Google Ad

Wednesday, February 27, 2019

Mangut Telur Asin



Kemaren suami request menu Mangut Telur asin...katanya pernah makan di warung dekat kantor enak. Aku sich bukan penggemar telur asin, baunya aja udah bikin mblenger, tapi tadi pas nyicip kuahnya..kok sedep banget ya, ngga ada aroma khas telur asin. Adakah yang suka olahan telur asin ? Biasanya aku masakin suami tak bikin Bothok aja, nah ini nambah satu lagi yang enak...di masak mangut

Aku masih bisa makan kuah sama Tahunya. Padahal biasanya bau aroma telur asin aja aku udah mblenger lho hihi. Ini kok di campur kuah mangut malah nggak bau aneh, malah sedep kuahnya. Yuk di coba teman-teman, lumayan jadi alternatif olahan telur asin ya

Selamat mencoba...

Mangut Telur Asin

Bahan :
6 butir telur asin, kupas
3 tahu goreng, bagi 2 bagian
800 ml santan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1 sdk mkn gula merah
2 sdk teh kaldu jamur dan garam secukupnya
10 cabai merah, iris
5 cabai hijau, iris
5 cabai rawit, iris
*6 bawang merah, 2 bawang putih, 2 cm kencur, 1/2 sdk teh ketumbar ( haluskan )

Tumis bumbu halus, masukkan santan, daun salam, lengkuas dan bumbu lainnya
Didihkan santan, masukkan telur asin dan tahu
Masak api kecil hingga meresap
Koreksi rasa
Sajikan hangat
· 
0

Monday, February 25, 2019

Tips Menyiapkan Bekal Menarik Untuk Anak - Anak




Tips Menyiapkan Bekal Menarik Untuk Anak-Anak

Salah satu kesibukan seorang ibu di pagi hari, biasanya menyiapkan bekal atau sarapan untuk anak-anak ya teman-teman. Apalagi kalau punya anak masih TK atau SD, tentu setiap hari musti putar otak untuk membuat bekal yang menarik dan enak untuk anak-anak agar mereka tetap semangat makan.

Sebenarnya banyak ide kok teman-teman untuk menyiapkan bekal yang praktis, mudah dan enak. Salah satunya aneka olahan telur. Bahan yang murah meriah ya, dan hampir selalu tiap hari pasti ada di rumah kan telur itu. Selain itu juga kandungan gizinya yang tinggi, jadi tak ada salahnya sering menyajikan olahan telur untuk anak-anak.

Salah satu olahan telur yang menarik dan sehat untuk anak-anak, adalah Telur Gulung. Terinspirasi dari telur gulung ala Korea atau Jepang, kita bisa juga lho membuat aneka telur gulung yang kita sesuaikan dengan citarasa Indonesia kok teman-teman. Udah berbagai versi telur gulung yang aku buat, ada yang isi sosis, sayuran, isi nasi goreng, mie goreng, isi crab stik, dll.

Nah kali ini aku mau berkreasi lagi dengan telur gulung lagi nich kali ini, yaitu telur gulung isi daging asap, jadi makin cantik dan bergizi dech telur gulungnya teman-teman. Selain itu juga makin bergizi untuk anak-anak.

Cara membuatnya mudah kok. Kita tinggal siapkan 3 butir telur, beri sedikit garam dan merica, lalu tambahkan paprika cincang, bawang bombay cincang dan daun bawang yang di iris halus, sedikit saja masing-masing jangan terlalu banyak ya. Selanjutnya campur dengan telur, kocok rata dengan garpu saja, lalu kita buat telur gulung dech, dengan sedikit minyak saja. Jadi lebih sehat kan.

Nah agar membuat telur gulung seperti ini lebih cepat, kita perlu alat yang tepat nich teman-teman, pan yang khusus memang untuk membuat alat gulung seperti ini. Jaman dulu masih langka alat ini di Indonesia, aku sampai nitip ke temen yang tinggal di Korea lho untuk beli alat ini. Kalau sekarang mah mudah mencari pan khusus telur gulung ini, beberapa waktu lalu aku ngubek-ngubek Shopee, banyak dech yang jual ternyata. Ada yang seperti punyaku ini persis, ada juga yang model lain. Aku sering belanja pernak pernik dapur di Shopee, suka hunting pernak pernik dapur atau perlengkapan  dapur yang unik dan tidak banyak di jual di toko, jadi berasa nemu barang spesial gitu.

Udah gitu sering ada promo free ongkir pula, cocok banget lah untuk Emak-Emak seperti kita ini ya teman-teman, lumayan kan...hihi. Nah, teman-teman yang beberapa waktu lalu, banyak yang penasaran di mana membeli pan khusus untuk telur gulung seperti ini, ayuk cek di shopee ya, banyak kok yang jual. Kata kuncinya kalau mau cari biasanya Tamago Pan gitu ya teman-teman, biar lebih mudah mencarinya. Happy shopping ya...


3

Tuesday, February 19, 2019

Kue Lumpur Tape Lembut dan Legit


Hari ini aku bikin cemilan serba tape nich teman-teman. Pagi bikin Bluder Cake Tape yang enak banget, udah habis aku bagi-bagi. Sore aku bikin Kue Lumpur Tape...karena masih ada 150 gram sisa tape yang super, sayang kalau nggak terpakai, mau di makan gitu aja juga bosan juga.
0

Tuesday, February 12, 2019

Oseng Kates Ndeso


Beberapa hari ini aku lagi bosen makanan enak..hihi. Nggak tau bosen aja ayam. daging, dll. Kemaren masak Cumi ya cuma masakin Yodha dan papinya.  aku lebih berselera sayur-sayur aja...sama tempe paling ya lauknya. Wah...langsing dong ? Ya tetep enggak sich..lha lauknya gini aja tetap lahap makan haha.

Nggak tau rasa seperti ini justru nggak pernah mbosenin. Oseng sederhana...yang dulu jaman kecil hampir setiap hari ketemu yang namanya oseng atau sayur lodeh Kates atau Pepaya Muda. Eh jaman sekarang kok malah susah ya cari Kates muda. Kalau pas nemu di pasar itu seneng banget rasanya.

Pepaya muda ini enak di olah jadi aneka masakan kok teman-teman, bisa di oseng, di lodeh, di sayur gurih, di brongkos, di bobor dll. Tak pernah bosan dulu makan sayur Kates ini. Dulu sich tinggal metik di pekarangan rumah banyak, nggak usah beli..sekarang ya harus beli itupun langka hihi.

Makanya kakakku kalau ke Semarang suka heran di sini kok apa-apa beli mahal katanya haha. Lha kalau masak gudeg di sini minimal harus beli nangka 20 ribu sendiri. Kalau di Yogya ya tinggal metik aja hihi. Ya begitulah, kadang jika udah dewasa nanti Yodha pengen dech pindah ke daerah yang masih bisa banyak nanam pohon, sayuran dll sendiri..biar kembali seperti ke masa kecilku dulu.
Dulu itu apa-apa nggak usah beli, dari sayuran hingga buah-buahan semua dari kebun sendiri. 

Oke dech aku share lagi resep Oseng kates ala Ndeso yang medok gini ya teman-teman...ini nggak pakai kecap ya, kalau ala ibuku masak Oseng Kates ini jarang pakai kecap..tapi jika suka ya boleh saja. Agar warnanya nyoklat gini pakai gula merah yang tua warnanya dan di masak hingga asat kuahnya, di gongseng terus sebentar di wajan makin sedep.

Bahan :
1 buah Pepaya ukuran sedang, kupas, cuci bersih cacah kecil2 panjang, remas dengan sedikit garam jika perlu, cuci kembali
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1 sdk makan gula merah
1 sdk teh kaldu jamur / ayam / sapi
secukupnya garam
1 sdk makan rebon, cuci bersih
50 gram daun so
50 gram tempe semangit jika ada, kemaren aku pas habis

Bumbu iris :
6 bawang merah
4 bawang putih
5 cabai merah
10 cabai rawit

Tumis bumbu iris hingga harum
Masukkan pepaya, air dan semua bumbu
Tutup wajan
Masak hingga kuah habis
Cek rasa
Gongseng lagi di wajan dengan api kecil hingga kecoklatan






2

Google Ad

Visit Our You Tube Channel