Google Ad

Tuesday, May 29, 2012

Risoles Tanpa Panir


Siapa yang tidak suka risoles ya...gorengan khas Indonesia yang sangat enak dan gurih rasanya. Keluargaku juga sangat suka risoles..aku juga..makan satu tidak pernah cukup kalau sudah bikin risoles sendiri di rumah. Saking senengnya sama risoles..aku sering membuat aneka macam risoles..salah satunya yang tanpa panir ini..enak juga lho..buat variasi aja..jika lagi bosan risoles berpanir. Buat risoles ini juga tidak sengaja ..pas mau buat risoles biasa..eh..tepung panirnya habis, ya....nekad aja tetep di goreng....tanpa tepung panir..ternyata..enak juga lho..unik rasanya..^^..mau coba..silahkan...

Bahan Kulit :
150 gram terigu
1/4sdk teh garam
2 butir telur
400 ml air ( Jika suka kulit risoles yang lembut, ganti air dengan susu )
2 sdk mkn minyak goreng,aduk rata
Bahan isi :
1 sendok makan margarin
1/2 bawang bombay, cincang
1 siung bawang putih, cincang
150 gram ayam rebus, potong atau suwir kecil
150 gram wortel rebus , potong dadu.
Kentang rebus 100 gram, potong dadu kecil
2 lembar daun bawang
susu tawar cair 150 ml ( UHT )
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt teh bumbu kaldu ayam
1/2 sdt pala bubuk
1 sdk teh gula pasir ,atau sesuai selera..cicipin hasil hasil akhir ragout agar bisa dapet rasa yang pas..klu suka  sedikit manis bisa tambahkan gulanya..bila kurang gurih tambah bumbu kaldunya.
2 sendok makan terigu

Kulit : 
Taruh tepung terigu dalam mangkuk bersama garam, buat lubang di tengah, pecahkan telur, aduk.Tambahkan air sdkt demi sedikit, aduk rata.masukkan minyak goreng, aduk rata. Buat dadar tipis di loyang teflon 20 cm, lakukan hingga adonan habis.

Isi Ragout :
Tumis bawang putih,bawang bombay, pala bubuk sampai harum, masukan terigu sedikit demi sedikit sampai menggumpal, lalu masukan susu. merica, garam, bumbu kaldu, gula pasir. Lalu masukkan ayam rebus ,wortel, kentang  dan daun bawang, , aduk hingga kental.. Jangan lupa cicipi utk memastikan apakah ada bumbu yang kurang..Rasa ragout yang enak yaitu gurih dan sedikit manis.

Penyelesaian:
Ambil selembar kulit, isi dgn 1 sendok makan adonan isi ( atau sesuai selera), gulung bentuk amplop, lem ujung2nya dengan putih telur, lalu goreng hingga kuning keemasan. Sajikan.
3

Buntil Daun Lumbu


Buntil..adalah masakan khas di beberapa daerah di Jawa Tengah, salah satunya dari Yogya, tempatku..dari kecil sudah terbiasa makan buntil ini. Ada berbagai jenis buntil..ada yang dari daun talas..daun singkong..dan daun pepaya. Tapi yang paling enak dan sangat ku sukai yang terbuat dari daun talas atau di Jawa di sebut daun lumbu.Rasanya sangat unik..daun talas yang lembut..di padu gurih sedikit manis isian buntil..sempurna..di padu dengan kuah yang gurih pedas. Di makan pakai nasi putih saja sudah enak banget..^^. Sayang sekarang agak susah menemukan daun talas yang bisa di makan..dan tidak gatal....jadi makanan ini jarang yang jual sekarang..di Semarang ada juga yang jual..tapi cuma seminggu sekali..tergantung ada tidaknya daun talas. Ya ..aku  catat saja resepnya..siapa tahu ada yang suka juga..aku biasa bikin buntil pakai resep ini. Jika tidak ada daun talas..bisa di ganti daun pepaya atau daun singkong..enak juga kok..Selamat mencoba......... 

Bahan-bahan :
    Bahan buntil:
    15 lembar daun talas, dijemur layu
    300 gram kelapa parut kasar
    50 gram ikan teri, jika suka bisa di tambah pete mlanding / pete biasa juga 
    Bumbu halus:
    6 buah cabai merah keriting
    2 buah cabai rawit merah
    3 siung bawang putih
    2 cm kencur
    1/4 sendok teh terasi, dibakar
    1/2 sendok teh garam
    1/4 sendok teh gula pasir

    Kuah santan:
    1.000 ml santan dari 1 butir kelapa
    1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
    8 buah cabai rawit merah utuh
    1 1/4 sendok teh garam
    1 sendok teh gula merah sisir
    1 sendok makan minyak untuk menumis
    Bumbu halus:
    5 butir bawang merah
    2 siung bawang putih
    2 butir kemiri, disangrai
     1 sendok teh ketumbar

Cara Membuat :
1. Buntil: aduk rata kelapa parut, ikan teri, petai mlanding dan bumbu halus. Bagi menjadi 5 bagian.
2. Ambil selembar daun talas. Beri campuran kelapa parut. Ratakan. Tutup dengan selembar daun talas. Beri campuran kelapa parut lagi . Ratakan. Tutup lagi dengan selembar daun talas. Lipat bentuk amplop 5x8 cm. Ikat dengan tali.
3. Letakkan buntil dipinggan tahan panas. Kukus 60 menit diatas api kecil sampai matang. Sisihkan.
4. Kuah: tumis bumbu halus dan serai sampai harum. Masukkan cabai rawit merah. Aduk sampai layu. Tambahkan santan, garam, dan gula merah. Masak sampai matang dan mendidih.
5. Masukkan buntil yang sudah di kukus. Sajikan.
10

Onde Onde Ketawa Balut Keju


Resep ini adalah salah satu snack favorit keluargaku. Resepnya ku modifikasi dari resep onde onde ketawa keju yang pernah ku posting sebelumnya. Dengan bahan2 yang murah dan cara membuatnya juga sangat mudah.Rasanya enak banget..renyah...dan gurih kejunya sangat terasa.Walaupun aku sendiri tidak terlalu suka keju..tapi kalau di buat camilan ini..wah..nggak bisa berhenti makan dech..pengen cemal cemil terus..mau coba..silahkan ..ini resepnya :

Bahan:
100 ml Air
175 g gula pasir
1 butir telur ayam
2 sdm minyak sayur
100 g keju cheddar,parut
200 gram keju cheddar, parut
Minyak untuk menggoreng

Ayak jadi satu:
300 g tepung terigu protein sedang
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue

Cara Membuat :

  • Didihkan air dan gula sampai larut,dinginkan.
  • Kocok telur dan minyak sampai rata,masukkan sirup gula sedikit demi sedikit sambil di kocok rata.
  • Tambahkan campuran terigu, aduk rata.
  • Tambahkan keju, aduk lagi.
  • Bentuk bulatan-bulatan sebesar bakso.
  • Celup ke air,gulingkan ke parutan keju sampai terbalut rata.
  • Panaskan minyak goreng, goreng onde-onde hingga merekah dan matang.
  • Jaga api jangan sampai terlalu besar karena akan cepat gosong. Gorengnya juga jgn terlalu banyak sekaligus ya..secukupnya saja.....jika tidak akan saling menempel onde2 nya. 
  • Jika mau lebih renyah...setelah di angakat dari penggorengan, lalu  oven sebentar di panas sedang..makan hasilnya onde2 lebih tahan lama dan krispi..
  • Pakai wajan anti lengket yang tebal, bukan wajan alumunium biasa..agar matang merata dan tidak mudah gosong..namun jika mengalami kesulitan menggorengnya...bahan lapisan di ganti wijen biasa aja..tapi keju di adonan di tambah..jadi hasilnya tetep gurih dan ngeju juga..seperti fotodi bawah ini...yang versi lapis wijen...







13

Monday, May 14, 2012

Bakso Goreng Ayam


Bakso goreng...aku suka sekali..rasanya gurih, cocok buat lauk..atau di buat  pelengkap untuk makan bakso kuah. Di Yogya sich , bakso kuahnya kebanyakan di lengkapi , bakso goreng, cuma bakso goreng daging sapi. Dulu pernah bikin bakso goreng sapi, belum maksimal rasanya. Sekarang coba yang dari ayam, ternyata lebih gampang, dan rasanya pas..gurih..sesuai yang ku inginkan. Kuncinya di penambahan udang dan kulit ayam, yang memberi aroma dan rasa gurih tersendiri...enak dech pokoknya..
Aku bikin satu resep ini jadinya banyak banget..hehe..jadinya sebagian ku simpan di freezer..trus goreng lagi sebentar pas mau di sajikan..masih tetep enak tuch kemaren setelah beberapa hari. Kalau bosan di buat bakso kuah, enak juga kok bakso goreng ini di buat  campuran nasi goreng, mie goreng atau cap cay, buat ganti kekian gitu....yummy. Mau coba..silahkan..kalau mau bakso gorengnya renyah, buat dalam ukuran kecil2 ya..dan tidak usah di isi telur puyuh, kalau yang ku buat ini gede2..jadi luarnya renyah..dalamnya empuk.
Tapi ini fotonya gak oke..karena kemaren buru2 mau pergi ke rumah Mertua..jadi sedapetnya aja di foto  pake hp..pas mau di foto lagi pakai kamera beneran..lupa terus..keburu abis..hehe..besok kalau buat lagi..di foto yang oke dech..^^

Bakso Goreng Ayam Isi telur puyuh


Bahan-bahan :
200 gram paha ayam fillet, cincang halus
100 gram kulit ayam, cincang halus
100 gram udang dihaluskan
2 siung bawang putih, haluskan
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk , garam , bumbu kaldu bubuk rasa ayam / penyedap rasa sesuai selera.
1/2 sendok teh gula pasir
1 butir telur ayam
1 putih telur
100 ml air es
250 gram tepung sagu
1 sendok makan tepung terigu
1 sendok teh baking powder
1 batang daun bawang, diiris halus

Bahan isi : telur puyuh secukupnya


Cara Membuat :
  1. Aduk paha ayam, kulit ayam, udang, bawang putih, garam, merica bubuk, garam & penyedap , gula pasir, telur, putih telur, dan air es. Aduk rata.
  2. Tambahkan tepung sagu, baking powder, dan daun bawang. Aduk rata.
  3. Bentuk bulat dengan dua sendok, isi telur puyuh.
  4. Goreng dengan minyak yang dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
14

Friday, May 4, 2012

Steak Crispy A la Waroeng Steak Yogya


Kemaren tiba tiba pengen makan steak crispy.....itu lho steak ala Waroeng Steak & Shake Yogya.....yang menu andalannya steak crispy ini..sama milkshake..udah top dech..dulu waktu aku masih kerja di Yogya..jadi menu andalanku dan  teman2 kalau ada acara makan2...tapi itu dulu sebelum ada berbagai macam restoran steak yang semakin menjamur kayak sekarang ini. Sensasinya beda ya..karena di balut tepung dan renyah, jadi lebih cocok buat selera lidah lokal..kayak aku..hehe..sausnya juga..enak..gak neko2 kayak steak steak ala Bule..

Aku ingat dulu pernah baca di tabloid info kuliner, ada liputan khusus tentang steak kampung ini..akhirnya ku bongkar bangkar arsip tabloid dan majalah resep..untung masih ada..wah segera praktek dech kemaren..dan hasilnya ok..steaknya bener2 crispy, otentik....kayak aslinya, daging dalemnya juga empuk dan matang sempurna. Wah..resep ini patut di simpan di blog ini.....biar tidak hilang. Makasih buat pemilik warung steak Yogya yang sudah mau berbagi resep andalannya.....jadi bisa coba di rumah dech. Waktu baca2 liputannya..memang pengusaha warung steak ini masih terbilang sukses ya.....sampai sekarang masih eksis, dengan banyak cabang di berbagai daerah..ada sekitar 30 cabang lho..hebat ya..hemm..itu kali ya..jika orang tidak pelit ilmu, rejeki pasti akan semakin bertambah..semoga usahanya semakin sukses ya bapak Jodi Brontosuseno dan ibu Siti Hariyani..*hihi..sok kenal* . Oh iya..yang mau coba bikin sendiri di rumah ..ini dia resepnya, tapi aku modifikasi sedikit sesuai seleraku..yang mau ikutin resep aslinya..ya monggo..silahkan... :

Bahan :
5 buah daging sapi bagian sirloin masing2 seberat 175 gram atau daging dada ayam tanpa tulang, iris tipis melebar.
Saus tiram untuk merendam daging / ayam  ( aku tidak pakai )
4 bua wortel, potong panjang
100 gram buncis, potong panjang
5 buah kentang, potong serasi dengan wortel dan buncis
2 butir telur, kocok lepas
150 gram tepung terigu
1 sendok makan tepung maizena ( tambahan sendiri dariku ,biar lebih crispy)
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh bumbu kaldu rasa ayam
Minyak untuk menggoreng.

Bumbu Saus Steak spesial :

2 buah tomat, rebus, buang biji dan kulit,cincang.
4 siung bawang putih, cicang halus
8 siung bawang merah, cincang halus
1 buah bawang bombay, cincang halus
10 ml saus tiram
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh angciu ( aku nggak pake ,masih ragu..halal atau tidak soalnya..)
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh penyedap rasa ( aku ganti kaldu bubuk, lebih gurih   )
1 botol saus tomat ukuran kecil ( aku cuma 1/2 botol saja, punyanya cuma segitu kemaren ..hehe )
1/2 sendok makan gula pasir
200 ml air
Minyak goreng untuk menumis ( aku pakai blueband )

Cara membuat :
Saus Spesial :
Tumis bawang bombay , bawang merah dan bawang putih sampai matang dan harum. Masukan tomat cincang, air dan bumbu bumbu lain, tambahkan gula pasir,aduk sampai mengental. Jika kurang kental, bisa di tambahkan sedikit maizena cair.
Rendam daging / ayam dalam campuran air, merica bubuk dan saus tiram ( aku cuma merica dan kaldu bubuk saja ).Diamkan 30 menit.
Gulingkan daging ke campuran tepung terigu yang sudah di beri merica bubuk, garam, dan penyedap ( aku pakai bumbu kaldu bubuk dan merica saja ), lalu celupkan ke kocokan telur, lalu gulingkan kembali ke tepung terigu berbumbu , sambil di cubit cubit biar bisa keriting .Goreng di minyak banyak dan panas sampai kuning kecoklatan. Steak crispy yang ok..kulit luarnya crsipy, namun daging / ayamnya tetep empuk dan matang sempurna.
Goreng juga kentang hingga matang. Rebus wortel dan buncis sebentar saja.

Penyajian :
Susun kentang goreng,buncis dan wortel di piring saji,,, lalu letakan steak crispy nya..dan siram dengan saus spesial. Jika mau pedas, tambahkan saos samabal. Akan lebih mantab..di sajikan di piring hot plate..seperti penyajian aslinya di Waroeng Steak & Shake.



Kalau males masak sendiri..ya coba saja di restorannya ya ..hehe di 
Waroeng Steak & Shake
Jl. Cendrawasih No 30 Demangan Baru Yogyakarta
Telp 0274 - 546436
Atau di cabang2nya di mana aja ..^^


122

Puding Tape Ketan

Tape ketan..salah satu makanan favoritku. enak..di makan gitu aja..atau di buat aneka minuman, kudapan, dan juga puding. Di buat puding pun bisa macam macam, salah satunya puding santan ini. Rasanya pas..santan di padu tape ketan. Pudingnya juga lembut, karena.....aku selalu menyalahin aturan yang tertera di kemasan..hehe..selalu ku lebihkan jumlah cairannya..biar pudingnya tidak keras. Gula..juga selalu ku pangkas..jadi separo  saja...jadi tidak terlalu manis dan membosankan.

Bikinnya gampang ya..kayak bikin puding biasa..cuma air di ganti santan aja.

Enjoy my puding..^^




0

Wednesday, May 2, 2012

Cumi Goreng Asam Manis


Cumi renyah di balut tepung, kemudian di siram saos asam manis..yummy…sungguh nikmat, di santap bersama keluarga tercinta. Menu ini salah satu menu andalanku, jika ada tamu atau ada acara keluarga. Agar tidak bosan dengan rasa asam manis, kali ini ku tambahkan irisan cabe merah dan rawit dalam jumlah agak banyak, jadilah..cumi asam manis pedas. Gurihnya cumi, berpadu klop dengan sausnya yang asam, manis, gurih dan pedas..yam..yam..selamat makan semua..mau coba resepnya….silahkan..:
Cumi Goreng Asam Manis
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
500 gram cumi, dipotong ring tebal 1 cm
2 cm jahe, diparut
2 siung bawang putih, diparut
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
minyak untuk menggoreng

Bahan Pencelup:
100 gram tepung terigu
1/2 sendok makan bawang putih bubuk
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh baking powder
200 ml air es

Bahan Pelapis (aduk Rata):
300 gram tepung terigu
2 sendok makan tepung sagu
1 sendok teh kaldu ayam bubuk
1 sendok teh garam
Cara Pengolahan :
  1. Lumuri cumi dengan jahe, bawang putih, garam, merica bubuk, dan minyak wijen. Diamkan 20 menit.
  2. Aduk rata bahan pencelup.
  3. Celup cumi ke bahan pencelup. Gulingkan di bahan pelapis yang sudah diayak sambil diangkat-angkat. Ulangi sekali lagi.
  4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang dan kering
Saus Asam Manis :
Bahan Saus Asam Manis :
1/2 buah bawang bombay,di iris panjang
2 buah bawang putih,di cincang kasar
2 buah cabai merah besar,iris panjang
3 buah cabai rawit merah,iris panjang
3 sendok makan saus tomat
4 sendok makan saus cabai
1/2sdk teh garam
1/4 sdk teh merica bubuk
1/2 sdk teh gula pasir
100 gram nanas ,potong2
Ketimun 1 buah,buah biji,potong panjang
Wortel,1 buah,potong korek api panjang
Daun bawang  1 buah,potong serong
200 ml air
1/2 sdk mkn tepung maizena,larutkan dgn 1 sdk air
cuka jika suka, 1/8 sdk teh (aku sich jarang pakai cuka, karena saus tomatnya kan dah asam.)

Saus:
Tumis bawang bombay,bawang putih,cabai kering sampai harum
tambahkan saus tomat,saus cabai,garam,merica,gula pasir,aduk rata
Masukkan wortel,tuang air,masak sampai mendidih,terakhir masukan nanas,ketimun,daun bawang,kentalkan dgn tepung maizena.Aduk rata.
Siram di atas cumi goreng tepung.







6

Bol Kus Rasa Brownies


Bikin bolkus alias bolu kukus tuch gampang2 susah ya…..karena kadang walaupun resep sudah benar, langkah2 udah benar, namun kadang tetep saja gak mau senyum..apalagi ketawa..alias mekrok. Cuma resep ini sangat mudah ketawa....ini termasuk inovasi baru bolkus….yaitu bolkus rasa brownies atau di sebut juga brownies kukus mekar. Resepnya dari buku Ny.Liem. Rasanya juga enak..tidak membosankan seperti bolkus biasa dan lumayan lembut juga..walau tidak selembut bolkus yang pakai banyak kuning telur yang baru ku coba kemaren. Tapi yang penting ..liat hasilnya nich..mekrok dan ketawa ngakak padahal resepnya gak pake air soda lho, jadi.. soda bukan hal yang utama bikin bolkus mekrok ya..^^

Mau coba.silahkan..ini dia resepnya.

Yang baru pertama bikin bolkus..ini tips2 nya ya dari berbagai sumber yang pernah ku pelajari :

Mengocok telur harus sampai benar benar kental ya, dengan mixer kecepatan tinggi.

Tuang adonan di cetakan sampai penuh, jadi ketika di kukus adonan akan terdesak oleh panas..jadinya..mekrok dech.

Jika memakai baking powder seperti resep ini, usahakan baking powdernya masih bisa bekerja dengan baik, karena ini juga yang membantu proses mekroknya si bol kus..karena tidak pakai air soda. 

Pakai loyang bolkus satuan yang berlubang2, agar panas dari uap air bisa langsung mengenai adonan, sehingga adonan terdesak ke atas dan jadi mekrok.

Didihkan air di kukusan sampai bergolak mendidih dulu dan uapnya banyak, baru masukan 
 adonan bolkus.

Air untuk mengukus juga jangan terlalu penuh dan dekat dengan angsang kukusan ya..beri jarak..supaya kalau airnya bergolak..tidak naik dan menciprat ke bolkus..biar gak mengkerut bagian bawah bolkusnya dan jadi basah.

Beri jarak loyang bolkus di dalam pengukus ya..jangan terlalu banyak dan berdekatan adonannya.

Lapisi tutup pengukus dengan kain atau serbet agar air tidak menetes di adonan.

Usahakan adonan yang sudah siap di kukus tidak mengantri menunggu untuk di kukus terlalu lama, jadi pakai kukusan yang besar lebih aman, jika tidak, 2 - 3 kali kukus asal tidak ganti air, tadi masih bisa mekrok semua hasilnya.


Bahan:
A.
200 gr gula tepung
100 gr telur
160 cc air
1/2 sdt vanilla

B.
200 gr tepung terigu cap segitiga biru
25 gr cacao powder
1/2 sdt garam
1 sdt baking powder

C.
10 gr cake emulsifier ( Sp)

D.
25 gr chocolate chip

Cara Membuat:
  1. Kocok bahan A  dengan kecepatan tinggi hingga kental
  2. Masukkan bahan B, kocok selamat 1 menit,kecepatan mixer rendah.
  3. Masukkan bahan C, kocok lagi dengan kecepatan tinggi hingga adonan kental.
  4. Tambahkan bahan D, aduk hingga rata.
  5. Siapkan cetakan bol kus , alasi dengan cup kertas tuangi adonan.
  6. Kukus selama kurang lebih 16 menit dengan api besar.


20

Google Ad

Visit Our You Tube Channel