Google Ad

Thursday, August 31, 2017

Kroket Kornet Campur Dengan Tepung Kentang


Wah besok Lebaran ya teman-teman, selamat merayakan hari raya Idul Adha ya. Nah jika teman-teman memerlukan ide resep untuk menu hari rasa besok yang serba olahan daging, sudah pernah aku rangkum di SINI ya resep-resepnya. Ada 20 an lebih resep daging yang sudah aku share...hihi..jadi silahkan di pilih-pilih ya.
2

Wednesday, August 30, 2017

Fruit Cake Ekonomis


Cakes Kismis dan Sukade, atau bahas kerennya di bakery-bakery biasa di sebut Fruit Cake..hihi. Salah satu Kue favoritku. Sayangnya jika beli kadang suka  neg terlalu manis atau ada yang pakai rhum, jadinya malah mblenger menurutku aromanya. Membuat sendiri mudah sich, tapi yang ngabisin yang nggak ada hahah. Tapi jika lagi pengen banget buat ya tetap buat dan aku bagi-bagi aja.
0

Tuesday, August 29, 2017

Membuat Roti Sobek Dengan Bread



Hari ini mainan pakai Bread Maker lagi, gara-gara Yodha dan Papinya nggak mau lagi makan Roti dari Bakery..hihi. Sejak punya Bread Maker, bikin roti memang jadi lebih mudah dan praktis. Bisa di sambi ngerjain yang lain, Bread Maker yang kerja dech. Dan yang pasti itu hasilnya fresh dan lebih enak, di banding beli roti di luaran.
1

Monday, August 28, 2017

Sambel Goreng Labu Siam, Krecek, Dan Tahu


Menu Semarangan, favorit suami yang tidak pernah bosan adalah Sambal Goreng labu siam. Banyak variasi Sambel Goreng labu siam di sini. Ada yang di masak dengan Krecek, itu biasa untuk pelengkap Nasi Ayam. Ada yang di masak bersama Tahu, Telur rebus, dan Kacang Tholo seperti ini, kalau ini biasa di jual di warung-warung Nasi ramesan atau di jual penjual sarapan di pagi hari. Biasa kalau di jual pagi hari di sajikan dengan Bubur Nasi putih. Rasanya pas sekali berpadu dengan Bubur ala Jawa yang gurih.
1

Saturday, August 26, 2017

Ayam Pok Pok Krispi


Ayam lagi..Ayam lagi....hihi. Akhir-akhir ini menu Yodha masih seputar Ayam terus. Berbagai olahan Ayam nggak pernah bosan dia. Tapi karena sdah banyak sekali olahan Ayam yang aku posting di webku ini, makan tidak aku posting lagi.

1

Friday, August 25, 2017

Soto Bening Daging


Menu Daging lagi ya teman-teman, tapi yang ringan aja...Soto...hihi. Lha hampir semua menu daging sudah pernah aku masak. Jadi silahkan search aja jika butuh menu-menu Idul Adha, banyak sekali resep Daging di webku ini. Jika kesulitan mencari dengan fasilitas search di sini, cari saja pakai pencarian di google, misal..mau cari resep Rendang, tinggal ketik di google, Resep Rendang Diah Didi, nanti akan langsung muncul link resepnya ke webku. Begitu lebih praktis dan mudah.
4

Thursday, August 24, 2017

Tips Mengolah Jerohan Agar Tidak Amis


Sebentar lagi mau hari raya Qurban ya teman-teman. Jadi pasti banyak stok daging di rumah. Nah..jika ada yang mau mengolah Jerohan sapi atau kambing, gimana caranya biar nggak amis atau bau, aku kasih tips-tips singkat ya. 

1

Wednesday, August 23, 2017

Jenang Gempol Resep Baru


Dulu banget aku pernah posting Jenang Gempol, Jenang khas Yogya...yang biasa di jajakan keliling atau di jual di pasar tradisional. Jenang Gempol ini unik, jenang atau buburnya seperti bubur sumsum, tapi manis rasanya dan kecoklatan karena memakai gula merah. Sedang keunikannya itu adalah topingnya yang bulat-bulat itu yang unik. Itu adalah Gempol. Gempol ini terbuat dari Tepung beras yang di giling baru, jadi fresh gitu. 

Cara membuat Gempol yang otentik itu tepung beras di perciki air, di pulung besar-besar, lalu di kukus hingga hampir matang. Selanjutnya bulatan tepung beras yang sudah di kukus tadi di parut hingga berbutir-butir. Lalau di pulung lagi bentuk bulatan kecil-kecil. Itu versi yang ribet. Aku pernah bikin juga versi praktis, di postingan lamaku ya teman-teman tentang jenang Gempol ini.

Nah kali ini mau share juga resep buburnya yang versi baru pakai takaran gram. Kalau dulu kan versi takaran pakai gelas..hihi. Jadi pada bingung ya. Baiklah, demi posting resep baru tadi pagi aku buat lagi Jenang Gempol ini. Tapi Gempolnya aku beli jadi, hihi. Kemaren ke Gang baru itu pasti beli Gempol. Nah tadi tinggal bikin Buburnya aja.

Jadi aku share resep Buburnya ya. Jika terpaksa malas bikin Gempolnya, bikin Buburnya aja juga ini udah enak banget kok teman-teman di makan pakai santan gurih gitu yang sudah di rebus. Agar lebih jelas cara membuat Jenangnya, biar bisa lembut dan mulus, aku juga sudah siapkan video singkatnya teman-teman..di sini ya link videonya, di klik aja tanda panahnya...buat teman-teman yang masih bingung cara membuat Bubur Manis / Jenang yang halus lembut dan tidak bergerindil, langsung aja cek ya di video berikut ini agar lebih jelas...:)

Jenang Gempol

Bahan :
Gempol siap pakai 10 buah
Santan rebus yang di beri sedikit garam dan pandan

Bahan Jenang :
100 gram tepung beras, larutkan dengan 100 ml air
500 gram santan sedang
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
100 gram gula merah

Cara membuat :
Rebus gula dan santan serta daun pandan hingga gula larut, saring jika perlu.
Didihkan kembali, masukkan larutan tepung beras
Masak sambail terus di aduk hingga jadi bubur yang halus dan lembut
( lihat Video ya agar lebih jelas )
Sajikan dengan santan gurih dan Gempol jika ada
Yummy...!


2

Tuesday, August 22, 2017

Donat Ubi Cilembu


Kok jadi terjadwal malam terus nich postingan nya ya teman-teman...hihi. Ini juga sambil posting sambil lihat The King in Love, drama Korea terbaru di Chanel One. Ya begitulah, nggak bisa diem duduk manis di depan tivi sambil ngopi, terus nyemil mah kalau aku..tetep sambil di depan komputer..hihi. Tapi enjoy aja..asal tetap semangat..selesai semua juga.

Kemaren aku bikin Donat Ubi Cilembu. Memanfaatkan satu buah Ubi Cilembu yang udah bosan di makan gitu aja...aku campur ke adonan Donat saja. Dan seperti harapanku Donatnya jadi empuk dan enak..lebih manis alami dari tambahan Ubi Cilembunya. Donat ini ala-ala Pasar gitu yang biasa di jual di pasar-pasar...jadi lebih enak jika berbalut gula donat aja. 

Taburannya pakai gula Donat yang semriwing, itu sudah sangat membuat Donat ini tambah enak. Apalagi jika di makan hangat-hangat setelah matang, kres enak sekali. Walau di bakery banyak Donat indah berhias aneka warna coklat dll yang kekinian, aku tetap milih Donat gula ini...hihi. Jika Donat berhias coklat, paling makan separo udah eneg kenyang ya, jika bersalut gula seperti ini, weh dua biji anget-anget juga langsung masuk mulut..sambil goreng, sambil nyemil Donat..hahah.

Oh ya, aku punya assisten sekarang yang bantu menguleni adonan Donat..hihi..yaitu mesin Bread Maker. Jadi sekarang lebih bisa menghemat waktu dan tenaga dech jika membuat adonan donat, roti, pizza, dll..cukup aku serahkan ke Bread Maker aja..beres dech..hihi. Tinggal di masukin aja semua bahan, jadilah adonan yang sudah kalis, siap di fermentasi dech, terus tinggal di goreng. Menghemat tenaga 50 persen..hihi.  Yang jelas adonan pasti kalis elastis jika pakai Bread Maker ini, jadi aku sayang banget sama assisten baruku ini.

Oh ya,..kemaren aku buat Video juga cara membuat adonan Donat dengan Bread Maker ini, dan sudah di upload di youtube juga...di www.diahdidi.com, nama chanelnya. Ini dia ya videonya teman-teman. Jangan lupa, suscribe ya di chanel You tube aku, biar nggak ketinggalan Video-Video tutorial singkat resep terbaru.

Donat Kampung
Bahan-bahan :
300 gram tepung terigu protein tinggi
150 gram Ubi Cilembu kukus, haluskan
1/2 sendok makan (6 gram) ragi instan
35 gram gula pasir
15 gram susu bubuk
1 butir telur
100 ml air es
30 gram margarin
1 sendok teh garam
100 gram gula donut, untuk taburan
minyak padat untuk menggoreng

Cara Pengolahan :
  1. Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan susu bubuk. Aduk rata. Tambahkan ubi. Aduk rata.
  2. Masukkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
  3. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 25 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
  4. Pipihkan adonan. Lubangi tengahnya. Diamkan 45 menit sampai mengembang di loyang yang ditabur tepung.
  5. Goreng dalam minyak padat yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
  6. Dinginkan. Masukkan ke kantong plastik. Tambahkan gula donat. Kocok-kocok sampai teraduk rata.
Itu jika di uleni biasa ya..jika pakai Bread Maker, masukkan dulu cairan, telur, tutup terigu dan bahan kering, gula, susu, ubi, ragi di tengah, proses pakai tombol dough
Setelah setengah kalis, masukkan margarin dan garam. Biarkan mesin bekerja hingga kalis adonannya. Diamkan hingga double size, kempiskan adonan, giling dengan rolling pin agar gas yang di adonan bisa keluar. Cetak pakai cetakan donat, diamkan 45 menit lagi hingga mengembang. Goreng hingga matang.


0

Monday, August 21, 2017

Sambel Penyetan Matang


Aduch..malam lagi baru sempat posting...hihi. Beneran butuh assisten ini kayaknya ya...dengan semua kerjaan seperti sekarang ini, sampai malam pun belum selesai juga. Tapi cari assisten yang sehati itu ya nggak mudah. Seperti cari pasar yang kudu klik...hihi. Cari assisten pun begitu...kalau nggak bukan meringankan kerjaan, malah nambah kerjaan..hahah.
1

Sunday, August 20, 2017

Kuah Bakso Lebih Gurih Dengan Kaldu Sumsum



Tadi pagi aku ke Pasar Gang Baru, beli macam-macam Mie...ada yang khusus buat Mie Ayam, khusus buat Bakso, khusus buat Lomie, dll..kok kalap di beli semua..hihi. Tapi Mie basah fresh yang baru di buat memang enak.  Sudah pasti menu pertama bikin Bakso. Akhirnya telp tukang daging langganan dekat rumah...minta di sisain Tulang kaki untuk Kaldu kuahnya.
1

Friday, August 18, 2017

Video resep Terbaruku Bersama Medina



Maaf kemaren itu mau posting Video ini kelupaan teman-teman. Harusnya momen 17 an kemaren ya..hahah. Gara-gara lagi nggak enak badan, akhirnya seharian cuma leyeh-leyeh nonton drama Korea aja di hari libur kemaren. Aku nonton Lookout..bagus dech. Nanti aku review ya..di segmen jika masak menu Korea lagi..hihi.
0

Wednesday, August 16, 2017

Cake Kentang Keju


Hore..akhirnya bisa baking lagi. Lama juga ya nggak baking Cake. Bukan apa-apa sich..cuma karena warga di rumah cuma bertiga, jadi berasa males aja jika baking cake ngga ada yang makan. Kan ribet dan waktunya itu serasa rugi, walau sebenernya nggak ya..kan dapat ilmu juga..hihi. Jadi ceritanya dulu waktu Yodha kecil itu aku sering bikin Cake, jadi Yodha malah jadi bosan. Papanya juga..hahah. Tapi akhir-akhir ini kok pada doyan lagi dan pada komplain aja jika beli jajanan cake atau kue di bakery nggak ada yang sesuai selera, akhirnya Yodha request di bikinin Cake sendiri. 
4

Tuesday, August 15, 2017

Nasi Tumpeng Ala Bali



Bentar lagi tujuh belasan ya teman2. Nah...aku mau kasih ide nich menu untuk Tumpengan yang beda dari biasanya. Kalau biasanya bikin Nasi Kuning biasa, cobain dech bikin sesuatu yang beda untuk menu tumpengan di hari kemerdekaan nanti teman2. Siapa tau ada yang mau ikut lomba tumpeng atau dapat tugas nyiapin tumpeng untuk Perayaan tujuhbelasan ya..hihi.

4

Monday, August 14, 2017

Sayur Bening Komplet


Ini menu Sayur Bening yang aku masak kemaren teman2. Simple sich, tapi tetep aku posting saja ya..siapa tau bermanfaat buat teman- teman ya. Menu seperti ini segera dan sehat, cocok untuk menu anak-anak. Buat dewasa ya Enak sich...tapi pakai sambal dan ikan asin, tempe goreng, Ayam goreng, dll hahah...

Tapi beneran jika sudah mentok bosan menu yang berdaging, dll..menu seperti ini sangat cocok. Di gado juga enak. Memasak Sayur bening ini juga sangat mudah dan Simple sekali, tinggal cemplang cemplung aja bumbu dan bahan.

Pertama rebus dulu bahan-bahan yang lebih lama matang, seperti jagung, terakhir baru bahan seperti Bayam dan Onyong. Jadi nanti akan tetap fresh semua matangnya ngga ada yang kelembekan sayurnya.

Lauk yang cocok untuk menu ini, apa saja sich asal gurih ya teman-teman untuk mengimbangi rasa sayur yang segera ringan. Kalau aku paling suka pakai ikan asin..plus sambel terasi...hihi. Oh ya...bumbu sayur ini juga minimalis, tapi yang paling utama itu PakItemu kunci..bumbu rempah temennya kencur. Ini yang bikin Sayur bening seger dan wangi.


Ok..langsung saja..ini dia resepnya ya :

Sayur Bening Komplet

Bahwa :
1/2 ikat Bayam Sayur
1 buah wortel, iris tipis
1 buah Onyong, kupas, iris tipis
1 buah Jagung, potong kasar
5 butir Bawang Merah
2 lembar daun salam
1 ruas jari temu kunci, haluskan
1 sendok teh garam
1 sendok teh gula

Cara membuat :
Rebus 1 l air , masukkan semua bumbu
Didihkan
Masukkan Jagung , rebus hingga hampir matang, masukkan sayuran lain, koreksi rasa
Sajikan


4

Sunday, August 13, 2017

Dadar Jagung Udang Daun Brambang


Minggu pagi yang cerah..hari ini masak aja buat sarapan..gara-gara kemaren kulineran kecewa terus rasanya..hihi. Sore...ke Semawis makan sate Ayam campur 40 ribu..karena belum  pada buka yang lain, Yodha beli Cumi bakar juga eneg. Habis dari Ace hardware mampir depan Tlogorejo makan Nasi Gandul yang terkenal juga neg..haha. Nasib dech haha...akhirnya perut malah nggak karuan.
1

Friday, August 11, 2017

Pisang Goreng Ala Thailand


Beberapa waktu kemaren lihat di chanel AFC, ada Chef ganteng dari Thailand bikin Pisang Goreng ala Thai yang terkenal. Sering lihat sich di tivi juga. Wo alah...pisang goreng aja bisa ngetop ya...jika di Thailand. Padahal di negara kita banyak gorengan enak beragam ya teman-teman. Tapi kok belum bisa seterkenal makanan Thailand..huhu. Padahal dari keragaman dan citarasa, masih lebih unggul ya makanan kita teman-teman. 
1

Wednesday, August 9, 2017

Bubur Sayur Ndeso


Kemaren waktu jalan-jalan ke pasar Papringan di Temanggung, ada penjual Bubur Ndeso, Lauknya sayur gurih seperti Opor di sajikan bersama Sambel goreng. Aku jadi ingat di dekat rumah juga ada ibu-ibu yang jual sarapan tiap pagi dengan menu seperti ini. Ada Sayur Telur dan Tahu Bumbu kuning, ada sambal goreng , ada Mangut, dll. 
8

Tuesday, August 8, 2017

Soto Mie Khas Bogor


Pagi semua..semoga bisa rajin posting lagi tiap pagi nich. Akhir-akhir ini cuca panas ya teman-teman..tapi kalau pagi dingin. Jadi pada meriang, batuk dech kita. Pengennya itu makan yang panas-panas dan seger kuahnya. Untungnya Indonesia itu kaya akan kuliner tradisional berkuah seger ya teman-teman. Jadi nggak bakal kehabisan ide dech mau masak apa di rumah.

1

Sunday, August 6, 2017

Bala-Bala Udang & Sayuran


Wah...baru bisa posting lagi..alhamdulillah. Kemaren Jumat mengisi acara pelatiah food photography di Sriboga Semarang, untuk para karyawan SCC dari seluruh Indonesia. Jadinya dari hari Kamis ya sibuk bikin materi dan persiapan.

Sabtu Minggu kabur ke Temanggung refreshing ke tempat wisata kuliner yang lagi ngehits, Pasar Papringan...ntar ku share juga ya liputannya. Kalau nggak sabar sich bisa di lihat di instagramku..hihi. Selalau ada live liputan di hari yang sama jika jalan-jalan atau kulineran.

Oh ya..hari ini Video aku bersama Medina, produk food ware yang bagus dan berkualitas sudah tayang juga di You tube, alhamdulillah. Silahkan lihat video baru aku masak bareng Yodha di link berikut ya teman-teman. Rencananya ada dua Video sich bulan ini, satunya nanti Nasi Tumpeng Komplet untuk 17 an. Kalau yang tayang hari ini, resep Sop Timlo Solo..ini juga enak dan seger.

Nah untuk kali ini, udah malem sich...aku share resep simple aja dulu ya yang aku buat kemaren. Bala-Bala Udang dan sayuran. Bakwan ala Bandung, tapi ini versi lebih mewah..hihi. Pakai Udang juga, jadi lebih enak dan gurih. Kemaren aku bikin Video tutorialnya juga di Instagram.  Akhir-akhir ini lagi seneng banget belajar bikin Video dan editing video masak yang lebih profesional, soalnya mikir juga, kalau bayar orang untuk editing saja lumayan mahal.

Pernah kerjasama sama eo juga, malah di manfaatkan sekarang, namaku di jadikan akun you tube mereka, padahal udah nggak kerjasama lagi, dan mereka bikin video sendiri, tapi pakai akun You tube atas nama aku..ndompleng nama gitu..huhu. Ya....memang kadang kerjasama kudu memilih patner yang tepat. Jadi jika mau mengikuti akun You tube aku yang atas nama suamiku ya teman-teman yang di samping web ini link chanelnya. Kalau yang atas nama Diah Didi, sudah di akuin mereka. Belajar dari pengalaman kurang menyenangkan itu, sekarang jadi kudu belajar bikin sendiri Video dan editing, bisa kok..asal ada semangat..hihi.

Oke, langsung aja ini dia resepnya ya teman-teman :

Bala-Bala Udang

Bahan :
150 gram Terigu protein rendah
1 sendok makan Tapioka ( Maizena )
50 gram Udang kupas, cincang
1/4 buah kol, iris halus
1 buah Wortel, iris korek api halus
1 batang daun Bawang dan 1 batang daun sledri, iris halus, 1/4 Bawang Bombay, iris halus
1 siung bawang putih, haluskan
1 sendok teh kaldu ayam / jamur dan garam secukupnya
1/4 sendok teh merica
Sejimpit ( seujung jari gula pasir )
100 ml air

Cara Membuat :
Campur semua bahan dan bumbu, aduk rata. Koreksi rasa dengan menggoreng sedikit adonan
Sendokkan bulat kecil e dalam minyak yang sudah di panaskan
Goreng hingga matang
Sajikan hangat
Jika males nakar-nakar bahan, aku ada Tepung Bakwan juga siap pakai udah berbumbu lengkap lho teman-teman..tinggal kasih sayuran dan air. Yuk silahkan wa aja ya jika minat 089654712500, ada juga produk lainnya, aneka Tepung...hihi.


2

Thursday, August 3, 2017

Onde-Onde Mekar


Kemaren aku buat Onde-Onde Ketawa..Gelek..Onde-Onde mlethek..Onde-Onde Plethek..opo lagi namanya hayuk...hihi. Yang penting ya..jajanan jadul ini memang enak. Kemaren aku coba Yodha tak suruh makan...suka dia..padahal dulu ya nggak mau. Sekarang setelah suka ngemil..Onde-Onde ginipun suka, habis 3 biji dia..hihi.
4

Wednesday, August 2, 2017

Sate Lilit Ayam


Kemaren aku masak Nasi Balap khas Lombok. Nasi Balap itu Nasi semacam  Nasi bungkus yang lauk utamnya itu Ayam Pelalah. Semacam Ayam Sisit yang khas Bali. Bumbunya sich lebih komplet dari Ayam Sisit. Resep Nasi balap sich sudah pernah aku posting ya sama Ayam Pelalah nya..silahkan lihat postinganku di sini.
1

Tepung Kentang Pati ( Potato Starch )



Hai apa kabar teman-teman...maafkan telat posting lagi badan kurang fit beberapa hari, di tambah ada pekerjaan rumah yang harus selesai, untuk beberapa klien, jadinya..ngebut menyelesaikan semua kerjaan agar cepat selesai dan bisa bikin resep-resep baru lagi.
2

Google Ad

Visit Our You Tube Channel