Google Ad

Showing posts with label food review. Show all posts
Showing posts with label food review. Show all posts

Thursday, December 22, 2016

Mie Dok-Dok ala Abang-Abang Paling Enak Sedunia Versi Yodha



Hahah..judulnya kok lebay ya teman-teman. Cuma mau cerita soal Mie Dok-Dok favorit Yodha aja...karena menu hari ini sudah pernah aku posting semua resepnya. Siang menunya Pecel Mie..malam ayam Krispi. Sore bikin kue cubit buat Yodha..resep baru..kue cubit Oreo..eh lha kok ternyata aku lupa  masukin gula..hihi. Kue udah menul-menul..begitu aku gigit..lho kok nggak manis. Ternyata oh ternyata..gulanya masih di atas timbangan. Begini dech kalau masak kue..pikiran ke mana-mana..sampai ngaduk adonan, gula di depan mata ngak kelihatan..hahah.

Ya udah dech aku cerita Mie favorit Yodha aja ya..Mie Dok-Dok. Tau kan teman-teman..Mie yang di jual keliling gitu. Itu favorit Yodha  banget. Jika lagi nggak masak, bisa jadi penyelemat dech Abang Mie Dok-Dok ini. Yodha punya langganan Abang Mie Dok-Dok yang enak dan bersih masaknya. Rasanya juga enak. Jadi Yodha maunya Abang itu,..nggak mau yang lain. Selain Mie Dok-Dok ada juga Mie Tek Tek..tapi Yodha juga nggak mau..tetep mau Mie Dok-Dok. Kalau Mie Tek-Tek nich memang kurang sedep rasanya dan nggak ada kekian kampungnya yang Yodha suka.

Mie Dok-Dok ala Abang-Abang itu enak..karena biasanya memakai Kecap khusus tradisional. Kalau Abang langganan Yodha...pakainya Kecap Mirama. Memang Kecap tradisional ini rasanya berbeda. Di buat masak Mie atau Nasi Gorengan jadi makin sedap. Dari ngobrol seputar kecap waktu aku posting di Instagram aku @bunda_didi, ternyata banyak ya..kecap dari seluruh Indonesia. Masing-masing daerah punya Kecap andalan sendiri-sendiri ternyata. Kalau aku yang nyantol di hatiku tetap Kecap Lele. Kalau Yodha Mirama katanya paling enak..haha. Soalnya Abang-Abang Mie Dok-Dok pakai itu. Kalau Suamiku sukanya Kecap Gentong dari Pati atau THG dari Kudus. 

Dari teman-teman yang komentar di instagram aku juga jadi tau, nama-nama Kecap tradisional yang enak dan khas dari berbagai daerah. Jadi ilmu tentang perkecapan bertambah dech. Jadi pengen koleksi Kecap...hahah. Orang luar koleksi Anggur mewah, kalau aku mau koleksi Kecap tradisional aaja dech...hihi. Nanti mau tak pajang di dapurku.

Oh iya biar nambah ilmu ini aku rangkum sebagian nama Kecap tradisional dari beberapa daerah di Indonesia ya..siapa tahu ada yang mau tambahin ayuk share di komen sini ya.
Dari banyaknya komentar tentang Kecap di aku Instagram Saya, jadilah Saya tahu merk-merk Kecap yang enak dari berbagai daerah di Indonesia. Kecap Sriti dari Jawa Timur, Kecap Delima dari Pacitan, Kecap Benteng dari Tangerang, Kecap Cap Ikan layur dari Jombang, Kecap Siwalan rembang, Kecap THG Kudus, Kecap Kentjana Kebumen, Kecap Tawon Madiun, Kecap Laron Tuban, Kecap Bawang Magetan, Kecap Sawi Kediri,  Kecap Udang dari Purwodadi, Kecap Jago dari Yogya, Kecap Bawang Tunggal dari Samarinda, Kecap Bulan dari Palembang, Kecap Tjap Kuda dari Tulungagung, Kecap Matahari dari Cirebon , Kecap Cap Dua Ayam dari Jambi, Kecap Cap Ikan Koki dari Banten, Kecap Sarico dari Purworejo, Kecap Sotong dari Cirebon, Kecap barokah dari Klaten, Kecap Riboet dari Purwokerto, Kecap Wortel dari Wonosobo, Kecap Cap Ikan Dorang dari Jombang, Kecap Lele dari Pati, Kecap Mirama khas Semarang, dll masih banyak lagi merknya.

Nich Kecap Mirama khas Semarang seperti ini teman-teman, yang jadi rahasia kelezatan Mie Dok-Dok ala Semarangan langganan Yodha :)


Mau lihat gaya lucu Yodha makan Mie Dok-Dok..nich...teman-teman...hihi.






3

Sunday, October 23, 2016

Kue Putu Merah Putih Dari Salatiga


Hari ini belum masak..kemaren ada acara ke Salatiga..terus capek, dll kerjaan..belum sempat belanja bahan-bahan nich teman-teman..jadi belum bisa posting menu baru ya. Mau posting cerita dan wisata kuliner Salatiga juga belum sempat di pilih-pilih foto-fotonya. Ntar aku pilih-pilih dulu dech..mana yang belum pernah aku posting. Kalau Sate Sapi Suruh dan Gethuk Kethek, sudah pernah aku review di postingan lamaku ya di web ini.
1

Sunday, October 9, 2016

Oncom Goreng


Masih membahas tentang Oncom ya teman-teman. Secara aku jarang sekali ketemu bahan Oncom ini. Baru merasakan Oncom segar itu ya kemaren ketika di kirimi ponakan. Jadi...karena hanya di kirim satu papan Oncom, aku coba untuk membuat berbagai macam masakan agar tahu rasanya.

3

Sunday, April 24, 2016

Mencicipi Henis Roti Baso Ayam


Karena badan belum fit bener..walau udah agak entengan..hari ini nggak ke mana-mana dech. Kemaren rencana mau buat video resep lagi..tapi di undur dulu dech..daripada badan semakin nge drop. Yodha siang ada lomba drum band, biar di anter  papinya. Sore kemaren..badan *nggregesi..keringat dingin..pokoke nggak enak banget badan..lha kok Yodha minta cemilan. Duch..papinya pas lagi pergi pula...di rumah cuma ada keripik-keripik yang Yodha nggak suka. Kalau ada papinya ya tinggal beli sesuatu di luar. Aku mau buat sesuatu udah nggak kuat badan..akhirnya tak suruh minum susu aja..udah anteng Yodhanya. Eh tiba-tiba ada Mas Gojek datang...agak kaget karena aku nggak pesan apa-apa..pakai gojek aja nggak pernah..hihi. Ternyata ada kiriman dari teman. Oh iya..baru ingat kalau siangnya beliau nanya alamat mau kirim oleh-oleh dari Jakarta..wuaa..jadi terharu..pas Yodha cari cemilan..ada roti datang..hihi.

2

Tuesday, April 5, 2016

Tahu Serasi Sambal Kecap


Cemilan hari ini sederhana bingits. Soale cuma mau motret sample pernik-pernik dapur baru...hihi. Lha kok belum buat cemilan apa-apa. Ya udah..tahu pun jadi kan..di foto. Tapi pas goreng tahu kok ya siang hari lagi terik, ya udah ambil fotonya di atas aja. Tahunya tapi spesial kok..tahu Serasi dari Bandungan..tadi beli di pasar. Tahu Serasi itu tahu yang cukup terkenal di wilayah Semarang sini, banyak di jual di pasar-pasar atau di supermarket. Pabriknya dari daerah Bandungan...dekat Candi Gedong Songo sana..hemmm...seru kali ya..kapan-kapan meliput pabrik tahu ini.
7

Sunday, March 27, 2016

Jalan-Jalan ke Kampung Kranggan Dalam..Sentra Industri Kulit Lumpia Semarang


Weekend..waktunya kabur..dari rutinitas packing dll..hihi. Hari ini sengaja dari pagi memang sudah keluar rumah..dari sarapan hingga makan siang di luar. Jadwal pertama makan pecel di Pecel Bu Sumo..kangen lenthonya..hihi. Abis itu lanjut di niatin ke Kampung Kranggan Dalam..tempat sentra industri kulit lumpia khas Semarang yang kulitnya tipis dan transparan, karena cara pembuatannya itu unik..bukan di dadar, tapi di beset. Dari dulu sich sering mendengar ketenaran kampung ini..cuma dari dulu mau ke sana kok nggak jadi-jadi. Waktu kemaren aku mengisi pelatihan di Sriboga..ngobrol-ngobrol sama Pak Panca dari Sriboga..dan di beritahu kalau warga Kampung Kranggan yang mayoritas banyak membuat kulit lumpia untuk pekerjaan sehari-hari ini adalah warga binaan Sriboga juga. Akhirnya tadi beneran di niatin ke sana..dan yeay..dapat ilmu baru..melihat langsung proses pembuatan lumpia dengan cara di beset ini.
16

Thursday, November 5, 2015

Kangen Mangga Mengkal Plus Bubuk Garam Cabe


Musim apa sekarang hayo teman-teman ?..Musim panas..pastilah ya. Sampai sangat rindu hujan rintik-rintik..air mengalir..dari langit..hihi. Beneran..kapan hujan datang ya..? Selain musim panas, sekarang ini di mana-mana pastilah musim mangga. Mangga dari berbagai jenis dan macam, bertebaran di pasar dan kios-kios buah. Kalau aku lebih suka beli mangga di pasar..karena lebih banyak pilihan. Kalau di pasar itu..bisa milih yang matang pohon..atau matang karbitan..semua ada...hihi.

Salah satu buah mangga favorit banyak orang adalah harum manis ya teman-teman. hemm..jadi ingat dulu di rumahku ada 4 pohon mangga komplet, ada harum manis, mangga golek, mangga madu dan mangga lain satu lagi lupa. Tapi..karena capek lebih sering panen daunnya di banding panen mangga yang hanya setahun sekali, akhirnya di tebang dech..huhu. Jadi sekarang, kalau mau makan mangga ya..beli di pasar.

Aku suka beli mangga di pasar bukan dari tukang buah, tapi beli dari pedagang mangga dadakan, tuch baisanya hasil panen sendiri dan masak pohon. Atau mbah-mbah yang biasa nggak jual mangga, tapi kalau lagi musim mangga gini jualan mangga..itu tandanya metik sendiri dari kebun. Nah..manggak masak pohon seperti ini rasanya lebih enak dan segar. Jadi, walau masih mengkalpun rasanya enak..sedikit asam manis segar jika masih segar. Pas banget di buat rujak serut, lotis atau untuk asinan...karena ngga mudah hancur.


Aku kemaren beli mangga masak pohon dari mbah-mbah di pasar. Masih mengkal sich, tapi sudah tua dan kuning daging buahnya, tapi masih keras. Aku potong udah ada rasa manisnya..dan sedikit asam, karena masih mengkal ( kemampo..dalam bahasa Jawanya ). Walau masih mengkal, mangga kemapo ini masuk kategori tua di pohon atau masak pohon, jadi di di diamkan begitu saja, tanpa di karbit, nanti akan matang dengan sendirinya dan rasa manisnya itu enak dan segar. Makanya aku kok malah ingat  jajanan jaman kecil dulu..yaitu irisan mangga segar atau manisan mangga yang di makan dengan bubuk garam cabe. Duch..itu enak banget dulu. Bubuk garam dan cabe akan menjadi penyeimbang rasa sedikit asamnya dan berubah menjadi rasa unik dan segar.

Tapi mau buat bubuk cabe garamnya ini yang bingung..haha. Aku ulek cabe segar aku ulek sama garam..kok jadinya kayak sambal..haha. Aku pakai cabe bubuk aja akhirnya, campur dengan sedikit garam, buat cocolan manggak mengkal ini. Enak sich..tapi belum aku dapatkan rasa cabe garam jadul yang seperti biasa aku makan waktu kecil. Hemm..cari-cari referensi kok ya nggak ada yang buat atau tau ya...jadi adakah teman yang tahu cara membuat bubuk cabe garam itu ? Ada yang pernah makan waktu kecil ? Kalau yang ini aku buat dari cabe bubuk..dan garam..walau belum persis rasanya kayak jaman dulu..lumayan lah buat ngobatin rasa kangen.





13

Wednesday, October 14, 2015

Tahu Isi Daging



Maaf ya teman-teman..telat postingan hari ini. Hari ini lagi sedih..patah hati...huhuhu
4

Tuesday, October 13, 2015

Bakso Ayam Homemade


Tadi waktu bongkar tepung Acine kiriman dari Tegal..eh di kasih sample produk baru dari supplier, bumbu bakso dan pengenyal..langsung dech penasaran coba, untung tengok di freezer masih punya stock dada ayam..aku timbang..pas 400 gram..seperti yang di butuhkan untuk satu adonan. Langsung dech berkutat sebentar di dapur..dan tara..mateng dech bakso ayam homamade..pakai bumbu tepung bakso siap pakai dari supplierku ini. Satu pack seperti acine kemasan kecil, di tulis sich tepung bakso, tapi aku sebut bumbu bakso aja, buat membedakan dengan tepung bakso tawar yang aku jual. Kalau tepung bakso yang aku jual kan tawar, selain bisa buat bakso, bisa buat empek-empek dan siomay juga. Kalau yang dari Acine ini udah berbumbu komplet, tinggal nambah daging aja.  Jadi lebih mirip racikan bumbu bakso. Dan lagi ini tepungnya hanya sedikit sekali, jadi mirip bumbu rempah khusus bakso aja.
17

Tuesday, September 1, 2015

Keripik Rujak, Cara Beda Menikmati Rujak Buah


Tadi sore, suami pulang bawa oleh-oleh. Seperti biasa..beberapa produk sample dari umkm binaan suami..hihi. Memang sering sekali kami di percaya, para produsen / pengusaha makanan skala kecil hingga menengah untuk icip-icip jika ada produk baru. Alhamdulillah..bisa merasakan aneka produk baru yang unik-unik.

5

Sunday, March 15, 2015

Jajanan Jadul


Maaf ya teman2..dua hari libur masak..nggak ada apa2 sich..tapi lagi sibuk aja beres2 rumah..karena mba art ku lagi libur. Awalnya..cuma mau beres2 dapur..tapi keasyikan bersih2 hingga sore seluruh rumah...hihi. Eh malamnya lembur lagi..nonton drakor..hihi. Mumpung libur packing minggu...sengaja nonton drakor sampai larut malam..hasilnya..pusing dan sedikit meriang dech..hihi. Tapi..seneng..akhirnya nemu lagi drakor yang bisa membuatku nggak beranjak dari depan tivi semalaman..dan bisa ketawa atau berlinang air mata..setelah beberapa kali beli DVD drakor kecewa melulu. Tadi malam aku nonton *Pinocchio*..ih bagus dech ceritanya..ada lucu..sedih..campur..tapi endingnya..happy.  Ntar ya ku review jika aku nulis resep masakan Korea..hihi.

Nah..kalau sekarang ini mau cerita aja soal cemilan jadul nich..beberapa waktu alau di bawain suami dari salah satu umkm..yaitu sempe..dan arum manis yang bentuknya kayak rambut pirang..hihi. Ada yang masih ingat jajanan jadul ini..dulu...ingat waktu kecil..kayaknya enak banget ya..makan sempe..terus arum manis yang asli gula ini. Beda sama arum manis kapas yang banyak di jual di keramaian. tapi arum manis jaman dulu itu..bentuknya serpihan2 panjang kecil kayak rambut..dan jika di makan lumer di mulut. Manis sekali rasanya. Ya iya lah ya..kan dari gula murni. Arum manis jama dulu ini juga nggak pakai pewarna..jadi asli aja putih keemasan warnanya.

Arum manis..dulu di jajakan mbah2 keliling..di pikul gitu ya teman2. kalau sekarang beda..udah di jual di toko modern atau di  toko oleh2..jadi..serasa ada sensasi yang kurang..yaitu sensasi kenangan masa kecilnya...hihi...karena udah di jual di pasar modern. 

Kalau sempe..itu dulu juga salah satu jajanan jadul favorit anak2..rasanya itu tawar..renyah..sedikit manis..enak dech..dulu. Kalau sempe sekarang..kok berasa hambar gitu rasanya. Nah..sekali lagi pertanyaan menggelitik yang ada di pikiranku..benerkah sempe jadul itu kayak gini rasanya ?..Seandainya bisa..pengen mengulang kenangan masa kecil lagi..di mana dulu banyak penjual jajanan jadul yang otentik dan alami ya teman2 rasanya. Jadi penasaran..cara membuat sempe gimana ya..ah..kapan2 coba cari tau..dan mencoba membuat sendiri di rumah..biar nggak penasaran.

Ada lagi jajanan jadul yang aku dapat , tapi rasanya berbeda dari jaman dulu..yaitu bolu emprit..bolu dari gaplek..atau tapioka..rasanya walau agak keras, tapi itu dulu lumer di mulut dan ada aroma khas..karena terbuat dari tepung gaplek...sehingga warnanya agak buthek putihnya. Kalau yang aku temui sekarang ini..putih bersih atau di beri pewarna..dan kayaknya dari tepung tapioka biasa, dan rasanya super manis.



Jadi..tema hari ini jajanan jadul kenangan masa kecil. Adakah teman2 yang rindu jajanan jadul tertentu waku kecil dulu ?..Jika iya..tulis aja di komen..nanti jika aku punya resepnya..aku buatkan..dan di posting ya..biar bisa bernostalgia jajanan masa kecil..hihi.



21

Saturday, March 7, 2015

Mendoan Rempah Bubuk



Beberapa waktu lalu dapat sample rempah bubuk dari Ibu Lily yang produksi kaldu bubuk non msg Alsultan. Karena kesibukan nich belum sempat banyak bereksperimen dengan rempah2 bubuk tersebut. Ada ketumbar bubuk, lada hitam bubuk, bawang putih bubuk, kunyit bubuk, kayu manis bubuk, dll. Memang rempah2 bubuk Alsultan ini super kualitasnya..harum alami semua...karena di buat dari bahan2 pilihan. Proses pengeringan dan penggilingan yang bagus..sehingga rempah bubuknya ini benar2 kering dan halus. Memang kelas premium sich..jadi harganya juga beda sama yang di pasaran. Jadi aku juga belum berani nyetok untuk aku jual langsung bumbu rempahnya..hihi. Yang berani nyetok cuma yang Alsultan kaldu bubuk non msg, karena paling laris juga.
11

Friday, February 27, 2015

Icip Icip di Siomay Rere


Siomay..batagor..empek empek..dkk adalah satu satu kudapan favorit banyak orang ya teman2. Menu2 itulah yang menjadi menu andalan di Siomay Rere..salah satu brand siomay baru di Semarang yang di kelola dan di miliki oleh bunda Rika Huda..yang kebetulan bundanya salah satu temen sekolah Yodha di SD Semesta Semarang. Bunda Rika yang memang asli Sunda ini memang salah satu bunda di sekolah Yodha yang pintar masak. Asinannya..juara dech. Nah..Bunda Rika..mantap memulai usaha Siomay Rere, dengan menu uatama siomay, batagor, empek2 dll. Sejak beberapa tahun lalu, dan sekarang sudah ada beberapa cabang outlet...bahkan sudah ada lho yang minat dan meminta ijin untuk membuka franchise Siomay Rere ini.
0

Wednesday, February 11, 2015

Smoothies Powder








Lagi coba produk sample baru dari supplier nich teman2..nanti kalau hasilnya bagus..aku jual dech...hihi. *To the point* bingit ya promosinya. Ya iya lah..kalau mau jadi pengusaha kecil yang sukses..hihi..*cukup kecil dulu dech kayaknya *..kalau ada barang bagus..unik..enak..dan belum banyak yang jual..ya ayuk..segera mainkan. Yang penting..produsen jelas, perijinan dan syarat dari dinas kesehatan terpenuhi..plus produknya oke. Siap dech..masarin..hihi.

15

Friday, February 6, 2015

Sambal Bandeng

Sebelum posting resep mau kasih kabar gembira dulu ahh buat teman2..karena terasi produk unggulan jualanku..hasil test lab dari Dinas Kesehatan ..sudah keluar..dan hasilnya..oke semua. Terasi yang aku jual ini bebas dari bahan2 berbahaya atau pewarna. Jadi aku inisiatif untuk melakukan tes lab secara acak produk terasi yang ku jual ini..jadi aku nggak bilang ke produsen terlebih dahulu, biar nggak ada rekayasa dalam pembuatan..jadi ya apa yang biasa di setor ke aku yang ku ajukan..buat kejutan...hihi..dan sekalian ngetes juga memang terasinya aman. Dan ternyata benar2 aman ..seneng dech..jadi lebih tenang jual bahan2 makanan yang berkualitas ke konsumen.

10

Monday, February 2, 2015

Ketan Serundeng




Sudah sarapan teman2 ?..Pasti sudah ya..atau belum ?..Mau ketan serundeng ?..Yukk mari di cicip ya. Ketannya buat sendiri..tinggal ketan di aru dengan santan , kukus dengan garam dan daun pandan,..mudah dan cepat buatnya. Lha yang lama itu bikin serundengnya. Kadang sampai berjam2 di depan kompor sekedar menunggu dan menggongseng serundeng hingga kering..hihi. Jadi ketika aku menemukan supplier serundeng kering yang benar2 enak..bahagialah aku..karena nggak perlu lagi repot2 bikin serundeng sendiri jika mau   makan ketan serundeng. Hunting supplier Serundeng ini gara2 di pesanin teman serundeng buat di bawa ke luar. Waduch..kalau minta aku buatin ya mana ada waktu ya..akhirnya dapat dech supplier serundeng yang enak..dan berkualitas..jadi..jualan serundeng juga ?..jalan dech..hihi.
16

Google Ad

Visit Our You Tube Channel