Google Ad

Monday, August 31, 2015

Kroket Kentang Isi Keju Mozarella


Happy Monday   again..! ^^

Wah..cepat sekali Senin ya..teman-teman. Kemaren nggak posting web, karena sibuk bersih-bersih dan beres-beres di hari Minggu kemaren, full seharian, sore jalan sebentar muter-muterin Yodha..jadi dech nggak sempat posting..hihi. Pertama kemaren iseng bersihin dapur, bablas seluruh rumah aku rapiin dan di bersihin dech..hihi. Biasalah..aku hampir nggak pernah pegang urusan rumah jika hari biasa, tapi kadang jika di kerjakan di mba tuch ada aja yang kurang..entah itu posisi perabot dll..semua udah bergeser..sampai peralatan dapur aja..jika mba art ku yang ngurus..suka asal di taruh.jadi aku suka bingung dech cari-cari peralatan. Untung sekarang semua properti foto dll..udah aku pindah ke atas..jadi nggak bakalan ilang dech. 

8

Saturday, August 29, 2015

Tahu Isi Sayuran Ekonomis


Kemaren sore sibuk banget..sampai telat masak..sore suami bawa gorengan pinggir jalan. Eh ada *Tahu Isi Sayuran*..salah satu gorengan favoritku. Tahu isi ala kampung aja..yang isi sayur, wortel, kol sama daun bawang yang di tumis dengan bumbu-bumbu. Hemm..lagi laper..berharap makan gorengan hangat yang nikmat. Tapi..ternyata..oh no..rasanya kok *anyep* semua...alias hambar nggak ada rasa. Baik lapisan luar ataupun isiannya. Mana isinya dikit, hihi..duch..kalau aku yang jualan..bakalan nggak tega dech jualan dengan kualitas seperti itu. Tapi memang, nggak satu dua penjual gorengan yang aku coba, dari mulai di pinggir jalan, di pasar, di tempat angkringan..di penjual pecel, dll..cenderung asal jadi aja.
7

Friday, August 28, 2015

Leker Jagung, Sosis & Telur


Wah..sudah waktunya makan siang ya..padahal baru saja selesai mengedit foto-foto menu sarapan tadi..hihi. Baru merebus kikil juga buat masak menu hari ini...e lha kok waktu cepat sekali berlalu. Kebetulan tadi pagi, Yodha minta bekal leker. Karena adonan masih banyak..aku minta tolong mba Elmi aja untuk ambil foto step by step cara pembuatan leker gurih. Kebetulan adonan Yodha tadi juga isi keju, jadi nggak pakai vanili. Jadi sisa adonan bisa di isi isian gurih dech. Semoga menjawab pertanyaan beberapa teman yang menanyakan isian untuk leker gurih kemaren ya.

8

Wednesday, August 26, 2015

Menu Masakan Korea Otentik Di Restoran Seoul Palace Semarang




Malam Minggu kemaren, karena lagi nggak ada acara di luar, kegiatan yang aku sukai untuk bersantai adalah nonton drama Korea. Selain untuk hiburan dan refreshing,  dengan menonton drama Korea, aku juga bisa  banyak belajar tentang kulinernya. Sejak sering nonton drama Korea, aku jadi suka mempelajari tentang masakan Korea, baik dari berbagai food blogger Korea yang terkenal ataupun dari tayangan tivi Korea, seperti Chanel M,...yang sering ada tayangan Master Chef Korea, atau tayangan acara memasak lain. Banyak ilmu yang aku dapat, tapi..kalau mau praktek yang masakan Korea, terkendala sama bahan-bahan dan bumbu yang susah di dapat di sini. Akhirnya, kalau membuat masakan Korea, ya hanya bisa membuat menu yang bahan-bahannya mudah di dapat. Nah..kemaren waktu lihat drama Korea, duch..kok jadi kepengen makan menu masakan Korea yang ada di drama itu..hihi..yaitu Bul Gal Bi dan Bi Bim Bab

46

Tuesday, August 25, 2015

Tahu Bakso Balut Tempura & Tempura Buncis


Huhu..mengapa jam cepat berlalu ya teman-teman...kalau sedang sibuk..:D

Tadi tuch asyik packing dari Subuh, mengurus Yodha berangkat sekolah..terus packing lagi..wis nggak ingat apa-apa..sampai jam 10 an tadi para tukang yang kerja di atas kehausan.." Bu..ada minum ?..Oh my god..!  Sampai lupa kasih minum dan snack buat tukang yang kerja. Padahal hari begitu panasnya ya teman-teman akhir-akhir ini..haus terus. Akhirnya aku buatin minum dulu..terus aku sempatkan buat snack. Untung pas Budhe sayur datang..ada tahu bakso siap pakai yang lumayan enak..walau dari pasar.

6

Monday, August 24, 2015

Talam Tako Hungkwe Jagung



Happy Monday...! ^^

Sudah siap beraktifitas lagi di hari Senin yang cerah ini teman-teman..sipp..selamat berkarya ya..^^
Mau cemilan murah..meriah..dan unik..untuk keluarga atau snack arisan dll,..yukk..buat talam tako teman-teman. Talam tako ini aslinya dessert khas Thailand, terbuat dari hungkwe dan di beri pewarna ekstrak pandan, jadi bawah hijau..atas putih dua layer. Nah..di Indonesia juga banyak berkembang ya talam seperti ini. Dan bisa di variasikan jadi aneka macam talam. Ada juga talam dari tepung beras dan tapioka, dll..banyak variasinya. Selama wadahnya tako..masih sah-sah saja ya..di sebut talam tako..hihi. 
7

Saturday, August 22, 2015

Lumpia Sayur & Tahu



Kemaren absen lagi sehari posting..padahal ada menu baru yang aku buat..huhu.  Alhamdulillah kerjaan banyak banget..sampai kadang-kadang nggak punya waktu juga buat manjain diri sendiri..misal sekedar leyeh-leyeh di depan tivi atau minum teh di sore hari..sambil nyemil cemilan buatan rumah..wis ndak sempat. Minum teh..kopi..samapi makan pun kadang di depan komputer atau sambil pegang tab..hihi. Nonton tivi..sambil packing..hihi. Tapi gimana lagi ya..jika nggak begitu nggak kepegang semua kerjaan. Karena semua di lakukan sendiri.  Tapi tetep di syukuri dong ya...masih punya kesempatan berkarya..walau dari rumah. Nemenin Yodha belajar juga sambil nyicil gunting-gunting atau tempel stiker..dll..kalau waktnya main..malah suka main toko-tokoan sama Yodha..haha. Dia ngangkat dirinya jadi *stock manager*..jadi suka bantu-bantu merapikan di rak misal ada stcok tepung baru datang. Tapi dia suka pilih-pilih kerjanya..hihi..paling suka merapikan tepung pre mix lazetta atau tepung tempura..yang kemasan menarik dan sudah bagus karena dari pabrik..hihi. Kalau tepung-tepung lain kan masih polos, belum ada stikernya..kalau di suruh bantu tempel stiker suka mau..kadang juga.." kabur ! "..katanya..langsung pindah depan tivi..hihi.
13

Thursday, August 20, 2015

Nugget Tempe


Nugget Tempe

Selamat pagi,

Beberapa teman sering menanyakan resep nugget tempe, mengapa koq gak ada di web? Padahal resep nugget lain seperti nugget ayam, tahu, daging, makaroni, dan lain-lain, pokoknya komplet sudah pernah aku posting.

Memang  belum pernah posting sich teman-teman resep nugget tempenya. Bukan apa-apa tapi karena memang aku kurang suka sama tekture tempe kukus yang dihaluskan, terus dijadikan adonan. HeHe

Jadi aku lebih suka tempe dalam adonan jika dibuat steak atau burger, seperti yang di resep ada dalam buku perdanaku "62 RESEP MASAKAN LEZAT". Karena kalau di resep steak tempe, tempe-nya aku goreng, dan gak aku haluskan banget jadi malah enak masih terasa tekture tempenya. Beda sama nugget yang tempenya harus dikukus dan dihaluskan. 

Baiklah, walaupun aku kurang suka tempe dibuat nugget tetapi aku posting buat teman-teman yang request resepnya ya. Semoga bermanfaat. 

Tadi aku buat perbandingan tempe sama ayam sama, jika mau lebih gurih, tempe-nya dikit aja HaHa. Tapi judulnya nanti bukan nugget tempe, tapi nugget ayam. Tapi buat anak-anak ya tetep suka lah, malah nggak tau kan kalau nuggetnya pakai tempe, karena sudah dihaluskan sama ayam.


RESEP NUGGET TEMPE

Bahan :
  • 200 gram tempe, kukus
  • 200 gram daging ayam
  • 1 butir telur
  • 2 lembar roti tawar, rendam dalam 100 ml air / susu
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil
  • 1 batang daun bawang
  • 1 sendok teh kaldu ayam 1 sendok teh garam
  • 1 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan susu bubuk


Bahan-bahan membuat Nugget Tempe

Cara Membuat :
  • Pertama haluskan bumbu-bumbu dulu: 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih. Bawang bombay dicincang halus, lalu tumis bumbu hingga matang.
  • Masukkan daging ayam ke dalam food processor, proses hingga agak halus (tingkat kehalusan sesuai selera)


 Proses juga tempe dengan food processor hingga halus.


Udah, tinggal dicampur saja semua bahan dan bumbu hingga rata. Koreksi rasa dulu ya..dengan cara ambil sedikit adonan, lalu di goreng dan di cicipin hingga pas rasanya sesuai selera.


Selanjutnya adonan nugget tinggal di cetak sesuai selera. Aku suka cetak pakai cetakan seperti ini..jadi nggak repot-repot motong udah cantik bentuknya. Aku pakai cetakan silikon ini ya teman-teman..jadi aman di kukus. Jika nggak ada cetakan, tuang di loyang yang di oles minyak, lalu kukus sekitar 30 menit hingga matang. dinginkan, baru potong-potong sesuai selera.
 



Setelah dingin, baru kita proses lapis ya nuggetnya teman-teman.

Bahan Pelapis :
  • 50 gram tepung terigu
  • 1 butir  telur
  • 150 gram tepung panir orange. 

Note: Aku pakai tepung orange jualanku..haha..promo dikit ahh..tepung panir orange ini..enak kriuk lho jika buat nugget atau pelapis snack lain. Warnanya juga cantik..alami nggak terlalu genjreng, serta di buat dari bahan roti berkualitas dan kering tepungnya sehingga lebih awet nggak mudah apek. Kayak gini nich tepung panir yang aku jual teman-teman. Sapa tau kan..ada teman-teman yang susah cari tepung panir yang khusus nugget...^^


Step 1, lumuri dengan tepung terigu hingga rata.


 Step 2, celup ke kocokan telur.


Step 3, gulingkan ke tepung panir orange hingga rata. Siap di goreng dech..atau mau buat stock di freezer, simpan di wadah tertutup ya.


 
 Nugget yang sudah di goreng..siap buat sajian cemilan atau lauk anak-anak..^^



OK, selamat mencoba! 
0

Nugget Tempe


Beberapa teman sering menanyakan resep nugget tempe..kok nggak ada di web...padahal resep nugget lain seperti nugget ayam, tahu, daging, makaroni, dll komplet sudah pernah ku posting. Memang  belum pernah posting sich teman-teman resep nugget tempenya. Bukan apa-apa..tapi karena memang aku kurang suka sama tekture tempe kukus yang di haluskan..terus di jadikan adonan...hihi. Jadi aku lebih suka tempe dalam adonan jika di buat steak atau burger..seperti yang resep ada dalam buku perdanaku..62 RESEP MASAKAN LEZAT. Karena kalau di resep steak tempe..tempe aku goreng, dan nggak aku haluskan banget..jadi malah enak masih terasa tekture tempenya. Beda sama nugget yang tempenya harus di kukus dan di haluskan. Nah mumpung ingat lagi ngomongin buku..aku mau kasih pengumuman dulu..buku masakan udah ada stock lagi, tapi cuma dikit..cuma tinggal 60 buku..ini aja hasil merayu penerbitku untuk cariin stock di toko-toko buku kecil yang kiranya lama laku..lebih baik di kirim ke aku..karena ada beberapa teman yang pesan yang belum kebagian. Jadi mohon buat teman-teman yang serius order kemaren dan belum kebagian segera sms aku ya di 089654712500, siap cepat dia dapat ya..soalnya habis itu beneran..habis..di penerbitku atau di distributor..udah nggak ada stock lagi. Aku cek juga ke toko buku Gramedia Semarang juga sudah habis kemaren-kemaren..alhamdulillah.

Baiklah..walaupun aku kurang suka tempe di buat nugget..tetap aku posting buat teman-teman yang request resepnya ya. Semoga bermanfaat. Tadi aku buat perbandingan tempe sama ayam sama, jika mau lebih gurih..tempe nya dikit aja kali ya..haha. Tapi judulnya nanti bukan nugget tempe..tapi nugget ayam. Tapi buat anak-anak ya tetep suka lah ya..malah nggak tau kan..kalau nuggetnya pakai tempe..karena udah di haluskan sama ayam.

Untuk membuat nugget tempe ini..siapkan dulu bahan-bahannya ya teman-teman :

200 gram tempe, kukus
200 gram daging ayam
1 butir telur
2 lembar roti tawar, rendam dalam 100 ml air / susu
1 buah bawang bombay ukuran kecil
1 batang daun bawang
1 sendok teh kaldu ayam 1 sendok teh garam
1 1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok makan susu bubuk


Oke..bahan-bahan udah siap..kita mulai yukk..masak nugget nya ^^

Pertama haluskan bumbu-bumbu dulu ya : 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih. Bawang bombay di cincang halus, lalu tumis bumbu hingga matang.

Masukkan daging ayam ke dalam food processor, proses hingga agak halus ( tingkat kehalusan sesuai selera )


 Proses juga tempe dengan food processor hingga halus.


Udah , tinggal di campur aja semua bahan dan bumbu hingga rata. Koreksi rasa dulu ya..dengan cara ambil sedikit adonan, lalu di goreng dan di cicipin hingga pas rasanya sesuai selera.


Selanjutnya adonan nugget tinggal di cetak sesuai selera. Aku suka cetak pakai cetakan seperti ini..jadi nggak repot-repot motong udah cantik bentuknya. Aku pakai cetakan silikon ini ya teman-teman..jadi aman di kukus. Jika nggak ada cetakan, tuang di loyang yang di oles minyak, lalu kukus sekitar 30 menit hingga matang. dinginkan, baru potong-potong sesuai selera.
 



Setelah dingin, baru kita proses lapis ya nuggetnya teman-teman.

Bahan Pelapis :
50 gram tepung terigu
1 butir  telur
150 gram tepung panir orange. 

Note : Aku pakai tepung orange jualanku..haha..promo dikit ahh..tepung panir orange ini..enak kriuk lho jika buat nugget atau pelapis snack lain. Warnanya juga cantik..alami nggak terlalu genjreng, serta di buat dari bahan roti berkualitas dan kering tepungnya sehingga lebih awet nggak mudah apek. Kayak gini nich tepung panir yang aku jual teman-teman. Sapa tau kan..ada teman-teman yang susah cari tepung panir yang khusus nugget...^^


Step 1, lumuri dengan tepung terigu hingga rata.


 Step 2, celup ke kocokan telur.


Step 3, gulingkan ke tepung panir orange hingga rata. Siap di goreng dech..atau mau buat stock di freezer, simpan di wadah tertutup ya.


 
 Nugget yang sudah di goreng..siap buat sajian cemilan atau lauk anak-anak..^^


18

Wednesday, August 19, 2015

Sambal Bawang Ebi



Hari ini rada bad mood sedikit, jadi perlu makan makanan yang membangkitkan semangat....hihi. Apa itu..?...Sudah pasti sambal..yang puedess. Untung di dapur ada cabai rawit galak atau cabai rawit merah cukup banyak..jadi..mari buat sambal bawang aja..yang pedasnya nampol...! Di jamin dech lupa yang lain-lain..yang di ingat bakalan hanya nasi hangat yang ngepul aja..hihi.

Biar lebih enak dan sedep..kali ini aku buat sambal bawang ebi. Ebi..tau kan..teman-teman. Udang yang di kupas, terus di keringkan. Nah..ebi ini selain enak buat bikin kuah cuko empek-empek..enak juga buat campuran aneka masak dan juga sambel bawang ini. Pilih ebi yang warna kemerahan natural ya teman-teman..warna udang. Karena beberapa kali aku lihat juga ada yang jual itu berwarna merah genjreng ..serem dech. Pilh juga yang nggak keras, walau kering, ebi yang baik tetap bisa di patahkan...nggak terlalu keras dan kaku. Kalau yang pakai formalin itu keras banget kayak batu..di rendam air panasnya pun tetep nggak mau empuk dan ngembang ebinya. Jadi..waspadalah..ya teman-teman..kalau belanja hasil laut kering. Tapi jika memngandung formalin, rasa ebi juga berbeda kok.

Agar ebi empuk..rendam dulu di air panas hinggak mekar, baru di olah. Jika mau  praktis, kita bisa juga menyimpan ebi dalam bentuk bubuk. Sangrai terlebih dahulu ebi hingga benar-benar kering di api kecil, lalu dinginkan. Haluskan dengan blender kering, simpan di wadah tertutup dan taruh kulkas, tinggal di tabur dech ke kuah empek-empek atau untuk aneka masakan lain. Jadi..membuat penyedap rasa alami sendiri di rumah..mudah kan..ya dari ebi ini..sudah bisa menyedapkan semua masakan. Kalau di dapurku sich selalu ada stock ebi..udah masuk daftar bumbu wajib ada.

Oke..kali ini kita buat sambal bawang ebi dulu ya. Takaran cabai bisa di sesuaikan dengan level pedas yang di sukai ya teman-teman.

Sambal Bawang Ebi

Bahan :
200 gram cabai rawit, goreng sebentar
100 gram bawang merah, potong-potong, goreng sebentar
50 gram bawang putih, potong-potong, goreng sebentar
50 gramn ebi
1 sendok teh terasi
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
Minyak untuk menumis secukupnya

Cara membuat :
Halsukan semua bahan sambal
Panaskan minyak secukupnya, tumis sambal hingga meresap
Koreksi rasa, simpan di toples jika sudah dingin, tutup rapat dan simpan di kulkas untuk stock sambal seminggu..^^


Oke..yuk..mari makan..siapin piring masing-masing ya..lauknya..silahkan pilih nich..mau yang mana ?..:D


3

Tuesday, August 18, 2015

Misoa Cup Mini Ayam Jamur


Wah...udah sore aja..padahal baru selesai masak..dan mau posting resep baru..hihi. Mohon sabar ya teman-teman..jika mampir ke dapurku tiap hari..jika menunya telat terus..karena memang mau berkomitmen sebisa mungkin, untuk memberi resep beserta step by step..otomatis butuh waktu lebih lama untuk memasak. Sebenernya memasaknya sich cepat..tapi persiapan dan proses foto-fotonya yang jadi lama..apalagi dapurnya di atas..otomatis selama masak musti naik turun..jika ambil sesuatu ada di dapur bawah..hihi. Jadi mohon maaf juga jika kadang telat bales sms, inbox atau email order..itu  berarti aku lagi di atas..masak, motret atau lagi di depan komputer seperti sekarang ini teman-teman. Jadi mohon bersabar ya..pasti aku balas kok..jika sudah selesai semua pekerjaan. 
23

Monday, August 17, 2015

Cara Membuat Tako Pandan Untuk Kue Tako



Wua..maaf hari ini belum bisa posting menu lagi..karena tadi heboh bantuin Kakak ipar yang lagi mau lomba masak 17 Agustusan. Nah kali ini aku bantuin bikin tako dari pandannya nich teman-teman..untuk buat kue tako. Hemm..pandan..daunnya kecil-kecil..bisa di buat tako..atau takir gitu ? Kedengarannya..ribet and njlimet ya..hihi..tapi percayalah..sangat mudah dan menyenangkan lho..membuat tako pandan ini..teman-teman. Dengan wadah cantik alami dan murah meriha..pasti dech kue talam atau kue-kue lain yang mau di wadahi pakai tako ini makin cantik penampilannya.
4

Sunday, August 16, 2015

Tips Menggoreng Tehnik " Deep Frying "

Menggoreng..sudah pasti salah satu kegiatan dapur yang hampir setiap hari kita lakukan ya..teman-teman..ntar menggoreng lauk..atau cemilan buat keluarga..sudah pasti..menu-menu gorengan selalu di sukai. Menggoreng makanan..walaupun mudah, tapi kadang banyak teman-teman yang baru belajar masak..itu kesulitan dalam menggoreng makanan. Kadang aku terima email.." Mba..aku udah ngikutin resep persis di web..tapi kok waktu di goreng tengahnya nggak mateng ya ?? "...atau " Warna kue ku ketika di goreng kok nggak cantik..seperti punya mba di foto ya ?? "...hihi. Aduch kok selalu resep dan foto lagi yang di salahkan..sering begitu..tapi aku sich udah biasa..jadi ya senyum-senyum aja. Dan sebisa mungkin menerangkan, bahwa menggoreng atau memasak itu juga butuh tehnik dan kesabaran agar hasilnya bisa cantik..seperti makanan atau gorengan-gorengan yang aku foto untuk web ini..hihi.

6

Friday, August 14, 2015

Tips Membuat Martabak Mini


Hari ini...Kak Yodha di sekolah ada acara perlombaan 17 Agustusan. Eh..tadi malam..sebelum tidur baru bilang.." Mi..besok itu ada tugas dari Miss, setiap anak harus bawa snack agak banyak untuk sharing sama teman-teman..dalam rangka 17 an..! " kata Yodha. Waduch..kok bilangnya telat sich Kak..lha Mami belum belanja bahan-bahan padahal. Mau buat brownies atau cake..nggak ada coklat blok..telur juga menipis..hihi. Mau minta tolong suami..kok nggak tega karena kecapekan..udah tidur. Ya udah...akhirnya putar otak..mau buat apa pagi-pagi yang simple dan cepat dengan bahan minimalis.
21

Thursday, August 13, 2015

Bubur Ayam Kampung


Sebenernya masak bubur ini tadi pagi..tapi kok ya baru sempat posting sekarang, karena seharian super sibuk. Nggak apa-apa dech..tetap di posting...siapa tahu bisa jadi ide menu sarapan besok ya buat teman-teman. Jadi hari ini ceritanya suamiku lagi nggak enak badan..jadi ijin nggak masuk kerja. Karena lagi malas makan..aku tawarin bubur ayam..kok mau..ya udah akhirnya buat bubur aja buat sarapan tadi pagi. Kebetulan di kulkas, masih ada stock kaldu ayam dan ayam kampung separo...jadi dech..bubur ayam kampung yang ahamdulillah..enak. Tadi..walau sakit..suami lahap makan..abis dech satu piring buburnya..hihi.

8

Wednesday, August 12, 2015

Tahu Aci Imut


Wah..udah siang ya...teman-teman..masak apa hari ini...aku malah belum masak je..dari tadi udah ngeluarin satu ekor ikan tenggiri dari freezer, lagi di *thawing..tapi belum kepikiran mau buat apa sesuatu yang baru gitu. Sedari pagi malah masih sibuk ngarahin tukang yang kerja, pasang-pasang rak dan pernak pernik dapur baruku, serta beberes dan bersih-bersih lantai atas. Masih dalam rangka menyulap salah satu ruang atas jadi studia miniku..hihi. Jadi maaf jika belum bisa posting menu-menu masakan baru ya teman-teman..masih agak ribet ini, biar cepat selesai sekalian..terus bisa foto-foto masakan baru dech di atas.

12

Tuesday, August 11, 2015

Soto Seger Mbok Giyem Boyolali ganti Nama / Brand ?



Kemaren mendadak ada acara penting ke Yogya, jadilah sehari ke Yogya kemaren. Jadi mohon maaf ya teman-teman yang order hari Sabtu dan sudah ku konfirm kirim Senin..terpaksa mundur hari ini kirimannya. Karena kemaren acaranya siang..ya udah biar sekalian jalan kemaren aku  niat mampir ke Mbayat, Wedi dulu..kebetulan mau cari properti foto buat buku ketiga nanti..yang pengennya sich bertema etnik gitu foto-fotonya. Jadi sebelum ke Yogya di sempatkan blusukan ke sentra gerabah Mbayat Klaten. Niatnya cuma pengen beli beberapa properti..ujung-ujungnya borong juga..hihi. Biar sekalian jalannya kan jauh dan agak masuk ke pelosok desa tempatnya soalnya. 

Ini dia hasil buruanku di sentra gerabah, Mbayat Klaten..:D


Di daerah Mbayat Klaten nich gerabahnya lebih cantik di banding kasongan Bantul Yogya..karena warna alaminya yang kecoklatan dan lebih halus gerabahnya. Mungkin faktor tanahnya kali ya..yang membuatnya beda. Sayangnya karena lokasinya yang cukup jauh ke pelosok desa dan agak jauh dari jalan utama Klaten, maka kurang populer di banding dengan sentra gerabah Kasongan. Padahal harganya super murah banget..kalau beli di pengrajinnya langsung. Misal..kendi kalau di toko oleh-oleh pasti udah 35 rb ya..kalau di Mbayat langsung cuma 12 rb..piring-piring dan mangkuk cantik cuma berapa ribu gitu..murah banget dech. Pokoknya kalau beli banyak banget tuch..mungkin seharga kalau aku beli satu baju gitu kali ya..hihi. Kalau beli baju kan cuma dapat satu..kalau buat beli properti foto gerabah ini..bisa dapat sebagasi penuh mobil..sampai suamiku mel ngomel tak iye..keberatan mobilnya..hihi. Buat sebagian orang barang-barang seperti ini mungkin nggak ada gunanya, tapi buatku ini sesuatu banget..hihi..karena modal kerja juga.


Sebelum ke Mbayat kita sempat mampir ke soto Seger langganan di Boyolali, Soto Seger Mbok Giyem,..tapi eh sampai sana udah berubah spanduknya..jadi Soto Seger Hj. Fatimah..oh..ada apakah gerangan ? Memang aku sempat cerita-cerita sich sama suami beberapa waktu terakhir ini..kok sekarang soto seger mbok Giyem di mana-mana ada ya..sampai di Ungaran..di semarang dekat rumah pun ada. Tapi pas mencoba yang di daerah Ungaran..kok rasanya memang berbeda. Akhirnya karena penasaran kami mengulik keterangan dari pegawainya. Ternyata oh ternyata..memang terjadi *perpecahan* di antara generasi penerus Soto Segeer ini..hihi. Katanya..Soto Segeer Mbok Giyem itu nggak buka cabang di mana-mana..cuma ada dua cabang, dan semua ada di dekat warung aslinya di Boyolali sana...dengan mengusung nama baru jadi Soto Segeer Hj. Fatimah. Tapi ini kata pegawainya lho..dan juga sesuai dengan yang tertera di warung Soto Segeer yang asli yang Hj. Fatimah ini...sampai di tulis besar-besar di dinding..kalau tidak buka cabang di mana-mana..kecuali di Boyolali. Jadi terjawab sudah rasa penasaranku kemaren-kemaren ya..setelah melihat banyak soto segeer Mbok Giyem warungnya bertebaran ke mana-mana..hihi. Sudah seperti Sop Ayam Klaten Pak Min ya..yang juga bertebaran di setiap daerah ada. Kalau kata ABG sich.."Hatimu seperti Soto Seger Mbok Giyem dan Sop Ayam Pak Min..punya cabang di mana-mana..! " lol..pagi-pagi..error..!


Yang menggelitik buatku adalah..kenapa harus nggak rukun ya..hingga akhirnya sampai harus ganti brand di soto seger aslinya yang di Boyolali..dari nama besar Soto Segeer Mbok Giyem..sekarang jadi ganti namanya menjadi Soto Segeer Hj. Fatimah. Sayang sekali..nama besar Mbok Giyemnya malah di hilangkan..justru yang franschisenya yang malah menyandang nama besar Mbok Giyem. Tak taulah..itu urusan yang punya sekarang ya..hihi..kalau aku cuma sekedar penikmat sotonya aja..jadi walaupun..namanya ganti..aku  akan   tetap mampir ke tempat Soto Segeer Mbok Giyem yang pertama yang warungnya ada di dekat pasar Boyolali yang suasananya khas warung soto ndeso. Aku akan tetap kembali ke sana jika lewat Boyolali..karena aku selalu kangen sate kikilnya yang enak banget..hihi. Duch..kalau nggak ingat  dosa sama tubuh, karena nimbun kolesterol...hihi..kalau di sana bisa cemal cemil sate kikilnya yang empuk dan gurih. Kemaren saking kelaparan karena memang belum sarapan dari Semarang..dan warungnya ramai sekali..malah lupa motret foto sotonya pakai kamera beneran..untung dech sempat motret pakai tab..jadi buat yang belum pernah ke sana..ya kira-kira seperti ini soto Seger khas Boyolali teman-teman. Walau sebenernya rasanya nggak jauh beda sich..sama soto sedep di dekat di Karangrejo Banyumanik, yang punya juga asli Boyolali. Tapi kadang  rindu juga suasana khas soto Segeer Mbok Giyem yang khas..yang di meja penuh lauk pauk..hihi..dan yang paling aku rindukan adalah sate kikilnya..hihi.







26

Google Ad

Visit Our You Tube Channel