* sambil duduk manis..sambil nge teh..nulis..posting..ngedit dan buka2 internet juga cepet enak..bisa dalam satu waktu buka macam2 situs..hihi. Jadi misal sambi ngedit foto tuch udah bisa sambil online baca2 apa gitu biar tambah ilmu..kalau di komputer. Bahkan kadang sms aja dari komputer lho aku teman2..hihi..sampai2 ada temen nanya no hape ku pake apa kok no nya aneh..hihi..ya karena aku sms dari komputer. Jadi cepet gitu nulis dan jelasin sesuatu. Tapi besok tak sering2 pegang *papan* nya ahh..biar kalau ada masalah gini ndak bikin galau..hihi...masak cuma di pake main game sama Yodha..^^
9

Sunday, July 6, 2014

Cookies Vanilla Tepung Kentang..Lembut dan lumer di Mulut ^_^


Lanjut baking yukk teman2..wah..tahun ini lagi semangat perkuean aku posting di edisi puasa di blog ini. Tapi jika mau cari2 inspirasi buka puasa..tetep banyak kok teman2..search aja di pojok kanan atas kolom search yanga da tulisan *GO..ketik aja tulisan *inspirasi menu buka puasa dan saur * gitu..ada resep2 banyak sampai 30 hari edisi taun lalu..dan resep2 lain juga. 

Nah..kali ini masih semangat uji coba pakai tepung kentang buat bikin cookies sekarang. dan taraa..uji coba pertama sukses dengan indahnya..hihi. Turn out great....! Cookiesnya enak bingitss..hihi..alias enak banget..lumer di mulut..lembut..karena pakai tepung kentang dalam jumlah banyak. Untuk mengetahui rasa original apakah tepung itu ada aroma atau tidak jika di buat kue kering..aku coba plain dulu tanpa tambahan bahan2 lain..cuma aku tambahin pasta vanilla aja. Ternyata..rasanya enak banget..tepung kentangnya ini alami sekali rasanya..ndak ada aroma2 aneh atau apa..yang ada cuma aroma wangi vanilla..dan bahan2 lain..menyatu jadi cookies yang beneran enak. Menurutku..cookies ini sederhana tapi enak rasanya. Tekturenya empuk tapi renyah..lumer di mulut dan lembut. Jadi cocok ini untuk cemilan anak2...karena selain enak juga lebih bergizi, karena pakai banyak tepung kentang. Tapi aku yang biasanya kurang suka cookies plain gini aja juga suka lho rasanya..alami aja gitu. Dan..rasanya juga ndak terlalu manis..ciri khas kue2 kering ala aku..selalu..manisnya sedang aja..jadi di cemal cemil itu nggak membosankan gitu. Tapi jika suka manis di tambah sendiri ya jumlah gulanya teman2.
60

Kering Kentang Bumbu Ebi


Kering kentang..salah satu lauk kering yang nggak pernah bikin bosan..banyak variasinya. Kalau yang dari Jawa barat ada kering mustafa yang di potong kecil2..yang resepnya udah pernah ku posting di SINI..nah...kalau versi Jateng sini kering kentangnya di iris aja lebar2 tipis..terus di goreng hingga kering dech...lalu di bumbu pedas manis biasa kayak kering lain. Bedanya..manisnya pakai gula merah..bukan gula pasir. Nah..untuk variasi..aku tambahkan ebi untuk bumbunya..ternyata jadi tambah enak dech rasanya..ada aroma2 ebinya.
18

Saturday, July 5, 2014

Sharing Resep Diah Didi's Di Tabloid Cempaka


Hari ini temanya lagi seputar kentang teman2..hihi. Eh..ngomong2 tentang  kentang nich..sekalian cerita, hari ini 4 resep variasi lauk kering buat saur dari Diah Didi's Kicthen di muat di tabloid Cempaka..dua di antaranya ya..olahan kentang..yaitu kentang mustafa dan kering kentang bumbu ebi. Dua lainnya variasi rempeyek. Ayukk..yang di Jawa Tengah dan sekitarnya..beli ya edisi terbaru tabloid Cempaka yang terbit hari ini 5-11 Juli 2014..ada aku di situ..hihi..*norakdotcom*. Tabloid Cempaka ini tabloid wanita lokal yang beredar di Jawa Tengah dan sekitarnya ya teman2..udah banyak yang tahu kan. Nah..Kamis kemaren tuch aku di hubungi mba Intan dari tabloid Cempaka..yang request aneka lauk kering untuk di muat di rubrik Selera. Ya udah aku langsung bongkar2 file foto..eh..setelah aku cari2 di file..aduch..udah banyak yang ku hapus foto2nya, karena file komputerku yang semakin penuh dengan foto..hihi. Aku cari2..foto2 lauk kering seperti abon cabe, abon ikan dll..yang ada yang tinggal aku kasih watermark..ya udah akhirnya yang ada aja dulu fotonya, karena mau masak dan motret baru waktunya mepet banget..untung masih ada foto kering kentang mustafa..dan kering kentang ebi. Wah..next time musti simpan foto2 masakan yang tanpa watermark nich..sapa tau ada media lain yang mau meliput lagi...hihihi..*geerrr..lol..!* 

Sebenernya rencananya mau ada resep klappeertaart juga yang di buat resep step by step..Senin kemaren udah ada fotographer yang datang ke rumah....motret aku pas masak klappeertaartnya..hihi. Tapi belum  di muat hari ini ternyata..ndak tau jadi apa nggak..atau buat edisi selanjutnya mungkin. Tabloid Cempaka ini bisa di peroleh di agen2 koran atau Indomaret terdekat ya teman2. Eh tapi tadi pas ku liat...di tabloidnya..aduch..kok ada resep yang terlewat stepnya..di resep kering kentang mustafa..karena buru2 waktu itu Senin malam resepnya musti udah di setor..aku kelewatan nulis kentangnya di goreng abis di rendam air garam dan kapur sirih..hihi. Waduch..moga2 pembaca pada ngerti ya..kalau di goreng dulu kentangnya..kan judulnya..kering kentang. Ya buat pengalaman sich biar besok2 lagi agar lebih hati2 lagi jika menulis resep untuk media cetak. Soalnya..kan nggak bisa di edit  ya..kalau udah cetak ya teman2..beda sama di blog yang tinggal di edit gitu jika ada yang terlewat atau kurang resepnya..hihi. Padahal pas nulis buat majalah Aroma kemaren malah 10 resep lho..ya nggak ada yang terlewat sich...karena waktunya longgar dari pihak redaksi majalahnya menghubungi ku..sebulan sebelumnya..hihi.

19

Friday, July 4, 2014

Kastengel Ekonomis


Lanjut bikin kukernya teman2..yukk..mari yang request kastengel ekonomis..merapat kemari ya. Kalau aku memang kurang suka kastengel yang mahal yang pakai keju edam atau keju tua...dll. Jadi..kalau aku bikin kastengel ya pasti pakainya keju cheddar aja yang murah..hihi. enak juga kok teman2..tapi kalau aku musti aku  kasih gula sedikit kalau bikin kastengel..jadi rasanya seimbang..ndak cuma gurih keju aja. Dulu       aku  pas nerima pesanan kuker dulu ya pakai resep ini..eh ya pada suka ternyata kastengel yang di kasih sedikit gula gini customer2ku..hihi. Jadi..Jangan takut *break the rule* ya teman2 kalau masak..soal makanan itu boleh kok di kembangkan atau di modifikasi..hihi. Pertama pada nyicip ya pada tanya..kastengel kok rada ada semriwing manisnya...eh habis itu malah pada suka je. Tapi gulanya juga cuma sedikit banget sich. Tapi jika nggak suka ..boleh di hilangkan kok teman2..gulanya.
64

Es Pisang Ijo ( Versi Pakai Terigu )


Udah beberapa hari puasa nich belum sempat bikin minuman..yang manis2 teman2..daku..jadi minum buka selalu teh anget aja  dech. Tapi memang pengen ngurangi yang  manis2 juga sich..biar puasa sekalian diet..hihi..udah lumayan dech berkurang nich..hihi. Tapi..kemaren kok ya pengen yang seger2 yo..jadilah punya pisang aku karyakan jadi  es pisang ijo ini. Dan memang seger banget sich buat buka puasa..hihi...tapi  full kalori nich..udah ada pisang...ada sausnya yang kayak bubur sum sum..alhasil buka puasa dengan es pisang ijo nich kemaren..ndak kuat lagi makan banyak2 yang lain..jadi..buat menu pembuka sekaligus makan..hihi. Mungkin jika mau buat takjil..dikit2 aja kali porsinya ya teman2..baru kuat makan yang lain....kalau sepiring gitu ya..beneran..udah kenyang duluan dech..buka puasa pakai es pisang ijo ini..hihi. 
20

Thursday, July 3, 2014

Kue Putri Salju Isi Kismis


Alhamdulillah udah mulai semangat baking lagi nich teman2..jadi yang kemaren2 request kue2 kering..mari kemari..hihi. Mulai hari ini udah mulai baking nich daku..^^

Dan biar tambah semangat..cookies perdana yang di buat season ini..*halah..bahasanya..hihi..*..adalah..Kue Putri Salju..favorit Yodha. Biar di makan gitu..hihi. Tadi pagi habis  Yodha saur..jam 7 tapi..hahah..dia belum kuat puasa..pas hari2 pertama kemaren nyoba sampai setengah hari udah lemes..ya udah dech..puasa sebisanya dulu ya Kak..kadang sampai siang katanya..kadang2 ya jam 11 udah makan lagi. Dan herannya..kalau di suruh puasa gini malah jadi suka makan..dan sering liat2 jam..hihi. Kayak tadi juga....aku ajak bikin cookies putri salju ini semangat dia. separo adonan buat dia yang nyetak2 bentuk sesuka dia..pakai cetakan cookies..separo buat aku buat bulat2 dengan isian. Yapp..lagi uji coba nich..kue putri salju di kasih isian gitu..kayaknya enak dech. Jadi ada kejutan di dalamnya..hihi. Aku tadi buat isiannya kebanyakan tak kasih kismis..tapi tadi beberapa biji aku uji coba juga aku isi pakai selai strawberry dan coklat blok yang aku potong kecil2. Mana yang paling enak ?..Belum tau dech..ntar sore ya teman2..aku cicipin dulu..hihi. tapi dari aromanya sich enak..dan yang punya Yodha udah di makan tuch separo tadi begitu mateng anget2..enyakk..katanya..hihi.

24

Misoa Goreng Ekonomis



Gorengan maning..hihi. Iya nich..menu2 gorengan ini tetep jadi favorit je di rumahku teman2..nggak pernah bosan. Nah..salah satu gorengan murah meriah dan di suka semua warga rumahku yang cuma bertiga ini..hihi..yaitu..Misoa Goreng. Padahal ya cuma misoa murah meriah..sebungkus itu cuma 2500..plus kemaren ndak ada stock ayam, daging atau udang di kulkas..karena habis dari luar kota belum belanja ke pasar..akhirnya ya cuma tak buat versi misoa ekonomis. Tanpa daging apapun..tapi kok ya tetep enak dan gurih teman2..hihi. Dan tetep habisnya. Beda kalau bikin cemilan manis..pas Senin itu bikin klappi..kebetulan sekalian mau di foto baru..eh..ndak pada mau..Yodha sama papinya bosan makan yang manis2..akhirnya aku bagi2 aja..hihi. Kalau gorengan begini..pasti pada suka dech.
35

Wednesday, July 2, 2014

Start Baking Again..^^




Akhirnya mulai baking lagi. Kemaren2..kok timbul rasa males baking..hihi..padahal request resep cookies dari teman2..banyak. Tapi sebentar ya teman2..tak belanja bahan dulu..sama toples..hihi..jadi sekalian tak kemas gitu nanti buat hadiah Lebaran buat saudara dll. Soalnya kalau   cuma di taruh meja makan..ndak bakalan habis cookies di rumahku beneran dech..ya mungkin udah pada bosan kali ya..Yodha dan papinya dulu keseringan aku praktek dan bikin cookies dulu..malah pernah pas puasa beberapa taun lalu juga terima pesenan cookies..jadi sampai mblenger sekarang nggak mau makan mereka tuch..kecuali Yodha paling mau makan kue putri salju aja. Dan akhirnya hari ini pegang oven lagi..hihi..tapi belum beneran bikin resep baru sich..cuma utak atik resep lama sesuai bahan yang ada..belum belanja ke TBK nich teman. Jadi tadi di rumah cuma ada kacang..sama coklat bubuk...telur..ya udah..bikin ampyang coklat kacang oven lagi..dengan sedikit modifikasi..aku tambahin coklat bubuknya lebih banyak..dan kacangnya nggak ku cincang..tapi aku utuhin aja..tapi sebelumnya di sangrai dulu. hemmm..baunya sich harum banget coklatnya pas mateng nich..cuma belum bisa nyicip..jadi cerita rasanya ntar ya teman..tgg buka. Kalau yang resep terdahulu sich aku udah suka juga udah enak gurih dan renyah,.cuma kurang nyoklat dikit. Resepnya liat di SINI ya teman2..jumlah coklat sesuaikan selera aja ya..:)
15

Buka Puasa Di MesaStila Hotel & Resort Magelang Jawa Tengah


Kemaren sore kami di undang di acara pembukaan pameran Batik dan Lukisan di Mesa Stila Hotel & Resort Magelang. Wah..nggak bosan dech..walau udah sering ke sana..suasananya itu lho..romantis banget teman2. Oh ya...dulu aku pernah meliput juga tentang resort ini di SINI. Nah..kemaren pas kebetulan mengahadiri acara pembukaan pameran di sana..sekalian buka puasa bersama juga dengan para tamu undangan..jadi aku   liput lagi ya acaranya.
11

Tuesday, July 1, 2014

Diah Didi's Kitchen First Giveaway Bulan Juli 2014..Bagi Bagi Gratis 50 buah T - Shirt Cantik..^_^


Alhamdulillah..di bulan Juli pertengahan nanti Diah Didi's Kitchen genap berumur 4 tahun. Kalau aku sich awal punya blog itu sebenernya udah dari sejak 2006, tapi waktu itu masih pakai multiply yang sekarang udah tutup..jadi di hitung sejak pindahan ke sini aja dech..jadi baru 4 tahun blog ini ada. Umur yang masih baru ya teman2..untuk ukuran sebuah blog ataupun web pribadi..hihi. Tapi alhamdulillah pula..berawal dari keinginan untuk menulis dan menjadikan blog ini  untuk dokumentasi pribadi aja..dan pada akhirnya Diah Didi's Kitchen sekarang sudah beneran jadi laboratium dapurku..jadi tempat jualan..curhat..buat bisnis..komplet dech..hihi. Jadi istilahnya udah bener2 jadi pusat kegiatanku sehari2 dech...pengisi waktu luang sekaligus juga buat menambah penghasilan. Dan alhamdulillah juga..semakin banyak teman2 yang mampir dan berkunjung ke dapurku..jadi semakin tambah semangat dech untuk terus berkreasi, menulis dan mencoba aneka resep baru..kemudian aku share di sini. Dulu awal2 blog ini ada..di kunjungi ratusan   teman aja udah seneng rasanya..dan alhamdulillah sekarang akhir2 ini sudah mencapai 30 ribu pageview..alhamdulillah.


72

Tahu Berontak Isi Rebung, Ayam dan Udang


Gorengan..lagi..hihi..ya memang dech..nggak bisa lepas dari gorengan kayaknya nich ya teman2. Kudapan favorit  banyak orang. Dan herannya..kalau pas puasa gini..buka pakai gorengan kok ya malah enak..buat kami di rumah..hihi. Beneran..suamiku kalau makan yang manis2 biasanya cuma satu dua..gitu..tapi kalau nyemil gorengan bisa habis banyak. Misal masih  gitu ya..selang 1 jam..gitu udah mau lagi makan. Ya jadinya selalu semangat bikin cemilan yang gurih2..karena pasti kemakan. Beda..sama yang manis2..misal kayak cake..gitu..udah paling sepotong aja..nyicip *nglegani* yang buat..hihi. Jadi nggak pa2 dech ya teman2..menu cemilan buat buka puasanya gorengan lagi.  

Nah..kali ini bikin yang simple aja..tahu isi..atau tahu berontak..tapi isisnya yang istimewa..karena  pakai isian lumpia Semarang versi komplet..ada rebung..pakai ayam cincang dan juga udang..serta telur..pokoknya kayak isian lumpia Semarang itu...cuma  di masukkan ke tahu pong..terus di celup adonan tepung agak encer, jadi kulit luarnya itu kriuk garing gitu teman2. rasanya....enak..pakai bingits..eh banget..hihi. Pokoknya kriuk2 kulitnya. Isiannya yang mantap karena komplet berpadu sama tahu pong...cocok banget lho teman2. Jadi buat yang kesulitan cari atau bikin kulit lumpia..udah..di isikan ke tahu pong gini aja..jadi tahuuu isi..rasanya tak kalah enak sama lumpia kok teman2.

Tahunya tapi pakai tahu pong yang berkantung ya..atau berongga dalamnya..jadi isian tumisan rebungnya bisa banyak dan  bisa kriuk hasilnya. Oke dech selamat mencoba ya teman2..resep masih sama kayak  dulu..tapi kalau dulu  versi ekonomis isinya cuma rebung aja....kalau yang ini versi isiannya yang lebih komplet..pakai ayam..udang dan telur...jadi rasanya makin istimewa. Selamat mencoba ya..^^


Tahu Berontak Isi rebung, Ayam dan Udang 

Bahan :
15 buah tahu pong yang berongga

Bahan pencelup ( Aduk rata dengan air secukupnya, sampai adonan jangan terlalu kental agar bisa renyah ) :
100 gram tepung terigu protein rendah / sedang
2 sendok makan tepung beras
1/4 sendok teh bumbu kaldu bubuk dan garam sesuai selera
1/2 cm kunyit, haluskan
1/4 sendok teh ketumbar, haluskan
1 siung bawang putih, haluskan

Bahan isi :
250 gram rebung, rebus sampai agak lunak, potong korek api
50 gram  daging ayam rebus, cincang kasar
50 gram udang kupas, cincang
2 butir telur
1/2  sendok teh merica bubuk
1/2 sendok makan gula pasir ( sesuai selera )
Saus tiram 1 sendok makan
Garam secukupnya
Kecap manis 1 sendok makan
Air 100 ml

Bumbu halus :
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih

Cara membuat isi :
Telur di kocok lepas, buat orak arik. Sisihkan.
Tumis bumbu halus, masukkan udang, aduk sampai berubah warna. Masukkan telur orak arik dan sedikit air. Masukkan rebung dan semua bumbu2 lain.Koreksi rasa..untuk isian rebung ini biasanya agak gurih dan sedikit manis. Masak hingga meresap dan kering.

Penyelesaian :
Ambil tahu pong, lubangi salah satu sisi hingga membentuk kantong. Isi dengan tumisan rebung. Katupkan lagi kantongnya agar keliatan tertutup. celup ke adonan pencelup, lalau  goreng hinggaaa matang dan kering luarnya. Sajikan hangat dengan cabe rawit. 


13

Google Ad

Visit Our You Tube Channel