Google Ad

Showing posts with label Indonesian traditional food. Show all posts
Showing posts with label Indonesian traditional food. Show all posts

Thursday, April 27, 2017

Mie Kocok Bandung


Salah satu kuliner Bandung lagi yang aku coba sendiri resepnya di rumah setelah icip-icip kuliner di Bandung, adalah Mie Kocok. Kalau habis kulineran ke sutau daerah..pasti aku akan adaptasi resepnya dan aku coba di dapur sendiri..jadi bukan karena belum bisa move on dari liburan ya..memang begitulah kerjaan aku..berkreasi dengan resep-resep baru. Jadi sebelum rasanya lupa, pasti aku segera coba...agar jika nanti ingin membuat lagi sudah tau standar rasanya bagaimana seharusnya gitu. Aku memang lebih manteb coba resep khas suatu daerah itu jika mencobanya sendiri di rumah setelah tau rasa asli di daerahnya langsung. Jadi ada bayangan, hasil akhir rasa masakannya harus seperti apa. Atau jika mencoba resep pun aku biasanya...mencoba yang otentik misal dari teman yang asli dari daerah tersebut, jadi tau betul cara dan resep menu tradisioal dari daerah tersebut.
9

Tuesday, January 7, 2014

Mie Ayam Ceker


Sudah makan siang teman2..?..Pasti udah ya..jika belum..ayukk segera makan ya.....biarpun sibuk..tetep harus di sempatin makan siang ya..^^. Mendung2 gini..aku kok pengen makan yang seger2. Mau bikin mie ayam..tapi cuma punya cakar dan 2 potong sayap ayam..hihi. Niatnya memang mau tak buat semur buat Yodha nanti. Tapi..nggak masalah dech kayaknya..soalnya ingat beberap hari lalu kita makan mie ayam ceker yang lumayan enak di mba Menuk..jalan Durian..deket rumah sich. Suamiku suka sekali mie ayam cekernya..dan setelah aku coba..memang lumayan enak. Tapi yang nggak nguatin..judulnya mie ayam ceker..tapi..cekernya cuma 1 biji doang !..hihi. Kali itu yang bikin enak ya..jadi kan orang penasaran..pengen maem cekernya. Cekernya memang enak..empuk..dan sudah di  ungkep bumbu kecap..kayak semur gini..ya ..nggak jauh2 beda lah sama ayam kecap yang sering aku masak buat mie ayam. 
18

Tuesday, May 21, 2013

Menu Makan Siang..Sayur Lodeh dan Pepes Pindang saja..^_^




Hai2..sudah makan siang teman2..kalau belum..ayo mampir dapurku…tapi cuma ada menu sederhana saja sich hari ini..yaitu sayur lodeh bumbu iris..plus pepes ikan pindang. Biasa..menu ndeso teman2..tapi kok ya cukup nikmat lah buat santapan makan siang hari ini. Sayur lodehnya seger..karena bumbu2nya di iris saja..tidak di haluskan..di makan sama pepes ikan pindang yang gurih dan berbumbu pedas dan bumbu banyak kok ya pas banget rasanya. Cuma kurang tempe goreng aja nich..cuma lagi ngga punya stock tempe segar  nich..punyanya Cuma tempe yang sudah semangit..jadi paling enak yang di cemplungin aja ke sayur lodehnya…^^


Sayur lodeh…pasti semua udah bisa masak ya..tapi tetep ku tulis resepnya..sayur lodeh iris ala aku..siapa tahu ada yang mau coba. Kalau ikan pindang..tau kan..itu lho ikan olahan kecil2..yang di kukus bersama bumbu2 dalam keranjang kecil2 …sehingga di sebut juga pindang keranjang. Macam2 ikan yang di buat kan indang ini..ada ikan tongkol..bonggol dll. Semuanya sich enak menurutku. Ada ukuran ikan pindang yang agak gede2..atau kecil2. Aku suka yang kecil2..karena lebih gurih..dan jika di pepes juga enak..bumbu bisa meresap ke dalam ikannya..jadinya gurih dech pepesnya. Untuk pepes aku pakai bumbu standart pepes aja komplet..tapi yang nggak boleh ketinggalan adalah kemiri..aku suka pepes pakai kemiri..karena rasanya jadi semakin gurih. Dan..jangan lupakan kemangi ya..kalu kita buat pepes..supaya aroma pepesnya semakin sedap..jika suka rasa yang asem2 seger..tambahkan pula beberapa potong tomat di atas pepesnya. Dah..sedap dech..komplet rasanya..gurih..harum wangi kemangi dan asem seger dari tomat..ambil nasi sepiring..kurang dech..hihi..*kapan dietnya sukses kalau gini yach…*


Oke..selamat makan siang teman2..semoga cocok dengan menu hari ini. Mau coba resep sayur lodeh dan pepes ala aku..ayukk di simak resep2nya ya..


Sayur Lodeh Bumbu Iris


Bahan-bahan :
1 buah terong , kupas dan potong2 kotak kecil
50 – 100 gram kacang panjang, potong 3 cm, tempe semangit 50 gram, potong kotak
25 gram daun melinjo
6 butir bawang merah, diiris tipis
4 siung bawang putih, diiris tipis
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, dimemarkan
1 sendok makan ebi, diseduh, dimemarkan, disangrai
2 butir cabai merah besar, dipotong serong
2 buah cabai hijau besar, dipotong serong
1 bungkus kecil bumbu kaldu sapi dan garam secukupnya
½  sendok makan gula merah ( atau sesuai selera )
1000 ml santan encer atau sedang dari 1/2 butir kelapa


Cara Membuat :

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan ebi, cabai merah besar, cabai hijau besar, daun salam dan lengkuas
  3. Tuang santan. Masukan sayuran, tempe serta bumbu2 lain. Masak sampai lunak dan bumbu meresap.



Pepes Ikan Pindang


Bahan :

2 keranjang ikan pindang kecil2, cuci dan buang kotorannya.

10 buah cabai merah

5 buah cabai rawit merah

6 butir bawang merah

3 siung bawang putih

4 butir kemiri

1 cm kunyit

1 sendok teh terasi

1 sendok teh gula merah

1 sendok teh bumbu kaldu / garam secukupnya

Kemangi 50 gram, petiki daunnya

Tomat merah 2 buah potong2 kecil


Cara membuat :
Haluskan semua bumbu2 pepes sampai halus, aduk dengan ikan pindang. Tambahkan kemangi aduk rata. Bungkus pepes dengan daun pisang, taruh 2 potong tomat di atasnya.Lalu bungkus seperti bentuk  pepes pada umumnya. Kukus 30 menit, lalu bakar sebentar sampai harum. Sajikan.


Eh iya..hampir lupa..ada bakwan udang juga buat maksi nya..yukk selamat menikmati..^_^..
























27

Google Ad

Visit Our You Tube Channel