Google Ad

Showing posts with label Indonesian traditional snacks. Show all posts
Showing posts with label Indonesian traditional snacks. Show all posts

Tuesday, August 27, 2013

Putu Ayu Warna Warni



Yodha udah doyan ngemil..kalau di bawain bekal kue2 sekarang selalu habis..alhamdulillah..makin gede kali ya..udah hampir 7 tahun Sepetember besok..jadi udah mulai laperan..hihi. Tapi sukanya masih terbatas kue kue coklat atau roti2 manis coklat seperti donat dll. Jadi pengen coba ngenalin ke jajanan tradisional gitu dech..biar dia juga mulai suka..soalnya kadang belum coba udah bilang..no..thank Mom !...Buatan Mami..pasti enak kok..hihi..nolaknya halus banget anak itu, kalau di tawari jajan pasar. Nah...makanya aku buat putu ayu warna warni aja tadi..terus yang buat Yodha..nggak pake kelapa..jadi warna warni aja..hemm..sapa tau aja suka..kan kayak cake kukus lembut gitu rasanya. Kenapa milih putu ayu..ya karena yang paling cepet aja bikinnya..hihi..dan juga bisa dengan sedikit bahan dan telur juga.cukup 2 aja. Soalnya kalau banyak2..siapa juga yang ngabisin..aku..aduch..mau langsing dikit nich..hihi. 
25

Wednesday, May 22, 2013

Pia Isi Coklat..Kali Ini Versi Pia Renyah..^^


Pia lagi..hihi..iya teman2..aku suka aneka ragam pia..mau pia basah.. bakpia ala Pathuk..bakpia telo, pia mrupul dan renyah..dll. Segala  macam resep pia udah ku coba, dan semuanya suka. Ini adalah proyek iseng tadi malam..sambil nunggu suami yang lembur dan pulang malam karena ada Raker kantornya di Bandungan..itu tuch daerah pegunungan yang berhawa sejuk di Semarang..jika teman2nya memilih menginap di Villa Boss di sana..suami ku lebih memilih pulang..dan kembali lagi ke sana pagi tadi..karena Rakernya 3 hari...*suami yang baik..*..hihi. Jadi setelah Yodha tidur, daripada aku tidur dan ntar terbangun lagi mbukain pintu..biasanya aku susah tidur lagi..ya udah..iseng aja buat pia ini..kebetulan lagi ada semua bahan2nya. Sebenarnya pengen bikin bakpia sich tadi malam..tapi kan udah sering bikin..jadi tidak ada tantangan baru lagi dalam prosesnya..jadi ku putuskan berubah haluan bikin pia renyah aja..yang versi nge prul kulitnya dan beremah..jadi bisa lebih awet juga..di simpan di toples. Kalau bakpia ala pathuk atau bakpia basah kan kurang awet. Sebenarnya udah sering juga bikin pia renyah gini..tapi selalu isi kumbu kacang hijau..jadi kali ini aku bikin isi coklat aja..biar beda dan dapat ilmu baru kan..jadi tau gimana rasanya.dan tarraaa...jadilah pia renyah isi coklat..rasanya ternyata..enakk..jadi sukses dech uji cobanya.

Bikin adonan kulit bakpia atau pia gini keliatannya ribet ya teman2..perlu dua kali kerja..apalagi yang bakpia ala pathuk tuch perlu di rendam2 segala di minyak..kalau yang pia renyah ini tidak perlu..karena memang nanti hasil akhirnya renyah. Tetapi sebenarnya kalau sudah di kerjakan ya mudah saja kok..cuma perlu telaten..asalkan di nikmati..bikin apapun terasa menyenangkan..ya nggak ?..Cooking... baking is fun..!

Oke..kalau teman2 suka pia renyah..silahkan di coba ya  resep berikut, jika tidak suka yang renyah..tapi suka pia isi coklat..ya pakai aja resep kulitnya ala bakpia pathuk atau bakpia basah..tinggal pilih sesuai selera, tetapi isiannya pake resep ini. Jadi..mudah kan..menyajikan aneka pia hangat dan fresh dari oven di rumah kita..nggak perlu beli lagi. Keluarga pasti suka..^^


Resep Pia Renyah Isi Coklat

Bahan Kulit 1:
Tepung terigu protein sedang 250 gram
Minyak goreng 125 ml
Air 75 ml
Gula halus 50 gram
Garam 1/2 sendok teh

Bahan kulit 2 :
Tepung terigu protein sedang 100 gram
Minyak goreng 50 ml

Bahan isi coklat :
Aduk rata semua bahan2 ini :
100 gram tepung terigu protein sedang, disangrai 5 menit, ditimbang 90 gram, dinginkan
30 gram cokelat bubuk
25 gram susu bubuk
1 sendok makan air es
125 gram gula tepung
50 gram margarin
Hasil adonan bahan isi coklat nantinya  lembab dan basah seperti foto berikut :


Cara Membuat :
Adonan 1, campur semua bahan kulit 1 hingga rata, uleni hingga rata, sisihkan ( adonan jadinya kalis dan lembab )
Adonan 2, campur semua bahan hingga rata, sisihkan ( adonan jadinya agak mawur, tapi lembab juga )
Bagi adonan 1 & 2 jadi 20 bagian.
Pipihkan adonan 1, beri adonan 2 di atasnya, bentuk amplop, lalu gilas , bentuk amplop lagi dan gilas lagi, lakukan hingga 3 kali ..^^..keliatannya ribet ya..tapi kalau sudah di lakukan..tidak kok..^^
Pipihkan adonan kulit pia, isi dengan bahan isi, lalu bentuk bulat pipih.
Oven 15 - 20 menit di suhu 180 C, sampai matang, bolak balik jika perlu.
Simpan pia dalam toples ketika sudah dingin.Pia ini renyah dan kering..jadi lebih awet dari pia model bakpia pathuk yang lembut kulitnya, tapi kulitnya mrupul dan beremah..jadi..jika suka kulit pia yang lembut dan empuk..pakai saja resep kulit bakpia Pathuk ini.
Selamat Mencoba..!


105

Google Ad

Visit Our You Tube Channel