Google Ad

Friday, October 30, 2015

Roti Sosis Tanpa Telur Tapi Empuk dan Lembut...Bisa..!


Yeay..hari ini aku happy banget. Hasil uji cobaku buat roti sosis tanpa telur berhasil. Walau tanpa telur, hasil rotinya itu tetap empuk dan lembut. Dari satu adonan, aku buat roti sosis oven dan goreng. Nggak kalah dech sama roti yang pakai kuning telur 4 butir yang pernah aku buat. My favorit, tentu saja yang di goreng..hihi. Setelah   matang dari penggorengan, aku coba segigit..hemm..lembutnya...langsung menggoda lidah untuk menggigit lagi..dan lagi..akhirnya..satu roti isi sosis ukuran besar di tangan sudah hilang..hahah. Tanganpun nggak bisa  di kontrol lagi..ingin segera mencomot roti hangat lain yang masih menunggu di serokan. Oh no..stop..not now..! hihi. Kapan dietnya..hayo..kata hatiku..!
18

Thursday, October 29, 2015

Orak Arik Peda & Pete


Yeay..gagal diet lagi..hari Minggu kemaren aku sudah membeli beras merah. Rencana mau makan beras merah lagi. Tapi kok ya nggak kelakon terus hingga udah mau Minggu lagi..hihi. Apa tunggu awal bulan sekalian diet beras merahnya ya. Hari ini aku malah tergoda orak arik peda....hahah. Jadinya nggak pakai di suruh tangan langsung mengambil beras putih, mencucinya dan memasukkannya ke rice cooker. Sambil menunggu nasi matang, nguplek sebentar di dapur bikin orak arik peda. Dan perfect, nasi matang orak arik matang juga..dan bye bye rencana diet..:D.

10

Wednesday, October 28, 2015

Lele Asap Asam Pedas


Tadi pagi waktu ke pasar, di lantai 3 pasar Jati..rencana awal mau beli udang dan ikan. Tapi ketika melewati Mbah penjual ikan asap langganan yang menyapa dengan ramah..jadinya kok jadi pengen mampir ke meja jualannya. Dan mataku langsung tertuju pada lele asap yang di potong-potong, jadi penampakannya seperti ikan pari asap. " Pinten mbah ?"..Langsung aku tanya si Embah. "Rong ewu wae cah ayu...!" kata Mbahe..aduch..si Mbah ada-ada aja..sudah mak-mak gini kok ya di panggil cah ayu..hahah. "Njih mbah beli 5 ..! "kataku. Akhirnya kok ya beli juga..hihi..karena aku paling suka lele asap.
3

Kukus Injin Khas Bali


Setelah sekian lama hanya berkutat di menu-menu Jawa dan sekitarnya..yukk mari belajar menu lain dari luar Jawa yuk teman-teman. Kita mulai dari Bali ya. Kebetulan beberapa waktu lalu aku ke Carefour, eh lihat di bagian buku ada obral buku resep-resep masakan daerah dari penerbit Gramedia. Yeay..senengnya...langsung borong beberapa buku masakan dari berbagai daerah luar Jawa terutama untuk referensi.  Aku memang masih minim pengetahuan tentang masakan luar Jawa, terutama menu-menu tradisional khas daerah-daerah di lura Pulau Jawa. Kecuali yang sudah populer ya pasti sudah aku coba. Tapi aku pengen belajar lebih banyak lagi tentang aneka makanan tradisional dari seluruh Indonesia. Biar semakin kaya perbendaharaan resep dan citarasa.  

Kalau makanan Bali yang aku udah bisa masak..paling-paling bumbu Bali, Ayam Betutu,  Pisang Rai dan beberapa menu lain. Nah waktu baca buku resep otentik kue-kue khas Bali...setelah aku lihat-lihat kok banyak yang mirip kue Jawa, hanya beda sebutan atau nama. Tapi ada juga beberapa yang unik khas Bali. Seperti Bubur Batun Bedil, besok mau tak coba, ini mirip sama bubur candil di Jawa. Ada juga dalam bahasa Bali jajanan Tulud, kalau di Jawa itu Putu Mayang. Ada sumping biu..kalau di Jawa mah Nagasari namanya..hihi. Dan banyak lagi jajanan khas Bali yang mirip jajanan Jawa, nanti aku ulas satu persatu ya.

5

Tuesday, October 27, 2015

Alhamdulillah, Diah Didi's Kitchen Terpilih Menjadi Food Blog Terbaik Bloggie Award 2015


Alhamdulillah, kaget..nggak nyangka dan bersyukur banget..karena blog aku yang isinya celotehan dapur ala Emak-Emak ini, hari ini, tanggal 27 Oktober 2015, memenangkan Bloggie Award, untuk kategori Food Blog terbaik. Walaupun nggak bisa datang ke acara Blogger Camp yang acaranya berlangsung dua hari kemaren dan hari ini, yang di adakan di Bogor, tapi alhamdulillah blog Diah Didi's Kitchen terpilih jadi salah satu pemenangnya. Semoga bisa menambah semangat untuk makin rajin posting, dan berbagi di blog ini, berbagi cerita, berbagi resep, dan apa aja dech seputar dapur pastinya..hihi. Makasih buat teman-teman yang rajin mampir ke sini dan selalu memberi support ke aku dan blogku aku selama ini via komentar, email, dll...penghargaan ini aku persembahkan buat teman-teman semua ya.

Aku tahu menang penghargaan ini tadi siang, nggak sengaja aku ada keperluan urgent telp mba Shinta, Web developerku, karena aku ada job mendadak berhubungan dengan blog ku ini yang musti harus minta tolong mba Shinta. Pas telp mba Shinta bilang lagi ada acara penting dan nggak bisa ngomong lama-lama di telp. Mba Shinta bilang aku memang penghargaan di acara Bloggie award yang acaranya lagi berlangsung di Blogger Camp Indonesia 2015. Oh..iya..jadilah aku ingat, beberapa hari lalu aku memang dapat undangan dari panitia untuk menghadiri acara tersebut. Tapi karena aku blogger *rumahan yang nggak bisa pergi jauh-jauh..hihi..akhirnya nggak bisa menghadiri acara tersebut.

Akhirnya karena penasaran tentang acara tersebut akhirnya aku search aja..banyak liputan dari teman-teman blogger lain, yang banyak berseliweran di twitter atau postingan di blog-blog peserta. Wah..ternyata acaranya seru banget kayaknya..sayangnya nggak bisa ikutan. Jadi acara Blogger Camp 2015 ini acara kumpul dan sharing para blogger dari seluruh Indonesia, yang berlangsung dua hari serentak di 4 kota besar di Indonesia, dan pusat acaranya yang ada event pemberian penghargaan itu berlangsung di Bogor. Walau cuma baca-baca tadi..bisa kebayang dech serunya acaranya. Ratusan blogger ikut serta dalam acara tersebut, banyak acara seru, sharing para pakar, blogger senior dan penghargaan beberapa kategori blog terbaik, seperti family dan parenting, travel, gadget dan tehno, lifestyle, sosial & culture, fashion, dan juga food blog yang alhamdulillah blog ku ini terpilih jadi pemenangnya. Alhamdulillah. Nggak nyangka..soalnya dari baca di SINI...wah dewan jurinya top dan senior semua di bidangnya. Dari deretan pemenang tersebut ada dua pemenang yang aku kenal, ternyata ada mba Shinta juga yang menang untuk kategori Life Style dan Mak Echa memang untuk kategori Family dan Parenting.

Yipi..walaupun nggak bisa datang, tapi ikut merasakan keseruan acara Blogger Camp ini dari baca liputan blogger-blogger yang sudah meliput acaranya. Semoga  suatu saat jika ada acara seperti ini lagi bisa ikut, tapi jika di Semarang acaranya..hihi...*blogger rumahan*

Okey...selamat untuk para pemenang lain dan Selamat Hari Blogger Nasional, yang jatuh pada hari ini. Buat teman-teman blogger..semangat ya. Tebarkan manfaat dan sharing apa aja melalui blog..dan tulis apa saja yang menjadi passion kita, jadi ngeblog akan menjadi hal aktifitas yang menyenangkan. Itulah kunci untuk membangun kredibilitas blog ala aku..emak rumah tangga yang masih haus ilmu, suka belajar tentang apa saja yang berhubungan dengan dunia kuliner dan dapur, pastinya...:D

 






55

Sambal Terasi Pete Dan Teri


Kemaren seharian nggak masak..full kerjaan dari pagi hingga sore. Jadi maaf ya teman-teman, kemaren libur sehari posting resep barunya..hihi. Biasa..kalau hari Senin..rekap dan packing orderan yang numpuk dari hari Minggu. Jadi kemaren makan yang simple-simple aja. Jadinya kok pengen makan sambel ya hari ini. Ya udah masak sebentar buat sarapan. Sambal teri dan pete..pakai terasi..sedep. Di Pasar lagi musim pete ( petai ), walaupun aku nggak makan pete, tapi kalau cuma buat penyedap masakan ya oke aja..biar suami yang makan petenya..aku sambalnya aja..hihi. Murah banget pete ini, kemaren beli seribu kok dapat 3 papan petai. Murah banget ya teman-teman, mungkin karena lagi musim ya, padahal..kalau lagi nggak musim..pernah sampai 10 ribu lho per papan di sini.
11

Sunday, October 25, 2015

Es Campur Yogya




Cuaca akhir-akhir ini super panas ya teman-teman. Di daerah Jawa aja panas, nggak kebayang dech daerah yang lagi kena musibah kebakaran hutan di luar Jawa sana. Semoga segera ada jalan keluar ya teman-teman. Panas dan haus terus, pengennya  minum dingin terus. Yodha aja..kalau minum nggak mau jika nggak dingin. Agak khawatir juga sich jika kebanyakan minum es, tapi karena cuaca benar-benar panas, yang sudah lah..toh Mak nya juga nggak bisa nahan minum es..hihi. 

3

Saturday, October 24, 2015

Lodeh Terong & Tempe Bumbu Rebon


Kangen menu ndeso, lodeh terong. Tapi lagi pengen lodeh bergaya kota..hahah. Masak ada ya lodeh bergaya kota. Maksudnya tuch biasanya kalau aku bikin lodeh ndeso itu kan *buthek dan pucat penampilannya, karena biasanya pakai cabai iris aja. Nah kali ini aku buat penampilan lodehnya terang benderang menggoda mata. Caranya..?..Ya pakai cabai halus, jadi lodehnya merah kekuningan menggoda..lodeh priyayi..hihi.

8

Friday, October 23, 2015

PIsang Goreng Panir Isi Coklat Leleh


Hari ini..rada pusing..kurang tidur..jadi rencana masak yang ribet aku batalkan, di tunda besok aja pas paada libur..rencana sebelumnya mau buat step by step roti sosis..udah beli bahan-bahan lengkap..eh lha kok pusing..dan nguantuk berat..hihi. Tadi malam lembur nemenin suami packing sampai jam berapa gitu..abis itu malah nggak bisa tidur    karena panas ya cuaca..jadinya masuk angin semua dech karena kurang tidur. Kami walau cuma tim kecil, tapi kompakan..jika ada kerjaan banyak, harus segera selesai, daripada di tunda-tunda, kayak kemaren orderan ratusan tepung leker rutin yang harus segera kirim, ya alhamdulilah dua hari ngebut selesai dan bisa kirim hari ini. Gak apa-apa dech bonus masuk angin dikit..hihi..yang penting besok weekend udah bisa santai, barang udah kirim.

5

Thursday, October 22, 2015

Pepes Mangga Muda



Yeay..lagi musim mangga sekarang ya teman-teman..jika punya pohon mangga di rumah, pasti dong punya stock mangga muda atau pencit banyak. enak lho di olah jadi aneka menu..seperti sambal pencit, rujak serut, dll. Nah..aku mau nambahin koleksi menu yang memakai mangga muda nich...yaitu Pepes Mangga Muda..atau kalau di daerah mba Elmi di Kartosuro sana di sebut Lintingan.
17

Tuesday, October 20, 2015

Pindang Daging Khas Kudus




Beberapa waktu lalu, aku makan pindang Kudus di salah satu warung Pindang Kudus yang terkenal di Semarang. Setelah aku cicipi, kok agak berbeda rasanya dengan Pindang yang biasa aku masak. Kalau aku masak Pindang Kudus itu agak kental dan bumbu komplet, pakai kemiri dll. Akhirnya aku tanya yang jual, apakah pindang Kudus pakai kemiri atau tidak, Bapaknya yang jual bilang tidak. Oh..pantesan..kuahnya encer, seger dan nggak terlalu berbumbu.
5

Monday, October 19, 2015

Tumis Soun Ala Jap Chae, Korean Stir-fried Glass Noodles


Minggu kemaren aku nonton drama korea..Kill Me..Heal Me. Akhirnya bisa mewek lagi nonton satu drama Korea yang sangat mengharukan..hihi. Setelah beberapa kali menonton drama terbaru, ya..seru aja atau lucu, tapi kalau yang ini ..beneran..bagus banget..aku paling suka ini drama keluaran 2015 ini. ceritanya simple tapi bagus, dan mengharu biru..tapi juga banyak adegan kocak dan lucunya. Pokoknya buat penggemar drama Korea ini wajib di tonton.
24

Sunday, October 18, 2015

Sego Gono Khas Temanggung Bukan Nasi Megono Khas Pekalongan


Sego Gono..bukan nasi Megono..dua nama masakan yang hampir sama, tapi rasa dan jenis masakannya itu berbeda. Jadi dari awal aku jelasin dulu ya..hihi..jadi jika ada teman yang dari Pekalongan nggak protes dulu ya..hihi...itu. Jadi yang aku masak kali ini adalah Sego Gono khas Temanggung. Apa bedanya..simak ceritaku berikut ya..nanti tau bedanya. Kalau nasi Megono khas Pekalongan itu, seperti bumbu urap yang di campur nangka, sedang Sego Gono khas Temanggung itu nasi yang di kukus dengan bumbu kelapa dan sayuran.
20

Malam Mingguan Ala Yodha

 

Kalau weekend Yodha pasti ngajak jalan. Kemaren dia ngajak ke cinema. Ya mungkin karena sudah besar ya..di rumah nggak banyak teman, karena lingkungan tempat tinggal kami tuch kebanyakan para pensiunan, jadi nggak banyak anak-anak. Jadinya kalau libur pasti, Yodha maunya keluar jalan-jalan...karena biasa di sekolah dia banyak teman dan seharian sama mereka,..jadi kalau libur di rumah aja kok malah bete Yodha..hihi. Aku lagi nggak enak badan sebetulnya, jadi mau ke Cinema kok malah super dingin ruangannya itu lho..dan harus beberapa jam di situ bisa beneran masuk angin aku...hihi. Akhirnya aku tawarkan alternatif lain..dan tak suruh pilih, dia mau santai di kafe mana. Pilihan dia langsung.."Aku mau ke The Harvest..makan Devil Cake..!" katanya. Heheh..selera yang bagus Kak...! Ya oke dech, akhirnya ke sana Yodha memang suka cake di The Harvest aku turutin. 
7

Saturday, October 17, 2015

Bayam Rebus Sambal Petis



Masih olahan pakai petis lagi ya teman-teman..soalnya dalam rangka menghabiskan sisa petis pedas yang aku buka 1 cup..kan yang suka petis pedas cuma aku..kalau nggak langsung habis, bisa lupa dan ujung-ujungnya mubazir di kulkas, karena biasanya kebanyakan agenda masak yang lain..:D
12

Friday, October 16, 2015

Tahu Isi Jamur Pedas


Kemaren di oleh-olehin tahu khas Solo sama mba Elmi..tahu pong yang sudah gurih. Tahu pong khas pasar di rumah mba Elmi ini beda, tahu gorengnya sudah gurih dan bentuk segitiga. Hemm..karena aku suka tahu, nggak bisa menolak dech untuk di buat tahu isi. Karena, tahu pong paling enak di goreng dengan isian, bisa sayur atau lainnya. Nah..biar beda isinya, aku ganti isi jamur. Dulu pernah juga di kasih mba Elmi tahu isi jamur yang pedas gitu isinya...katanya beli di mana gitu. Enak..aku suka...kenyil-kenyil gurih manis pedas isinya.

4

Thursday, October 15, 2015

Rujak Petis


Sudah makan siang teman-teman...? Jika belum..mari cicipin rujak petis yukk...! Apa yang lebih enak..daripada sepiring rujak di hari yang panas begini ya. Nah..kalau biasanya rujak hanya di makan dengan buah saja..kali ini aku kombinasikan dengan sayuran. Jadi mirip rujak cingur, tapi minus cingurnya. Rasanya enak sekali..perpaduan segernya buah dan sayur, di padu bumbu rujak petis yang enak banget. Cocok banget buat menu diet..diet nasi maksudnya..hihi.

Dari dulu kangen rujak petis begini, tapi karena untuk membuat rujak ini aku terbiasa pakai petis pedas super yang biasa aku jual..aku nunggu stock ada lagi. Dan alhamdulillah kemaren sudah datang lagi dari supplier petisnya, setelah lama absen membuatnya, karena ada kendala. Petis ada beberapa macam ya teman-teman, ada yang khusus buat masak, itu khusus buat masakan aja sepertu tahu campur, dll. Ada juga petis pasar yang yang banyak tepungnya, itu biasa buat isian tahu petis goreng seperti yang di jual di pinggir jalan. Nah..kalau petis pedas siap pakai yang aku jual ini, petis kualitas super, kental pekat penampakannya, dan fresh di buat dari udang segar, bukan hanya kulit atau kepala udang seperti petis yang buat masak, jadi citarasanya itu enak dan menonjol, tapi nggak amis. Petisnya sudah berbumbu, rasanya pedas manis, gurih, jadi tinggal di cocol ke gorengan juga enak.


Sekarang, bisa puas lagi dech besok-besok masak yang pakai petis-petis , karena sudah ada lagi sambal petis siap pakai serbaguna yang berkualitas. Petisnya kuat tapi nggak amis, karena bahannya pakai udang segar, enak dech buat campuran aneka masakan atau bumbu petis, dan bisa langsung di colek, pakai gorengan gitu juga enak banget. Jadi buat teman-teman yang kangen sambal petis pedas yang siap cocol, udah ready lagi nich sekarang. Petis ini juga di buat baru jika aku order, jadi di jamin fresh, dan bukan stock lama. Baru datang kemaren dan awet hingga 1 tahun, karena petis ini pekat dan nggak banyak tepungnya.

Okeh..masakan pertama yang pakai petis-petis ria..ini ya..aku buat rujak petis tadi. Walau bumbu mirip sama rujak cingur, tapi takaran bumbu beda kok..nich aku sesuaikan sama jumlah kacang tanah yang aku miliki. Dan hasilnya..enak banget, pas semua. Pedes, bisa di sesuaikan selera ya. Yang aku buat tadi cukup pedas menggigit, tapi enak banget buatku yang hobi makan pedas. Jika tidak suka pedas, boleh di kurangi ya jumlah cabainya. Buah dan sayur juga boleh di kurang atau tambahin, tapi yang utama untuk rujak petis, biasanya seperti resep berikut ya, selamat mencoba..teman-teman...jika suka, petis bebas kok pakai petis apa aja..sesuai selera.
Rujak Petis ( untuk 2 porsi )

Bahan :
1/2 ikat kangkung
1/4 buah nanas
1 buah kedondong
2 lembar daun kol
2 lonjor kacang panjang
2 buah tahu goreng
1 genggam taoge, seduh air panas

Bumbu :
50 gram kacang goreng, haluskan
4 buah cabai rawit merah, 1 buah cabai merah keriting
1 siung bawang putih
1 mata asam Jawa
1/2 sendok teh gula merah
1/4 sendok teh garam
1 cm kencur
1/2 sendok teh terasi bakar
1 sendok makan petis

 Cara membuat :
Rebus sayuran, kangkung, kol hingga matang
Potong-potong tahu dan buah
Haluskan semua bumbu, beri 75 ml air panas
Aduk rata, koreksi rasa
Sajikan sayuran dan buah dengan sambal rujak
Yummy..! Sajikan dengan emping atau kerupuk kanji jika suka..:D




2

Wednesday, October 14, 2015

Tahu Isi Daging



Maaf ya teman-teman..telat postingan hari ini. Hari ini lagi sedih..patah hati...huhuhu
4

Tuesday, October 13, 2015

Bakso Ayam Homemade


Tadi waktu bongkar tepung Acine kiriman dari Tegal..eh di kasih sample produk baru dari supplier, bumbu bakso dan pengenyal..langsung dech penasaran coba, untung tengok di freezer masih punya stock dada ayam..aku timbang..pas 400 gram..seperti yang di butuhkan untuk satu adonan. Langsung dech berkutat sebentar di dapur..dan tara..mateng dech bakso ayam homamade..pakai bumbu tepung bakso siap pakai dari supplierku ini. Satu pack seperti acine kemasan kecil, di tulis sich tepung bakso, tapi aku sebut bumbu bakso aja, buat membedakan dengan tepung bakso tawar yang aku jual. Kalau tepung bakso yang aku jual kan tawar, selain bisa buat bakso, bisa buat empek-empek dan siomay juga. Kalau yang dari Acine ini udah berbumbu komplet, tinggal nambah daging aja.  Jadi lebih mirip racikan bumbu bakso. Dan lagi ini tepungnya hanya sedikit sekali, jadi mirip bumbu rempah khusus bakso aja.
17

Sambal Kol & Tempe


Hari ini kok agak-agak pusing, tadi malam kurang nyenyak tidur. Pengen makan yang pedass....jadilah aku kangen sambel ala ibuku. Sambel tempe dan kol. Aneh ya kedengarannya teman-teman..? Memang sich aku cari referensi kok nggak ada yang masak sambal kayak ibuku ini..haha. Moga ada teman yang seumuranku dari Yogya pernah makan sambal ini..dan ikut menguatkan bahwa sambal ini dulu memang ada ya..bukan karangan ibuku saja..hihi. 
14

Monday, October 12, 2015

Tumis Ikan Pindang Bumbu Terasi


Tadi bingung mau masak apa buat makan malam, soalnya belum belanja ke pasar. Intip freezer, eh masih punya ikan pindang 2 keranjang beli Sabtu kemaren. Sipp dech selamat dari makan malam penyetan..hahah. Soale papinya Yodha..kalau malam ndak ada lauk..andalannya beli penyetan...bosan lah ...!
6

Perkedel Kentang Crunchy



Oh..no..this is good..really good..! Sampai satu sesi gorengan aku cemal cemil sendiri..maafkan aku *badanku..kapan dietnya kalau begini..hahah. Rasanya itu..gurih..hangat..crunchy di luar..lembut di dalam.
15

Sunday, October 11, 2015

Mini Crispy Pizza


Hari ini..hari malas sedunia di rumah..hihi. Bangun pada siang..sarapan sandwich...makan siang Pizza..:D 

Pengen santai di hari Minggu..di rumah aja..nggak ke mana-mana..mumpung libur packing, leyeh-leyeh aja depan tivi..bertiga. Habis itu pada nggak mau makan yang berat-berat juga. Kali ini aku buat pizza yang lebih garing..jadi aku buat lebih tipis adonannya. Beri toping langsung, panggang 10 menit dan voila..Crispy Pizza homemade..done..! Siap di nikmati hangat-hangat.
4

Saturday, October 10, 2015

Tips Membuat Ketupat Sendiri di Rumah


Ketupat, adalah salah satu sajian yang khas dan wajib di saat perayaan hari raya di Indonesia, seperti hari raya Lebaran ya teman-teman. Namun, ketupat sebenarnya juga familiar dalam menu keseharian khas Indonesia lho, seperti di pakai dalam  beberapa menu khas daerah yang sudah terkenal, seperti Ketupat Sayur Betawi, Ketoprak khas Jakarta, Ketupat Sayur Khas Padang, Tahu Kupat khas Magelang, Kupat Glabet khas Pemalang, dll. Mungkin dalam keseharian kita, kecuali di hari raya, kita jarang memasak ketupat ya, karena proses pembuatan ketupat memang sedikit ribet dan membutuhkan waktu. Beli jadi di pasar pun jarang ada jika ngga momen hari Raya. Namun, jika kita mau mencoba membuat sendiri ketupat di rumah, jadi nggak perlu menunggu hari raya kan untuk menikmati hidangan ketupat di rumah.

6

Friday, October 9, 2015

Tips Menggoreng Lele


Lele adalah salah satu sumber protein yang tinggi dan harganya cukup terjangkau ya teman-teman, makanya tidak heran, hidangan dari lele ini banyak di jual di warung-warung penyetan pinggir jalan hingga restoran. Harga lele relatif murah, karena budidayanya yang mudah. Setengah kilo lele hanya 12 ribu udah lumayan besar-besar. Aku kalau beli lele buat bertiga cukup setengah kilo aja. Bukan apa-apa sich..karena aku kurang suka lele yang sudah masuk freezer...jadi jika pengen beli seperlunya saja. Ikan lele, paling enak..ketika langsung di olah sesaat setelah di bersihkan, dari kondisi masih segar dan hidup ya. 
2

Mie Kopyok Bakso


Mie Kopyok bakso..menu mana tuch ?..hihi. Kalau Mie kopyok sendiri itu makanan khas Semarang, biasa di jajakan keliling atau ada juga beberapa warung Mie Kopyok terkenal di Semarang. Mie kopyok ini menu yang ekonomis dan murah meriah..menu irit ala *rakyat jelata jaman dulu...haha. Tapi sekarang udah favorit banyak orang..kalau di warung makan Pak Dhuwur di jalan Tanjung Semarang bawah sana..yang makan malah bermobil-mobil semua je sekarang..hihi. Padahal menu ini ya sederhana banget..nggak pakai daging atau ayam atau bahan yang mahal..cukup pakai mie pasar, taoge, lontong, dan tahu pong, di guyur kuah kecap yang segar dan di beri topping kerupuk karak atau kerupuk nasi yang enak dan lembek jika kena kuah..jadi enak..hihi. Di padu dengan sambal cabe rawit yang pedas..hemm..rasanya kemepyar enak banget. 
6

Thursday, October 8, 2015

Tips Merawat Kulkas


Kulkas...adalah salah satu perabot dapur yang wajib di miliki di rumah ya teman-teman. Karena sangat berguna untuk menyimpan makanan atau bahan makanan agar tidak mudah basi. Sudah berapa kali ganti kulkas hayo teman-teman..atau ada yang awet puluhan tahun ?..Hihi..sipp dah. Kalau aku termasuk udah 3 kali ganti..hahah. Bukan apa-apa sich..yang awal nikah..kulkas kecil..ada sedikit nggak beres sana sini ganti baru dua pintu. Terus rusak apanya lupa..beli lagi dech. Terakhir beli kulkas kecil lagi buat dapur atas..jadi dech..ada dua kulkas di rumah. Yang bawah buat naruh bahan-bahan makanan..yang atas kebanyakan untuk naruh minuman aja..sama bahan-bahan buat sarapan, karena Yodha  kalau sarapan suka di lantai atas.
15

Hawaiian Pizza


Membuat Pizza sendiri di rumah..nggak sulit lho teman-teman. Hari ini aku lagi ingin makan Pizza homemade hangat yang fresh dari oven sendiri, maka tadi membuat adonan sebentar saja..sudah bisa di nikmati Pizza hangat yang empuk dan enak. Berbagai macam Pizza udah pernah aku buat, ada beberapa versi juga sudah pernah aku posting di web ini, nah..kali ini aku ingin membuat Pizza yang sedikit beda. Kemaren habis beli nanas madu banyak..sepertinya enak juga buat toping Pizza. Dan ternyata memang ada lho..Pizza yang memakai toping Nanas ini..namanya Hawaiian Pizza. Mungkin karena memakai toping Nanas ya teman-teman.yang identik dengan Hawaii..:D
15

Wednesday, October 7, 2015

Zupa Soup..Bintangnya Menu Pesta..



Zupa Soup..walau bukan menu asli Indonesia..tapi menu ini sudah sangat akrab ya..di lidah kita teman-teman. Di acara kondangan..atau pernikahan di resto atau hotel, bahkan acara-acara pesta di kampung-kampung pun sering di sajikan menu sup ini. Ya mungkin memang menarik sich ya sebagai sajian menu pesta, karena Zupa Soup ini biasanya di sajikan hangat-hangat fresh dari oven, sehingga sup menjadi hangat, dan di beri toping puff pastry yang renyah dan lembut, sangat pas jika di makan bersama cream sup yang gurih. Tak heran,.kalau acara pesta, menu ini banyak di cari, dan di sukai.
23

Tuesday, October 6, 2015

Tips Sukses Membuat Donat Kentang Klasik ( Di Uleni )


Sudah sering aku mengulas tentang donat ya..kayaknya, resep juga sudah banyak yang aku share di web ini, tapi, banyak juga teman yang masih suka email atau sms, belum berhasil buat donat yang di uleni, jadi baiklah, tak bosan-bosan aku akan mengulasnya dengan lebih detail lagi. Moga teman-teman yang baca juga nggak bosan ya..hihi. Daripada aku njelasin bolak balik di sms hal yang sama terus, lebih baik tulis aja di sini, abadi tulisannya, bisa bermanfaat buat teman-teman yang lain yang mungkin masih pendatang baru di dunia perdapuran..hihi.
15

Sunday, October 4, 2015

Tips Membuat Puff Pastry Aneka Isi


Hari ini di rumah aja..jadi tadi siang untuk menu makan siang aku buat Zupa soup..nah..karena masih ada sisa puff pastry siap pakai, iseng aku buat puff pastry isi selai dan di beri toping buah. Ternyata Yodha suka...enak..kriuk seger. Dan yang pasti lebih praktis dan cepat buatnya. Biasanya, kalau isi vla dulu kan musti repot buat vlanya. Nah..ini versi malas buat vla, tadi nengok kulkas, ada selai blueberry..sipp dah..bakalan ada sensasi rasa manis segar mengimbangi gurihnya puff pastry..jadi sensasinya enak banget. Di kulkas juga ada stock buah kiwi dan nanas madu, enak ternyata buat toping puff pastry, selain itu penampilannya juga lebih cantik. Ternyata Yodha juga suka tadi..habis 3 dia. Tapi buah segar atasnya di sisihin..sama Yodha..hihi..dia mau pakai selai aja. Padahal kiwi sama nanas madu..kan enak seger Kak..hihi.
8

Saturday, October 3, 2015

Makan Malam & Cari Udara Segar @Godong Salam Seafood Resto Ungaran



Wahh..tadi sore beneran cuaca kok serasa panas banget di rumah..jadinya setelah diskusi bertiga..rencana mau ngadem cari makam malam dan refreshing di luar. Karena Yodha mau Mid test Senin..jadi nggak berani jauh-jauh..rencana sich ke kafe baru dekat rumah yang kalau malam tuch keren banget suasana outdoornya kalau malam hari..beneran deket rumah banget..lha wong Kafenya cuma di jalan Durian, lurus..dari rumah 5 menit..:D. Eh lha kok sampai sana penuh sesak, lagi ada acara musik. Ah males lah ya..nggak jadi adem dong jika penuh sesak gitu..hihi. Akhirnya lewat aja..terus bablas ke tempat favorit kalau cari udara segar dech..ke Ungaran.

2

Resep Kupat Glabed Khas Tegal


Dua hari ini lembur packing ratusan kilo  tepung leker lagi pesanan rutin pelanggan..alhamdulillah..plus tetap ngurusin packing order harian...jadinya super sibuk..dan masak yang simple-simple aja kemaren..kalau malam kadang malah hanya jajan penyetan...huhu. Tapi lama-lama bosan juga makan ayam penyet..lele penyet..hihi. Akhirnya..tadi setelah selesai packing dan semua paket terkirim, aku niatin nguplek di dapur. Jadinya makan siang yang terlambat..hihi..jam 2 baru makan siang. Tapi sebelumnya pada cemal cemil dulu cemilan..jadi aman terkendali dech nggak pada lapar menunggu masakan matang.

2

Friday, October 2, 2015

Tehnik Menggoreng Vacuum Frying


Saat ini, snack aneka buah kering yang di goreng dengan cara vacuum frying memang banyak di gemari ya teman-teman. Tak heran jika banyak aneka snack, banyak bisa di jumpai di toko oleh-oleh ya. kebanyakan produk olahan yang di goreng dengan cara vacuum frying ini adalah keripik buah. Namun ada satu produk unik dari Semarang, yang mengolah keripik cumi ( foto di atas ) dengan cara pengolahan memakai vacum frying ini. Hasilnya, memang keripik cuminya lebih kriuk, keset nggak berminyak dan tampilan tetap putih bersih nggak gosong. Itulah salah satu keunggulan cara penggorengan vacuum frying ini.
12

Thursday, October 1, 2015

Kare Kepiting



Akhirnya *emak super* ko juga..kemaren beneran sakit punggung dech kayaknya salah gerak pas ngangkat barang,..jadi kayak kesleo dan jika di gerakkan sakit banget. Udah gitu di paksain ngerjain kerjaan seharian, malam kok jadi sakit beneran dech badan..hihi. Untungnya tadi malam, di pakai istirahat dan di urut jadi udah lumayan sekarang. Jadi bisa masak lagi. Kalau udah komitmen menerima banyak kerjaan, ngurusi order harian, kadang nggak mikirin sakit, yang penting selesai. Yapp..itulah suka dukanya punya usaha sendiri teman-teman..jadi di nikmati aja kalau aku.  
7

Google Ad

Visit Our You Tube Channel