Google Ad

Showing posts with label Recipes. Show all posts
Showing posts with label Recipes. Show all posts

Thursday, April 9, 2020

Ayam Goreng Lamongan

Ayam Goreng Lamongan

Sore,

Menu hari ini.. Tadi pagi minta tolong suami beli ayam pejantan..eh habis, terus adanya ayam biasa...lagi murah katanya..sekilo Rp. 30 ribu. Yo wis lah gak papa, Ayam potong biasa gini ya enak kok di buat ayam goreng asal bumbunya pas.

Paling enak sich di buat Pecel ayam ala warung tenda Lamongan gitu ya...jadi jenis ayam goreng kuning gurih gak ada manisnya ๐Ÿ’•๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜‹ Katanya di daerah lain Ayam jenis ini lagi murah ya..di daerah teman2 brp per kg? Wah kasian juga peternak ya..kalau murah banget..tapi ya gimana lagi...cara kita bantu ya beli aja ya berapapun harganya yuk...๐Ÿ’• Tips ungkep ayam potong seperti ini.. biasanya kalau masak, tak kerat2 agar bumbu lebih meresap soalnya biasanya kan ayamnya gemuk2 dagingnya tebel ๐Ÿคญ

Terus ngungkep dengan bumbu air jangan terlalu byk karena ayam jenis ini cepat matang. Jadi agar gurih harus berani bumbu juga ya ..karena ngungkep ya jangan terlalu lama juga kalau terlalu lama ayam jadi menyusut keriput mengecil ๐Ÿคฃ... kurang cantik penampakannya ๐Ÿ’•

Ayam Goreng Lamongan
Ayam Goreng Lamongan, Bumbu Kuning.

Ayam Goreng Kuning

Bahan :
  • 1 kg ayam potong, potong sesuai selera
  • 500 ml air
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sendok teh kaldu ayam, 2 sdk teh garam ( secukupnya )...atau boleh di balik kaldu ayam yang lbh byk jk mau lebih gurih
  • 1 sendok teh gula pasir
Bumbu Halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 4 cm kunyit
  • 1 cm jahe
  • 1/2 sendok makan ketumbar
Cara membuat :
  • Campur semua bahan ke dalam panci
  • Ungkep dengan api sedang hingga matang dan bumbu meresap dan kuah menyusut
  • Angkat ayam, dinginkan
  • Goreng di minyak terendam

Sambal Tomat

Sambal

Bahan Sambal Tomat :
  • 8 cabai rawit merah
  • 5 cabai merah keriting
  • 2 siung bawang putih
  • 100 gram tomat ( 1 buah )
  • 1 sendok teh terasi
  • 1/4 sendok teh garam ( sedikit saja )
  • 1 sendok teh gula merah
Cara membuat :
  • Goreng cabai dan bawang, terasi, tomat hingga matang
  • Haluskan bersama bumbu lain
  • Kucuri jeruk limau
  • Koreksi rasa
  • Sajikan dengan Ayam dan lalapan sesuai selera
Atau bisa resepku yang lain, versi Sambel yang semi mentah, sudah pernah aku upload videonya :
  • Bahan sama, cuma Cabe mentah..lainnya di goreng,
  • Ulek bahan sambel, siram minyak panas
  • Kucuri jeruk limau
Selamat mencoba!
3

Monday, December 30, 2019

Lontong Cap Gomeh

Lontong Cah Gomeh
Hallo..hallo..maafkan ya teman-teman, lama absen nggak post di sini huhu. Minggu kemaren aku ke Jakarta, terus pulang sibuk menyelesaikan kerjaan ini..itu, waktu kayak kurang banget, ya pasrah dech . Baru sempat buka web lagi...huhu.

Tapi teman-teman jika nggga mau ketinggalan update resep-resep baruku jangan lupa mampir ke ig ku ya, @bunda_didi...di situ tiap hari tetep ada post baru kok. Nah ini mau berusaha disiplin lagi update di web hihi.

Oh ya mumpung masih Imlek, bentar lagi akan ada momen masak Lontong Cap Gomeh kan buat teman-teman yang merayakan, aku aja orang Jawa, karena di Semarang sini sudah membaur, suka makan Lontong Cap Gomeh juga, tapi ngga perlu nunggu hingga 15 hari setelah Imlek...sepengennya aja bikin hahah.

Nah ini kemaren suami lagi pengen Lontong cap Gomeh yang versi ada sayur lodeh terongnya. Kalau dulu aku buat pakai sayur labu, memang banyak versi sich. Di semarang sini aja ada kira-kira 12 macam lauk / sayur jika mau lengkap, seperti yang pernah aku coba di salah satu resto jadul di sini. Kalau versi resto seperti Istana Wedang atau di food court di mall, seperti yang aku masak kali ini versinya. Kadang ada juga telur atau ayam abing, tapi aku nggak sempat bikinnya.

Oke, aku share resep yang versi seperti di foto aja dulu ya teman-teman, kapan-kapan bikin lebih komplet lagi dech. Selamat mencoba ya. Oh ya pelengkapnya yang wajib ada itu bubuk kedelai, rasanya gurih manis, membuat Lontong Cap Gomeh makin sedep. Suamiku kalau nggak ada bubuk kedelai suka komplain, serasa ada yang nggak lengkap gitu hihi. Jadilah aku selalu nyetok...tapi aku beli jadi aja itu bubuk kedelainya, sama lontongnya juga beli jadi hihi. Soalnya di sini banyak bubuk kedelai di pasar.


Opor Ayam

Bahan :

  • 1/2 ekor ayam kampung
  • 1500 ml santan sedang
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh kaldu ayam 
  • Garam secukupnya

Bumbu halus :

  • 6 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 1 sendok teh ketumbar sangrai
  • 2 cm kunyit bakar
  • 1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat :

  • Tumis bumbu halus hingga benar-benar matang
  • Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna
  • Masukkan santan..dan semua bumbu lain.
  • Masak dengan api kecil, sambil sesekali di aduk, hingga meresap dan daging ayam empuk, dengan api kecil.
Pindang Telur
Bahan-bahan :

  • 5 butir telur direbus, dikupas
  • 5 lembar daun jambu
  • 2 lembar daun jati
  • 30 gram kulit bawang merah
  • 2 cm lengkuas memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 50 gram gula merah sisir
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1.000 ml air

Cara membuat:

  • Rebus telur bebek, daun jambu, daun jati, kulit bawang merah, lengkuas, daun salam, gula, garam, dan air di atas api kecil sampai meresap.
Sambal Goreng Ati

Bahan :

  • 5 pasang ati ampela ayam, rebus hingga empuk, potong-potong
  • 100 gram cabai keriting, haluskan
  • 6 buah bawang merah, iris tipis
  • 4 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh kaldu ayam dan garam ( sesuai selera )
  • 150 ml santan kental

Cara Membuat :

  • Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum, masukkan cabai, masak dengan api sedang hingga agak lama dan keluar minyaknya dan benar-benar matang ( tanak ), masukkan santan, dan semua bumbu, masak hingga mendidih. Masukkan ati, masak dengan api kecil hingga meresap. Koreksi rasa.
Lodeh Terong

Bahan :

  • 2 buah terong  hijau, kupas, potong kecil2
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 1/2 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
  • 800 ml santan sedang
  • 1 sendok makan ebi, seduh, biarkan utuh
  • 6 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 buah cabai hijau besar, 5 buah cabai merah, potong serong tipis

Cara Membuat :

  • Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang
  • Masukkan cabe hijau, ebi
  • Aduk rata
  • Masukkan santan dan bumbu lain
  • Didihkan
  • Aduk sesekali dan masak hingga meresap dan terong matang
  • Koreksi rasa
Selamat mencoba!


8

Pempek Lenggang Goreng


Kemaren Sore aku buat Pempek Lenjer.

Aku pakai resep yang versi praktis aja yang biasa aku buat tanpa telur. Lagi bosan dengan Pempek yang terlalu empuk yang pakai biang terigu..hihi. Kalau yang versi praktis ini tekturenya oke ada kenyal-kenyal sedikit jadi lebih mantep gigitannya..hihi.

Nggak tau beberapa waktu lalau aku buatin yang versi empuk malah protes Yodha dan papinya minta yang versi Lenjer ini yang biasa aku bikin. Bisa langsung di goreng di sajikan dengan kuah Cuko atau bisa di lanjut jadi Pempek lenggang goreng..yaitu Pempek yang di goreng dengan kocokan telur.

Pempek Lenjernya di potong tipis-tipis. Rasanya sangat enak lho teman-teman. Makin gurih rasanya....karena di goreng pakai kocokan telur.  Sajikan dengan kuah cuko. Kalau di Jawa sich di sajikan dengan mie atau bihun..hihi. Di lengkapi irisan ketimun, dan bubuk ebi...makin sedep rasanya.

Aku buat Cukonya agak banyak kemaren dan ternyata setelah menginap makin enak rasanya. Wah jadi ngak perlu repot bolak balik bikin kuah cuko dech. Iya sich kalau di pikir-pikir di resto Pempek gitu biasa di taruh di botol gitu ya, makanya makin sedep rasanya.

Oke, aku share cara membuatnya komplet ya teman-teman dari awal bikin lenjernya hingga jadi Pempek Lenggangnya ya. Selamat mencoba teman-teman, jika suka ya. Tipsnya agar Pempek tanpa telur ini jangan di uleni terlalu kuat ya waktu mencapur tepungnya teman-teman, agar tidak alot.

Pempek Lenjer Tanpa Telur Praktis

Bahan :

  • 200 gram Ikan Tenggiri Fillet ( sudah bersih daging ikannya saja )
  • 200 gram tepung Sagu / Tapioka
  • 100 ml air es
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kaldu ayam
  • 1 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :

  • Masukkan ikan Tenggiri, air es, dan semua bumbu, kecuali tepung
  • Masukkan ke dalam food processor, proses hingga lembut dan menjadi pasta ikan
  • Pindahkan ke mangkuk
  • Masukkan tepung sedikit demi sedikit, sambil di aduk hingga rata hingga adonan bisa di pulung, namun tetap lembut
  • Siapkan panci berisi air, didihkan, beri sedikit minyak
  • Timbang adonan menjadi 10 bagian
  • Oles tangan dengan sedikit minyak, ambil satu bagian adonan, pulung bentuk lonjong memanjang
  • Masukkan ke air mendidih
  • Lakukan hingga adonan habis
  • Rebus hingga mengapung dan matang
  • Tiriskan
  • Dinginkan

Bahan Saus :

  • 400 ml air
  • 2 sendok makan air asam pekat
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 100 gram gula merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan ebi, sangrai, haluskan dengan blender kering
  • Cabai rawit jika suka pedas, sesuai selera
Cara Membuat :
Masak semua bahan saus, koreksi  rasa hingga pas rasa asam manis dan gurihnya sesuai selera

Untuk membuat jadi Pempek Lenggang :

Bahan per porsi : 

  • 2 butir telur, 1/4 sendok teh garam / kaldu ayam / kaldu jamur
  • 2 Pempek lenjer, iris tipis


Cara membuat :

  • Kocok telur, campur dengan bahan lain
  • Goreng hingga matang seperti membuat telur dadar
  • Sajikan dengan Saus Cuko


Selamat mencoba dan visit instagram: @bunda_didi 
5

Thursday, September 26, 2019

Pempek Ikan Gabus


Aku tuch suka Pempek..walau orang Jawa hihi,

Soalnya dari jaman remaja kenal makanan Pempek ini langsung suka. kalau di yogya awal kenal Pempek itu Ny. Kamto. Dari jaman warungnya kecil di belakang Malioboro hingga sekarang udah banyak cabang di mana-mana...di Semarang pun ada. Itu udah berasa enak banget sich..sebelum bisa bikin sendiri.
5

Monday, May 13, 2019

Tempe Kemul Wonosobo


Mendoan, dan Tempe Kemul...sebenernya hampir sama, tapi kalau di rasain ya ada bedanya sich teman-teman. Kalau mendoan itu khas Banyumas, Purwokerto, dan sekitarnya. Mendoan, artinya mendo, di goreng setengah matang. Walau kalau di Semarang yang namanya mendoan ya bebas gorengnya, bahkan banyak yang kriuk hihi.

1

Saturday, May 4, 2019

KEMBANG GOYANG KEJU


Kembang Goyang, salah satu kue jadul yang ada di toples Lebaran ya teman-teman. Kue ini enak, kriuk-kriuk renyah gurih ada samar-samar sedikit manis. Versi jadul pakai tepung beras, rasanya khas kriuknya. Kalau jaman now, ada versi yang empuk, pakai terigu dan tapioka, kembang goyangnya terasa ringan krenyes. Tapi aku suka versi yang jadul..lebih terasa gigitannya dan lebih gurih menurutku pakai tepung beras hihi.
2

Wednesday, May 1, 2019

Martabak Kari


Kemaren waktu belanja ke pasar Gang Baru Semarang, seperti biasa..kalap apa2 di beli hihi. Memang pasar Gang Baru itu pasar kecil cuma sepanjang gang gitu, tapi barang yang di jual unik-ubik. aku borong beberapa bumbu Chinese yang nggak ada di pasar atas tempat tinggalku. Beli ini..itu..sampai kulet lumpia lebar-lebar yang biasa di atas jarang, di sana ada ukuran dua kali lipat dari kulit lumpia biasa. 
2

Sunday, April 14, 2019

Oseng Mie Bumbu Ebi


Beberapa hari lalu aku masak Oseng Mie lagi teman-teman. Dulu udah pernah aku share sich ya, tapi kali ini aku pakai ebi untuk bumbunya. Jadinya rasanya jadi tambah enak sekali Oseng Mie nya.
2

Friday, April 5, 2019

Ekado Tengiri Udang


Pagi,

Menu kemaren ini teman-teman. Aku masih punya stok Tengiri fillet, sisa bikin Siomay untuk Bazaar Yodha kemaren. Jadi aku buat ini aja. Biasa ekado pakai ayam dan Udang, tapi di ganti tengiri juga enak kok teman-teman, sama gurihnya.
4

Tuesday, March 12, 2019

Asem Asem Tetelan, Buncis dan Tahu


Hari ini dengan bahan yang sama, jadi dua menu, Asem-Asem dan Oseng Lombok Kethok.  Karena selera beda-beda, kalau Yodha maunya yang tumis-tumis, sementara suami sukanya sayur berkuah yang seger seperti ini. Jadilah bikin dua menu, bumbunya hampir sama juga sich hihi.
3

Monday, March 11, 2019

Terong Geprek



Menu mur mer tapi enak, ala warung-warung makan yang menyediakan menu geprek nich teman-teman. yup, Terong geprek, enak ko, apalagi jika memakai terong yang fresh, jadi terasa amnis alami ketika di goreng. enak dech, cocok di padu sambal bawang yang pedes dan sedep.
4

Thursday, March 7, 2019

Saus Telur Asin


Saus Telur Asin..sudah lama ya nge hits teman-teman. Tapi aku beneran baru coba buat kemaren hihi. Itupun karena punya stok kuning telur asin banyak kiriman temen yang endorse di Ig ku.  Pas aku tawari ke suami kok mau..karena katanya beliaunya pas di Solo makan ayam goreng saus telur asin, katanya enak. 
2

Wednesday, March 6, 2019

Pisang Goreng Thailand, Resep Baru


Sore ini aku bikin pisang goreng ala Thailand lagi teman-teman, tapi ini dengan takaran resep yang sudah aku sempurnakan. Hasilnya lebih enak dan gurih dari resep lamaku. Ciri khas Pisang Goreng ala Thailand ini, pisangnya di iris tipis-tipis, terus adonan pencelup ada campuran kelapa parut dan wijen, jadi lebih gurih dan khas rasanya.
3

Friday, March 1, 2019

Soto Babat


Menu hari ini..Soto Babat ..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ Tadi pas ke tukang daging langganan di tawari babat bagus..terus mikir menu yang beda dari biasa yang cuma di bikin babat gongso atau bacem..nah akhirnya aku buat soto babat nich teman2 ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ 
3

Tuesday, February 19, 2019

Kue Lumpur Tape Lembut dan Legit


Hari ini aku bikin cemilan serba tape nich teman-teman. Pagi bikin Bluder Cake Tape yang enak banget, udah habis aku bagi-bagi. Sore aku bikin Kue Lumpur Tape...karena masih ada 150 gram sisa tape yang super, sayang kalau nggak terpakai, mau di makan gitu aja juga bosan juga.
1

Monday, January 21, 2019

Tongseng Iga Bakar


Tongseng, menu favoritku dan suami. Tapi sayangnya Yodha kurang begitu suka daging rebusan gini. Mau makan sich, tapi kayak kurang semangat gitu. Jadinya aku harus membuatnya semangat makan tongseng. Caranya...mudah saja..dagingnya nggak cuma di rebus sama kuah, tapi di bakar di akhir.
2

Monday, January 14, 2019

Cumi Krispy Sambal Geprek




Menu sambal, tak pernah bosan ya teman-teman, apalagi untuk emak-Emak. Menu makan siang kalau sendiri di rumah ya paling mantul itu ya sambal. Sambal apa aja, aku suka semua..hihi.
6

Wednesday, January 9, 2019

Bobor Pucuk Daun Labu


Pucuk Labu, sayuran yang akhir-akhir ini jadi favoritku. Di semarang udah hampir 10 tahun lebih tapi baru akhir-akhir ini makan Pucuk daun labu, karena dulu mikir sayur aneh hahah. Kalau di Yogya daun Labu atau Jipang jarang di masak. 
1

Saturday, January 5, 2019

Timus Enak


Sore,

Cemilan sore ini...memanfaatkan bahan di dapur. Ada Ubi kuning nganggur beberapa hari sampai ada satu yang numbuh haha..karena belum aku buka dari plastiknya. Ya begitulah aku, suka kasian kalau ada Mbah-Mbah di pasar nawari dagangan mereka, langsung aja aku beli. Ya sekedar uang 6 ribu, mungkin bisa sedikit membantu mereka ya.
5

Friday, January 4, 2019

Padu Padan Menu Hari ini, Sate Usus Bumbu Kuning, dll




Yeay, postingan kedua di 2019, ke mana aja aku kok jadi sibuk banget , banyak resep yang belum aku post di web huhu. Sehari bikin satu atau dua video untuk klien udah full seharian sama ngedit, belum kerjaan lain. 2019 harusnya punya assisten ya teman-teman. Tapi tak semudah itu sich cari asisten yang bisa di andalkan hihi.
1

Google Ad

Visit Our You Tube Channel