Google Ad

Saturday, December 31, 2016

Pisang Goreng Banyumasan



Beberapa hari lalu aku mencoba Pisang Goreng ala Banyumasan, yang di jual di gerobak pinggir jalan gitu. Jualannya ya cuma Pisang aja..nggak ada goreng lain. Yang unik, Pisang Gorengnya ini selalu di sajikan hangat dan di jual per kotak 8 ribu, dapat kira-kira 6 biji Pisang Goreng. Awalnya sich penasaran, kok selalu ramai yang beli...aku heran juga karena kan cuma Pisang goreng gitu jualannya. Sebelumnya itu aku kira model Pisang Goreng ala Pontianak yang pakai Tepung Panko gitu, ternyata beda dan di tulisan Gerobaknya tertulis Pisang Goreng Khas Banyumas.
5

Wednesday, December 28, 2016

Sop Ayam Gingseng



Musimnya  mulai sering hujan deras lagi ya teman-teman. Apa di Semarang aja atau kota lain ya. Soalnya..kepokananku Dewi di Karawang bilang, kalau di sana panas terus. Padahal di sini dingin banget, sampai pada meriang semua. Untung Yodha masih libur, jadi bisa di jaga kondisi badannya dengan istirahat dan makan makanan bergizi. Aku juga, walau agak meriang, tapi doping terus makanan sehat dan istirahat cukup, alhamdulilah yang sehat dan tetap bisa bekerja seperti  biasa.
3

Uji Coba Pakai Air Fryer Lagi



Hari ini aku ujicoba pakai Air Fryer lagi. Tadi malam semangat sich sudah belajar dari resep-resep luar negeri ternyata mereka sudah  biasa pakai alat ini, jadi bisa untuk memasak dan membuat aneka makanan. Yeay...jadi semangat dietnya..hihi. Paling nggak diet yang aku yakini dulu dech..bahwa jika mengurangi minyak itu lumayan cepat. Selanjutnya aku ganti Nasi menjadi Nasi Merah. Makan banyak sayuran berkuah yang tanpa minyak juga. Kalau pengen nyemil sekali-kali kan boleh ada Air Fryer ini juga. 
10

Tuesday, December 27, 2016

Balado Telur Rebus



Sesuai janjiku..mulai tahun depan mau selang seling posting menu sehat ya teman-teman. Menu yang tanpa minyak dulu ya. Nah..untuk rencana sehatnya kudu menyiapkan mental, agar tidak tergoda yang di goreng-goreng. Walau tetap untuk Yodha dan Papinya ya biarin di goreng biasa, kan masih dalam masa pertumbuhan..hihi..Yodhanya lho..!
7

Monday, December 26, 2016

Air Fryer...Menggoreng Tanpa Minyak



Maaf baru posting lagi ya teman-teman..dari kemaren libur kebanyakan jalan-jalan dan jajan di luar..atau masak yang simple yang sudah pernah aku posting di sini...hihi. Hasil jalan-jalan salah satunya ini nich ada gadget dapur baru yang ikut ke rumah. Niat hati cari Bread Maker di Ace Hardware, kok malah bawa pulang ini nich..hihi. Air Fryer, alat penggoreng tanpa minyak. Semoga beneran rajin aku pakai, demi mewujudkan resolusi diet, tiap tahun yang tak kunjung tercapai..haha.
9

Friday, December 23, 2016

Ikan Asin Layur Goreng Garing & Sambel Tumpang



Hari ini  menunya favorit Emaknya semua...hihi. Yodha cuma minta Ikan Bakar hari ini. Kadang-kadang tiap hari masak Daging atau Ayam, yang masak sudah *mblenger duluan...kadang malas makan. Yang bisa menggoda selera makanku yang menu-menu sederhana seperti ini. Tadi di pasar sudah di niatin mau beli Ikan Layur. Eh..alhamdulillah nemu bagus-bagus dan bersih, serta tidak asin banget. Aku memang lebih suka beli Ikan layur di pasar, kalau di tukang sayur itu suka agak buluken Ikan layurnya..maksudnya terlalu berselimut garam..hihi. Rasanya juga asin sekali.

1

Ikan Bakar Praktis Bumbu Kecap


Hari ini mau kembali ke jadwal ah, tiap hari posting malam-malam terus setelah semua pekerjaan selesai, lama-lama ngantuk juga..hihi. Biasa jam 11 malam udah tidur..badan tua nich..beberapa hari begitu mudah masuk angin. Sekarang apa yang bisa di kerjakan siang, segera kerjakan..malam istirahat..begitu saja ya..biar tetap selalu sehat dan kuat. Apalgi kerjaan bukan semakin berkurang, tapi semakin bertambah..tanpa art pula. Jadi urusan dapur sendiri semua. Artku yang sekarang agak susah di atur dan juga banyak maunya..maunya kerja ringan gaji besar..huhu..*curcol*. Mulai berangkat siang..mulai ngitung jam kerja..kerjaan belum selesai udah pulang, padahal aku bayar lumayan perhari...ya sudahlah..di niatin berjuang sendiri saja. 

6

Thursday, December 22, 2016

Mie Dok-Dok ala Abang-Abang Paling Enak Sedunia Versi Yodha



Hahah..judulnya kok lebay ya teman-teman. Cuma mau cerita soal Mie Dok-Dok favorit Yodha aja...karena menu hari ini sudah pernah aku posting semua resepnya. Siang menunya Pecel Mie..malam ayam Krispi. Sore bikin kue cubit buat Yodha..resep baru..kue cubit Oreo..eh lha kok ternyata aku lupa  masukin gula..hihi. Kue udah menul-menul..begitu aku gigit..lho kok nggak manis. Ternyata oh ternyata..gulanya masih di atas timbangan. Begini dech kalau masak kue..pikiran ke mana-mana..sampai ngaduk adonan, gula di depan mata ngak kelihatan..hahah.

Ya udah dech aku cerita Mie favorit Yodha aja ya..Mie Dok-Dok. Tau kan teman-teman..Mie yang di jual keliling gitu. Itu favorit Yodha  banget. Jika lagi nggak masak, bisa jadi penyelemat dech Abang Mie Dok-Dok ini. Yodha punya langganan Abang Mie Dok-Dok yang enak dan bersih masaknya. Rasanya juga enak. Jadi Yodha maunya Abang itu,..nggak mau yang lain. Selain Mie Dok-Dok ada juga Mie Tek Tek..tapi Yodha juga nggak mau..tetep mau Mie Dok-Dok. Kalau Mie Tek-Tek nich memang kurang sedep rasanya dan nggak ada kekian kampungnya yang Yodha suka.

Mie Dok-Dok ala Abang-Abang itu enak..karena biasanya memakai Kecap khusus tradisional. Kalau Abang langganan Yodha...pakainya Kecap Mirama. Memang Kecap tradisional ini rasanya berbeda. Di buat masak Mie atau Nasi Gorengan jadi makin sedap. Dari ngobrol seputar kecap waktu aku posting di Instagram aku @bunda_didi, ternyata banyak ya..kecap dari seluruh Indonesia. Masing-masing daerah punya Kecap andalan sendiri-sendiri ternyata. Kalau aku yang nyantol di hatiku tetap Kecap Lele. Kalau Yodha Mirama katanya paling enak..haha. Soalnya Abang-Abang Mie Dok-Dok pakai itu. Kalau Suamiku sukanya Kecap Gentong dari Pati atau THG dari Kudus. 

Dari teman-teman yang komentar di instagram aku juga jadi tau, nama-nama Kecap tradisional yang enak dan khas dari berbagai daerah. Jadi ilmu tentang perkecapan bertambah dech. Jadi pengen koleksi Kecap...hahah. Orang luar koleksi Anggur mewah, kalau aku mau koleksi Kecap tradisional aaja dech...hihi. Nanti mau tak pajang di dapurku.

Oh iya biar nambah ilmu ini aku rangkum sebagian nama Kecap tradisional dari beberapa daerah di Indonesia ya..siapa tahu ada yang mau tambahin ayuk share di komen sini ya.
Dari banyaknya komentar tentang Kecap di aku Instagram Saya, jadilah Saya tahu merk-merk Kecap yang enak dari berbagai daerah di Indonesia. Kecap Sriti dari Jawa Timur, Kecap Delima dari Pacitan, Kecap Benteng dari Tangerang, Kecap Cap Ikan layur dari Jombang, Kecap Siwalan rembang, Kecap THG Kudus, Kecap Kentjana Kebumen, Kecap Tawon Madiun, Kecap Laron Tuban, Kecap Bawang Magetan, Kecap Sawi Kediri,  Kecap Udang dari Purwodadi, Kecap Jago dari Yogya, Kecap Bawang Tunggal dari Samarinda, Kecap Bulan dari Palembang, Kecap Tjap Kuda dari Tulungagung, Kecap Matahari dari Cirebon , Kecap Cap Dua Ayam dari Jambi, Kecap Cap Ikan Koki dari Banten, Kecap Sarico dari Purworejo, Kecap Sotong dari Cirebon, Kecap barokah dari Klaten, Kecap Riboet dari Purwokerto, Kecap Wortel dari Wonosobo, Kecap Cap Ikan Dorang dari Jombang, Kecap Lele dari Pati, Kecap Mirama khas Semarang, dll masih banyak lagi merknya.

Nich Kecap Mirama khas Semarang seperti ini teman-teman, yang jadi rahasia kelezatan Mie Dok-Dok ala Semarangan langganan Yodha :)


Mau lihat gaya lucu Yodha makan Mie Dok-Dok..nich...teman-teman...hihi.






3

Wednesday, December 21, 2016

Tahu Hot Jeletot Ekonomis


Kemaren ada teman yang wa aku nanyain resep Tahu Hot Jeletot. Karena penasaran apa itu..aku cari di Google. Wo alah..ternyata sejenis tahu isi pedas..atau Gehu Pedas, atau Tahu Mercon, hampir sama lah ya. Temen nanyain resep yang ekonomis tapi enak untuk usaha. Baiklah..kalau sekedar Tahu Isi di buat pedas, mudah lah ya..aku buatin resepnya ini. Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang lain juga yang suka Tahu isi pedas.

2

Tuesday, December 20, 2016

Hongkong Egg Waffle



Yeay...akhirnya bisa bikin Egg Wafle sendiri. Yodha suka banget Egg Waffle ala Hongkong ini. Kalau pergi ke Mall..sekali beli bisa dua. Lumayan harganya..hihi. Jadilah pengen coba buat sendiri. Ternyata gampang kok. Yodha aja bisa bikin sendiri. Nggak percaya teman-teman ?..Coba cek di ig ku..@bunda_didi...aku upload tadi video Yodha bikin Egg Wafle ini..hihi.
6

Monday, December 19, 2016

Tips Membuat Perkedel Kentang



Hari ini Yodha kok minta menu Nasi kuning...lauknya Ayam bakar lagi..hihi. Otomatis nggak masak menu baru..sudah hafal semua kan resepnya sudah sering aku posting beragam menu ayam bakar dan juga Nasi kuningnya. Jadi hari ini mau nulis tentang perkedel saja ya.
0

Sunday, December 18, 2016

Tips Mengolah Usus Ayam agar Tidak Amis



Tadi pagi waktu ke toko daging langganan..beli sosis untuk Yodha dan temannya yang menginap di rumah..kok aku lihat ada Usus yang bagus dan bersih, langsung aku beli dech. Sudah dari kemaren ingin makan sate Usus, tapi jika beli matang di warung angkringan itu kadang suka masih amis atau bau kurang sedap. Kadang juga takut jika kualitas ususnya tidak bagus atau pengolahannya kurang bersih. Jadi cara terbaik untuk menikmati Sate Usus adalah memasak sendiri.
2

Saturday, December 17, 2016

Sambel Tomat Seger


Menu hari ini Sambel saja ya...hihi. Hari ini ada teman Yodha yang main ke rumah..lha pada di tanya makan apa..jawabnya Ayam Goreng. Jadi sudah pasti Ayam goreng sudah sering aku posting. Jadinya Sambelnya aja nich yang belum. Sambel ini favoritku. Sambel Tomat seger...yang artinya...sambal tomat tanpa di goreng lagi setelah di haluskan. Jadi masih ada rasa seger dari tomatnya. Walau semua bahan di goreng..tapi karena tidak di tumis lagi..maka rasa Tomatnya  masih terasa.

Kalau di rumahku dulu di Yogya  bikin sambel ya gini terus ibuku. Mungkin karena selalu habis ya bikin sambel..jadi nggak perlu repot-repot numis lagi. Kalau sambel begini walau di goreng dulu tapi memang nggak awet jika di simpan sampai besok, akan terasa asem. Beda sama sambel tomat tumis yang di masak hingga tanak dan berwarna kecoklatan..maka itu awet di simpan, di suhu ruang aja tahan hingga dua harian ya.

Sambel Tomat Seger ini paling enak buat teman makan Sop Kampung, Sayur Nangka kuah, buat teman makan Mie goreng atau bihun juga enak banget. Jika mau cantik warnanya, pakai tomat merah yang segar dan cabai merah keriting agak banyak.  Namun tetap harus pakai cabai rawait agar pedasnya mantap. Terasi tetap pakai, tapi jangan terlalu banyak, jadi yang menonjol itu tetap rasa tomat segarnya ya teman-teman.

Oke..langsung saja ini dia resepnya ya.....

Sambel Tomat Seger

Bahan :
10 buah cabai merah keriting
8 buah cabai rawit ( sesuai selera )
1 buah tomat matang segar ukuran agak besar atau dua jika kecil
6 butir  bawang merah, iris kasar
1 siung bawang putih, iris kasar
1 sendok teh terasi bakar
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula merah 

Cara Membuat :
Goreng semua bahan sambal kecuali Terasi, garam dan gula
Ulek semua bahan bersama ketiga bahan di atas setelah di goreng
Tuangi sedikit sisa minyak goreng panas agar lebih  mengkilat sambalnya 
Koreksi rasa hingga pas sesuai selera


6

Friday, December 16, 2016

Nasi Goreng Mawut Sosis


Banyak foto dan resep yang antri di posting di web. Sabra ya teman-teman..karena keterbatasan tenaga dan waktu..jadi satu persatu ya. Hari ini postingnya berdasar *most wanted recipe..hihi..yang banyak di request menunya ketika aku posting foto di Ig aku. Menu-menu simple seperti ini, banyak yang minta resepnya ternyata...baiklah aku tulis duluan ya.

Ini menu kepepet aja sich..jika belum belanja dan nggak punya lauk di kulkas. Tadi Yodha aku tanya makan siang apa..karena di rumah cuma ada Sosis dan Mie. Langsung dech jawabnya Oseng Mie...hihi. Waduh..aku sampai bosan masak Oseng Mie...Yodha suka banget..udah beberapa kali dalam minggu ini lauknya Oseng Mie. Yodha suka di padu ayam goreng, ayam bakar, daging goreng dll..mintanya menu pendampingnya Oseng Mie. 

Akhirnya daripada aku mblenger masak Oseng Mie..aku buatin Nasi Goreng mawut aja. Sama tho..Nasi dan Mie..tapi di campur sekalian..sekali masak. Aku masukin Sosis sekalian..jadilah Nasi  Goreng Mawut..hihi. Nasi Goreng Mawut ini menu khas di warung-warung Nasi Goreng atau Mie Jawa. Biasanya selain ada Nasi goreng, Mie Goreng..ada juga campuran keduanya...yaitu Nasi Goreng Mawut ini. Biasanya sich isinya Ayam suwir atau Ati Ampela..tapi karena aku tidak punya..aku pakai sosis saja..tetap enak kok.

Oke..langsung aja ini dia resepnya ya. Tips biar sedep waktu masak Nasi Goreng Mawut ini, pakai api besar ya..tumis bumbu hingga benar-benar matang...telurnya juga biar matang dulu di wajan..orak arik dulu telurnya sebelum bahan lain masuk agar tidak amis. Mienya pakai Mie yang pulen, jangan terlalu lembek merebusnya agar tidak menggumpal. Selamat mencoba ya teman-teman..jika suka..:) Jika mau lebih gurih, bumbu bisa di tambah sedikit ebi, tapi aku lagi nggak punya tadi.

Nasi Goreng Mawut Sosis

Bahan :
200 gram nasi putih
50 gram mie kering, rebus
1 butir telur
1 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
2 lembar kol iris halus
2-3 buah sosis, potong bulat kecil
1/2 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
1/8 sendok teh merica bubuk
bawang goreng dan acara secukupnya jika suka

Bumbu halus :
1 siung bawang putih, 2 butir bawang merah
3 buah cabai merah / rawit ( sesuai selera )
1 butir kemiri

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga benar-benar matang, sisihkan di pinggir wajan
masukkan telur, orak arik telur hingga matang
Masukkan nasi, mie dan bumbu lain
Aduk rata dengan api besar agar bumbu meresap merata
Koreksi rasanya, jika sudah pas, masukkan kol
Aduk cepat hingga kol layu
Angkat dan sajikan hangat


0

Thursday, December 15, 2016

Soto Kudus Bersantan


Hari ini Yodha minta menu Ayam Bakar. Jadi pagi-pagi udah ke pasar belanja biar dapat Ayam Pejantan seger dan bagus. Tak lupa sebelum ayam di ungkep bumbu, aku ambil Kaldunya dulu. Aku selalu membuat kaldu dari Ayam Pejantan atau Ayam kampung, karena bisa bening kaldunya dan sedep jika di pakai memasak Soto atau Sop. Beda sama ayam biasa, kadang malah amis jika di buat kaldu. Cara membuat Kaldu bening   tipsnya..sudah pernah aku share juga di SINI ya teman-teman.
0

Wednesday, December 14, 2016

BitterBallen Makaroni Isi Mozzarella


Hari ini Yodha udah libur panjang..jadi mulai mengajak untuk membuat Video masak lagi. Yeay...akhirnya turun ke dapur lagi ya Kak..! Waktu kemaren-kemaren selain aku sibuk..Yodha juga lagi persiapan ujian. Sekarang mah sudah santai..kerjaannya makan melulu tambah ndut Yodhanya. Kalau jam 12 siang belum matang..udah teriak-teriak.." Kapan makannya Mi ?.."...hihi.

3

Tuesday, December 13, 2016

Paru Kremes



Akhirnya komputerku normal lagi..setelah *berobat ke tukang servis komputer habis 500 ribu..hihi...ada yang mati total bagian dalamnya..perlu di ganti. Jadi bisa posting normal lagi dech. Sedikit mahal servicenya ndak apa-apa wis..yang penting bisa kerja lagi...daripada pusing aku pakai Laptop Yodha yang terlalu canggih. Windownya paling baru..aku malah pusing..hihi. Beneran aku suka kerja komputer biasa yang udah jadul seperti punyaku..karena simpel dan cepat jadinya. Kalau pakai Laptop Yodha malah kelamaan edit foto misal mau resize ukurannya aja malah ribet programnya.
0

Sunday, December 11, 2016

Sambal Siomay Merah dan Lembut Ala Abang Siomay



Dari dulu jika buat siomay...siomaynya udah sip enak..melebihi dari yang di jual di luaran rasanya..tapi sambelnya selalu pucat..kecoklatan aja. Nah..jadinya itu penasaran sama sambal siomay ala abang-abang siomay itu kok bisa merah menyala dan kelihatan berminyak gitu. Akhirnya kemaren iseng..aku coba buat sambel Siomay yang merah merona warnanya serta lembut encer ala abang-abang Siomay gitu..hihi.
11

Saturday, December 10, 2016

Gemblong Singkong


Tiap hari menengok freezer atau kulkas sebelum belanja lagi ke pasar..biar nggak selalu nimbun bahan-bahan mentah..hihi. Di tengah harga-harga bahan makanan yang melambung, sampai cabe, sayuran dan bumbu-bumbu selalu naik harganya ya teman-teman..sangat tidak tepat jika menimbun bahan di dapur..hihi. Maka punya apa sedikit ayuk di olah..jadi cemilan baru untuk keluarga.

3

Friday, December 9, 2016

Sambal Goreng Labu & Krecek


Sayur favorit di rumah...Yodha dan Papinya selalu suka..nggak pernah bosan...itu adalah sayur labu. Mau di versi apa aja kok pada suka semua. Kadang di sayur agak encer ringan seperti sayur Labu teman Nasi Liwet atau yang berbumbu pedas seperti yang aku masak ini..semua suka. Yupp..labu siam...atau Jipang..memang luwes di masak sayur santan seperti ini. Rasanya itu lembut enak.
3

Thursday, December 8, 2016

Tahu Campur Lamongan


Kemaren Punya daging Tetelan yang berlemak cuma sedikit 300 gram. Mau di masak kok nanggung..akhirnya aku buat Tahu Campur Lamongan aja..pas..porsinya..hihi. Dulu aku pernah buat Tahu Campur Lamongan juga..udah pernah aku share, tapi kali ini aku buat porsi sedikit. Jadi cocok nich untuk keluarga kecil seperti aku..biar hemat tho..nggak usah masak banyak-banyak..yang penting cukup untuk 2 atau 3 orang.
2

Wednesday, December 7, 2016

Tahu Plethok Khas Tegal



Wah..hujan sedari pagi ya teman-teman. Dingin..dan selalu lapar...hihi. Tadi mau masak buat sarapan..kok bumbu kurang lengkap. akhirnya nnggu budhe sayur lewat dulu dech agak siangan. Udah makan roti tawar selai coklat selembar..kok ya masih lapar ya..hahah. Akhirnya lihat di kulkas..ada Tahu..asyik..bisa di buat goreng buat pengganjal rasa lapar yang melanda.

0

Tuesday, December 6, 2016

Nasi Gurih Plus Lauk Komplet




Hari ini masak komplet..hihi. Soalnya Yodha lagi ujian..jadi dia pulang sekolah itu langsung kelaparan minta makan. Karena ujian..pulang setengah hari, nggak makan di sekolah. Makanya sebelum Yodha pulang aku sudah siapin menu favorit dia untuk makan siang. Yodha sekarang sudah suka menu-menu berbumbu, jadi nggak mau lagi menu anak-anak yang plain..hihi.

Dan..lagi iseng banget..tadi aku menata menunya di wadah makanan ala-ala Bento atau  katering gitu..hihi. jadi ini Bento ala Jowo ya. Nggak kalah menggoda kan..sama Bento-Bento ala Jepang teman-teman.. hahah. Yang pasti menunya mesti kemakan semua...karena favorit Yodha. Kecuali telurnya..itu favoritku..Telur dadar daun So..tapi aku kasih Yodha dia ya doyan juga..hihi.

Untuk Nasinya biar enak..aku masak Nasi Uduk..tapi Nasi Uduk Jawa...hihi..karena nggak pakai rempah-rempah. Atau lebih tepatnya di sebut Nasi Gurih jika di Jawa. Nasi gurih nich gurih aja harum salam, nggak berempah banget seperti Nasi Uduk Betawi. Tapi untuk lidah Jawaku aku lebih cocok Nasi Uduk Jawa alias Nasi Gurih yang soft gurihnya.

Oke..langsung saja ini dia resep Nasi Gurihnya ya. Untuk Lauknya sudah pernah aku posting semua di webku. Ada Ayam Panggang Klaten, namun aku buat versi ekonomis aja..pakai Ayam Broiler biasa, bukan ayam kampung, tapi aku pakai bagian paha, agar tidak mudah hancur ketika di ungkep lama dan lebih cantik jika buat Nasi ala Katering seperti ini. Untuk sambel Goreng Kentang sengaja pilih ya tanpa santan, karena lebih cocok untuk makan Nasi Gurih. Untuk telurnya aku pilih Terlur Dadar Daun So,,karena cantik warnanya, ada hijau-hijaunya gitu. Tapi jika tidak suka, bisa di gnati daun bawang ya teman-teman.

Oke,..semoga bermanfaat sedikit inspirasi bekal sekolah atau bekal untuk kerja, atau mau untuk usaha katering rumahan....sipp...selamat mencoba ya. Untuk resep-resepnya...aku share lagi yang Ayam Panggang Klaten ya...untuk resep lauk lainnya...silahkan di klik aja link-link berikut ya :

Sambel Goreng Kentang tanpa Santan, resepnya di SINI

Dadar Telur Daun So, resepnya di SINI 
Ayam Panggang Klaten

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
1 ekor ayam kampung ( dipotong 4 - 8 bagian )  / Ayam negeri ( jika ayam biasa, lebih baik pakai bagian paha, jadi lebih liat dagingnya..nggak mudah hancur )
2 lembar daun salam , lengkuas 2 cm memarkan
4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya, disobek-sobek
1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
1/2  sendok makan garam ( secukupnya )
1 sendok makan gula merah sisir
1 sendok teh asam jawa 
600 ml santan dari 1 butir kelapa
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus:
1 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh merica
1/4 sendok teh jintan, disangrai
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih 
5 butir kemiri, disangrai
1 cm jahe 
1 cm kunyit, dibakar

Cara Pengolahan :
Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai sampai harum. Tambahkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
Masukkan santan, garam, gula merah, dan air asam. Masak sampai meresap dan bumbu dan santan  mengental  jadi areh
Bakar sambil dibolak-balik dan dioles sisa bumbu sampai harum.
Nasi Gurih

Bahan :
250 gram beras, dicuci bersih
2 lembar daun salam
1 sendok teh garam
400 ml santan

Cara Pengolahan :
Cuci bersih beras
Rebus santan, daun salam dan garam sampai mendidih
Masukkan beras
Aduk dan masak sampai santan habis
Kukus sampai matang
7

Monday, December 5, 2016

Sayur Rebung Bumbu Iris


Ini sayur favoritku. Sayur rebung bumbu iris. Biar makin enak dan komplet..tambah sayuran kacang panjang dan daun so sedikit. Rasanya itu segar ringan..enak di makan hangat-hangat berkuah di musim hujan yang dingin seperti sekarang ini. Suami juga suka..tapi Yodha tidak. Dia belum bisa makan sayur ndeso seperti ini..hihi. Maunya masakan yang bersaus-saus..ala Chinese food gitu. 

1

Sunday, December 4, 2016

Lentho Singkong Tempe Semangit


Olahan Singkong lagi...hihi. Kalau beli singkong itu aku suka lupa masak kadang teman-teman..jadi kadang lebih suka beli singkong masih kulitan agar lebih awet di simpan. Namun...kadang di pasar sudah di manjakan ya kita sekarang...banyak di jual singkong udah kupasan gitu. Jadi..kadang tergoda juga untuk beli...walaupun kadang-kadang akhirnya lupa juga masak..hihi. Nah nggak sengaja aku nemu tehnik menyimpan Singkong agar lebih awet..yaitu di rendam pakai air. Aku nggak sengaja juga sich. Beli singkong Minggu lalu, udah kupasan, aku cuci bersih. Lalu aku masukin wadah dan aku rendam air, biar nggak membiru maksudnya. Eh..sampai malam kok lupa masak. Akhirnya aku masukin kulkas aja dalam posisi terendam.
5

Friday, December 2, 2016

Lemper..Pakai Rice Cooker


Minggu ini aku udah dua kali bikin Lemper. Rajin ya...hihi...mesti teman-teman kira ribet bikin lemper. ah..sekarang aku udah nemu cara yang mudah kok membuat Lemper..di masak pakai Rice Cooker aja..nggak perlu merendam beras ketan, nggak perlu bikin aron ketan..ngukus..dll. Langsung aja masukin semua bahan ke rice cooker...seperti membuat Nasi biasa...dan nggak lama klik..setengah jam kira-kira...langsung matang dech. Tinggal di beri isi, di bungkus daun biar seperti Lemper tradisional..rasanya..sama enaknya...hihi.

9

Thursday, December 1, 2016

Tips Membuat Cumi Krispi


Yodha lagi seneng Cumi. Biasa dia suka di bakar. Namun biar nggak bosan aku coba goreng krispi aja..ternyata suka juga. Jadilah menu ini salah satu menu favoritnya sekarang. Cumi Krispi ini memang enak banget ya teman-teman..krispi di luar..empuk dan lembut di dalam. Nah..tapi nggak semua bisa begitu lho. Kadang beli di resto itu cuminya alot...tepungnya keras.
4

Wednesday, November 30, 2016

Hotteok..Resep Baru



Hotteok lagi....yuppp....salah satu makanan Korea yang paling aku suka adalah Hotteok ini. Ini paling cocok sama lidah Jowoku...hihi. Aku juga pernah beli Hotteok di kawasan Street Food..Di Korea ??...Bukan...di sini aja..hihi. Di  Kampung kuliner Semawis juga ada yang jual..keren kan. Di daerah lain belum tentu ada kan ya. Di Daerah Semawis Semarang nich..banyak kuliner unik adaptasi dari luar...Jepang..Korea..dll...dan uniknya peralatannya di impor juga dari luar sana lho..tulisan..kemasan juga seperti di Korea..hihi. Jadi kalau cuma mau makan Hotteok..nggak perlu tunggu bisa jalan-jalan ke Korea dulu kan ya. Tapi lumayan mahal sich..15 ribu sebiji...jadi mending bikin sendiri teman-teman..murah..enak dan mudah kok.

18

Monday, November 28, 2016

Pastel Ayam


Pastel...itu salah satu gorengan favoritku. Segala pastel aku suka..baik yang versi isi sayuran aja ala pasar atau yang mewah kelas bakery..aku suka semua...hihi. Pokoknya pastel itu spesial. Biar isinya cuma wortel atau kentang aja jika di bumbuin dengan pas, rasanya itu enak sekali. Perpaduan kres, renyah gurih kulit pastel di padu isian gurih manis yang membuat komposisi rasa yang indah ketika kita makan..*lebay..hihi...*
2

Sunday, November 27, 2016

Pia-Pia Sosis


Pia lagi. Yupp..Pia-Pia ini mirip bakwan tapi adonan lebih lembut. Jika di Semarang itu biasa di cetak pakai sendok sayur, jadi adonannya itu lebih encer dari bakwan biasa. Jadi ketika di goreng, tekturenya jadi lembut. Tapi harus di cetak dulu ya...sebelum di goreng hingga matang. Jika langsung di goreng dengan cara di sendokkan ke minyak, akan berminyak sekali bakwan seperti ini.
5

Saturday, November 26, 2016

Tips Menyiapkan Bekal Menarik Untuk Anak-Anak

Tips Menyiapkan Bekal Menarik Untuk Anak-Anak 


Anak-anak...tentu butuh banyak Nutrisi yang baik untuk pertumbuhan ya teman-teman. Nah...seringkali kegiatan anak-anak kan lebih banyak di siang hari, di sekolah pastinya. Mereka harus belajar dan beraktifitas yang tentu saja butuh energi dan asupan nutrisi yang cukup agar bisa berkonsentrasi belajar dan kuat berkatifitas sepanjang hari. Apalagi yang anak-anak sekolahnya *Full Day seperti sekolah Yodha nich..makan siang atau  bekal tentu sangat penting. 

Nah..kali ini aku mau berbagi tips nich, cara menyiapkan bekal untuk anak-anak yang menarik, dan tentu saja harus enak ya..agar anak-anak lebih semangat makan. Kali ini aku mau berbagi tips membuat Nasi aneka warna yang menarik untuk anak-anak, tapi dengan bahan-bahan pewarna alami. Jadi sudah pasti aman untuk anak-anak, dan juga lebih menarik warnanyaa, tidak mengubah rasa, dan bahkan jika menggunakan bahan-bahan tertentu, seperti Ubi Ungu, tentu saja menambah asupan gizi juga untuk anak-anak.

Untuk pewarna Nasinya, usahakan memakai bahan-bahan alami ya teman-teman. Misal..untuk Nasi warna Ungu, kita bisa menggunakan Ubi Ungu untuk campuran Nasinya. Untuk warna kuning, kita bisa pakai kunyit. Untuk warna Biru, kita gunakan air bunga telang. Selain itu ada buah bit untuk warna merah, atau daun suji untuk nasi hijau. Bisa juga memakai sawi hijau yang di blender untuk Nasi hijau...dll. Banyak pewarna alami kok yang sehat dan aman untuk anak-anak. Cara memasaknya biasa aja kok. Jika mau membuat Nasi gurih, pakai santan..pewarna alaminya di campur waktu membuat nasi aron dengan santan hingga setengah matang, kemudian di kukus. Jika mau membuat Nasi biasa, tinggal di campurkan saja pewarna alaminya, waktu memasak nasi menggunakan rice cooker.


Tapi menurut aku, untuk Nasi warna seperti ini, akan lebih enak jika kita membuatnya jadi Nasi Gurih, jadi bahan tambahan pewarna alami tidak akan mempengaruhi rasa Nasinya..karena Nasinya sendiri sudah enak sekali, gurih dan memakai santan. Pemakaian santan juga berguna, agar warna alaminya yang muncul itu soft di Nasinya..tidak genjreng. Jika langsung Nasi putih biasa, awarna biru bunga Telang biasa terlalu biru..tapi jika di campru santan, warnanya jadi lebih cantik soft. Selain itu aromanya juga akan lebih dominan santan gurihnya. jadi misal kita buat Nasi kuning tanpa santan, tentu kurang gurih ya rasanya.

Agar lebih menarik, cetak Nasi dengan aneka bentuk yang lucu dan menarik. Tidak punya cetakan Nasi yang lucu ala bento...tenang..bisa kok di bentuk sendiri pakai tangan, bisa bentuk bulat pipih, segitiga, dll sesuai selera. Bentuk Nasi ketika masih panas, agar hasilnya padat cantik. Jika sudah dingin, tentu Nasi susah di bentuk. Agar Nasinya cantik dan merekat erat ketika di bentuk, campurkan sedikit beras ketan waktu membuat Nasinya ya teman-teman. Rasa Nasi juga akan lebih pulen dan enak.

Nasi sudah cantik warna-warni, yang tak kalah penting tentu lauknya ya. Pilih Lauk favorit anak-anak seperti Nugget, Galantin, Kekian, Sosis, Ayam goreng, dll yang praktis dalam penyiapannya di pagi hari. Usahakan selalu menyimpan stok lauk-lauk praktis tersebut di freezer ya teman-teman..jadi tidak akan repot di pagi hari jika menyiapkan bekal untuk anak-anak. Usahakan jika membuat stok lauk frozen, kemas ukuran sekali pakai agar lebih mudah mengeluarkan dari freezer dan stok lain tidak keluar masuk freezer.

Selain lauk kering, usahakan ada lauk tambahan seperti Mie Goreng, sayuran tumis yang simple, cap cay, orak arik, dll agar asupan gizi anak makin lengkap. Jangan lupa sayuran atau  buah ya. Agar lebih menarik, kita buat komposisi bekal anak semenarik dan meriah mungkin warnanya. Hias dengan banyak sayuran segar seperti selada, jadi bisa di makan juga..atau tomat, wortel, dll yang mempunyai warna menarik.  Bahan lain seperti daging, olahan daging..sayuran, dll bisa dengan mudah ya kita temui sekarang di supermarket. Apalagi sekarang juga ada Happy Fresh, layanan belanja online yang bisa di antar ke rumah.  Sayangnya baru bisa untuk daerah Jakarta dan sekitarnya ya. Jadi...sangat beruntung teman-teman yang tinggal di Jakarta karena bisa menggunakan fasilitas layanan kurir seperti Happy Fresh, dimana teman-teman bisa membelikan perlengkapan bahan makanan sekaligus mengantarkan kerumah dalam waktu 1 jam. Selain itu Happy Fresh juga menyediakan berbagai promo penawaran menarik yang tersedia di website Saleduck. Andaikan di Semarang sudah ada Happy Fresh, pasti akan lebih menyenangkan dech belanja kebutuhan bahan-bahan makanan fresh".

Selanjutnya, yang tak kalah penting...susun atau kemas bekal anak dengan lebih menarik. Pakai wadah Lunch Box yang menarik agar anak-anak makin semangat membawa bekal, dan pasti bangga ketika membuka bekalnya di depan teman-temannya. Jangan lupa bawakan bekal lebih ya..jika anak suka share bekal..seperti Yodha..hihi. yang selalu makan bekal bersama kedua sahabatnya. Walau sama-sama bawa bekal, tapi suka tuker-tukeran sama teman-temannya. Wadah yang menarik dan cantik, serta fungsional seperti di foto aku ini, tentu bisa memuat banyak bekal untuk anak-anak. Aku beli online kemaren di Lazada. Banyak Lunch box lucu-lucu dan unik di sana.

Lagi seneng hunting pernak pernik Lucnh Box  buat Yodha nich. "Sekarang aku tidak perlu susah-susah lagi kalau mau beli aneka Lunch box lucu, karena banyak di jual online,  lucu-lucu bentuknya, berkualitas dan terjamin, seperti di Lazada. Selain itu, sebelum aku masuk ke website toko online tersebut, aku browsing dulu kode promo dan voucher diskon toko online tersebut di website kode kupon, seperti SaleduckDisini kita bisa mendapatkan kode diskon belanja online alat-alat dapur, pernak pernik unik, makanan atau bahan makanan yang murah".

Nanti mau hunting Lucnh Box dan peralatan bento lagi ah buat Yodha..hihi. Lagi suka berkreasi dengan bekal Yodha..sekalian mau cari pernak pernik dapur yang lucu-lucu kali ya..pasti ada di toko online seperti Lazada, dll. Sebelum belanja..harus mampir dulu nich ke Saleduck..biasa..cari-cari voucher diskon dulu...hihi. Kita bisa pilih-pilih voucher di Saleduck ini untuk belanja online di berbagai e comerce ternama..dan diskonnya itu berganti-ganti lho promonya...jadi harus sering buka web Saleduck jika mau harga lebih hemat..hihi. Ibu-ibu gitu lho...siapa yang tidak mau belanja hemat..ya kan...teman-teman ! Lumayan kan diskonnya, bisa buat hemat ongkir..hihi.

Oke..semoga bermanfaat ya sedikit tips dari aku...selamat mencoba tips-tips kali ini ya teman-teman..resep Nasi warna-warni, seperti yang Ubi ungu sudah aku posting ya kemaren, lauk pauk praktis seperti Kekian, Galantin, dll..juga sudah ada di webku ini semua resepnya. Selamat memasak bekal cantik untuk anak-anak ya.

10

Thursday, November 24, 2016

Nasi Gurih Ubi Ungu


Masih suka sama yang Ungu-Ungu..hihi. Dalam rangka menghabiskan sisa dua buah Ubi Ungu di dapur juga sich. Aku buat Nasi Ubi Ungu ini. Sayang karena aku dapat Ubi Ungu bagus..tua banget..warnanya Ungu tua waktu mentah..jadi cantik sekali jika di gunakan sebagai pewarna makanan.
17

Wednesday, November 23, 2016

Ketan Biru


Mau olahan Ketan yang beda teman-teman..cobain yuk..Ketan Biru bunga Telang ini. Warnanya cantik sekali ya. Warna birunya alami lho..memakai pewarna dari bunga Telang. Jadi..aman..walau genjreng birunya begitu. yang jelas, tidak merubah rasa dan aroma dari Ketannya kok. Kalau di Malaysia sana malah jadi pewarna makanan juga bunga Telang ini, yaitu Nasi Kerabu. Sejenis Nasi gurih..pakai pewarna alami bunga Telang ini juga. Unik ya...besok-besok aku coba dech bikin Nasi Kerabu.

3

Tuesday, November 22, 2016

Tempe Krispi Daun Bawang

 

Ini menu kepepet..nggak punya bahan apa-apa kemaren. Budhe sayur langganan cuma bawa tempe aja yang tersisa. Ya okelah..tetep bisa masak..walau apa adanya. Menunya..Tempe Krispi lagi..hahah. Biar beda di kasih daun bawang..iseng..dan ternyata enak lho. Jadi bukan cuma mendoan yang enak di campur daun bawang, adonan krispi juga enak. Caranya..potongan daun bawangnya di masukkan ke adonan pencelup, jadi kan nempel nanti ke tempe krispinya.

3

Monday, November 21, 2016

Awug Sagu Mutiara Panjang & Pisang


Di rumah lagi banyak stok pisang...sampai mblenger nich nggak habis-habis. Lha masak Ibu mertua ku ngirim 1 tundun..hihi. Pisangnya baru metik matang pohon, jadi matangnya nggak barengan..sebagian matang..sebagian belum. Jadi nggak habis-habis..hihi. Udah aku bagi-bagi yang matang..masih banyak. Ya udah akhirnya sering aku rebus aja..jadi cemilan sehat. Tapi lama-lama bosan juga. Kemaren iseng aku campur waktu buat awug-awug sagu  mutiara panjang..hemm..enak juga jadinya. Ada khas aroma dan rasa pisang bercampur sagu...klop juga.

Sagu mutiara panjang, nama lainnya Pacar Cina kali ya..pokoknya yang bentuknya batangan kecil-kecil..biasa buat campuran kue hungkwe juga itu lho teman-teman. Rasanya kenyil-kenyil lembut. Jika di buat awug-awug enak sekali..pas berpadu dengan gurih kelapa yang agak muda. Cemilan sehat dan enak.

Awug-awug ini bisa di bungkus daun atau plastik juga bisa. Tapi aku lebih suka aroma daun. Bentuk nya bisa di bungkus segitiga, khas awug-awug...atau m,au di cetak lain sesuai selera bisa. Jadi nggak cuma tepung ketan yang bisa di buat awug-awug teman-teman..Pacar Cina ini juga bisa lho..dan rasanya enak sekali.

Oke..langsung saja ini dia resepnya ya teman-teman jika suka...:)
Awug-Awug pacar Cina dan Pisang

Bahan :
100 gram sagu panjang ( pacara Cina ), rebus hingga mekar
2 buah pisang raja atau kepok, potong kecil-kecil
75 - 100 gram gula pasir ( sesuai selera manisnya )
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili
150 gram kelapa parut yang agak muda

Cara Membuat :
Campur semua bahan
Aduk rata
Cicipi hingga pas manis gurihnya sesuai selera, jika kurang manis tinggal tambah aja gula ya
Bungkus adonan bentuk sesuai selera
Kukus 30 menit

4

Saturday, November 19, 2016

Mendut Ubi Ungu


Mendut ..aslinya terbuat dari Tepung Ketan saja. Kalau di Yogya jajanan ini biasa buat suguhan hajatan. Bisa warna putih atau di beri warna hijau. Isinya enten Kelapa atau Unti Kelapa. Biasa di bungkus daun pisang bentuknya seperti Nagasari tapi lebih lancip bungkusannya. Di banding Nagasari, dulu kalau dapat Nasi kenduri dan ada snacknya Mendut ini selalu jadi rebutan..hihi.

4

Thursday, November 17, 2016

Tips Membuat Keripik Paru


Keripik paru...siapa yang tak suka hayo ?..Pasti lebih banyak yang suka di banding yang nggak ya. Yupp..karena jenis keripik satu ini termasuk Keripik mewah yang enak dan gurih sekali. Mewah..karena harganya mahal..jika sudah jadi keripik..hihi. Apalagi beli di toko oleh-oleh..wah..bisa menguras kantong dech kalau beli Keripik Paru ini. Harganya mahal...sekantong plastik gitu bisa puluhan ribu harganya ya teman-teman. Tapi memang enak dan khas Keripik paru ini, makanya..walau mahal..tetep banyak yang suka ya.
4

Wednesday, November 16, 2016

Samgak Kimbap ( Gimbap )


Minggu kemaren dan minggu ini aku nonton dua drama Korea yang bertema kerajaan jaman dulu. Biarpun sibuk nggak mau ketinggalan Drama Korea terbaru pokoknya..jadi nontonnya sedikit demi sedikit, sambil kerja di depan komputer atau waktu packing kiriman barang..hahah. Drama yang sudah selesai aku tonton itu Love in The Moon Light, satu lagi Scarlet Heart Ryeo. Hemm..walau keduanya bertema sejarah dan kerajaan..namun aku lebih suka Love in The Moon Light..lebih ringan dan lucu ceritanya. Bercerita tentang seorang gadis yang menyamar menjadi pria untuk bertahan hidup. Secara nggak sengaja dia bertemu pangeran dari istana...waktu gadis itu menjadi penasehat kencan untuk seorang bangsawan yang naksir putri raja...yaitu Adik Pangeran tadi. Singkat cerita gadis ketemu Pangeran itu akhirnya malah tinggal di istana karena di jual untuk melunasi hutang ke seseorang, dan akhirnya malah terpilih menjadi Kasim ( pengurus raja ). Karena awal ketemu saling kurang menyenangkan..Pangeran kurang suka dan malah ngerjain Kasim cantik itu..nah dari situ cerita seru..lucu pun terjadi..karena pangeran ( atau calon raja ) ini akhirnya jadi tertarik sama Kasim yang cantik itu..hihi..dan belum tau kalau aslinya seorang wanita Walau endingnya ya tau juga..dan happy ending akhirnya cinta mereka bersatu setelah mengalami berbagai rintangan dalam hubungan  mereka :D
10

Tuesday, November 15, 2016

Buntut Goreng Penyet



Kemaren aku masak Sop Buntut untuk Yodha. Karena dia lagi suka daging-daging..aku coba buatin Sop Buntut. Ternyata Yodha kurang suka buntut..hihi. Karena pas lihat beli itu bentuknya aneh katanya..hahah. Tapi tetep bagian dagingnya mau juga dia..tapi tidak seseneng jika di masakin daging dan bagian lain. Yach..namanya juga usaha..mencari masakan apa yang Yodha suka biar ngga bosan menu-menu favoritnya aku masakin terus.
4

Google Ad

Visit Our You Tube Channel