Google Ad

Monday, November 29, 2021

Nasi Ayam Komplit

 


Nasi Ayam Komplit

Selamat pagi, 

Kangen Nasi Ayam komplit? ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜˜ Nasi Ayam Semarang udah sering aku share ya teman-teman, aku tulis ulang ya resepnya, kali ini versi bikin opor ayam plus tahu sekalian.

RESEP OPOR AYAM SUWIR & TAHU

Bahan :
  • 1/2 ekor ayam pejantan
  • 3 buah tahu kulit, potong serong
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 1000 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  • 1 batang serai, geprek
  • 3 lembar daun jeruk, sobek
Bumbu Halus:
  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 4 butir kemiri
  • 2 cm kunyit, di bakar
  • 1/ 2 sendok teh merica butiran
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1/8 sendok teh jintan
  • 2 sdk teh kaldu ayam bubuk secukupnya
  • 1 sendok mkn gula merah
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan santan, masukan ayam dan tahu dan bumbu2 lain. Masak hingga meresap dengan api kecil hingga santan kuah sedikit menyusut
  • Angkat ayam dan tahunya. Lalu masak terus kuah santannya hingga agak mengental untuk bahan siraman ( areh )
  • Untuk pelengkap nasi gurih

Untuk resep sambel goreng labu Siam di sini :

Untuk resep sate jerohan pelengkap nasi ayam, bisa pakai usus, ati ampela resepnya di sini :

Untuk resep telur pindang di sini :

Selamat mencoba!
0

Pindang Ayam


Pindang Ayam

 
Selamat Siang, 

Kemarin pas live cooking di IG aku masak 'Pindang Ayam', nah karena kemarin bikin bumbu 2 takaran, satu udah diuleg, dan satu belum maka biar gak kebuang maka .aku buat sekalian pindang daging hari ini pas ada ponakan dari luar kota pada ke rumah.๐Ÿ’•


Pindang khas Kudus, biasanya pakai daging kerbau atau sapi, tapi kali ini kita pakai ayam saja biar enak dan murah.๐Ÿ’•

RESEP PINDANG DAGING KUDUS

Bahan :
  • 500 gram daging sapi sandung lamur, atau bagian lulur, atau daging rawonan.. potong-potong
  • 1250 ml santan
  • 2 cm lengkuas, memarkan

  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai
  • 2 lembar daun jeruk
  • 50 gram daun melinjo
  • 1 sendok makan gula merah
  • 2 sendok teh kaldu sapi
  • Garam secukupnya

Bumbu Halus:
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kencur
  • 2 buah kluwek, ambil isinya
  • 3 kemiri
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/4 sdt terasi

Cara Membuat:
  • Tumis bumbu halus hingga harum
  • Masukkan daging, aduk hingga berubah warna
  • Masukkan santan, serta bumbu lain
  • Masak dengan api kecil hingga meresap dan daging empuk
  • Jika masak api kecil warna kuah akan mlekoh seperti ini... kalau pas live kemaren masih pucat warnanya karena waktu terbatas masak cuma setengah jam teman-teman ๐Ÿ’•
  • Koreksi rasa
  • Masukkan santan
  • Koreksi rasa hingga pas sesuai selera
  • Terakhir masukkan daun so, aduk hingga layu
  • Sajikan hangat dengan lauk tempe goreng, perkedel, dll
  • Jika suka lebih manis, terakhir bisa di tambah sedikit kecap...๐Ÿ’•
Selamat mencoba!


0

Oseng Kikil


Oseng Kikil

Hi Selamat pagi, 

Masih ada GUDEG BASAH-nya gak? Kalo masih ada, ini ada pasangannya yang bisa NIKMAT tiada taranya. Oseng Kikil, tidak terlalu pedas alias pedas segar. Makanya langsung ludes saat tersaji di meja makan. ๐Ÿ’•๐Ÿ˜€

Mau tahu aja apa mau tahu banget resep? Nih aku bagi resepnya ya teman-teman, biar apa yang aku rasakan di sini terasa juga di rumah teman-teman.

RESEP OSENG KIKIL

Bahan:
  • 500 gram kikil , presto sebentar ya atau direbus hingga empuk tapi masih ada tekture kenyal-nya,  khas kikil gitu. Rebus dengan jahe geprek, ditambah daun salam, agar tidak amis, setelah direbus, dipotong-potong.
Bumbu:
  • 8 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 5 cabai merah
  • 5 cabai hijau
  • 5 cabai hijau, iris semua bumbu di atas
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 2 daun salam
  • 2 cm, geprek
  • 2 kemiri, haluskan
  • 1/2 sdk mkn gula merah
  • 2 sdk mkn kecap manis
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
Cara Membuat:
  • Tumis duo bawang hingga matang
  • Masukkan cabe, kemiri, aduk hgg cabe layu
  • Masukkan lengkuas, jahe, daun salam
  • Masukkan Kikil, air 250 ml.
  • Masukkan bumbu-bumbu.
  • Aduk rata.
  • Tutup pan, masak hingga meresap api kecil.
  • Jika kuah sudah menyusut, masukkan kecap, aduk rata cek rasa.
  • Sajikan hangat.
  • Boleh ditambah tomat ijo jika suka ya tema.
Selamat mencoba resepnya!
0

Gudeg Basah & Daun Singkong

 


Gudeg Basah & Daun Singkong

Selamat pagi, 

Maaf sempat jeda tidak posting di blog ini karena sempat kecelakaan dan tangan kiri saya (tulang hasta dan pengumpil) patah dan harus menjalani operasi penyambungan tulang di RS, dan sempat opname 4 hari setelahnya. Tetapi sekarang sudah mendingan dan siap untuk aktif masak lagi. 


Peyek Teri

Sarapan yuk!

Pagi-pagi udah masak ? Gak koq, tinggal manasin menu kemaren teman-teman. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜€

Gudeg Basah atau 'Jangan Gori' ya ndak apa-apa nyebutnya ya, bebas HeHe. Yang penting,  intinya sayur nangka bumbu gudeg tapi masih ada kuahnya, gak kering. Terus dicampur daun singkong, wah enak banget lho teman-teman. ๐Ÿ’•๐Ÿ˜€ Apalagi dimakan sama 'Peyek Teri', plus 'Sambel' .... Wow gak bisa berkata-kata! ๐Ÿ’•

RESEP GUDEG BASAH & DAUN SINGKONG

Bahan :
  • 1/2 buah nangka muda ukuran sedang
  • 1 ikat daun singkong, rebus, peras
  • 4 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 2 daun jeruk
  • 2 serai
  • 100 gram gula merah
  • 250 gram tetelan
  • 2 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya
  • 1500 - 2000 ml santan sedang jangan terlalu kental (kalau mau lebih legit, separo santan, separo air kelapa).
Bumbu Halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 1/2 sendok makan ketumbar
Cara Membuat :
  • Nangka di rebus sebentar di air mendidih sebentar utk ngilangin getah aja, jgn sampe empuk...angkat
  • Campur nangka dan semua bahan serta bumbu
  • Masak hingga mendidih
  • Koreksi rasa, jika sudah pas gurih manisnya ( namun jangan terlalu asin dulu ya ), tutup panci dan masak dengan api kecil hingga matang selama 4 - 5 jam...sekali koreksi rasa kembali jika sudah empuk nangkanya.
Selamat mencoba!

0

Friday, November 5, 2021

Gablok Pecel


Gablok Pecel

 

Selamat siang, 

Menu makan siang ini teman-teman, super murah dan lezat. HaHa. Aku buat 'Gablok Pecel'. Yodha aku tawari kok mau jadi gak perlu masak doubel.๐Ÿ˜€๐Ÿ’•

Gablok ini menu jadul khas Semarang, terbuat dari nasi yang pero yang ditumbuk bersama kelapa parut dan sedikit garam. Bisa pakai beras khusus yang gak pulen ya teman-teman, kalau berasnya pulen, susah jadi karena lembek lengket.

Gablok biasanya disajikan dengan pecel sayuran, serta gorengan atau bacem tahu tempe.

Di Semarang biasanya dijual di pasar atau warung pinggir jalan untuk sarapan, bersama gendar. Bedanya kalau gablok ini putihan, tanpa 'obat' yang biasa disebut 'bleng', tapi kalau gendar warna kekuningan karena dicampur dengan 'obat bleng'. Kalau Gablok ini pulen lembut, kalau gendar kenyal karena itu tadi, pakai obat bleng. ๐Ÿคฃ

Karena cuma untuk maksi berdua sama Yodha, aku bikinnya dikit aja tadi:
  • 500 gram nasi putih pero masih panas
  • 50 gram kelapa parut tua segar
  • 1/2 sdk teh garam
Cara Membuat Gablok:
  • Tumbuk semua bahan, pakai ulekan bisa.
  • Tumbuk hingga halus dan pulen, kayak bikin jadah, padatkan.
  • Potong-potong jika sudah dingin di ya, pisau dialasi plastik.
  • Sajikan dengan pecel daun lauk sesuai selera.
Bikin 500 gram aja lumayan banyak, berdua gak bakal habis jadi aku bungkusin untuk ART-ku juga. ๐Ÿ’•

Untuk sayuran sesuai selera ya teman-teman, biasanya kalau di pasar, sayuran khasnya kenci, kembang turi dll. Tapi aku hanya pakai bayam, taoge, kol sama cipir tadi untuk sayuran rebusnya.

Bahan :
  • 100 gram kacang tanah, goreng hingga matang
  • 30 gram gula merah
  • 4 cabai merah, 3 buah cabai rawit merah, goreng ( kalau suka pedas tambahin saja rawit )
  • 2 siung bawang putih, goreng
  • 1 cm kencur
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sendok teh terasi goreng
  • 2 mata asam jawa
  • 1/2 sendok teh garam ( sesuai selera )
  • Air panas 150 -200 ml
Cara Membuat :
  • Haluskan kacang tanah.
  • Ulek cabai, bawang putih, kencur dan daun jeruk serta terasi.
  • Tambahkan gula merah dan garam.
  • Aduk rata semua bahan sambal dan tuangi air .
  • Aduk hingga kental, cek rasa.
Selamat mencoba!

0

Lodeh Kluwih


Lodeh Kluwih

Selamat siang,

Menu Maksi tadi teman-teman, lodeh masih fresh, belum nginep (Kaya nginep hotel saja). ๐Ÿ˜€ Kalau aku masak ini..sudah di pastikan Yodha masak dan bikin menu sendiri. ๐Ÿคฃ Dipaksa gimanapun belum suka dia sama Lodeh. ๐Ÿ˜€


Waktu di Yogya, kita makan malam di kopi Klothok adanya kan cuma menu Lodeh gini sama telur dadar. Beneran ngambek dia, gak mau makan, katanya jauh-jauh di Yogya kok cuma makan lodeh. Mami kan sering masak katanya.๐Ÿ˜‚ Akhirnya dia mlipir ke Cafe sebelahnya makan steak.๐Ÿ˜€

Kalau menu berkuah Soto, Rawon, Brongkos, Nasi Gandul dll dia suka tapi kalo Lodeh kok gak mau Yodha. Banyak variasi lodeh yang udah sering aku share ya teman-teman, tapi kalau untuk bahan kluwih, aku suka yang versi bumbu komplit gini:

Bahan :
  • 1 buah Kluwih, potong sesuai selera, jika sudah tua, buang bijinya.
  • 5 lonjor kacang panjang, potong-potong.
  • 1 genggam daun so (daun melinjo),
  • 50 gram kulit melinjo jika ada.
  • 100 gram tempe yang sudah menginap beberapa hari ( semangit ), potong-potong-
  • 5 buah cabai rawit ( sesuai selera ), potong serong.
  • 5 buah cabai merah , 5 cabai hijau, potong serong.
  • 2 lembar daun salam.
  • 2 cm lengkuas, memarkan.
  • 1 sendok makan gula merah.
  • 1 sendok teh garam, 2 sendok teh kaldu sapi.
  • ( Secukupnya ya, nanti dicicipi aja pas mateng.)
  • 1 sendok makan rebon.
  • 1000 ml santan.
Bumbu Halus :
  • 5 buah bawang merah, 2 bawang putih.
  • 1 sendok teh ketumbar.
  • 4 butir kemiri.
  • 1/2 sdk teh terasi bakar.
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus.
  • Tambahkan santan.
  • Masukkan semua bumbu lain di atas.
  • Masukkan kluwih dan tempe semangit, masak api kecil hingga kluwih empuk.
  • Masukkan kacang panjang dan daun so.
  • Masak lagi hingga sayuran layu, dan bumbu meresap.
  • Koreksi rasa.
Note :
  • Bisa juga tanpa ditumis ya, bumbu langsung masuk semua setelah santan mendidih.๐Ÿ’•
Selamat mencoba!
0

Muffin Telur Ala Korea


Muffin Telur

Selamat Pagi,


Menu sarapan tadi serba telur, Yodha dan Papinya sarapan ini teman-teman. Biar langsing kata Papa Yodha ... (Mana mungkin?).๐Ÿ˜€


Muffin Telur Ala Korea

Aslinya kalau lihat di postingan blogger Korea Aeriskitchen itu telur diisikan ke dalam Muffin, tapi aku modifikasi, telurnya buat toping seperti telur ceplok gitu. ๐Ÿ˜€ Bisa juga ditambah daging asap dan keju mozzarella jika suka teman-teman, tapi original gini aja juga enak.

Karena aku pakai telur kecil-kecil aku pakai cetakan cup muffin aja biar pas bulat toping telurnya, bisa juga pakai cetakan alumunium foil oval ya teman-teman.

Aku pakai Telur Kampung dari IG @astamajayafarm . Telur kampung organik dari peternakan ayam organik di Semarang sini. Selain menyediakan ayam kampung organik, di sini juga tersedia ayam kampung organik yang sehat. 

Bisa melayani pengiriman ke area Semarang ya teman-teman. Bikinnya super gampang, tinggal aduk-aduk bahan aja tanpa perlu di-mixer kok, yuk buat sendiri :

Kunci ngaduk adonan muffin yang tanpa di-mixer gini jangan diaduk terlalu kuat ya, biar gak bantat. Aduk hingga ada semua bahan rata aja.๐Ÿ’•

Bahan :
  • 2 butir telur
  • 3/4 cup tepung terigu
  • 1/2 cup mentega leleh
  • 1/4 cup susu
  • 1/3 cup gula pasir
  • 1 sdk teh baking powder
  • 1/4 sdk teh garam

Bahan isi :

Cara Membuat:
  • Kocok telur dan gula hingga larut, pakai whisk.
  • Masukkan campuran terigu, baking powder, garam, sambil diaduk ayak.
  • Masukkan susu, dan mentega leleh, aduk rata.
  • Aduk perlahan ya..agar muffin tidak bantat.
  • Masukkan ke cetakan muffin, setengah tinggi cetakan saja. 
  • Tambahkan telur, taburi sedikit garam jika suka..bisa taburi merica juga, keju dll.
  • Tapi aku suka telurnya cantik bersih jadi aku taburi sedikit garam aja.
  • Panggang suhu 200 C hingga matang.
Selamat mencoba!

0

Tahu Kopyok Telur Semarang


Tahu Kopyok Telur Semarang

 

Selamat Siang,

Menu ini adalah salah satu menu jadul khas Semarang, biasa dijual di warung yang menjual Tahu Pong, seperti di Warung Tahu Pong Gajahmada atau Tahu Pong Karangsaru yang beberapa waktu lalu viral karena ada pengusaha terkenal makan di situ ya.

Bikinnya gampang kok teman-teman Tahu Kopyok ini :

Bahan :
  • 50 gram tahu, haluskan
  • 2 telur
  • 1-2 daun bawang, iris halus
  • 1/4 sdk teh kaldu ayam / jamur
  • 1/8 sdk teh merica
Cara Membuat :
  • Kopyok semua bahan di atas dengan garpu, jika mau cek rasa goreng sedikit adonan, jika suka asin, tambahkan garam. Tapi tahu kopyok ini biasanya gak terlalu asin ya, karena bisa digado saja tanpa nasi.
  • Setelah rasanya pas, goreng di minyak panas. Aku suka agak tebel jadi aku pakai pan kecil saja gorengnya, kalau pakai wajan cenderung melebar.๐Ÿ˜€
  • Untuk saus, biasanya pakai saus kecap bawang dan petis karena aku buat se-porsi aja karena Yodha dan Papinya udah sarapan tadi, aku buat sambal kecap petis praktis aja tanpa direbus.๐Ÿ˜€
  • 2 bawang putih, goreng
  • 3 cabe rawit, 1 cabe merah, mentah.
  • 2-3 sdk mkn kecap manis.
  • 1 sdk teh petis.
  • Sedikit garam jk perlu.
  • Haluskan cabe bawang..campur kecap dan petis, aduk rata.
  • Cek rasa.
  • Sajikan telur kopyok dgn saus
Jika tidak ada petis skip aja, jadinya sambal kecap dan tetap enak kok teman-teman. ๐Ÿ˜€

Selamat mencoba!

1

Mie Lethek Yogyakarta


Mie Lethek Yogyakarta

 

Selamat pagi teman-teman, 
Yuk sarapan yang murah meriah ... ! Bikin Mie Lethek Yogyakarta yang legendaris, karena sudah ada sejak jaman dahulu.


Mie Lethek Cap "Semar"

Mie Lethek adalah mie khas Bantul, Yogyakarta yang dibuat masih dengan cara yang tradisional dan justru ini daya tariknya. Mie ini Gluten free ๐Ÿ˜€ Cocok buat teman-teman yang sedang diet daripada beli mie kenyal-kenyol luar yang buat diet itu mending mie lethek saja teman-teman ... rasanya enak.๐Ÿ˜€

Bisa dimasak macam-macam, bisa ala Mie Jowo atau Mie Godog, bisa pakai telur, ayam, dll. Tapi kalau aku suka yang simple gini aja, pakai sayuran thok, wis enak tenan. Dan lagi, mie lethek masih bisa dinikmati walaupun dalam kondisi dingin, dan tetap enak. Kalau pakai telur harus dimakan hangat-hangat karena kalau dingin jadi agak amis.

Penampakan Mie Lethek seperti di atas ya teman-teman. Banyak merk, aku pas punyanya merk itu, jika kesulitan cari pasar cari saja di 'market place' banyak yang jual. Cara masaknya jangan direbus ya, cukup direndam air dingin tapi agak lama sampai mekar sekitar 20 menit, atau kalau mau cepat bisa diseduh air panas hingga terurai, lalu siram air dingin dan ditiriskan. Kalau direbus nanti pas dimasak akan menggumpal.

RESEP MIE LETHEK

Bahan :
  • 250 gram mie Lethek, seduh dgn air panasnya hingga lemas, siram air dingin, tiriskan.
  • 3 lembar kol, iris kasar
  • 1 wortel kecil, iris korek api
  • 2 daun bawang, potong2
  • 1 sledri, iris halus
  • Bawang goreng secukupnya
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk teh kaldu ayam

Bumbu Halus :
  • 2 bawang putih
  • 2 kemiri sangrai
  • 1/4 sdk teh merica butiran
  • 1 sdk teh ebi
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus
  • Masukkan wortel, kol, aduk rata hingga layu
  • Masukkan mie, kaldu ayam..garam..jika suka bisa di tambah sedikit kecap..atau bisa putihan gurih aja sesuai selera
  • Aduk rata hingga meresap..
  • Cek rasa
  • Sajikan
Selamat mencoba!
0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel