Google Ad

Thursday, June 30, 2022

Empis-Empis Rambak Tulang Sapi + Tempe


Sayur Rambak Tulang Sapi

 Selamat sore teman-teman,


Rambak Tulang Muda Sapi 😱 Ada yang pernah tahu? Kita juga baru tahu setelah jalan-jalan ke Pasar Temanggung hari Minggu lalu, dan kita beli rambak tulang muda (sapi), dan hari ini kita masak dengan tempe. Penampilannya bisa dilihat di foto di atas. Untuk penampilan rambak itu sendiri bisa dilihat di bawah ini:


Rambak Tulang Muda

Selalu seneng ketemu bahan masakan baru yang gak ada di Semarang, karena langsung penasaran rasanya gimana jika diapplikasikan di masakan. Jadi tahu, ternyata rambak/krecek untuk digunakan untuk sayur ternyata macam-macam ya teman-teman, ada yang versi Yogya, Solo, Magelang, Semarang yang biasanya dibuat dari kulit sapi, tetapi kalau dari Temanggung ada yang terbuat dari tulang muda sapi, bagiku ini unik teman-teman. 😱 Dan harus dicoba.

Foto rambak di atas ini versi rambak tulang muda dari Temanggung, cara memasaknya harus direbus terlebih dahulu sampai empuk, baru dipotong dan dimasak. Rasanya kenyil-kenyil empuk gurih, tetapi gak bisa mengembang. πŸ˜€ Untuk harga, 1 ons seharga Rp 17.000,- berarti 1 kg mungkin seharga Rp 170.000,- atau bahkan lebih murah dikit. Harganya lumayan juga ya, gak papa sih kebutuhan kita juga paling 1 ons saja.

Karena kata si penjual enaknya dimasak empis-empis, ya udah aku masak Empis-Empis lagi ... 🀣🀣 Tetapi ganti tempe bahannya, tapi suamiku suka sich sayur gini jadi ya gak bosen sering masak beginian. Yang gak mau itu Si Yodha, jadi aku masak 2 macam hari ini, krengsengan daging sapi untuk Yodha dan Empis-Empis untuk aku dan papinya Yodha. Kalo krengsengan daging, sudah pasti ludes oleh Yodha saja.

RESEP EMPIS-EMPIS RAMBAK SAPI + TEMPE

Bahan :
  • 200gr Tempe segar, 100 gram tempe semangit, iris kecil.
  • 50gr krecek sayur, sesuaikan selera ya, kalau aku pakai krecek tulang muda ini, bisa ganti krecek lain, adanya apa kreceknya.
  • 1000ml santan.
  • 2 lembar daun salam.
  • 2 cm lengkuas, memarkan.
  • 1 sdk mkn gula merah.
  • 2 sdt kaldu sapi.
  • Secukupnya garam.
  • 250gr cabe hijau, iris serong.
  • 8 siung bawang merah, iris tipis.
  • 4 siung bawang putih , iris tipis.
Cara Membuat :
  • Tumis duo bawang (merah dan putih) hingga harum.
  • Masukkan cabe hijau.
  • Tuang santan dan bumbu lain.
  • Didihkan.
  • Masukkan tempe & krecek.
  • Masak api kecil hingga meresap.
  • Koreksi rasa garam gula hingga pas.
Selamat mencoba teman-teman.
0

Monday, June 20, 2022

Udang & Cumi Tempura

 


Udang & Cumi Tempura

Selamat pagi, 

Jumat lalu kita IG Live Cooking di IG @bunda_didi, teman-teman. Tema-nya masak tempura dengan bahan udang, cumi, bawang bombay dan terong. Kita cuma live dalam 1 jam, banyak yang ikut, banyak yang ketinggalan acaranya. Nah, yang ketinggalan acara atau tidak ikut acara bisa mengikuti resep di blog ini. 

Ini resep tempura hasil live cooking tadi teman-teman. πŸ’•πŸ’•

RESEP TEMPURA  

Bahan Adonan :
  • 100 g t terigu protein rendah
  • 100 g maizena
  • 350-400 ml air es
  • 1 kuning telur
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • 1/4 sdk teh merica
  • 1 sdk teh bawang putih bubuk
Cara Membuat Adonan:
  • Campur semua bahan, aduk rata perlahan.
  • Simap di kulkas agar tetap dingin, sambil menunggu menyiapkan bahan lain.
Cara Membuat Tempura:
  • Siapkan udang, cumi, bawang bombai, terong.
  • Lumuri udang dan cumi dgn sdkt garam.
  • Rendam terong yang udah dipotong-potong dengan air dan garam.
  • Bawang bombai, dipotong-potong bulat-bulat.
  • Lumuri dgn terigu kering.
  • Celup ke adonan basah.
  • Goreng di minyak panas hingga matang.
Selamat mencoba, hasilnya seperti yang ada difoto. 
0

Monday, June 13, 2022

Sambal Goreng Labu Krecek

 


Sambal Goreng Labu Krecek

Selamat sore, 

Menu sore ini apa ya? Minggu kemaren waktu ke pasar Gang Baru, aku beli krecek Semarang yang bagus, ketika dimasak tidak lembek dan tidak menyerap kuah. Nah ini seperti ini ya teman-teman hasilnya, kreceknya medok, mengembang, empuk tapi gak ngabisin kuah. Kalau yang biasa, bisa habis kuahnya.πŸ’•

Penampakan kreceknya bisa disearch di IG @bunda_didi ketika aku belanja ke Pasar Gang Baru kemaren ya, ada videonya di postingan feedku, coba dicek aja ya teman-teman. Tadi mau buat video biar kelihatan krecek mentahnya malah keburu mendung gelap sore tadi, yo wis langsung gak semangat aku untuk bikin video-nya.

Kalau di Semarang, Krecek lembaran begini, paling pas dimasak sambal goreng berbagai variasi, salah satunya Sambal Goreng Labu Siam ini, yang biasanya untuk pelengkap Nasi Ayam Semarang. Sejauh ini yang paling bagus kualitasnya yang aku beli di Pasar Gang Baru, kalau di Pasar Prembaen aku sering beli juga, tapi yang nyerot kuah banget.

Selain itu untuk Sambal Goreng Ati, Sambal Goreng Kentang, Tahu, dll banyak variasi Sambel Goreng di Semarang. Kalau di warung-warung makan di sini kadang malah dicampur ke menu sayur tahu bumbu kuning yang gak pedas, atau buat campuran sambal tumpang, dll. Yang jelas banyak dech menu khas Semarang yang pakai Krecek jenis ini. Ini aku share lagi ya resepnya..sesuai takaran bahan yang aku pakai tadi.

RESEP SAMBAL GORENG LABU KRECEK

Bahan :
  • 2 buah Labu Siam ukuran besar, potong korek api kecil
  • 100 gram krecek lembaran Semarang, potong2 / jika tidak ada ya Krecek daerah lain silahkan
  • 1200 ml santan sedang
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sendok makan ebi, rendam air panas hingga mekar
  • 30 g gula merah / sesuai selera
  • 2 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
  • 8 butir bawang merah, iris tipis
  • 4 siung bawang putih, iris tipis
  • 10 buah cabai merah dan 1 siung bawang putih, rebus sebentar di air mendidih, haluskan
  • Jika suka pedas tambahin cabe rawit utuh ya
Cara Membuat :
  • Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang
  • Masukkan cabai halus, ebi, tumis hingga benar-benar matang
  • Tuang santan, masukkan bumbu lain
  • Didihkan
  • Masukkan Labu dan Krecek
  • Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap
  • Koreksi rasa hingga pas gurih manisnya sesuai selera
  • Sajikan
Selamat mencoba!
1

Terong Ungu Sambal Terasi


Terong Ungu Sambal Terasi

 
Selamat pagi,

Weekend kemarin, sarapan yang pedes sekali-sekali yaaa, biar semangat untuk hari ini πŸ˜€πŸ’• Kita bikin sambal-sambal begitu lah.

RESEP TERONG UNGU SAMBAL TERASI

Bahan:
  • 2 Terong Ungu, potong-potong lalu goreng.
Bahan Sambal:
  • 75 gr cabe, rawit campur merah
  • 8 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 100 gr tomat
  • 2 sdk teh terasi bakar
Cara Membuat:
  • Goreng semua bahan sambal
  • Haluskan
  • Tumis kembali
  • Tambahkan 1/2 sdk teh kaldu ayam
  • 1/2 sdk mkn gula merah
  • Masak hingga sambal kembali berminyak
  • Cek rasa kurang garam atau tidak
  • Masukkan Terong
  • Aduk rata
  • Sajikan
OK, selamat mencoba resep praktis ini!
0

Friday, June 10, 2022

Sup Iga Bakar Madu

 


Sup Iga Bakar Madu

Selamat siang teman-teman,

Menu maksi hari ini benar-benar menggoda, menu berkuah untuk melawan perubahan cuaca yang ekstrim. Gak usah mikir diet dulu, yang penting tetap doyan makan agar selalu sehat. Hari ini aku buat iga bakar madunya favorit Yodha dan Papinya, sementara sup-nya kesukaan aku. Bisa dicampur bisa dipisah makannya, semuanya enak.

Aku memang lebih suka obat enak begini lah, langsung ampuh mengusir gejala flu, meriang dll karena perubahan cuaca. Makan saja yang anget-anget seger berkaldu gini, sebisa mungkin hindari gorengan dulu. Makan yang bergizi tinggi dulu, yang sehat-sehat dulu, agar flu biar gak jadi mampir ke badan. πŸ˜€



Sup Iga Bakar Madu


RESEP SUP IGA BAKAR MADU

Bahan :
  • 500 gram Iga sapi
  • 1500 ml air
  • Cuci bersih Iga, rebus dengan api kecil hingga keluar kaldunya dan iga empuk
  • Angkat iga, sisihkan kaldunya buat sop
Bumbu :
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 buah bawang bombay, iris halus panjang
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok makan madu
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1/2 sendok teh merica hitam tumbuk kasar atau merica bubuk biasa
  • 1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
  • 600 ml air
Cara Membuat :
  • Tusuk-tusuk Iga dengan garpu agar bumbu lebih meresap
  • Tumis bawang bombay dan bawang putih halus hingga matang dan harum
  • Masukkan Iga dan semua bumbu, aduk rata
  • Tuangi air
  • Tutup panci
  • Masak iga dan bumbu dengan api kecil hingga air habis dan bumbu mengental
  • Koreksi rasa hingga pas
  • Dinginkan
  • Bakar di atas alat grill atau teflon hingga harum
  • Sajikan dengan sop sayuran yang memakai kaldu Iga tadi, serta sambal
Untuk Supnya,

Bahan Tambahan :
  • Kentang, wortel daun bawang, tomat
  • Bumbu, ulek kasar :
  • 3 bawang putih
  • 5 bawang merah
  • 1/2 sdk teh merica butiran , haluskan
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • 2 sdk teh gula pasir
  • Secukupnya garam
  • Tumis bawang putih, bawang merah, merica hingga agak kecoklatan agar kuah kaldu gak keruh nanti supnya
  • Masukkan air kaldu rebusan iga
  • Beri semua bumbu lain di atas
  • Masukkan sayuran
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa
  • Sajikan bersama iga bakar madu

Yummy...! Selamat mencoba!
0

Bandeng Cabut Duri Goreng Krispy


Bandeng Cabut Duri Goreng Krispy


Selamat siang teman-teman,

Dari Pasar Gang Baru Semarang, salah satunya kita beli bandeng yang sudah dicabuti durinya. Cukup lumayan nunggu nyabut duri-nya, tapi benar-benar bersih nyabutnya.  Ini bandeng cabut durinya teman-teman, setelah dicuci bersih penampakan mentahnya seperti ini: 


Bandeng Cabut Duri

Rencana awalnya bandeng cabut duri ini madu dibakar, tapi oleh Yodha malah digoreng krispi, tapi masih ada stock satu di freezer, besok buat sahur dibakar.πŸ˜€ Motretnya ala kadarnya ya, soalnya Yodha gorengnya dadakan karena keburu lapar.

Tapi kalo buat anak-anak pasti favorit digoreng krispi begini, apalagi sudah aman dari duri. Langsugn ludes pasti. πŸ’•

RESEP BANDENG CABUT DURI GORENG KRISPY

Bahan :
  • 1 ekor bandeng cabut duri kira2 400 g
  • Potong kecil-kecil,
  • Lumuri bumbu :
  • 2 bawang putih haluskan
  • 1/2 sdt merica
  • 1 1/2 sdk teh kaldu ayam
  • 50 ml air
  • Diamkan hingga meresap
  • Panaskan minyak
  • Campur bandeng berbumbu dgn 1 putih telur
  • Lumuri 100 g terigu, 20 g maizena
  • Aduk rata, goreng bandeng hingga kering
  • Sajikan dengan sambal atau saus asam manis dll sesuai selera
Jika pake tepung bumbu, balur tipis aja biar tidak terlalu asin ya teman-teman, karena daging bandeng sudah dibumbui gurih. Oh ya, kenapa bandeng cabut duri? Karena rasa bandeng asli-nya masih terasa manis dan gurih, beda jika dipresto.

Selamat mencoba!


0

Monday, June 6, 2022

Tahu Lapis Daging

 


Tahu Lapis Daging

Selamat malam,

Salah satu snack yang aku cicipi di toko oleh-oleh jadul di Boyolali (Toko Pojok) minggu lalu adalah tahu lapis, aku kok jatuh hati sama jajanan tahu lapisnya ini. Ini benar-benar khas, karena baru ketemu di Boyolali. Enak...Mak Nyuus!

Ini bukan tahu bakso ya, tapi cemilan beda jenis lagi. Tahunya lembut nyuss, karena sudah dihaluskan, dicampur bumbu-bumbu sama telur, rasanya gurih ringan sedikit manis dan tengahnya ada cincangan daging-nya terus dikukus, lalu di potong-potong, lalu digoreng celup kocokan telur.

Bisa buat cemilan anget enak ini atau bahkan bisa buat bekal anak, walaupun sudah dingin juga masih enak. Kalo ada arisan juga bisa jadi snack arisan. Masuk pokoknya. πŸ˜€

Walaupun kemarin beli dikit dagingnya, tapi aku buat lebih banyak isian dagingnya dan juga lebih gede-gede biar cantik waktu difoto. Kalau yang beli di Toko Oleh-Oleh itu bentuknya irisan kecil-kecil ... Alias kurang porsi kalo aku. πŸ˜€

Ini enak gurih, Tahu Lapis Daging ala Boyolali ya teman-teman. Di pasar Boyolali aku pernah nemu juga yang isian ayam, jadi jika mau ekonomis bisa diganti isian ayam. Kan harga daging masih cukup mahal ya teman-teman, gak turun-turun setelah Lebaran.🀣Tapi biasanya gitu sich ya, kalau udah naik harga susah turunnya. 🀭 Oke aku share resep ala aku ya..mau kah? Rasanya gak kalah enak sama yang aku beli kemaren, buktinya Papahnya Yodha sekali makan habis 3 tadi. πŸ˜€ Mungkin khilaf.

RESEP TAHU LAPIS DAGING BOYOLALI

Bahan, aduk rata:
  • 800 gr tahu putih..yang kesat, jika banyak air diperas ya.
  • Campur:
  • 2 telur
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • 1/2 sdk teh merica
  • 1 sdk mkn gula pasir

Bahan Daging, aduk rata :
  • 200 g daging segar, giling
  • 1 sdk teh kaldu sapi
  • 1/2 sdm gula pasir
  • 1/4 sdk teh merica
  • 1/8 sdk teh pala
Cara Membuat :
  • Olesi loyang dengan minyak
  • Tuang adonan tahu separo
  • Tuang adonan daging, ratakan
  • Tutup dengan sisa adonan tahu
  • Kukus 30 menit
  • Dinginkan
  • Potong-potong
  • Celup kocokan telur
  • Goreng hingga matang
Selamat mencoba!
0

Jamu Daun Kersen


Jamu Daun Kersen

Selamat pagi teman-teman,

Semoga teman-teman dalam kondisi sehat dan fit untuk beraktivitas, karena cuaca masih belum menentu. Bisa saja pagi cerah ceria ada matahari, tapi tiba-tiba siang hujan. Kadang jam 10an sudah hujan atau mendung tebal, kadang malam hari hujan.πŸ˜…

Untuk menjaga tetap fit, yuk buat jamu sendiri! Agar badan tetap hangat dan tidak kaku-kaku, kita butuh kondisi yang fit untuk menghadapi kenyataan. Kalo aku, karena makan apa-apa doyan, jadi wajib diimbangi minum jamu-jamuan gini. πŸ˜€

Aku buat jamu spesial ini, namanya 'Jamu Daun Kersen' ini bagus untuk mengatasi kolesterol, asam urat, badan capek-capek, masuk angin atau ketika mau flu dan batuk dll. Dulu kenal jamu ini dari temannya papinya Yodha yang bikin Jamu ini dalam bentuk sirup, tinggal ditambah air panas, praktis banget, tapi sekarang gak buat lagi kayaknya karena terakhir kali pesan gak bisa, ya sudah bikin sendiri saja ala-ala aku ya takarannya. πŸ˜€

Tapi ini jamunya enak kok wangi rempah seger, ada sedikit rasa sepet dari daun kersen, tidak apa-apa justru rasa sepet itu yang banyak manfaatnya, tapi jangan kuatir rasa ini akan tersamar oleh manis gula aren. Yodha saja mau minum, karena dia banyak makan seafood.

RESEP JAMU DAUN KERSEN

Bahan: 
(alami semua)
  • Daun Kersen
  • Daun Pandan
  • Sereh
  • Kapulaga
  • Cengkeh
  • Kayumanis
  • Gula Aren
Cara Membuatnya:

Resep detail ada di video ya: Link: https://www.youtube.com/shorts/c3tLcCignOo

Bahkan kemaren kalau musim dingin tangan kiriku yang habis operasi patah tulang itu masih suka sakit ngilu..akhirnya aku rutin minum jamu ini dua hari sekali.. sekarang udah gak pernah sakit lagi tangan kiriku..karena daun kersen bagus juga untuk mengatasi peradangan..πŸ’•

Mau tiap hari ya boleh jika ada kolesterol berat ya..tapi karena aku suka selang seling minum jamu-jamu atau minuman tradisional lain..jadi aku buat dua hari sekali aja πŸ˜… Untuk bikin jamu-jamu an gini aku paling suka pakai Diamond Casserole Pan @steincookware
Nich pan tebel...lapis Granite dan cantik designnya..suka dech.

Diamond Granit Pan, Premium Series nya Stein ya. ✅Lapisan paling Tebal ✅Anti Lengket ✅German Greblon Granite ✅PFOA/PTFE/ LEAD/CADMIUM FREE ✅7 Layer Granite coating ( biasa 5-6 coating saja) ✅Induction/Gas .
Ukuran 20 & 24 cm, dilengkapi tutup, Bisa di beli di marketplace kesayangan teman-teman ya ..πŸ’•
0

Sunday, June 5, 2022

Kering Tempe


Kering Tempe

 
Selamat sore,

Sesorean ini gabut karena di rumah saja, maka inilah hasilnya: Masih ada 2 potong tempe, lagi gak pengin masak apa-apa, dengan bahan tempe cara terbaik ngabisin stock tempe ya dibuat 'kering tempe' gini ya teman-teman, bisa awet bisa dicemal-cemil atau dibuat lauk jika pas gak ada lauk lain.πŸ˜…

Kalau cuma buat 'kering tempe' sudah pada jago kan? Perlu resep lagi gak nich? OK mungkin masih ada yang belum pernah buat. Nich aku tulis lagi ya teman-teman.

RESEP KERING TEMPE

Bahan :
  • 450 gram tempe ( 2 papan kecil )
  • Potong tipis kecil2, goreng hingga kering
  • 8 bawang merah, iris goreng kering
  • 6 bawang putih, iris tipis, goreng kering
  • 10 cabai merah, 5 cabai rawit, iris tipis, goreng kering
  • 2 daun salam
  • 2 cm lengkuas dimemarkan
  • 85 gram gula merah yang warna gelap, sisi halus
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • 1/4 sdk teh garam ( atau sesuai selera asinnya..kalau aku gak suka terlalu asin )
  • 1 sdk teh air asam
  • 50 ml air
Cara Membuat:
  • Masukkan gula dan air, air asam, garam, gula, kaldu...daun salam, lengkuas di pan...masak dan aduk hingga gula larut..aduk2 hingga kental berambut.. masukkan dua bawang dan cabe goreng
  • Masukkan tempe yang sudah digoreng
  • Aduk cepat, matikan api
  • Angkat dan sajikan.

Tips Kering Tempe ala aku :

✓Pilih Tempe yang sudah benar2 jadi, udah set istilahnya, bagusnya kalau beli pagi..sore atau esok hari baru di pakai buat kering, diamkan suhu ruang, jangan di kulkas..nanti tempe akan tambah set jadinya.
Tempe gitu jadi mudah diiris dan tidak akan hancur waktu di goreng
✓Tempe di potong kecil-kecil tipis, goreng dengan minyak agak banyak, waktu menggoreng jangan terlalu penuh ya wajan agar cepat kering, dan keringnya itu cantik bukan kering gosong
✓Semua bumbu di goreng kering, bawang kerah, putih, dan cabe, agar tidak mudah melempem
✓Masukkan tempe dan bumbu jika gula sudah berbuih dan berambut, lalu aduk cepat hingga semua bahan terbalut lapisan gula, biarkan dingin baru simpan di wadah tertutup, jadi kering tempe akan awet kriuk.

Selamat mencoba!
0

Friday, June 3, 2022

Usus Pedas Manis


Usus Pedas Manis Ala Bunda Didi

 

Selamat Sore,

Hari ini aku masak usus pedas manis, Ini nich masih nyemek-nyemeknya, enak buat makan sama nasi anget. Menu sederhana saja yaaa ... Jika suka bisa dimasak sampai agak kering, bisa buat sate usus pedas manis. Tapi aku lagi males nusuk-nusuk nich, jadi nyemek-nyemek gini aja sudah cukup.πŸ˜€

RESEP USUS PEDAS MANIS

Bahan :
  • 700 g usus ayam
  • Usus sudah di bersihkan dengan di kerok dalamnya satu persatu ya
  • Cuci bersih, lumuri dengan air jeruk lemon 1 sdk mkn, cuci bersih kembali
  • Rebus sekali dengan jahe dan daun salam
  • Tiriskan, buang air rebusan

Bumbu :
  • 10 cabai merah
  • 10 cabai rawit ( sesuai selera pedasnya )
  • 8 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 4 kemiri sangrai
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1 sdk teh ketumbar
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus sampai matang
  •  Masukkan:
    • usus
    • 1000 ml air
    • 2 daun salam
    • 2 cm lengkuas
    • 2 daun jeruk
    • 2 sereh
    • 30 g gula merah
    • 1 sdk teh air asam
  • Masak hingga meresap..sampai kuah nyemek2
  • Tambahkan 1-2 sdk mkn kecap, aduk2
  • Cek rasa
OK, selama mencoba!
0

Koyor Bacem


Koyor Bacem Ala Bunda Didi

 Selamat sore teman-teman,


Yang request menu koyor bacem siap hayo? Koyor bacem ini seperti di Warung Tumpang Koyor Mbok Semi, Ampel Boyolali, yang sempat aku kunjungi minggu lalu, atau di Warung Gudeg Merakmati daera Bawen. Nah di foto itu penampakannya.πŸ’• Siapa yang mulai lapar?

Koyor  adalah urat (tendon) sapi, tekturenya kenyil-kenyil kalau yang beneran urat, ada juga yang lembut klenyer-klenyer tipis seperti lemak tapi bukan lemak, karena lebih alot tekture mentahnya. Kalau yang beneran urat, mentahnya warna putih bersih, alot, harus dipresto dulu sebelum diolah ya agar nantinya empuk. Nanti jika dipresto, koyor akan berubah jadi bening, jadi itu menandakan koyor ini bukan lemak.πŸ˜€

Penampakan mentah koyor bisa di cek di videoku ya cara mengolah koyor klik di sini: #koyorbundadidi

Mengolah koyor butuh bumbu yang meresap agar rasa bisa masuk, paling cocok dibacem seperti ini  atau sambel goreng kalau di Semarang. Bisa juga dimasak oseng mercon, atau oseng cabe ijo, dimasak asem-asem dan lain-lain, pokoknya yang berbumbu medok gitu dech.

Koyor kalau Semarang dan sekitarnya biasanya untuk menu gudeg koyor atau nasi koyor, ada juga pecel koyor, kalau di Salatiga dan Boyolali untuk pendamping menu Sambal Tumpang. Tapi koyor bacem gini, dimakan pakai sambal korek aja enak lho teman-teman. πŸ’•πŸ˜€

RESEP KOYOR BACEM

Bahan :
  • 500 g Koyor, presto sekitar 30 menit, tiriskan.
  • 500 ml air
  • 500 ml air kelapa
  • 80 g gula merah (pilih yang warna gelap, iar cakep. Dan jangan pakai kecap ya, akan beda rasa kalau baceman pakai kecap, legitnya beda.)
  • 2 cm lengkuas
  • 2 daun salam
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk teh air asam
Bumbu Halus:
  • 6 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 3 kemiri sangrai
  • 1 sdk teh ketumbar
Cara Membuat:
  • Campur semua bahan di panci
  • Masak api kecil hingga meresap dan air habis
  • Tiriskan, goreng sebentar di minyak panas
Selamat mencoba teman-teman! Aku tidak jamin kalo ketagihan. 
0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel