Google Ad

Showing posts with label Tradisional. Show all posts
Showing posts with label Tradisional. Show all posts

Sunday, October 7, 2018

Sayur Asem Jawa / Jangan Asem Glandir



Cuaca masih puanas ya teman-teman, males ke mana-mana nich jadinya jika tidak penting banget, karena badan jadi mudah capek dan gampang sakit ya jika kecapekan karena dehidrasi panas gini. Yodha aja mau agak-agak flu ini kecapekan,makanya libur bikin video resep dia.
0

Sunday, August 12, 2018

Sambal Roa


Beberapa hari lalu aku posting tentang sambal roa, eh ada teman dari ternate..mba Tary nawarin Ikan Roa yang masih dalam bentuk ikan asap..wah senang banget rasanya. Biasanya taunya udah jadi sambal aja...di kirimi ikan Roa ini sama senengnya waktu dapat kiriman Oncom hahah.


14

Friday, August 3, 2018

Nasi Gegog Khas Trenggalek dengan Kongbap




Nasi Gegog adalah makanan khas Trenggalek dan sekitarnya. Dulu aku pernah makan versi Ponorogo yang memakai kelapa parut, kali ini aku mencoba versi yang Trenggalek yang langsung tumisan pedas aja bumbunya. Wah ternyata sama enaknya.
1

Thursday, August 2, 2018

Pepes Ayam Bumbu Bali



Aku lagi suka masak pakai Airfryer lagi, soalnya keamren dapat kesempatan mereview Philips Airfryer itu lebih oke dari punyaku yang lama. Yang ini lebih mudah di pakai dan cara membersihkannya juga mudah, jadi nggak repot.

2

Friday, July 20, 2018

Nasi Kuning Bali


Hore, alhamdulillah hari ini bertambah usia. Terimakasih buat teman-teman yang sudah kasih ucapan selamat dan mendoakan semua kebaikan untukku baik via WA, facebook atau instagram. Aku benar-benar terharu dan jadi tidak merasa kesepian, walau selalu di rumah, tapi serasa punya banyak teman dan keluarga, Love you all :)
8

Thursday, July 19, 2018

Sop Bening Berkaldu

Cuaca akhir ini panas ya teman-teman. Enaknya makan yang seger-seger yuk. Tak perlu mahal kok...Sup sayur bening pun oke banget di makan pas panas gini. Seger banget.

1

Wednesday, July 11, 2018

Mangut Lele Goreng


Mangut lele , biasanya aku masak pakai lele asap.  Tapi di pasar lagi susah cari lele asap , jadi aku ganti pakai lele goreng aja . Tetep enakkk,  tapi minus aroma khas ikan asap di kuahnya ๐Ÿ˜€

Kali ini aku bikin versi yogya yang bumbu minimalis,  bukan seperti mangut pati atau Semarang yang kaya bumbu. Kalau versi Yogya ini bumbu minimalis yang penting ada kencur sama sunti / kunci. Rasanya jadi khas, seger kuahnya. ADa juga yang mangut pakai kemiri, tapi kalau versi Yogya aku suka yang seger nggak pakai kemiri. Ala ibuku..atau mirip mbah marto yang di Nggeneng itu lho teman-teman. Rasanya seger tapi teras pedes sedep.

Menggoreng lele agar tidak lengket, pakai pan anti lengket, terus jangan terlalu banyak di kerat jika di buat mangut gini agar cantik ya. Waktu memasak juga jangan terlalu lama, masukkan Ikan lele goreng ketika kuah sudah matang dan bumbu meresap, agar tidak lembek. Jadi sebelumnya Lele di bumbuin sedikit garam dulu ya sebelum di goreng agar lebih gurih.

Oke, yang mau coba, aku share ya resepnya :
Bahan :
5 ekor ikan Lele, lumuri air jeruk nipis, cuci bersih. Lumuri 1/2 sdk teh garam, diamkan 15 menit, goreng hingga matang agak kering.
Haluskan bumbu :
6 bawang merah, 2 bawang putih, 8 cabai merah, 5 cabai rawit, 1 cm kencur, 1 cm temu kunci
Tumis bumbu halus hingga matang, tambahkan 750 ml air, 2 cm lengkuas, 2 daun salam, tambahkan 3 sdk mkn Fibercreme, aduk rata, didihkan hingga bumbu meresap api kecil. Tambahkan garam, kaldu, gula merah secukupnya.
Jika kuah sudah meresap dan pas rasanya, masukkan ikan Lele goreng, masak sebentar hingga meresap, tapi jangan terlalu lama agar ikan tidak lembek.



2

Wednesday, June 20, 2018

Oseng Teri Tawar Cabai Hijau


Menu dalam rangka ngabisin stok bahan di kulkas ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Tapi tadi udah nengok pasar sich harga-harga masih dua kali lipat tapi tadi ketemu seafood lumayan stabil. Tadi beli Kepiting 50 ribu dapat 3 ekor. Lumayan bisa buat lauk Yodha dan Papinya. Yodha ketagihan Kepiting Saus Tiram kemaren waktu Lebaran makan di Gubug Mang Engking.
1

Monday, May 21, 2018

Sop Senerek



Menu buka puasa hari ini, alhamdulillah...Sop Senerek. Sop ini khas magelang...di adaptasi dari Sup jaman Belanda, namun sudah menjadi menu lokal khas Jowo. Buktinya, kalau aslinya di Magelang sana di sajikan dengan Bayam rebus, dan aneka Baceman, seperti Bacem Jerohan sapi, atau Tahu Tempe hihi.
0

Wednesday, April 4, 2018

Soto Kemangi Khas Yogya


Soto...salah satu makanan favoritku. Tak pernah bosan aneka jenis Soto apalagi Soto ala Jawa yang seger dan enak-enak.  Aku sering masak Soto, tapi yang paling aku suka adalah Soto ala Yogya yang bening ala Soto Kadipiro atau ala Soto Kotagede.
2

Thursday, March 29, 2018

Nasi Ayam Khas Semarang


Pagi semua,

Ini aku posting lagi menu Nasi Ayam Semarang ya teman-teman, walau dulu udah pernah posting, tapi ini ada beberapa pelengkap yang baru. Memang kalau bikin menu resep itu aku selalu berkembang mesti aku improve lagi, nggak akan cuma bikin satu resep terus pakai itu terus, biasa seiring waktu sering mencoba berbagai Nasi Ayam di Semarang sini, belajar juga, oh di warung bu Wido pakai ini, di warung Bu Nyoto khasnya ini, jadinya resepku ini akan selalu berkembang..hihi.
3

Tuesday, March 20, 2018

Jangan Bobor dan Sambal Jenggot



Ini menu kemaren..Jangan  Bobor. Jangan itu sayur dalam bahasa Jawa. Bisa Jangan Pedes, Jangan Anyep, Jangan bening, dan ada Jangan Bobor seperti ini.
18

Wednesday, March 7, 2018

Oseng Kikil Mercon Pedas Normal-Normal Aja.


Hihi..judul resepnya aneh ya teman-teman. Maksudnya aku kemaren bikin Oseng Kikil Mercon, tapi kali ini pedasnya nggak cetar membahana, tapi normal aja..agar bisa di makan suami juga yang nggak suka terlalu pedas. Kebetulan ada teman mau nyicip juga, jadi biar nggak kepedesan aku buat normal pedesnya. Jika biasanya aku bikin Oseng mercon pakai cabai rawit semua hingga 250 gram..kemaren bikin normal aja..pakai 75 gram Cabai rawit merah dan  50 gram cabai merah keriting.
4

Wednesday, February 28, 2018

Mangut Iwak Manyung Asap plus Tahu Cabai Hijau


Menu sarapan pagi ini. Aku cek di freezer masih menyimpan Iwak asap jenis Manyung yang aku beli di pasar Gang Baru hari Minggu kemaren. Kalau ke pasar Gang Baru selalu kalap beli bahan makanan karena kualitasnya sangat bagus. Sayangnya pasarnya jauh..huhu...musti turun ke kota Semarang bawah. Aku yo tinggal di kota..hahah..tapi kota Semarang atas. Tapi suka sekali belanja ke kota Semarang bawah kalau hari libur, sekalian jalan-jalan, terutama di pasar Gang Baru ini, karena produk berkualitas ngumpul di sana. Sayuran aja serasa di supermarket, yang aneh-aneh macam Petterseli, kol ungu dll, ada lho di pasar dan lebih murah daripada beli di supermarket..hihi. Seafood juga kmplet dan seger-seger di sana.
5

Sunday, February 25, 2018

KRENGSENGAN KOYOR & SAMBAL GORENG KENTANG & UDANG


Ini sumpah..perpaduan menu yang bikin gagal diet selanjutnya teman-teman..hihi. Krengsengan Koyor dan Sambal Goreng kentang serta Udang. Menu favorit suamiku Sambal goreng ini, sangat cocok di sajikan dnegan Lontong. Sambal gorengnya rasanya pedes seger gurih, di padu Krengsengan Koyor yang gurih sedikit manis, hemmm..siapa yang bisa menolaknya ?
3

Thursday, February 22, 2018

Soto Klethuk Khas Blora


Kemaren Yodha minta menu Ayam goreng kampung. Seperti biasa kalau bikin Ayam Goreng itu selalu aku buat kaldu bening dulu. Kaldu ini bisa di simpan di freezer, jadi sewaktu-waktu mau buat Soto atau sup tinggal pakai. 
0

Wednesday, February 21, 2018

Ikan Pindang Salem Masak Santan


Menu masakan Ndeso lagi nich teman-teman. Ikan Pindang Keranjang masak Santan pedas. Menu seperti ini adalah menu penggagal diet no 1 hahah. Jika lagi diet jangan di coba ya..karena mesti baklan bikin nambah nasi waktu makan..lol..!
8

Tuesday, February 20, 2018

Sambal Penyet Terasi Seger




Menu maksiku...apa aja, yang penting ada Sambal itu udah mantep...hihi. Kalau masak untuk Yodha dan papinya lauk lengkap, kalau buat sendiri apa aja masuk lah. Kalau aku yang penting di tengah keterbatasan waktu, sempat makan siang aja.
3

Friday, February 9, 2018

Urap / Gudangan Mentah



Menu sarapan, sekaligus makan siang tadi..hihi. Lha jam 11 baru sempat makan. Yodha dan papinya sarapan sandwich pagi, aku kok kurang suka sandwich. Jadi ke pasar dulu belanja. Di pasar nemu kecipir, seger masih muda gitu..jadi kepengen bikin urap atau gudangan mentah. Mahalnya tapi kecipir, 1 ikat kecil 5 ribu hihi. Jadi inget jaman kecil ibu suka nanam kecipir...jadi jika mau bikin urap tinggal petik.

2

Tuesday, January 30, 2018

Soto Kemiri Tanpa Santan


Jika lagi bikin Ayam Goreng kampung, nggak lupa pasti aku bikin kaldu ayam dulu. Sayang jika langsung di rebus. Nah, kaldunya ini bisa untuk bikin sup, soto, kuah bakso, bubur ayam, dll. Rasanya sangat enak dan gurih, apalagi jika dari Ayam kampung. atau minimal pejantan ya. Jika ayam biasa kurang enak kaldunya.
6

Google Ad

Visit Our You Tube Channel