Google Ad

Saturday, August 30, 2014

Ikan Kembung Cabe Hijau


Wuaa..isi freezer ku kok masih banyak stock bahan makanan..hihi. Gara2 rada sibuk akhirnya masaknya kemaren2 itu lebih sering ke *one side dishes..alias menu2 simple sepiring campur2 padat gizi yang langsung habis..hihi..misal..tahu campur..kwetiau goreng..nasi goreng..mie goreng dll. Soalnya mba art ku juga lagi sakit..udah seminggu    nggak masuk kerja..jadi ndak ada yang bantu2 nich keteteran sendiri. Akhirnya baru tadi dech satu persatu mulai di keluarkan bahan2 dari kulkas nich sebelum numpuk terus..hihi. Lha pas minggu kmrn ke pasar itu beli ikan banyak macam2..ada ikan tenggiri..ikan bandeng..dan satu lagi ikan kembung kecil2 ini. Karena pas ke pasar pagi2 itu kan ikan2 masih seger2 gitu ya teman2..jadi suka kalap gitu kalau belanja..semua di angkut hihi. Apalagi  murah pula..kamaren beli kan kembung sekilo cuma 10 rb kayaknya..wis langsung dech jadi penghuni freezerku pindah dari pasar ikan kembungnya..hihi.
16

Ca Bakso Ikan


Masih membahas soal bakso2 an ya teman2. Kan kemaren aku cerita soal bakso daging..sekarang ganti bakso ikan. Nah..kalau bikin bakso ikan ini relatif lebih mudah..karena tanpa pengenyal pun udah bisa kenyal gitu. Kunci utamnya kalau bikin bakso ikan adalah proses pengilingan dagingnya musti harus sampai benar2 halus..jika cuma di cincang saja..akan terasa amis sekali nanti  baksonya. Kalau di giling halus pakai food procesosr dengan bumbu2 dan bahan lain, maka tidak akan amis..yang ada rasa gurih yang muncul dan aroma khas ikannya. Jika tidak punya fp..tenang..bisa pakai mixer kok..kan adonan ikan ini cukup lembut ya..jadi mudah ketika di mixer jadi pasta ikan yang lembut juga. 

11

Friday, August 29, 2014

Tips Membuat Bakso Daging



Membuat bakso daging..bisa di bilang memang agak tricky ya teman2..udah sering aku dapat pertanyaan dari beberapa teman..bagaimana cara membuat bakso daging yang enak dan kenyal. Aku sendiri bukan ahli bakso daging ya..dan udah sering mencoba..memang hasilnya belum bisa kenyal maksimal sich..walaupun rasanya udah enak..karena memang belum nemu pengenyal bakso di sini. Kalau bikin bakso ayam sich aku udah nemu triknya agar bisa kenyal tanpa obat pengenyal biasa ku campur daging ikan tenggiri. Nah apalagi kalau bakso ikan itu udah bisa enak kenyal juga pas bikin...nah yang bakso daging ini yang musti di taklukkan  biar hasilnya bisa tambah sipp..hihi. Dari kemaren pesen obat bakso atau pengenyal ke TBK..deket rumahku itu belum ada terus. Tidak menyerah..aku browsing2 pengenyal bakso..ternyata memang ada yang itu sangat umum di gunakan di pembuatan bakso2..oleh para pedagang bakso baik skala kecil atau restoran itu memang pakai pengenyal. Dan pengenyal ini memang bahan tambahan makanan yang di perbolehkan kok teman2..karena food grade..dan pemakaiannya juga harus sesuai takaran tertentu saja. Jika kebanyakan hasil bakso bisa getir rasanya...gitu sich dari yang aku baca2 dari berbagai sumber. 

53

Wednesday, August 27, 2014

Resep Bitterballen Lembyutttt...^_^


Judulnya Lebay..judul yang benar adalah Resep Bitterballen Lembut ya teman2..hihi. Yapp...masih dalam rangka ngutak atik resep pakai tepung kentang flakes..hihi. Jangan bosan ya teman2..biar banyak variasi resep mudah dan praktis gitu..selain memang karena agak sibuk beneran..makanya aku juga bikin cemilan yang mudah dan praktis aja..pakai tepung kentang flakes pastinya. Tenang.buat yang udah bosan postingan tepung kentang dkk..sebentar lagi udah mau jadi kok teman2..web warung onlineku..jadi nanti pindah ke dapur uji coba di sono dech semua resep yang berkaitan dengan lelembut alias yang  lembut2..alias tepung2..hihi. Jadi next ada dua dapur dech..yang di sini, tetep posting buat resep2 harian seperti biasa..yang di web satunya resep2 khusus yang pakai aneka tepung produk jualanku begitu...^^
10

Tuesday, August 26, 2014

Bolu Kukus Sakura Ketan Hitam Irit Telur



Masih.seneng bereksperimen dengan ketan hitam nich teman2..kali ini aku bikin bolu kukus sakura ketan hitam yang ekonomis..karena irit telur..pakai telur cuma 2 butir aja..tapi rasanya enak lho..menul2 dan malah moist. Tepung ketan hitam ini memang unik teman2..di bolak balik pakai resep beda2 ya hasilnya tetep enak..cuma beda2 di tekture dll. Kali ini aku coba pakai margarin...enak..walaupun sebenernya aku lebih suka pakai minyak goreng ya. Tapi aku menemukan fakta bahwa kalau pakai margarin ini hasil kue lebih moist..tapi nggak kering ketika dingin. Berbeda dengan yang pakai minyak goreng..itu jika dingin kadang agak kering luarnya. Nah..karena ini irit telur makan kita sebut bolu saja ya teman2..dan karena di cetak pakai sakura..mari kita sebut saja..bolu sakura irit telur gitu ya..hihi. Buat usaha..ekonomis lho teman2..^^

12

Monday, August 25, 2014

Bakso Goreng Udang Asam Manis


Resep bakso lagi..hihi..dan masih setia bikin bakso goreng. Lha di rumah lakunya bakso goreng nich teman2..karena ya memang gurih dan nggak mbosenin ya. tapi besok kalau aku udah punya fp baru..segera menyusul resep2 bakso rebus ya. Udah pesen juga poly powder ke tbk deket rumah..mudah2 an dapat..aku penasaran..hasilnya jika pakai  poly pwoder..atau pengenyal bakso gitu apa bisa kenyal kenyil beneran kayak kalau kita makan bakso di warung2 gitu ya..di tunggu ya teman2 laporanku. Nah sekarang mari kita bikin bakso goreng lagi aja dulu yang lebih mudah..nggak punya fp alias food processor pun bisa jadi gitu..karena pakainya daging ayam dan udang. Mudah kan di cincang sampai halus. Terus tambah telur dan bumbu2, lalu di haluskan jadi adonan yang halus dan lumat pakai mixer..bisa lho..sehalus fp..walau lebih lamaan dikit sich..hihi. Ndak pa2 yang penting adonan udang atau ayam bisa halus gitu. Setelah itu..tinggal tambah tepung baksonya dech..aduk perlahan aja..dengan ujung2 jari ya..jangan di uleni..supaya nggak alot bakso gorengnya. Dan tara..jadilah bakso goreng menul2..yang gurih dan enak. Bakso goreng udang ini pemakaian tepung baksonya agak banyak..jadi ekonomis nich teman2..misalnya mau buat usaha frozen food gitu..karena udang kan gurih banget ya teman2..jadi walaupun tepungnya banyak masih terasa gurihnya jika di buat bakso goreng. Resep2 bakso lain yang lebih variatif..di tunggu ya teman2..semoga bisa beli fp lagi segera..hihi..jadi kalau mau bikin bakso..empek2..siomay,.dll..tinggal putar tombol..2 menit halus dech adonan..hihi. Eh tapi ndak pa2 lho...ndak punya fp juga bisa kreatif kok..pakai mixer..hihi..tips mak irit nich. Tapi...kalau liat Chef Martin Yan di AFC tuch kalau bikin siomay..dumpling udang dll..juga ndak perlu fp kata beliau..cukup pakai pisau gede gitu di cincang sampai halus..dan beneran bisa halus sich canggih banget gitu menghaluskan daging ayam, udang dll..pake pisau dech beliaunya. Jadi nggak punya food processor..? Don't worry ..be happy ..tetep bisa kok berkreasi di dapur teman2..^^

19

Sunday, August 24, 2014

Muffin Tepung Kentang Flakes


Mumpung hari minggu libur packing karena kurir tutup..akhirnya nguplek di dapur dari tadi pagi eksperimen lagi bikin aneka kue dari Tepung Kentang Flakes. Jadi..beneran..bisa di buat aneka kue atau jajanan lho teman2. Nah..kali ini aku buat muffin..hasilnya muffinnya jadi lebih lembut lho..ndak seret..kayak kalau muffin tepung terigu aja. 

21

Spicy Fried Chicken.....Ayam Krispi Pedasss...^^


Yodha nich lagi suka ikan bakar sama ayam krispi..hihi..jadi hari2 lauknya mintanya itu terus..sampai aku mblenger dech masaknya. Nah..kemaren pas terakhir buat ayam krispi..biar aku nggak bosan makannya aku buat aja versi pedas sebagian..sekalian nge tes sample bubuk cabe dari supllier..hihi..* nambah produk jualan lagi...* Iya nich ada bumbu2 dapur juga lho teman2..nanti wis..kalau udah jadi warung onlineku..di tambah dikit2 dech produk jualannya. Bahan2 kue yang susah di cari juga nanti ada ya..buat bantu teman2 ya biasanya susah cari bahan2 kue tertentu.
17

Saturday, August 23, 2014

Cake Kukus Ketan Hitam Lapis Keju


Memenuhi janji ke temen2 yang request resep cake kukus ketan hitam lapis keju..ini dia ya resepnya. Karena ternyata belum jadi juga stiker resepnya, karena masih nunggu logo web warung onlineku..jadi biar sekalian gitu logo2nya sama dengan stiker2 resepnya. Jadi aku posting aja dech dulu resep cake kukus ketan hitam lapis keju ini. Nanti yang buat stiker di kemasan tepungnya masih banyak kok resep2 lain yang pakai tepung ketan hitam ini. Karena aku ada banyak versi resep cake kukus ketan hitam sich..karena dari dulu itu selalu suka uji coba berbagai tehnik  cake ketan hitam kukus..dari yang telurnya banyak sampai yang ekonomis..dari yang pakai margarin atau minyak goreng. Dan pada akhirnya aku suka cake kukus ketan hitam yang pakai minyak goreng aja..karena rasanya lebih ringan dan nggak membosankan. Cake ketan hitam ini juga fleksibel..mau pakai santan atau susu kental manis sebagai penambah rasa juga enak. Kalau aku sich lebih suka santan ya..lebih cocok dan legit gitu buat ketan hitam menurutku. Tapi pada dasarnya..resep cake ketan hitam itu cukup simple aja sich ..cuma berbahan telur..gula..tepung ketan hitam dan minyak goreng aja udah jadi. Yang membedakan rasa dan tekture nanti cuma di perbandingan jumlah jumlah telur aja dan pemakaian minyak gorengnya banyak atau sedikit. Jangan lupakan garam dan vanili atau vanilla ya teman2..jika mau cake ketan hitamnya tambah gurih dan wangi. Sejimpit kecil garam..jangan di sepelekan dech..akan mempengaruhi rasa lebih naik gitu legitnya. Kalau orang jawa bilang...walaupun kue2 manis..itu tetep harus di *colok* sedikit pakai garam.

43

Friday, August 22, 2014

Resep Kuah Bakso


Akhirnya bisa posting resep kuah bakso ini teman2..padahal ya masakanya udah dari beberapa hari lalu karena banyak teman2 yang request resep kuah bakso homemade ya. Tapi baru sempat posting. Kuah bakso..itu bisa dari kaldu sapi..atau juga bisa dari kaldu ayam. Kalau dari kaldu sapi..biasa yang di gunakan adalah tulang sapi atau tulang kaki / sengkel..yang ada gandu atau sum sumnya itu lho teman2. Biasa di buat ya untuk kuah bakso sapi kayak di warung2 gitu. Sedang kuah bakso yang terbuat dari kaldu ayam...lebih cocok untuk bakso ayam..ikan udang dll..rasanya lebih ringan dan segar kalau pakai kaldu ayam. Sedang kalau pakai tulang sapi itu kuahnya sedep dan kuat ya aroma dagingnya. Kayak di warung2 bakso gitu lho teman2. Kalau di Semarang sini kuah bakso itu selain pakai daging atau tetelan..juga pakai jerohan sapi juga..jadi pekat gitu kuahnya. 
35

Thursday, August 21, 2014

Semprit Ketan Hitam


Yuhuu..akhirnya bisa duduk manis di depan komputer posting resep dulu..habis dari tadi packing2 dan ke sana kemari ngurusi kerjaan. Baiklah sesuai janjiku kemaren buat teman2 yang udah pesan tepung ketan hitam ini ya..resep cookies ketan hitamnya. 
7

Wednesday, August 20, 2014

Kue Ku Ketan Hitam


Wuaa..internet kok putus nyambung..putus nyambung kayak abg pacaran..hihi..asal mau upload foto..baru separo putus..ampe pegel dech mau upload foto..hihi. Walah..pro log nya kok malah curhat ya teman2. Iya nich super bete..kalau internet ndak bisa di ajak kerjasama. Pulsa katanya sich masih banyak..tapi ya gini nich..kalau minta di isi lagi mesti kayak di putus sambung..putus sambung gitu. Begitu di to up pulsa lagi..langsung dech biasanya..lancar upload..mau 10 bareng pun bisa.. Jadilah rencana aku mau upload foto banyak..cuma ter upload beberapa aja nich teman2..ya udah nggak pa2 ya...daripada gagal semua..masih mending ada foto nya kan. Tadi rencana mau posting dua resep sekalian..resep cookies ketan hitan sama kue ku ketan hitam..akhirnya aku posting terpisah aja dech tunggu isi pulsa dulu..hihi...biar lancar upload fotonya.

21

Tuesday, August 19, 2014

Resep Abon Cabe Udang Rebon



Cabe....siapa yang bisa nolak ya teman2..apalagi buat pedas mania kayak aku..serasa hampa dech..kalau sehari aja makan tanpa cabe..hihi. Nah..selain di buat bumbu masakan langsung olahan cabe kini juga sangat beragam..dari di buat berbagai saus pedas..samai anek sambal instan Ada lagi salah satu olahan cabe yang awet dan kering yang banyak di sukai yaitu abon cabe. Nah..paling enak memang sich nyambel sendiri fresh di dapur gitu ya teman2. Tapi jika buat emak2 sibuk..tentu menyimpan cabe olahan dalam bentuk sudah matang atau kering sangat praktis ya..jadi sewatu2 mau makan pedas tinggal di cocol sambal atau di tabur taburan abon cabe gitu. ..praktis banget. Aku kalau bikin nasi goreng kalau buat bertiga nggak pernah terlalu pedas..karena yodha kurang suka pedas..jadi biar praktis aku tetep bisa makan pedas..ya aku taburi abon cabe ini nasi gorengnya..enak dan praktis. Buat makan sayur2 gurih yang nggak pedas juga praktis tinggal tabur aja..ataupun jika kepepet ndak punya lauk tapi udah kelaparan..hihi..ada nasi putih aja pun udah nikmat dech di makan pakai abon cabe ini.
16

Sunday, August 17, 2014

Pisang Hitam Manis


Pagi teman2..lagi pada upacara ya..hihi. Yodha juga lagi ke sekolah upacara dan lomba2 tujuh belasan..wis di anter papinya aja..bagi2 tugas..emaknya sibuk kerjaan banyak. Kangen sama dapur juga..jadinya pengen seharian di dapur nich..mumpung libur packing hari ini karena jne kan tutup..hihi..dan juga stock tepung kentang baru datang sore nanti juga. Padahal minggu kemaren itu ya stock datang dua kali gitu Senin sama Kamis..eh ya habis terus..alhamdulillah. Tapi tenang teman2 yang pesan..re stock terus kok tepung kentangnya dan produsennya udah komitmen cuma produksi buat aku aja, hihi..kalau tepung kentang ini..jadi lancar dech Insya allah produksinya..^^.
16

Friday, August 15, 2014

Awug Awug Sagu


Wah..bersih2 dapur kok ternyata masih banyak sisa stock bahan2..salah satunya ini nich sagu panjang2..tengok di freezer masih ada stock kelapa muda parut juga..sipp dah...pagi2 tadi udah bikin ini nich..lumayan buat cemilan. Kue ini kalau di tempatku di sebut awug2 sagu..mungkin di tempat teman2 beda ya namanya. Ada yang pakai sagu panjang kayak yang aku buat ini..ada juga yang pakai sagu mutiara. Kalau aku sich suka dua2nya..dari kecil suka...^^
21

Wednesday, August 13, 2014

Getas Ketan Hitam


Masih berbahan ketan hitam nich teman2..soalnya aku kalau punya stock tepung udah kebuka gitu musti di habisin sekalian..soalnya biasanya kalau di simpan itu sampai lupa lama gitu..akhirnya malah kebuang..hihi. Jadi..mari kita berkreasi dengan ketan hitam lagi ya...:) Tepung ketan hitamnya..masih pakai tepung ketan hitam juakanku..hihi. Ini aku fotoin ya teman2..sesuai janjiku kemaren. Kayak gini tepung ketan hitamnya dan packingnya ya..ada kemasan 1 kg dan 1/2 kg an. Mau coba..?..Boleh..baru mulai produksi ini, tadi produsen tepungnya udah ke rumah dan sanggup mulai produksi tepung ketan hitam ini, jadi siap di luncurkan juga jadi produk jualan di warung onlineku..hihi. Siapnya akhir minggu ini ya..buat teman2 yang udah pesan.

14

Uji Coba Tepung Ketan Hitam / Produk Baru


Minggu kemaren pas  produsen tepung kentangku datang nyetok barang ke rumah..beliau bawa sampel tepung baru untuk aku uji coba. Aku sich seneng2 aja..dapat sample tepung baru..hihi. Yaitu tepung ketan hitam. Walaupun tepung ketan hitam lumayan banyak di pasaran..tapi aku belum begitu sreg selama ini dengan yang ada di TBK tempatku..karena kadang2 packagingnya kurang bagus..jadi tepung mudah apek dan kadang2 berkutu..karena tepung ketan hitam ini mudah lembab ya teman2. Nah...sample dari produsen tepung jualanku ini bagsu tepung ketan hitamnya...tepungnya halus dna kering..juga di kemas rapat  ada yang plastik tebal biasa..ada juga yang kemasan vakum..aku di suruh milih kemasannya. Wah..ya gampang pak..nanti masalah kemasan bisa di atur..kalau aku..yang paling utama adalah kualiatas dan rasa produknya..kalau jualan makanan. Jadi musti aku coba dulu untuk bikin aneka cake,  jajan pasar dll tepung ketan hitamnya.
28

Monday, August 11, 2014

Satu Adonan Bakso Jadi 3 Macam Lauk


Wah..udah siang aja ya...tadi pagi2 udah nguplek di dapur....coba resep baru yang pakai tepung bakso jualanku hihi. Pagi masak..siang packing..malam ke Jne..kirim2 barang..jadi hari2ku lumayan sok sibuk akhir2 ini teman2 setelah resmi jualan..jadi maaf jika kadang2 aku agak telat bales komen2 di sini ya..atau bales sms, email atau inbox..karena ya masih sendiri ini semua nich aku kerjainnya..hihihi. Doakan lancar terus ya..jualannya teman2..biar aku bisa cari assisten lagi..hihi. Tapi sebisa mungkin pasti aku bales semua ya..satu2...di tunggu..^^ 
Nah untuk memenuhi request temen2 yang udah order tepung bakso ya....karena kemaren baru sempat upload asatu resep yang pakai tepung bakso ini..yaitu untuk membuat bakso goreng yang udah pernah ku posting di SINI
28

Saturday, August 9, 2014

Dendeng Basah..Yummy..! ^^


Wah..maaf teman2..kemaren agak sibuk packing jadi terlewat ya posting resep barunya..hihi. hari udah bisa kembali ke dapur lagi nich..dan bongkar2 freezer ternyata masih menemukan 1/2 kg daging yang belum di olah. Jadi..langsung nguplek di dapur..bikin dech dendeng versi basah ini teman2. Kalau dendeng kering kan rada ribet ya buatnya..mari kita bikin yang mudah aja..dendeng versi basah..sama enaknya kok..malah lebih terasa berbumbu dan fresh gitu..karena habis di ungkep langsung di goreng.
20

Thursday, August 7, 2014

Be Pasih Mepanggang ( Ikan Bakar Khas Bali )


Di sela2 kesibukan jualan tepung..packing dll..alhamdulillah masih sempat ngerjain peer kursus food photography online hari ketiga kemaren..walau nggak bisa terlalu aktif diskusi dengan banyak peserta lain dari berbagai negara..huhu..karena keterbatasan waktuku..jadi cuma nyimak aja pelajarannya tiap hari..dan nggak sempat posting foto di web tempat kursusnya..ya udah aku posting di blog aja..biar tercatat progresnya nanti..hihi..sekalian posting resep2 baru buat teman2 dech..jadi sambil menyelam minum air sambil makan juga..hihi..*ngawur dah peribahasanya*..dan tolong sambil di liatin ya teman2..hihi..nanti hari ke hari foto2 ku setelah ikutan kursus tambah mendingan atau tambah ngawur daku motretnya..hihi. Soalnya biasanya semangat di awal..habis itu kalau buru2..wis..asal jepret lagi kayak biasanya..yang penting ada fotonya yang bikin drooling..aja..fokus ke makanannya. 

15

Wednesday, August 6, 2014

Kroket Sukun


Dapat kiriman sukun besar  banget tadi dari mertua...kebetulan dech..dah lama nggak makan sukun. Eyangnya Yodha sini itu punya lapangan tenis yang di kelilingi kebun luas banget dan di tanami macam2 tanaman..nah salah satunya itu sukun ini..dan kalau berbuah itu besar2 sekali...satu buah sukun itu bisa berkilo2 beratnya..hihi. Tadi aku di kirimi satu aja..udah ku goreng separo..jadinya banyak banget sukun gorengnya. Tapi karena lama ndak makan sukun goreng ya enak sekali je..manis2 gurih mempur gitu kalau sukunnya bagus dna udah tua. Tapi ya mblenger kalau aku makan sendiri..jadi sisanya aku bawain mba art ku sukun gorengnya..karena di rumah ya cuma aku yang doyan sukun goreng. 


Goreng sukun..itu mudah saja teman2..tinggal di bumbuin bawang putih..garam dan ketumbar sesuai selera, rendam potongan sukun di bumbu tadi beberapa saat sebelum di goreng. Lalu goreng dech. Jika mau bisa di iris tipis2 juga jadi dech ceriping sukun..itu juga enak bingits..hihi. Sukun yang enak di goreng itu sukun yang udah tua ..jadi cepat matang dan rasanya mempur ada manis2nya gitu.

15

Tuesday, August 5, 2014

Bola Bola Mie Tepung Kentang Flake


Memenuhi request teman2 yang udah pada punya tepung kentang flake di rumah..agar sering2 posting variasi resep yang menggunakan tepung kentang flake ini..baiklah..aku nanti buat kan macam2 resepnya ya. Intinya..pakai tepung kentang flake ini bisa di pakai untuk berbagai olahan makanan lho teman2..jadi sangat serba guna dan praktis..ndak perlu repot2 ngupas atau ngukus kentang..tinggal seduh aja..jadi dech kentang kukus halus siap ndak nyampe 5 menit..hihi. 

11

Monday, August 4, 2014

Tahu Guling Ala Yogya


Masih punya ketupat teman2 ?..Yukk..kita buat masakan yang seger dan praktis dari ketupat dan teman2nya ini. Karena kemaren di sini lebaran ketupat..jadilah di rumahku banyak ketupat lagi..kiriman dari Eyangnya Yodha. Nah..karena bosan dengan lauk bersantan..kemaren aku buat tahu guling ala Yogya saja. Sepintas mirip tahu kupat Magelang ya teman2..tapi beda lho rasanya...tahu guling ini. Kalau tahu kupat Magelang kan bumbunya pakai kacang ya..kalau tahu guling ala Yogya itu kuah kecap aja..jadi seger gitu..apalagi jika di makan dengan kuah yang agak banyak dan pedes..enak banget lho. Tapi memang citarasanya agak manis ya..kalau tahu guling gini..karena bumbu utamanya ya gula merah dan kecap. Tapi manisnya itu seger kok teman2 dan di padu isian tahu tempe goreng yang gurih..jadi pas aja..cobain dech..:)
15

Sunday, August 3, 2014

Asinan Buah Seger...^^



Wah..sampai hari libur terakhir lebaran..kok ya masih ada acara keluarga besar sini..hihi..mau leyeh2 nonton dra kor lagi wis ndak sempat. Besok udah mulai sibuk packing pengiriman. Terus Senin besok mulai kursus singkat food photography online sebulan penuh..moga2 aja ndak mangkir dari kursus online nich..mumpung gratis..hihi..dan kalau mau konsultasi privat tinggal tambah $ 29 bisa konsultasi langsung sama ahlinya..via skype. Sangat2 murah di banding kursus photography yang offline tuch yang aku pernah nanya ke Da**** cabang Semarang ampe jutaan sekali datang. Asal ndak lupa aja,.biasa pas kursus itu semangat ikutin aturan, pakai banyak properti dll..tapi pas praktek motret tiap hari balik lagi gaya suka2 aku..hihi..lha kadang2 buru2 aja motretnya biar ndak kelamaan. Moga2 aja bisa ikut aturan ahh..dan tambah ilmu motret2nya...ntar aku share ya teman2..hasil kursusnya..Jika aku telaten sich ikut satu bulan penuh besok ini sich..hihi.

Tadi habis acara halal bihalal keluarga besar di sini..sempat mampir pasar..dan akhirnya daku tergoda pengen rujakan. Tapi..kalau rujakan kan harus habis ya..sementara yang suka cuma aku doang nich..jadinya ganti haluan pengen bikin asinan Bogor aja...kan bisa di simpan di kulkas sisanya. Pas buka puasa bersama kelas Yodha kemaren itu sempat nyicip asinan Bogor buatan temen itu seger banget dan warnanya cantik bisa merah menarik gitu. Dulu sempat pernah bikin sich asinan Bogor gini..belum bisa manraik banget warnanya. Nah..setelah dapet tips2 dari temenku Bundanya Rafanel..akhirnya aku bisa bikin asinan Bogor yang cantik nich teman2..merah menyala..hihi. Ternyata kuncinya itu pakai cabai merah agak banyak..terus di saring dech..jadi nggak pedes banget..tapi dapat warna merah cantik kuah asinannya. Selain itu kata temenku..ternyata di campurin gula merah sedikit lebih sedep lagi asinannya. Dan tadi ku praktekkan ..memang bener..jadi berasa kayak rujak kuah gitu..lebih seger dan sedep jika pakai gula merah sedikit..selain gula pasir tentu saja. Oh ya..buah untuk asinan ini..suka2 aja ya teman2..aku tadi cuma beli buah satu2 aja..jadinya udah banyak. kalau mau lebih hemat..beli aja buah2 potong di tukang rujak tuch yang sepaket kan ada yang teman2..atau beli di tukang rujak keliling tuch per potong..jadi lebih murah dech. 

Oke..mau coba..yukk ini dia resepnya ya teman2..yang udah ku sempurnakan dari resepku terdahulu..^^
Asinan Buah

Bahan :
1 buah nanas ukuran kecil, potong kecil2 tipis
1 buah bengkuang agak besar, potong2 tipis
1/2 buah pepaya mengkal, potong2 tipis
2 buah kedondong, potong2 tipis panjang
1 buah ketimun, potong tipis2
1 genggam kacang tanah goreng

Kuah :
10 buah cabai merah, haluskan ( sesuai selera )
1,2 L air panas ( mendidih )
200 gram gula pasir
100 gram gula merah, sisir
1 sendok teh garam
3 sendok makan cuka

Cara Membuat :
Campur semua bahan kuah, saring. Koreksi rasa udah sesuai selera belum manis asemnya.
Campur semua buah iris di wadah besar, tuangi kuah. Taburi kacang tanah goreng. Dinginkan di kulkas hingga meresap.
Sajikan dingin lebih nikmat.


19

Saturday, August 2, 2014

Ketupat & Lontong..Efektifkah Buat Menu Diet ?



Alhamdulillah..walaupun semangat masak belum tinggi..karena memang belum punya banyak bahan di kulkas..tapi semangat nulis di blog udah kembali..hihi. Jadi..mari kita tulis hal2 ringan saja ya teman2..buat intermezo selain postingan resep2 ya. Tapi biarpun postingan ringan..semoga tetep bisa memberi sedikit informasi dan manfaat ya buat teman2 yang membacanya..yang pasti..tetep seputar dapur kok.
7

Tepung Crepes / Kue Leker Mix Praktis..Enak dan Awet Renyah


Hari ini uji coba tepung crepes atau kue leker praktis dari mba Elmi..dan berhasil tipis nich ..walau cuma pakai wajan kewalik alias crepes maker untuk rumah tangga. Jadi..nggak perlu harus pakai alat crepes maker mahal kayak di mall gitu kok bikin crepes yang enak teman2. Dan di jamin sampai puas dech makannya..kalau bikin crepes sendiri di rumah..hihi. Soalnya satu adonan tepung mix ini jadinya buanyak..dan adonannya jika sisa bisa di simpan di kulkas..terus di buat besok lagi..masih enak..aku udah coba juga adonan di inapkan..masih oke tuch. Yodha dan ponakan suka banget dech. Mereka suka di isi coklat gitu. Kalau aku suka isi pisang..tapi karena lagi ndak punya pisang...tadi aku buat polosan aja udah enak juga lho..renyah dan gurih..kayak kue gapit atau kue semprong..hihi.

47

Kangen Pecel Kembang Turi....^_^



Beneran..setelah Lebaran kemaren ketemunya masakan berlemak2..bersantan dan berdaging2 semua...aku kok kangen pecel teman2..hihi. tapi kok ya masih enggan beranjak pergi ke Pasar..jadilah cukup merindukan pecel ini saja. Dan pas lagi bersih2 file komputer yang udah kepenuhan dengan foto2 makanan..eh kok ya nemu foto kembang turi. Wua..jadi tambah pengen makan pecel. Pecel dengan kembang turi..wua..enake rek. tapi udah ada yang jual belum ya kembang turi nich..belum musim lagi kali yach sekarang ini.

13

Friday, August 1, 2014

Tips Membuat Donat Kentang Praktis dan Enak Dengan Campuran Tepung Kentang


Masih pada sibuk liburan ini pasti ya teman2 ?..Alhamdulillah tadi udah semangat bersih2 dapur..hihi. Dan semangat mau bereksperimen lagi dengan resep2 baru. Cuma..masalahnya belum mood belanja nich teman2..soalnya di pasar2 pasti masih harga Lebaran ya teman2..hihi. Apalagi di Semarang dan sekitarnya nich kan ada tradisi lebaran ketupat..yaitu Lebaran kedua..hihi..jadinya harga2 bahan2 di pasar bakalan anteng nich ndak mau turun sebelum lebaran ketupat. Jadi..di tahan2 dulu dech belanja banyak2..cukup seperlunya dan ngabisin stock apa yanga da di kulkas aja dech.
57

Dadar Gulung Isi Selai Nanas


Wah..aura liburan kok masih bikin kita males2 an ya teman2..di dapur nich. Kayak kemaren mau beres2 dapur yang kayak kapal pecah aja belum semangat..oh..aku rindu mba Tri..mba art ku..hihi. Cepatlah datang mba...biar dapur segera rapi lagi. Lha kemaren mau beres2 dapur malah ada acara kelurga besar sini makan keluar ke pemancingan di luar kota..ya udah..ndak jadi lagi. Pulang dari luar kota mau beres2 dapur dan masak..kok ya masih capek..akhirnya jajan aja sore..terus malam leyeh2 dech di depan tivi..sambil nonton drakor..hihihi. Kebetulan dua hari lalu sempat hunting DVD dra kor baru ke Java mall..abis lebaran..wis..ketambahan dech malesnya...kalau udah nonton drakor. 

15

Google Ad

Visit Our You Tube Channel