Google Ad

Showing posts with label Tradisional Snacks. Show all posts
Showing posts with label Tradisional Snacks. Show all posts

Friday, January 26, 2018

Bolu Kukus Gula Merah



Lama nggak bikin Bolu Kukus. Biasanya kalau Bolu kukus biasa aku suka bikinnya aja..hihi. Seneng jika hasilnya mekrok-mekrok..udah. Habis itu di bagi-bagi aja. Kalau bolu kukus biasa memang kurang suka. Beda sama yang versi gula merah. Aku suka. Tapi kadang jika nggak sempat bikin suka beli di pasar..murah..seribu juga dapat..hihi.
5

Wednesday, October 25, 2017

Tips membuat Kue Ku / Kue Thok



Waktu ke Bandung dulu aku sempat belanja pernak pernik peralatan dapur dan salah satunya dapat cetakan Kue Ku kayu yang lucu. Jadilah aku sering bikin Kue Ku pakai Cetakan ini. Lebih seru aja sich..hihi.
2

Thursday, August 31, 2017

Kroket Kornet Campur Dengan Tepung Kentang


Wah besok Lebaran ya teman-teman, selamat merayakan hari raya Idul Adha ya. Nah jika teman-teman memerlukan ide resep untuk menu hari rasa besok yang serba olahan daging, sudah pernah aku rangkum di SINI ya resep-resepnya. Ada 20 an lebih resep daging yang sudah aku share...hihi..jadi silahkan di pilih-pilih ya.
2

Thursday, August 3, 2017

Onde-Onde Mekar


Kemaren aku buat Onde-Onde Ketawa..Gelek..Onde-Onde mlethek..Onde-Onde Plethek..opo lagi namanya hayuk...hihi. Yang penting ya..jajanan jadul ini memang enak. Kemaren aku coba Yodha tak suruh makan...suka dia..padahal dulu ya nggak mau. Sekarang setelah suka ngemil..Onde-Onde ginipun suka, habis 3 biji dia..hihi.
4

Wednesday, May 31, 2017

Risoles Singkong


Kemaren aku punya sedikit stok Singkong, aku buat Risoles Singkong aja. Dulu pernah buat, tapi bentuk segitiga. Sekarang aku buat bentuk Risoles biasa, lebih cantik bentuknya. rasanya juga enak lho..unik..khas singkong luarnya dan gurih bagian dalamnya. Enak pokoknya...!

2

Tuesday, May 9, 2017

Es Pisang Ijo Resep Baru


Judulnya Es Pisang Ijo resep baru..bukan jenis Es Pisang Ijonya yang baru ya..tapi resepku yang baru..hihi. Karena sebelumnya aku udah pernah share dua macam versi Es Pisang Ijo di webku ini. Tapi seperti biasa, aku suka mengulik aneka resep itu nggak cuma satu resep, jadi bisa tau mana yang paling sip..hihi. Yang pertama yang adonan tepungnya di masak kemudian di balurkan ke Pisang, resep di SINI. Yang itu enak, tapi agak ribet, karena adonan kan lengket jadi kudu sabar membentuknya agar bentuknya cantik sebelum di kukus. Yang kedua aku pernah share yang versi di dadar, tapi pakai Tepung terigu saja...itu juga sudah enak..lembut...cuma kurang berasa gigitan Es Pisang Ijonya, karena setelah di dadar langsung di sajikan, jadi rasanya seperti dadar gulung pisang. resep yang  versi kulit dadar Terigu, di SINI ya.

2

Friday, May 5, 2017

Risoles Makaroni Segitiga Balut Telur



Kemaren beres-beres dapur, manggil tukang lagi. Rumahku tingkat kelembaban tinggi..jadi warna cat suka cepat berubah..jadi musti teratur mengecat ulang jendela..dll. Sekalian aja dech kemaren panggil tukang kerja dua hari. Kalau ada yang kerja gini aku selalu bikin cemilan untuk mereka. Nah..karena bapak-bapak tetap kan sukanya gorengan..hihi. Kebetulan di rak dapur masih ada Makaroni sedikit, aku buat risoles Makaroni aja..jadi mengenyangkan dan enak buat pekerja.

Risoles Makaroni ini jika di jual lumayan ekonomis juga ya teman-teman, karena ada isian Makaroninya, jadi iisan bisa lebih banyak volumenya..hihi. Jadi walau kelihatan besar-besar, tetap ekonomis ya. Untuk rasa gurihnya bisa di tambaahkan daging Ayam rebus, sosis, atau daging cincang dll. Bahkan jika bumbunya pas, hanya isi makaroni dan sayurpun tetap enak. Jadi sangat ekonomis kan.

Untuk risol kali ini juga sengaja aku buat tanpa panir, agar nggak mblenger ya. Nanti terlalu  banyak karbo..hihi. Lha kan kulitnya udah terigu, isinya terigu, jika di lapis panir, berarti lapis terigu  lagi...hihi. Jadi menurutku jika risoles makaroni, lebih enak tanpa panir. Jadi kulitnya juga lebih lembut rasanya.

Nah kali ini aku bikin variasi beda lagi, aku celup kulitnya ke kocokan telur, waktu menggorengnya. Dan ternyata makin enak rasanya. Makin lembut dan juga mencegah jika ada lubang atau kulit risolnya sedikit sobek, lebih aman ketika di goreng. Jadi tehniknya seperti menggoreng Sosis Solo Balut Telur gitu lho teman-teman. Senengnya jika bereksperimen di dapur dan hasilnya oke..hihi. 

Oke..selamat mencoba ya teman-teman..ide baruku ini..semoga sesuai selera ya...:D
Risoles Makaroni Segitiga Balut Telur

Bahan kulit
150 gram tepung terigu protein rendah atau sedang
2 butir telur
400  ml air
1/4 sendok teh garam,
Aduk rata semua bahan hingga adonan halus, saring jika perlu. Buat dadar tipis. Aku pakai Wajan Kewalik, lebih mudah dan rata tipis hasilnya. Juga lebih cepat dan praktis untuk  membuat aneka dadar seperti ini.
Lakukan hingga adonan habis.

Bahan isian :
100 gram makaroni, rebus hingga matang
100 gram daging Ayam rebus, cincang
1 buah wortel, rebus sebentar, potong dadu
1 batang sledri, cincang halus
1 sendok teh kaldu ayam / sapi..sesuai dagingnya ( optional )
1/2 sendok makan gula pasir ( sesuai selera ), 1/4 sendok teh merica bubuk, 1/8 sendok teh pala bubuk
1 siung bawang putih, haluskan
1/2 buah bawang bombay, iris halus
Garam secukupnya
Air 25 ml
1 butir Telur untuk pencelup
Cara membuat :
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan wortel, dan ayam. Aduk rata hingga matang
Masukkan wortel, makaroni, dan semua bumbu lain serta air. Aduk hingga bumbu merata, meresap dan kering. Koreksi rasa, rasa akhirnya gurih dan sedikit manis ya. Dinginkan.

Penyelesaian :
Ambil selembar kulit, isi dengan bahan isian secukupnya. Lipat bentuk risoles segitiga, rekatkan ujungnya dengan putih telur atau sisa adonan kulit.
celup ke kocokan telur, goreng hingga matang
Note :
Cara melipat risoles bentuk Segitiga, silahkan di lihat di postinganku di SINI ya teman-teman..jika masih bingung.
Oh iya..teman-teman yang mau order Wajan Kewalik sekarang sudah ready lagi ya..ini tinggal tunggu datang aja di kirim dari pabriknya dari Jakarta. Minggu besok udah datang. Yuhu, yang minat juga silahkan sms atau wa ke 089654712500...buruan..biar nggak kehabisan seperti dulu...hihi. Ini salah satu alat dapur yang aku rekomendasikan banget, karena serba guna. Bisa untuk bikin kue leker, kulit risol, kulit lumpia, dadar gulung, crepes, dll...prlatis banget.....!
Contoh penggunaan Wajan Kewalik untuk membuat kue Leker, bisa di lihat di SINI ya teman-teman.

0

Saturday, March 4, 2017

Kue Lapis Mini


Lagi kangen makan kue lapis, tapi paling males itu motongnya..suka nggak bisa seragam jika adonan pakai Tepung tapioka. Aku suka Kue lapis yang pakai campuran tepung tapiokanya..karena ada sedikit tekture kenyal lembut...di banding yang hanya pakai Tepung beras.  Dari berbagai komposisi aneka Tepung untuk Kue Lapis yang sudah aku coba, yang aku rasa sudah pas adalah resepku yang ini. Rasanya  lembut, tapi ada sensasi sedikit kenyal. Kue lapis ini berbeda dari lapis Pepe ya. Kalau Lapis Pepe lebih banyak takaran Tapiokanya dan rasanya lebih kenyal.

5

Saturday, January 28, 2017

Onde-Onde Isi Kue Keranjang


Happy weekend semua...selamat merayakan Imlek ya buat teman-teman yang merayakan. Banyak makanan khas Imlek ya pasti di rumah. Mau ngundang saya buat icip-icip ?..Hihi..ngarep...!
Makanan khas Imlek yang sering saya makan itu cuma Kue Keranjang...hihi. Di Semarang karena banyak daerah Pecinan, banyak yang jual. Tapi biasanya aku juga nggak pernah beli sich..di bawain suami aja ntah dari mana..mungkin dari relasi.
1

Saturday, December 31, 2016

Pisang Goreng Banyumasan



Beberapa hari lalu aku mencoba Pisang Goreng ala Banyumasan, yang di jual di gerobak pinggir jalan gitu. Jualannya ya cuma Pisang aja..nggak ada goreng lain. Yang unik, Pisang Gorengnya ini selalu di sajikan hangat dan di jual per kotak 8 ribu, dapat kira-kira 6 biji Pisang Goreng. Awalnya sich penasaran, kok selalu ramai yang beli...aku heran juga karena kan cuma Pisang goreng gitu jualannya. Sebelumnya itu aku kira model Pisang Goreng ala Pontianak yang pakai Tepung Panko gitu, ternyata beda dan di tulisan Gerobaknya tertulis Pisang Goreng Khas Banyumas.
6

Saturday, November 19, 2016

Mendut Ubi Ungu


Mendut ..aslinya terbuat dari Tepung Ketan saja. Kalau di Yogya jajanan ini biasa buat suguhan hajatan. Bisa warna putih atau di beri warna hijau. Isinya enten Kelapa atau Unti Kelapa. Biasa di bungkus daun pisang bentuknya seperti Nagasari tapi lebih lancip bungkusannya. Di banding Nagasari, dulu kalau dapat Nasi kenduri dan ada snacknya Mendut ini selalu jadi rebutan..hihi.

4

Thursday, November 10, 2016

Nopia Isi Gula Merah


Kemaren mati listrik seharian..bener-bener kacau semua kerjaan. Batere hape habis..kamera habis..air habis..pokoknya sengsara banget tanpa listrik..hihi. Mana orderan tepung Leker pas banyak banget..belum terpacking semua. Yang nyala di rumah cuma tab Yodha..isinya cuma buat you tube an sama buat main game..jadi tetep aja nggak bisa kerja juga. 

Sampai sore itu hujan lebat...belum nyala juga listrik..akhirnya cuma bisa leyeh-leyeh sama Yodha sambil buka You tube. Iseng lagi lihat-lihat You tube kok ada judul postingan Nopia..langsung aku lihat beberapa video. Dan salah satunya liputan langsung di pabrik Nopia..dari salah satu stasiun tivi.

Dan di syut juga cara pembuatan adonan dan isinya. Asyik..akhirnya tahu cara buat Nopia. Tapi..pas lihat juga jadi geli..lihat pegawai yang buat nggak pakai baju..hahah. Aduch..padahal aku suka banget Nopia ini dan sering beli. Jadi emoh dech beli lagi. Akhirnya pengen coba buat sendiri. Tadi di dapur bahan-bahan komplet..jadi langsung buat. Dan berhasil...walau    terlalu renyah sedikit kelamaan manggang..hahah. Tapi ya bener juga..kan Nopia memang Pia renyah dan keras kan ya kulit luarnya.

Karena di video takaran resepnya nggak ada, jadi di kira-kira saja..hasilnya seperti ini..pokoknya kuncinya itu adonan kalis tapi masih lentur, jadi mudah di bentuk-bentuk..begitu aja dech. Isinya selain gula merah bisa di kombinasi coklat juga..pakai coklat bubuk. Aku suka original gula merah aja. Aku pakai Gulanas..gula merah kristal atau gula semut yang praktis udah bentuk butiran..atau serbuk..jadi nggak perlu repot nyisir gula merah..hihi. Ok..langsung aja ini dia resepnya ya...selamat mencoba teman-teman....
Resep Nopia

Bahan Isi :
150 gram gula merah, sisir halus ( aku pakai Gulanas merah kristal yang praktis aja..udah bentuk bubuk..:D )
100 gram terigu ( sangrai )
1 sendok makan gula pasir
1 sendok makan susu bubuk
1 sendok teh margarin
1/4 sendok teh vanili
Air secukupnya

Cara Membuat :
Aduk rata semua bahan hingga bisa di pulung
Koreksi rasa, sudah manis atau belum sesuai selera

Adonan kulit :
150 gram tepung terigu protein rendah
1 sendok makan gula halus
50 ml minyak goreng ( secukupnya )
1/4 sendok teh garam
1/8 sendok teh vanili
Air secukupnya

Cara membuat :
Aduk rata semua bahan kulit sambil di tuangi air secukupnya, sedikit demi sedikit hingga adonan kalis, tapi lentur
Diamkan 15 menit
Adonan lentur dan kalis lalu di potong-potong, di pipihkan agak tipis, di beri isi dan bentuk setengah bulat
Letakkan adonan di loyang
Panggang hingga matang panas oven sedang yang sudah di panaskan sebelumnya

9

Thursday, October 20, 2016

Sermier Kucai


Olahan singkong lagiiii....!
Yupp.di pasar lagi banyak singkong bagus nich teman-teman..ayuk manfaatkan untuk membuat aneka cemilan dan snack ya. Karena singkong itu ternyata musiman..kalau lagi musim bagus ya bagus semua...kalau lagi jarang ya susah dapat singkong berkulitas. Kata mba artku yang sering nanam singkong...bulan ini bagus kualitas singkongnya. Dan di pasar memang aku lihat banyak singkong bertebaran..besar-besar dan mempur semua. Di lihat dari kulit dalamnya yang pink dan ukurannya yang montok-montok..hahah
8

Sunday, October 16, 2016

Talam Singkong


Masih suka mengolah singkong..karena di pasar masih musim singkong bagus-bagus ya teman-teman. Kali ini aku buat cemilan manis, karena beberapa waktu kemaren bikin olahan gurih terus dari singkong. Kali ini  bikin Talam singkong. Enak juga lho teman-teman. Jika bosan sama olahan singkong yang biasa..coba bikin talam singkong ini..
10

Thursday, October 13, 2016

Tahu Isi Sayur &Telur Puyuh



Aku tuch suka banget sama yang namanya Tahu..tahu apa aja..kok selalu tergoda untuk beli..jika di tawari..hihi. Bahkan di budhe sayur..kalau udah kesiangan ke rumah..cuma bawa tahu dan tempe..tetep aku beli walau cuma beli tahu sebungkus..hihi. Kemaren Budhe sayur cuma ada Tahu Pong sebungkus..langsung aku ambil dech.
3

Sunday, August 21, 2016

Kue Sagon


Lagi seneng masak pakai Skillet baru ku..seperti pan besi tapi ala-ala luar...bisa di pakai untuk masak atau panggang kue. Kemaren buat martabak bisa...terus aku coba bikin Sagon basah pakai ini juga bisa..hasilnya mateng sempurna..garing di luar..lembut dan chewy dalamnya.
7

Monday, August 15, 2016

Kue Khamir


Akhirnya kelakon bikin kue Khamir yang mumbul cempluk dan mengembang gede. Kemaren sempat coba sekali itu hasilnya masih kurang oke. Nah..tadi malam aku buat itu..terus aku diamkan semalaman..jadi mengembang besar dan empuk. Tapi ada sedikit aroma khas fermentasi jika di diamkan semalaman...karena aku pakai tape juga. Jadi menurutku akan lebih enak kalau cukup sekitar satu atau dua jam saja ferementasinya.
15

Wednesday, July 20, 2016

Bakpao Kentang Isi Unti Kelapa



Wuaa..3 harian ini full..ngga bisa megang kerjaan..karena Yodha sakit demam. Hari pertama sekolah kemaren..Yodha udah masuk sekolah..rencana kerjaku juga sudah tersusun. Eh tiba-tiba di telp dari sekolah Yodha, kalau Yodha demam tinggi. Yo wis..langsung jemput dia..dan setelah itu..sibuk aja ngurusi dia. Kalau Yodha kalau lagi sakit..nggak mau di tinggal..maunya nempel terus. Dan akunya juga nggak tega gitu lihat dia tersiksa. Demam..walau kelihatan sepele, tapi buat anak-anak itu menyiksa banget ya teman-teman. Akhirnya kerjaan yang bisa aku lakukan hanya membalas pesan-pesan orderan di wa atau sms sambil nemenin Yodha. Urusan packing, dll di kerjakan assisten sama suamiku.

Hari kedua panas belum turun juga, malah semakin tinggi. Pagi-pagi jam dua itu dia sampai wajahnya kaku, merah semua..wis langsung kita bawa ke rumah sakit. Eh di jalan itu Yodha bilang, takut jika di infus, sampai mengigau..dan stres, badannya malah jadi dingin. Heranlah dokter, badan dingin kok di bilang demam..hihi. Akhirnya tetep minta obat aja buat penurun panas, dll. Eh..sampai rumah demam lagi Yodhanya. Tapi memang belum bisa di test lab karena baru dua hari. Alhamdulillah tadi malam sudah bisa tidur agak lumayan Yodha. Kalau malam sebelumnya..wis..semalaman mengerang sakit gitu..akhirnya kita juga nggak tidur dech..ikut nge drop semua.

Alhamdulillah pagi ini udah nggak terlalu tinggi demamnya. Aku juga nggak tau kenapa, padahal sebelum masuk sekolah itu dia semangat banget mau ketemu teman-temannya..eh kok tiba-tiba demam. Kalau perkiraan suami sich ada punggung yang kesliring, jadi menyebabkan demam tinggi. Memang selama liburan sebelum sekolah kemaren itu Yodha aneh-aneh aja di rumah hobby..main Ninja Warrior..itu lho ikut acara lomba kentangkasan di tivi teman-teman..ya gelantungan di pintu lah..memanjat sisi kanan kiri pintu pakai kaki..naik lantai atas..sambil bergelantungan..aneh banget pokoknya...hihi. Aku kira sich seperti biasa nggak masalah, karena sudah biasa hobbynya gitu..namun kemaren mungkin dia lupa pemanasan atau ada gerakan yang salah..wis akhirnya jadi kesliring gitu. 

Alhamdulillah hari ini sudah mendingan. Semoga besok bisa masuk sekolah lagi ya Kak. Hari ini nyicil posting satu postingan dulu ya teman-teman. Ini jajanan yang aku buat minggu kemaren buat suguhan keluarga jauh yang datang ke rumah. Dari kemaren rencana mau buat varian menu lagi dari aneka tepung kentang, dll yang aku jual sesuai request teman-teman..semoga bisa segera dech. Kali ini menu simple dulu nich..Bakpao Kentang, rasanya unik..seperti bakpao ala pasar jaman dulu, empuk , lembut, tapi ada sensasi unik agak lengket-lengket di mulut ketika di makan..aku suka banget jenis bakpao jadul seperti ini. Kalau di pasar dulu biasa isi kacang hijau atau kacang dan gula merah, kali ini aku buat pakai isian unti kelapa putih. enak juga lho teman-teman.

Selamat mencoba ya jika suka.

Bakpao Kentang Isi Kelapa

Kulit :
250 gram tepung terigu
50 gram tepung kentang, seduh dengan air panas 200 ml hingga jadi adonan kentang kukus
1/2 bungkus ragi instan
25 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam garam
100 ml santan kental instan
1 sendok makan margarin
1 tetes pewarna merah muda
Daun pisang, potong bulat / kertas bakpao

Bahan Isian :
Unti Kelapa putih secukupnya ( cara membuat lihat unti kelapa lihat di SINI )

Cara membuat :
Kulit : campur terigu, ragi, gula, dan kentang halus hingga rata. Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Tambahkan garam dan margarin, uleni lagi sampai kalis. Diamkan 30 menit hingga mengembang
Setelah mengembang, ambil adonan kulit 30 gram, bentuk bulat, pipihkan. Isi dengan 1 - 2 sdm adonan isi. Bulatkan lagi hingga rapat dan bentuknya seperti bakpao
Letakkan diatas daun pisang / kertas . Kukus dalam dandang panas selama 7 menit hingga matang.

14

Tuesday, May 10, 2016

Martabak Mini Sosis

 

Menu jajanan sederhana dan praktis..yang paling sering aku buat..apalagi jika bukan martabak mini. Tinggal modal kulit lumpia beli di pasar 1500 udah dapat 10 lembar. Isian cukup sayuran, dll..selalu enak. Nah..kali ini aku variasikan lagi dengan isian tambahan sosis..hasilnya..enak sekali. Jadi daripada beli jajanan yang rasanya sering nggak karuan..buat sendiri..lebih enak pastinya..dan lebih ekonomis. Dengan bahan murah dan cepat pembuatannya..sudah  bisa menyenangkan orang lain yang emmbantu pekerjaan kita,..jadi snack yang enak untuk para tukang yang kerja di rumah.

15

Saturday, November 21, 2015

Putu Mayang Isi Pisang


Maaf baru postingnya sore ya teman-teman..tadi siang mainan di dapur sama Yodha..keasyikan..hihi. Dalam rangka menghabiskan sisa pisang dan nangka, akhirnya kepikiran buat kue Putu Mayang aja. Pas kemaren bongkar gudang, mau mindahin peralatan dapur sebagian ke atas, nemu cetakan Petulo atau Putu Mayang yang kayu, dulu beli udah agak lama. Akhirnya Yodha ikutan nimbrung dech..dia suka...kalau masak pakai alat yang unik-unik gini. Aku kasih tau cara pakainya sebentar..langsung semangat dia..ngajak segera masak di atas. Jadi..yang kangen *Chef Yodha siapa hayo ? Mari merapat kesini ya..hihi.
4

Google Ad

Visit Our You Tube Channel